9 Aplikasi Keuangan Terbaik Untuk Mengatur Keuangan Pribadi, Gratis!

Pengelolaan keuangan yang baik adalah langkah awal untuk mencapai kondisi finansial yang sejahtera. Saat ini, jika ada orang yang enggan mengelola keuangan karena alasan ribet dalam mencatat sepertinya cukup keterlaluan. Karena di era digital ini sudah ada yang namanya aplikasi keuangan.

Aplikasi ini bisa di gunakan dengan mudah lewat smartphone yang kita bawa sehari-hari, jadi pastinya kita akan jauh lebih mudah mencatat pengeluaran sehari-hari di banding beberap belas tahun yang lalu.

Dulu, untuk mengatur keuangan effortnya cukup besar. Anda perlu menyiapkan buku catatan dan juga pulpen serta membuat bagan arus kasnya sendiri. Belum lagi kalau salah mencatat, kita perlu tipe x untuk menghapus catatan.

Nah sekarang, hal tersebut tidak perlu di rasakan lagi oleh generasi-generasi yang sudah bisa menikmati canggihnya teknologi digital.

Kita bisa menggunakan aplikasi keuangan yang bisa kita install di smartphone secara gratis. Cara menggunakannya pun tergolong mudah karena banyak aplikasi keuangan yang tampilannya sudah user friendly.

Selain itu jika Anda khawatir aplikasi akan cukup esar mengambil space memory hp, ada juga juga kok aplikasi keuangan yang bagus dan hanya memerlukan 6-13 MB saja. Berikut adalah beberapa aplikasi keuangan pribadi terbaik (untuk android) yang bisa Anda install untuk membantu Anda mengelola keuangan lebih baik.

1. Aplikasi Keuangan Money Manager Expense & Budget

Aplikasi Keuangan Money Manager Expense & Budget
Aplikasi Keuangan Money Manager Expense & Budget

Jika Anda masih bingung memilih aplikasi keuangan, aplikasi keuangan yang satu ini mungkin bisa Anda pilih. Aplikasi ini bisa di bilang merupakan masuk dalam salah satu daftar aplikasi personal financial terbaik.

Memiliki rate 4,7/5 di google play store dengan total 10 juta pengguna yang mendownload. Namanya adalah Manager Expense & Budget dari Realbyte Inc.

Secara pribadi, saya sudah menggunakan aplikasi ini selama 2 tahun lebih dan masih nyaman untuk versi gratisnya. Sebab aplikasi Money Manager Expense & Budget juga menyediakan fitur berbayar yang membuat Anda bebas dari iklan. Menurut saya pribadi, walaupun saat ini ada beberapa ads yang di taruh di dalamnya tapi tidak terlalu mengganggu fungsi aplikasi.

Fitur-fitur dari layanan gratis apps ini sudah cukup lengkap dan sesuai kebutuhan. Aplikasi ini sudah punya fitur-fitur seperti pencatatan pengeluaran (expense), pendapatan (income), pengaturan budget, dll. Kita juga bisa melihat proses pengelolaan kita secara harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan.

Ini berguna sekali jika kita ingin belajar mengontrol pengeluaran rutin dan juga saat evaluasi keuangan di akhir tahun sebelum membuat resolusi keuangan yang baru.

Yuk baca juga, Baru Buka Usaha? Ini Cara Cermat Atur Keuangan Bagi Entrepreneur Pemula

Terlebih lagi, aplikasi ini sangat user friendly sehingga mudah di gunakan untuk sehari-hari. Jika Anda tertarik, Anda bisa mencarinya lewat google apps di smartphone, ukurannya 15 MB.

2. Sepran : Expense Manager

Aplikasi untuk mengelola personal finance terbaik yang selanjutnya adalah Sepran. Aplikasi Sepran di buat oleh JMC IT Consultant dan merupakan aplikasi personal financial terbaik di google apps store. Para penggunannya sudah mencapai 100 ribu pengguna lebih dan memberikan rating rata-rata 4,7/5.

Ukurannya lebih kecil dari aplkasi Money Manager Expense & Budget yakni 11 MB saja. Tapi tenang, aplikasi ini tidak kalah komplit kok fiturnya. Selain tentunya ada fitur pencatatan pemasukan dan pengeluaran, ada juga fitur loan, summary dan report.

Tampian UI/UX nya juga sudah user friendly. Jadi tidak ada salahnya jika Anda menginstal aplikasi Sepran untuk membantu Anda memonitor keuangan pribadi.

