7 Ide Kreatif Pengolahan Barang Bekas Bernilai Ekonomis

Di tangan orang yang kreatif, barang bekas bisa disulap menjadi barang yang bernilai jual. Kalian pasti pernah membaca beberapa liputan tentang pengolahan barang bekas yang dimanfaatkan untuk membuat barang lain yang bermanfaat.

Misalnya drum bekas aspal kemudian dipotong dua lalu diberi bantalan kayu atau busa, lalu dicat ulang dan jadilah kursi.

Hampir setiap rumah pasti memiliki barang bekas. Tak jarang, barang-barang bekas ini dibuang dan sangat jarang dimanfaatkan kembali.

Padahal jika dipikir-pikir, barang-barang bekas ini dapat dijadikan kerajinan tangan sederhana, loh! Yah…hitung-hitung, apa yang kamu lakukan ini berperan untuk mengurangi jumlah sampah yang ada.

Nah, gimana kalau mulai sekarang setiap ada barang bekas di rumah, kamu simpan di sebuah wadah khusus dan nantinya kamu olah jadi barang kerajinan tangan.

Tanpa kamu sadari, barang-barang bekas yang didaur ulang ini bisa memiliki nilai ekonomis tinggi. Tak heran, jika inspirasi untuk memanfaatkan barang bekas menjadi tren saat ini.

1. Kreasi Drum Bekas

Kreasi Drum Bekas
Kreasi Drum Bekas

Hal paling mudah jika kamu memiliki drum besi yang sudah tidak terpakai adalah dengan menjualnya ke pengepul besi, namun seiring dengan maraknya kafe dan restoran bergaya retro maka muncul ide untuk menyulap drum bekas menjadi furnitur kursi atau meja. Tentu dengan beberapa bahan tambahan.

Selain kursi dan meja, drum bekas juga bisa dimodifikasi menjadi lemari, tinggal dibelah dua dari atas kemudian diberi sekat di dalamnya, dicat ulang untuk mempercantik tampilan, dan kamu bisa mempunyai lemari anti rayap. Hehe

Memang untuk membuat bengkel kreatif pengolahan drum bekas kamu perlu mengeluarkan kocek yang lumayan, pasalnya kamu harus mempunyai alat pemotong besi, alat cat semprot, tempat yang lumayan luas, dan untuk membeli beberapa bahan tambahan seperti kayu, busa, jok kursi, paku, dan sebagainya.

2. Kreasi Sedotan Bekas

Kreasi Sedotan Bekas
Kreasi Sedotan Bekas

Salah satu solusi yang mungkin bisa dilakukan mengenai hal ini. Dengan memanfaatkan sedotan-sedotan bekas untuk dijadikan barang yang memiliki manfaat tinggi, Seperti kerajinan tangan.

Kerajinan tangan dibuat dengan bahan utama sedotan bekas ternyata sangat bagus untuk hiasan rumah. Bahkan jika anda mampu melihat peluang.

Memanfaatkan sedotan sebagai kerajinan tangan akan bisa menghasilkan pendapatan yang bisa dibilang cukup tinggi.

Bisnis kerajian tangan yang bisa anda coba adalah dengan membuat kerajinan tangan bunga hias dari sedotan. Tentunya banyak orang yang membutuhkan hiasan untuk mempercantik ruang tamunya bahkan rumahnya.

Terutama ibu rumah tangga tentu sangat tertarik untuk membeli hiasan bunga untuk mempercantik rumahnya.

3. Kreatifitas Kardus Bekas

Kreatifitas Kardus Bekas
Kreatifitas Kardus Bekas

Kardus juga barang bekas yang cukup mudah ditemukan. Kebanyakan memang diloakkan untuk menghasilkan Rupiah. Namun, ada kesempatan meraup untuk lebih besar jika menyulap barang bekas tersebut sebagai karya menarik.

Salah satu yang unik adalah membuat rumah atau tempat bermain bagi kucing peliharaan. Hanya dengan modal sekitar 40 ribu untuk membeli jarum pentul dan selotip, serta kardus dan baju bekas, impian memberikan taman bermain kucing ala-ala bukan jadi isapan jempol belaka.

Cukup gampang, rumah kucing dari kardus bisa dibuat dengan merekatkan sisi kardus yang tertutup menjadi satu menggunakan selotip.

Kemudian, gunakan baju bekas sebagai penutup sisi kardus yang terbuka dan menjadi pintu masuk pagi kucing. Rekatkan bagian baju yang menempel kardus dengan jarum pentul dan rapikan bagian baju yang mencuat keluar agar kucing bisa masuk dengan mudah.

Meski biasanya rumah kucing dari kardus bekas ini hanya untuk peliharaan sendiri, bukan berarti tidak memiliki potensi untuk dijual.

