5 Peluang Usaha Anti Mainstream yang Benar-benar Baru

Di zaman yang serba canggih ini diperlukan inovasi dan kreativitas dalam semua sektor untuk bisa bersaing dengan siapapun.

Termasuk jika Anda seorang pengusaha, maka diperlukan produk-produk unik untuk bisa diterima di masyarakat sesuai dengan perkembangan zaman dan juga kebutuhan mereka.

Tantangan tersebutlah yang harus terus digali agar bisa menciptkan produk baru anti mainstream yang bisa berguna dikemudian hari.

Nah, dewasa ini rupanya sudah banyak para pengusaha yang membuka usaha anti mainstream yang ternyata sangat dibutuhkan oleh mereka.

Lalu, peluang usaha anti mainstream apa saja yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang?

Yuk, simak bersama ulasannya di bawah ini!

Mengenal Peluang Usaha Anti Mainstream

1. Jual Beli Barang Antik

peluang usaha anti mainstream

Barang antik atau barang lama ternyata sangat bermanfaat dan banyak di cari di zaman sekarang.

Barang ini disukai karena memiliki bahan yang kuat serta memiliki bentuk dan ornamen klasik yang begitu unik.

Baca juga : 17 Ide Bisnis Online Paling Menjanjikan Bagi Generasi Muda

Menjual barang-barang antik ini memang termasuk anti mainstream karena untuk menjualnya pun tidak mudah. Tetapi sekalinya terjual keuntungan yang diperoleh pun cukup fantastik.

Memulai usaha ini pun tidak mudah diperlukan modal yang tinggi jika memang tidak memiliki barang antik tersebut.

Untuk mendapatkan barang tersebut Anda bisa menjadi kolektor dan harus mencari barang antik di tempat lain dengan penuh perjuangan dan tantangan pastinya.

Barang antik ini memiliki nilai jual tinggi karena barangnya semakin lama sudah semakin langka.

Biasanya yang memerlukan barang antik ini juga sesama kolektor ataupun orang-orang yang sangat tertarik dengan barang-barang antik tersebut.

Bila sudah menemukan barang antik yang akan dijual pun harus diseleksi terlebih dahulu. Dimana Anda harus memastikan bahwa barang tersebut masih layak dijual dan digunakan serta jangan lupa untuk merawat dan membersihkannya secara teratur agar barang tersebut layak untuk dijual.

Semakin baik perawatannya dan juga semakin langka, maka nilai jualnya pun semakin tinggi.

Jika Anda benar-benar menekuni salah satu usaha anti mainstream ini, maka customer Anda pun akan menjadi pelanggan setia Anda dalam hal ini.

2. Souvenir Pernikahan Unik

Usaha anti mainstream

Saat ini memang telah banyak pengusaha yang menjual souvenir pernikahan. Tetapi, semakin berkembangnya zaman semakin banyak pula pasangan yang menginginkan souvenir pernikahan unik untuk dibagikan kepada undangannya.

Baca juga : 10 Jenis Investasi Terbaik Bagi Generasi Milenial di Masa Depan

Mereka lebih memilih souvenir yang unik karena tidak ingin momen penting dalam hidupnya terlewatkan begitu saja dengan konsep dan cara yang biasa-biasa saja.

Ingat! Zaman sudah berubah, maka ide-ide anti mainstream dari pelangganlah yang bisa membuat usaha Anda tetap eksis dalam jangka waktu yang cukup lama.

Souvenir pernikahan yang unik beragam jenisnya dari mulai tempat make up berbentuk sandal sehingga bisa dibawa kemanapun tanpa ribet, foto both Anda dengan template pengantin, alat makan plastik untuk Anda pecinta lingkungan, gelas dengan gambar karikatur pengantin, bantal, tas, lipat buku karya pribadi, dan lain sebagainya.

Jika ditelusuri, souvenir tersebut memang tidak lazim karena pada umumnya souvenir yang akan didapatkan saat pernikahan berupa gantungan kunci, sapu tangan, notebook, dan lain sebagainya.

Selain souvenir, biasanya calon pengantin pun memerlukan design undangan yang tidak biasa. Maka jangan heran, bila model undangan yang Anda terima saat ini memiliki design unik dan juga anti mainstream.

