5 Peluang Usaha Baru yang Masih Belum Banyak Pesaing dan Punya Hasil Jutaan!

Tahun 2019 sudah memasuki bulan keenam. Tanpa terasa, tahun yang penuh dengan pergolakan politik ini tinggal menyisakan enam bulan lagi. Apa yang sudah Anda capai dalam kurun waktu enam bulan terakhir? Mungkin ada yang sibuk dengan pekerjaannya di kantor. Ada pula yang tengah bersemangat mengembangkan usaha yang digeluti. Namun ada juga yang sedang bersedih lantaran kehilangan pekerjaan.

Di sisi lain, mungkin juga ada di antara Anda yang tengah bingung menentukan peluang bisnis yang hendak dijajaki. Yap, di era yang serba internet ini, memilih bisnis secara tepat dan bijak memang harus diperhitungkan sebaik mungkin. Ada banyak orang harus merasakan pedihnya kebangkrutan karena memilih bisnis yang keliru. Sebetulnya apa sih yang membuat seorang wirausaha gagal dan tak bisa mencapai kesuksesan?

Baca juga: 10 Ide Bisnis StartUp Paling Potensial di 2019, Layak untuk Dicoba!

Jika dijabarkan, jelas ada banyak penyebabnya. Bisa karena memang tak berbakat, kurang perhitungan, tidak beruntung hingga tidak cocok dengan bidang usaha yang dipilih. Menentukan bisnis memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus jeli untuk melihat permintaan pasar, supaya bisnis yang ditawarkan bisa diterima dengan mudah.

Inovasi dan kreativitas adalah hal penting yang membuat sebuah bisnis bisa berjalan lancar. Nah supaya Anda tidak bingung lagi, berikut ini akan kami jelaskan mengenai peluang usaha baru yang masih minim pesaing, tapi punya daya jual yang sangat tinggi!

Inilah 5 Peluang Usaha yang Jarang Pesaing tapi Punya Omzet Besar!

1. Jasa Penulis Konten Online

peluang usaha baru - jasa konten online
peluang usaha baru – jasa konten online

Pernahkah Anda merasa bingung mau jualan produk apa? Kalau memang berjualan barang dirasa ribet, Anda bisa kok menawarkan jasa sebagai bidang usaha. Dan salah satu jasa yang kini tengah begitu dibutuhkan di era yang serba internet adalah jasa penulisan konten online. Kemajuan informasi kini membuat semua hal harus tersedia secara online dan kebutuhan akan website semakin besar.

Untuk membuat website yang layak, pengelola perusahaan atau instansi jelas membutuhkan content creator yang berkualitas. Hal inilah yang membuat kebutuhan akan penulis konten online begitu tinggi, tapi pihak penyedianya masih cukup minim. Jangan remehkan kemampuan penulisan, karena satu artikel yang benar-benar bisa memenuhi kaidah SEO mampu memiliki harga jual mahal di kisaran puluhan hingga ratusan ribu rupiah untuk 1.000 kata saja.

Bukan cuma untuk kebutuhan website, penulis konten online juga mampu mengembangkan keahliannya di platform media sosial. Salah satu yang sempat bikin heboh di tahun 2019 ini adalah penulis bernama Zarry Hendrik. Tak main-main, Zarry mematok tarif Rp 50 ribu-500 ribu per caption Instagram yang terdiri 5-6 paragraf saja. Dari penuturannya, pria yang populer di Instagram dan Twitter ini mengaku menerima 10-15 orderan yang membuatnya setidaknya meraup Rp 500 ribu/hari.

2. Kuliner Cepat Saji Sehat

peluang usaha baru - kuliner sehat
peluang usaha baru – kuliner sehat

Gaya hidup masyarakat modern memang membuat mereka cukup kesulitan memenuhi kewajiban sehari-hari seperti memasak. Hal inilah yang membuat bisnis kuliner selalu laris manis di Indonesia, terutama kota-kota padat penduduk. Namun karena kuliner termasuk bisnis yang tinggi pesaing, Anda tentu harus memiliki keunikan yang menjadi ciri khas. Salah satu bisnis unik yang masih minim pesaing adalah kuliner cepat saji menyehatkan.

Ada banyak sekali makanan cepat saji, tapi rupanya kadang menggunakan bahan dan diolah secara kurang sehat. Hal ini justru bisa jadi peluang bisnis di mana Anda mengenalkan kuliner organik yang memenuhi nutrisi dan gizi tubuh. Jenis bisnis kuliner cepat saji sehat inipun sangat beragam bisa untuk konsumen yang tengah diet, untuk para vegetarian atau khusus bubur bayi organik.

Dibandingkan kuliner pada umumnya, memang produk makanan/minuman sehat ini memiliki harga jual yang lebih mahal. Namun tenang saja, peluang pasar untuk konsumen pecinta kuliner cepat saji sehat juga semakin besar. Bahkan di kota-kota besar, saat ini masyarakat semakin concern dengan pentingnya memakan asupan makanan serta minuman serba sehat baik pemilihan bahan, pengolahan hingga pengemasan.

3. Jasa Perawatan Lansia

peluang usaha baru - perawatan lansia
peluang usaha baru – perawatan lansia

Bisnis babysitter memang sudah cukup lazim di Indonesia, tapi bagaimana dengan usaha merawat lansia? Mungkin masih sangat jarang, bahkan cenderung dianggap tabu. Sebagai negara berkembang, merawat orangtua yang sudah lanjut usia masih menjadi kewajiban. Namun kadang kewajiban ini menjadi masalah, apalagi jika si anak harus bekerja di daerah lain sehingga terpaksa meninggalkan orangtua.

Baca juga: Layak Dicoba! 10 Peluang Usaha Menggiurkan Cocok untuk Pensiunan

Jika memang dihadapkan dengan problematika ini, kadang pilihan menempatkan orangtua yang sudah lansia di panti jompo jadi pilihan pahit. Namun bagi mereka yang tidak tega, akhirnya membutuhkan penyedia jasa perawatan lansia. Tidak terlalu jauh dengan babysitter, para perawat lansia juga harus memiliki kepedulian sosial dan kesabaran yang cukup tinggi.

Manusia dengan usia tua kadang mudah lupa, mudah emosi dan tidak bisa melakukan berbagai aktivitas sendirian. Hal-hal inilah yang akhirnya membuat tarif perawatan lansia cukup tinggi. Di negara-negara maju, jasa perawatan lansia justru banyak peminat sehingga bukan tak mungkin bisnis ini bakal populer di Tanah Air. Karena masih minim pesaing, Anda bisa menawarkan jasa ini. Selain mampu menghasilkan pendapatan besar, juga memberikan manfaat besar untuk masyarakat.

4. Salon dan Layanan Hewan Peliharaan

peluang usaha baru - jasa perawatan hewan
peluang usaha baru – jasa perawatan hewan

Semakin baiknya perekonomian Indonesia rupanya membuat gaya hidup memelihara hewan semakin populer. Kucing, anjing, burung, monyet, kelinci hingga aneka reptil kini jadi pilihan banyak masyarakat untuk dipelihara. Bukan sekadar memberi makan, para pecinta hewan rela mengeluarkan uang untuk binatang kesayangannya mulai dari grooming, aneka aksesoris, hingga pemberian vaksin.

Bahkan di saat momen liburan, para pecinta hewan ini membutuhkan tempat penitipan hewan meskipun bertarif ratusan ribu rupiah, asalkan binatang kesayangan bisa terjamin makanannya saat ditinggal. Hal inilah yang membuat peluang atas bisnis salon dan layanan hewan peliharaan sangat terbuka lebar. Terutama di kota-kota besar, asalkan layanan yang Anda tawarkan berkualitas, para pecinta hewan ini tak masalah harus mengeluarkan uang berapapun.

5. Biro Jodoh

peluang usaha baru - biro jodoh
peluang usaha baru – biro jodoh

Kalau bicara soal jodoh, memang jadi hal yang sangat pribadi. Apalagi bagi mereka yang masih jomblo di usia yang tidak muda lagi, imej mencari jodoh selalu lekat dengan julukan perawan tua dan bujang lapuk. Padahal di negara-negara maju, biro jodoh justru menjadi sebuah bisnis profesional yang menjanjikan. Beberapa aplikasi seperti Tinder atau Tantan adalah bukti nyata bahwa biro jodoh online semakin diminati masyarakat.

Hanya saja untuk mengelola bisnis biro jodoh ini, Anda harus benar-benar bertanggung jawab. Jangan sampai klien yang bergabung cuma sekadar modus demi memuaskan hasratnya belaka, tapi tidak memiliki komitmen jangka panjang. Jika dilakukan secara profesional, Anda bisa mengembangkan ke layanan penyedia teman kondangan, penyedia teman curhat hingga lain-lain.

Nah, bagaimana? Cukup menarik bukan kelima peluang usaha di atas? Pilih salah satu bisnis yang paling Anda kuasai dan kenalkan usaha tersebut secara online. Asalkan Anda geluti dengan penuh tanggung jawab selalu berkualitas dan memberikan inovasi, bisnis tersebut akan mampu menghasilkan pendapatan fantastis untuk Anda. Yuk, semangat berwirausaha!

Loading...