Karena jika rumah kucing hasil kerajinan tangan dari kardus bisa dibuat dengan menarik, harga jualnya juga akan mencapai ratusan ribu Rupiah. Jadi, cukup menguntungkan, bukan?

4. Pengolahan Limbah Kayu Bekas

Pengolahan Limbah Kayu Bekas
Pengolahan Limbah Kayu Bekas

Limbah kayu atau sisa potongan kayu dari pabrik pengolahan kayu mungkin banyak dijumpai ditempat anda. Barang tersebut kerap kali hanya dibiarkan tertumpuk dipinggir pagar atau malah berserakan.

Limbah kayu tersebut sebenarnya masih mempunyai nilai ekonomi yang tinggi jika anda lakukan beberapa inovasi dan kreatifitas.

Dengan barang limbah tentu akan sangat menguntungkan anda jika hasil kreatifitas anda dapat diminati oleh konsumen.

Untuk memulai bisnis ini pastikan bahan baku limbah banyak tersedia disekitar kamu. Kamu juga harus memiliki keahlian khusus, terutama dibidang pengolahan kayu.

Ditambah dengan memiliki kemampuan dan kreatifitas yang tinggi untuk mengubah sesuatu yang dibuang menjadi karya seni. Karena kreatifitas ini akan menghasilkan bentuk-bentuk baru yang unik dan mampu menarik minat beli masyarakat.

5. Ban Mobil Bekas

Ban Mobil Bekas
Ban Mobil Bekas

Pernah lihat kursi dan meja berbahan dasar ban? Atau sandal hitam ringan yang tidak ada merknya? Itu adalah beberapa barang yang dibuat dari ban mobil bekas.

Biasanya yang digunakan adalah ban mobil yang sudah halus dan menumpuk di bengkel mobil. Untuk ini kamu tidak bisa mengambilnya cuma-cuma karena pemilik bengkel sudah tahu berapa nilai jual untuk ban bekas ini.

Selain kursi, meja, sandal, atau tempat sampah, ternyata ban mobil bekas juga bisa digunakan untuk membuat sofa. Dengan memadukan ban bekas, kulit jok sisa dan diaplikasikan dengan modifikasi sedemikian rupa.

Baca juga : 8 Ide Bisnis Camilan Rumahan Unik dengan Modal Kecil

Hasilnya sangat pas dan cantik. Ban bekas yang tadinya tak berguna, jadi memiliki nilai jual. Atau, kalau kamu mau beralih ke desain yang sedikit klasik dan lebih berkelas, kamu bisa menyulap ban bekas menjadi ottoman chair, kursi dengan bantalan empuk itu loh.

6. Kreasi Botol Plastik Bekas

bisnis sampah dan barang bekas
Botol Plastik Bekas

Sebagian besar orang mengumpulkan botol plastik bekas untuk dijual pada pengepul atau kamu sendiri menjadi pengepul dengan membeli aneka botol plastik bekas dari tukang sampah.

Namun untuk menjadi pengepul kamu harus mempunyai modal yang banyak untuk membeli botol bekas dan mengumpulkannya hingga ratusan kwintal.

Jika kamu tidak punya modal yang besar, lebih baik kamu belajar mengkreasikan botol plastik bekas menjadi barang lain yang bahkan orang tidak menyangka itu berasal dari botol plastik bekas. Kira-kira kreasi apa yang ada di pikiranmu dengan botol bekas?

Baca juga : Melirik Bisnis Kain Perca, 7 Produk Yang Bisa Dibuat

Pot bunga cantik, wadah pensil, vas bunga, atau kap lampu adalah beberapa contoh barang kerajinan yang dihasilkan dari tangan-tangan kreatif pengolah botol plastik bekas. Membuatnya membutuhkan modal yang minim tapi kamu bisa mendapatkan profit yang maksimal.

7. Kerajinan Tangan Dari Botol Kaca Bekas

Tangan Dari Botol Kaca Bekas
Tangan Dari Botol Kaca Bekas

Botol kaca tentu mudah ditemukan, biasanya berasal dari botol bekas sirup, kecap, atau minuman. Nah, biasanya setelah selesai digunakan, botol kaca ini hanya digunakan sebagai wadah air minum atau dijual pada pengepul.

Baca juga : Bisnis Sampah Barang Bekas, 5 Jenis Sampah yang Bisa menghasilkan Uang

Ada beberapa kreasi yang bisa dilakukan dari botol kaca bekas yaitu sebagai akuarium mini untuk ikan cupang, vas bunga, tempat lampu, pot bunga tempel, hiasan dinding, atau asbak. Yang kamu butuhkan adalah alat khusus pemotong botol kaca, karena tidak mungkin kamu memotong botol kaca dengan gunting atau pisau. Hehe.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar