10 Usaha yang Bagus Bagi Anda yang Sibuk Bekerja di Kantor

bisnis untuk yang sibuk bekerja

Terkadang usaha sampingan ini diperlukan terlebih bagi Anda yang sibuk bekerja di kantor dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan guna memenuhi keperluan rumah tangga.

Usaha sampingan ini juga diperlukan agar bisa merasakan sesuatu yang beda ditengah sibuknya bergulat dengan pekerjaan kantor yang terkesan monoton.

Usaha yang dilakoni beragam dan juga bervariasi. Hanya saja sangat disarankan untuk menjalani usaha yang sesuai dengan passion Anda. Jadi, walaupun tetap mengerjakan kantor Anda pun masih bisa menjalankan usaha tersebut dengan nyaman tanpa beban.

Lalu usaha apa saja yang bisa Anda kerja ditengah sibuknya bekerja di kantor? Yuk, simak pemaparannya di bawah ini!

10 Usaha yang Bagus Bagi Anda yang Sibuk Bekerja di Kantor

Mengenal Macam-Macam Usaha yang Bagus untuk Pekerja Kantor

1. Jasa Penerjemah

Jika Anda mahir berbahasa asing satu atau lebih, maka tidak ada salahnya untuk membuka jasa penerjemah.

Jasa penerjemah ini bisa dilakukan online maupun offline. Jika Anda ingin melakoni secara online, maka Anda bisa membuka jasa penerjemah untuk membuat artikel, blog ataupun buku.

Baca juga : Dijamin Laris! Inilah 9 Jenis Usaha Paling Menguntungkan di Area Kampus

Maka dari itu, Anda pun mengasih diri dalam skill menulis karena itu bagian dari skill dasar untuk menerjemahkan.

Sedangkan penerjemah offline bisa lebih bervariasi, yaitu menjadi guide bagi wisawatan asing ataupun membuka kursus Bahasa asing.

Baik online ataupun offline, peluang usaha penerjemah ini bisa dilakukan kapanpun dan dimananpun tanpa harus terikat waktu. Karena Anda bosnya, maka usaha tersebut bisa diatur sedemikan rupa agar tidak bentrok dengan jadwal kantor.

Namun yang pasti, Anda harus tetap menjadwalkan atau penuhi target untuk bisa menjalankan usaha tersebut.

Tidak dipungkiri pula bila satu waktu usaha sampingan tersebut berjalan dengan lancar dan bisa sepenuhnya menjalankan aktivitas tersebut.

2. Jasa Penulisan

Usaha sampingan berikutnya yang bisa Anda lakoni ketika sibuk bekerja di kantor adalah dengan menjadi penulis artikel.

Usaha tersebut lumayan menjanjikan karena banyak website atau situs yang memerlukan jasa seorang penulis untuk mengisi tulisan di situs atau website tersebut.

Baca juga : 16 Ide Usaha Kreatif Paling Diminati di Indonesia

Tentunya dari tulisan yang dibuat tersebut bisa mendapatkan penghasilan sampingan yang cukup menggiurkan.

Usaha ini memang sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi menulis. Tetapi tidak dipungkiri pula bisa dicoba oleh yang lainnya. Karena skill menulis ini harus banyak dilatih agar terbiasa dan menghasilkan tulisan yang bagus.

Tidak hanya penulis artikel saja, untuk Anda yang hobi menulis dalam dunia sastra seperti puisi, cerpen, atau novel bisa dijadikan usaha sampingan.

Yaitu dengan mencari situs atau website yang bisa mempublish tulisan Anda atau bisa juga menjadi ‘’ghost writer’’ untuk orang-orang yang tidak sempat atau tidak bisa menulis, tetapi ingin menghasilkan karya buku.

3. Usaha Online

Memulai usaha online untuk Anda yang sibuk bekerja di kantor pun adalah suatu hal yang sangat menjanjikan dan mudah dilakukan.

Karena usaha ini tidak seperti membuat toko offline yang harus menyiapkan dan mempersiapkan bangunan fisik sebagai tempatnya, biaya dan juga waktu yang tidak fleksibel.

Sedangkan untuk membuka usaha online ini tidak diperlukan modal yang cukup banyak. Lewat smartphone dan media sosial yang Anda miliki, usaha tersebut bisa Anda lakukan.