Selain itu juga yang biasanya anti mainstream dari persiapan pernikahan ini adalah uang mahar yang dibentuk sedmikian rupa sehingga menghasilakn sesuatu yang unik.

Karena saat ini banyak jasa menghiasa uang mahar dimana berbagai gambar dan bentuk tercipta dari kreasi anti mainstream tersebut.

3. Jasa Titip

Jasa Titip Barang

Jasa titip atau lebih dikenal dengann Jastip ini menjadi salah satu peluang anti mainstream di zaman ini.

Dengan adnaya kemudahan teknologi, Jastip pun berkembang menjadi usaha yang cukup menjanjikan.

Baca juga : 6+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Sudah Saya Praktekkan !

Jasa titip ini menjadi usaha yang paling menyenangkan dan juga anti mainstream yang juga erat kaitannya dengan hobi traveling Anda.

Sebenarnya jasa titip ini bukan peluang usaha baru karena dahulu jasa ini telaha da dan memang belum booming seperti ini.

Cara kerja jastip ini cukup menyenangkan, dimana Anda sambil berjualan pun bisa sambil traveling.

Ketika Anda traveling ke sebuah kota atau ke luar negeri, jangan lupa untuk mampir ke tempat-tempat belanja hits di kota atau negeri tersebut.

Foto atau videokan barang-barang unik atau yang bisa dicari oleh teman-teman ataupun customer Anda.

Langkah berikutnya hasil foto atau video tersebut unggah ke media sosial agar customer Anda bisa melihat barang-barang apa saja yang sedang hits atau tersedia di kota ataupun negeri tersebut.

Membuka jastip ini bisa dilakukan sistem pre-order agar customer paham kapan barang tersedia dan kapan Anda harus membayar barang-barang tersebut.

Di Indonesia sendiri, barang jasa titip yang laku keras adalah alat-alat kecantikan, tas, sepatu, jam tangan, baju, dan lain sebagainya.

Biasanya barang-barang yang dititipi tersebut memang tidak tersedia di Indonesia ataupun harganya cukup mahal.

Jasa titip ini pun sangat cocok dilakoni oleh para mahasiswa yang mernatau ke daerah atau pun luar negeri.

Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan uang tambahan yang cukup menggiurkan untuk kebutuhan sehari-hari ataupun bisa jadi bisa membayar uang kuliah sendiri.

Bisa dibilang jasa titip ini pun bisa dilakukan tanpa modal uang yang cukup besar ataupun tanpa modal uang sama sekali.

Maka dari itu, ketika mengupload gambar ke sosial media, Anda harus pintar-pintar dalam copywriting yang dibuat dengan tujuan untuk menarik calon customer.

Tentunya sambil traveling ataupun sambil menuntut ilmu, Anda sudah bisa menjadi seorang pengusaha lewat Jastip tersebut.

4. Tour dan Travel Wisata

Jasa Tour & travel

Indonesia kaya akan tempat-tempat wisata yang begitu indah dan menarik. Tempat wisata tersebut tentunya bisa dijadikan peluang usaha yang juga anti mainstream.

Usaha ini cocok untuk siapapun teurtama untuk anak-anak muda yang mengenyam pendidikan di luar kota maupun luar negeri.

Baca juga : Usaha Rumahan: 43 Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan

Anda bisa membuka jasa tour dan travel wisata bagi keluarga, rekan-rekan, sahabat yang ingin berlibur ke tempat Anda mengenyam pendidikan.

Begitu juga sebaliknya, ketika orang-orang yang berada di tempat rantauan Anda ingin traveling ke daerah asal Anda, maka hal itu adalah kesempatan emas untuk bisa menjadi tour guide.

Untuk membuka usaha ini, mau tidak mau And ahaurs mengenali tempat-tempat wisata hits di daerah tersebut. Tidak hanya itu, penginapan dan juga kuliner biasanya menjadi paket lengkap untuk aktivitas berwisata.

Memulai usaha ini tergolong susah-susah gampang, maka sangat disarankan untuk bekerja sama dengan tour dan travel setempat agar lebih mudah untuk mengakses tempat wisata serta penyediaan jasa rental kendaraan yang biasanya diperlukan oleh para wisatawan.

Biasanya bila tour dan travel wisata ini dipegang oleh anak-anak muda, berwisata di tempat tersebut akan lebih greget dan bisa menawarkan perjalanan wisata yang lebih menantang.

Kabar baiknya, untuk membuka usaha ini pun bisa dijalankan tanpa harus memiliki modal uang yang banyak. Tetapi, modal utama untuk membuka usaha ini adalah kepercayaan baik kepada wisatawan dan agen-agen travel begitu sebaliknya.

Bisnis tour dan travel yang dijalankan pun tidak hanya menjadi tour guide saja. Anda bisa berperan sebagai penyedia jasa tiket masuk tempat wisata, penyedia jasa rental kendaraan, dan lain sebagainya.

Tentunya ada banyak keuntungan yang dicapai dalam membuka usaha tour dan travel ini, seperti memiliki banyak kenalan baru, bisa traveling dengan mudah dan gratis setiap waktunya, mendapatkan penghasilan, mendapatkan pengalaman baru, dan lain sebagainya.

Membuka usaha ini juga bisa dilakukan kapanpun tanpa harus menganggu jadwal perkuliahan. Hanya saja Anda harus mengetahui hari atau bulan-bulan yang biasanya paling banyak dikunjungi wisatawan.

Bila membuka usaha ini sukses di dalam negeri, maka tidak ada salahnya untuk mengembangkan bisnis tersebut ke luar negeri.

Karena itu, Anda harus melengkapi skill tersebut dengan bisa Bahasa asing sebagai modal utama untuk mengembangkan bisnisnya.

5. Editing video dan design

Jada editing video dan design

Untuk Anda yang memiliki bakat dalam mengedit video atau foto , menggambar, dan mendesign, kini bakat tersebut bisa dikembangkan menjadi peluang usaha menguntungkan dan juga anti mainstream.

Profesi ini banyak dicari oleh para perusahaan berkembang dan juga ternama mengingat segala sesuatu yang ditampilkan hari ini memerlukan inovasi dan kreatifitas yang tidak biasanya.

Hal ini juga seiring dengan banyaknya media sosial sebagai sarana promosi produk-produknya.

Untuk membuat tampilan sosial media atau website menjadi menarik tentunya diperlukan grafis atau gambar menarik agar bisa memikat para klien atau customer.

Terlebih saat ini sudah ada vlog atau video blogging yang memang harus dilakukan perusahaan untuk bisa diterima masyarkat terutama anak muda milenial.

Video yang dibuat pun biasanya dibuat untuk menunjukkan profil perusahaan ketika ada acara perusahaan atau sekedar untuk presentasi kepada klien.

Tentunya pembuatan video tersebut harus dilakukan oleh orang-orang yang kompeten di bidangnya. Sekilas mungkin sangat gampang untuk dilakukan oleh orang awam, namun nyatanya tetap memerlukan seseorang yang ahli dalam bidang tersebut.

Adapun dalam segi design, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa design untuk membuat proposal, poster, banner, baliho, brosur, logo, dan lain sebagainya.

Peluang usaha tersebut bisa dilakukan oleh siapapun termasuk Anda yang masih duduk menjadi mahasiswa.

Biasanya pekerjaan tersebut membutuhkan fresh graduate atau freelancer yang siap dan bersedia menerima orderan jasa editing ataupun design gambar.

Jangan tanya tentang penghasilan yang didapatkan karena bisa membuat Anda menjadi anak muda yang mandiri.

PENUTUP

Pada dasarnya peluang usaha ini akan selalu ada seiring dengan passion atau hobi yang Anda jalankan.

Apabila Anda memiliki hobi atau passion yang tertera dalam pembahasan di atas, maka langkah berikutnya adalah menekuni dan mendalami hal tersebut.

Apa yang tertera pada pembahasan di atas merupakan usaha-usaha baru yang banyak dicari serta booming di zaman ini.

Dimana teknologi banyak digunakan untuk bisa melahirkan ide kreatif dalam menjalankan usaha tersebut.

Maka dari itu, jangan takut atau malu jika memiliki bakat yang tidak biasa. Karena boleh jadi hal tersebut bisa menjadikan Anda sebagai pengusaha dengan usaha-usaha yang baru serta anti mainstream.

Semoga bermanfaat dan sukses selalu. 5 Peluang Usaha yang Benar-benar Baru dan Anti Mainstream

Loading...