Usaha online yang bisa dijalani pun beragam mulai dari mnjual pakaian, tas, barang-barang kebutuhan rumah tangga atau apapun yang dapat diperjual belikan sesuai dengan trend yang ada dan menjadi kebutuhan banyak orang.

Membuka usaha ini tentunya tidak akan menganggu pekerjaan Anda karena bisa dikerjakan di jam-jam santai setelah selesai bekerja.

4. Menjual Aneka kue dan jajanan pasar

Kue adalah makanan yang banyak disukai semua orang karena rasanya yang manis, asin, enak, dan juga murah.

Toko kue terutama kue jajanan pasar pun tapi pernah sepi oleh para pelanggan. Di antara kue jajanan pasar tersebut memang ada kue-kue tradisional yang perlu dilestarikan.

Baca juga : 30 Jenis Bisnis Kuliner Rumahan dengan Modal Kurang dari 5 Juta

Kue jajanan tersebut selain laku oleh konsumenya langsung juga laku oleh para reseller yang menjualkan kembali kue tersebut.

Nah, tentunya ini peluang bagi Anda untuk bisa memulai usaha kue tersebut tanp harus menganggu jam kerja.

Untuk mendistribusikan kue itu sendiri sangat gampang, yaitu dengan dengan menitipkan kue-kue tersebut ke warung dekat rumah, kantin sekolah atau kantor, dan bisa pula dibawa langsung oleh Anda ke kantor serta dijual saat pagi atau siang hari.

5. Jual Makanan Online

Jika dalam pembahasan di atas spesifik dilakukan dengan menjual berbagai macam aneka kue. Kini, untuk menjual makanan online ini bisa lebih banyak variasinya.

Seperti jual makanan online catering sehat untuk sarapan dan makan siang, makanan ringan, kue kering, dan lain sebagainya.

Membuka usaha makanan online sudah banyak yang melakoni dan mendatangkan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Tentu membuka usaha ini tidak akan menganggu aktivitas Anda di kantor karena memang bisa dilakukan sebagai seorang dropshiper.

6. Membuka Usaha Kopi

Sekilas untuk bisa membuka usaha ini memang tidak mudah artinya harus banyak yang dipersiapkan untuk modal, tempat dan lain sebagainya.

Tetapi bila dilihat dari peluangnya, usaha ini cukup menjanjikan karena masih jarang belum banyak orang yang berani mengambil bisnis ini.

Untuk bisa menjalankan usaha ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan berjualan biji kopi atau bubuk kopi secara online atau membuka usaha secara offline dengan membuka kedai kopi.

Untuk membuka kedai kopi sendiri ada baiknya bekerja sama dengan seseorang yang sudah paham dalam hal ini. karena itu, Anda bisa bertindak sebagai investor dimana tidak terlalu banyak hal-hal yang perlu dilakukan.

Namun, tetap saja kedai kopi tersebut harus diawasi serta turut serta memilih orang yang tepat untuk meraciknya dan juga maintenance kedai kopi secara berkala.

7. Usaha PPOB

Membuka usaha PPOB di zaman ini pun sangat menguntungkan karena sesuatunya dilakukan secara online.

Membuka usaha ini pun tidak perlu waktu khusus karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Modal utama yang perlu dimiliki adalah smartphone, dimana dari smartphone ini tersebut bisa menghasilkan penghasilan dari penjualan pulsa atau kuota yang pasti diperlukan semua orang setiap bulan dan setiap harinya.

Selain pulsa bisa pula membayar listrik yang pasti banyak dilakukan oleh setiap orang setiap bulannya dengan jumlah yang berbeda-beda.

Selain kedua hal di atas PPOB ini bisa untuk membeli voucher game online, membayar cicilan, memesan hotel, memesan tiket kereta dan lain sebagainya dalam satu smartphone saja.

Keuntungan untuk transaksi di atas memang tidak banyak, tetapi apabila dilakukan sesering mungkin dan Anda bisa mendapatkan pelanggan yang begitu banyak, maka keuntungan tersebut sangat cukup kebutuhan sehari-hari Anda.

Rekan-rekan yang ada di kantor pun bisa menjadi mitra atau pelanggan Anda. Karenaya sekali mendayung dua, tiga pulau terlampaui.

8. Jasa Titip atau Jastip

Usaha berikutnya adalah membuka jasa titip atau jastip yang saat ini sedang popular di tengah masyarakat. Usaha Jasa titip ini bisa Anda lakukan apabila Anda sering ditugaskan oleh kantor ke luar kota atau negeri.

Jika tidak, Anda tetap bisa menjalankan usaha tersebut ketika sewaktu-waktu ke luar kota atau negeri.

Dalam memulai usaha ini Anda harus tahu tentang pengetahuan produk yang akan dijual. Mulai dari bahan, harga, dan spesifikasi lainnya. Agar lebih gampang dan laku jualah produk yang bermanfaat untuk orang banyak serta sedang hits.

Jangan lupa pula untuk memulai usaha ini harus memiliki akun media sosial. Untuk memposting gambar-gambar yang akan di jual melalui media sosial tersebut.

Media sosial yang telah dibuat tersebut harus dikelola dan diupdate setiap hari atau setiap waktunya untuk membangun rasa percaya konsumen pada Anda.

Ketika mengupload foto-foto barang jasa titip, jangan lupa untuk mencantumkan detail keterangan produk serta diusahakan untuk bisa mengupload foto sendiri karena menyangkut hak cipta, kejujuran dari penjual, serta kepercayaan dari konsumen itu sendiri.

Dalam pengelolaan ini memang dibutuhkan banyak waktu . tetapi itulah resiko yang harus dihadapi ketika memulai usaha sampingan tersebut. Tetapi yang pasti, jalankan usaha tersebut dengan sebaik mungkin tanpa menganggu aktivitas pekerjaan.

9. Jasa Laundry Kiloan

Dewasa ini usaha jasa laundry kiloan sudah banyak yang melakoni. Usaha ini bisa dijadikan sebagai usaha sampingan ditengah Anda sibuk bekerja.

Membuka usaha jasa laundry kiloan bisa dilakukan dirumah ataupun tempat lain, dimana Anda telah memperkerjakan irang terpercaya untuk mengelolanya.

Membuka usaha laundry di perkotaan pun sangat menjanjikan terutama di tempat yang dengan kost-kostan atau perumahan karena biasnaya mereka adalah orang yang sibuk dan belum atau tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah.

Jasa laundry sendiri memang belum merambah pada jasa online karena menyangkut akan penuh resiko bila melakukan hal tersebut secara online.

Usaha ini merupakan salah satu usaha yang tepat untuk dijadikan sampingan ditengah sibuknya bekerja di kantor.

Modal yang dibutuhkan dalam jasa laundry memang besar namun usaha ini yang menjanjikan karena banyak orang yang membutuhkannya

10. Jasa Les privat

Usaha berikutnya yang bisa dilakukan ditengah sibuk bekerja adalah membuaka jasa les privat.

Membuka usaha ini tidak memerlukan modal yang banyak tetapi modal utama yang perlu dimiliki adalah memiliki pengetahuan satu bidang atau berbagai bidang pelajaran.

Biasanya les privat ini ditujukan untuk anak-anak SD hingga SMA. Orang tua mereka akan rela menyuruh anaknya les untuk mendapatkan pelajaran tambahan agar di kelasnya bisa berprestasi dan lulus ujian dengan hasil terbaik.

Les privat yang banyak dicari tersebut dalam bidang ilmu pengetahuan alam ataupun ilmu berhitung seperti matematika, fisika, kimia, dan lain sebagainya.

Tentu saja membuka usaha ini tidak menganggu pekerjaan Anda karena bisa dilakukan selepas bekerja ataupun di waktu libur.

Atau Anda tidak harus menjadi pengajar, tetapi menyediakan guru-guru les privat untuk bisa menghandel bisnis tersebut.

Penutup

Nah itulah dia pembahasan mengenai 10 usaha yang bagus bagi Anda yang sibuk bekerja di kantor.

Setiap orang memang seharusnya menjadi pengusaha karena tidak akan selamnya bekerja di tempat tersebut. Nah, untuk melatih mental sebagai pengusaha bisa dipupuk sedari dini dengan cara melakukan bisnis yang sesuai hobi atau minat Anda

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Sukses selalu.

Scroll to Top