3. Wallet : Personal Finance, Budget & Expense Tracker

aplikasi wallet

Anda juga aplikasi Wallet dari BudgetBakers.com. Seperti judul di apikasinya aplikasi ini berfungsi sebagai alat menelusuri personal finance seperti anggaran dan juga pengeluaran. Intinya sama, yakni untuk mengelola keuangan pribadi.

Aplikasi ini punya fitur keuangan yang sangat lengkap. Bahkan ada fitur saving goal, yakni pencatatan uaang jika kita punya target tabungan yang ingin di raih, jadi sudah komplit sekali.

Tampilannya yang simple membuat kita tidak perlu complain soal cara menggunakannya. Tak heran kalau aplikasi ini juga mendapat rate rata-rata 4,7/5 dari 5 juta penggunanya di google play store.

Namun memang ukuran aplikasi wallet lebih besar dari kedua aplikasi keuangan yang sudah di bahas seblumnya. Jika Anda hendak mengdownloadnya, sediakan space memory hp sebesar 23 MB.

Mengingat fiturnya yang lengkap dan tampilan aplikasi yang user friendly, aplikasi Wallet jadi terasa worth untuk dijadikan aplikasi rutin di samartphone kita.

4. DompetKu – Catatan Keuangan & Hutang

Aplikasi pencatatan uang pribadi yang bisa Anda install gratis adalah DompetKu. Jika Anda mencari aplikasi keuangan pribadi yang tidak menghabiskan memory yang besar bisa menggunakan aplikasi yang satu ini. Sebab ukurannya hanya 8,5 MB saja.

Aplikasi ini di keluarkan oleh Henry Febryan, yang saat ini sudah di download oleh lebih dari 10 ribu pengguna android. Walaupun penggunanya tidak sebanyak aplikasi-aplikasi yang telah di ulas sebelumnya, tapi para user memberikan rating rata-rata 4,9/5, yang mana bisa di katakan hampir sempurna. Hal ini menunjukan mereka sangat puas dengan aplikasi DompetKu.

Selain pastinya terdapat fitur pencatatan transaksi seperti pengeluaran dan pemasukan, di aplikasi DompetKu juga menyediakan fitur allowance (pinjaman), juga laporan keuangan per kategori yang bisa memudahkan Anda melacak pengeluaran. Selain itu, yang kerennya lagi lewat aplikasi ini tidak ada ads dan Anda bisa melakukan transfer saldo antar rekening.

5. Money Lover : Expense Manager & Budget Tracker

Aplikasi Money Lover pastinya tidak asing lagi bagi orang-orang yang sudah lama melakukan pencatatan keuangan di smartphonenya. Karena aplikasi ini sudah di buat oleh Finsify sejak tahun 2011. Selain itu hingga saat ini aplikasi Money Lover telah di download lebih dari 5 juta pengguna android dengan rate 4,5/5.

Money Lover punya banyak fitur keuangan yang bermanfaat seperti pencatatan pemasukan dan pengeluaran rutin, dan summerynya. Bagusnya, aplikasi ini juga menyediakan fitur Goal Wallet yang membantu Anda mencapai tujuan saving, Bill & Recurring transaction yang bisa mengingatkan Anda tentang tagihan yang akan datang, dan masih banyak fitur menarik lainnya. Nah, jika Anda ingin menginstallnya aplikasi ini punya ukuran 18 MB.

6. Money Manager : Expense Tracker & Free Budgeting App

Money Manager  Expense Tracker & Free Budgeting App

Selanjutnya ada aplikasi keuangan gratis yang namanya mirip, yakni Money Manager. Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi keuangan yang pertama di ulas.walau namanya mirip.

Aplikasi ini di buat oleh Draw Puzzle Game dan cocok untuk Anda yang mencari aplikasi keuangan yang sizenya kecil yakni hanya 4,2 MB. Aplikasi cukup lengkpa dan sudah di download oleh lebih dari 1 juta pengguna android.

Secara tampilan, aplikasi ini mudah digunakan.Kita bisa mengatur sendiri kategori pengeluaran dan melihat report perbulannya. Selain itu, kita juga bisa melakukan sinkronisasi data.

Sehingga jika Anda mengganti handphone, Anda tetap bisa menyimpan track record transaksi yang sebelumnya sudah Anda buat di handphone lama.

7. Monefy – Budget Manager and Expense Tracker app

Monify adalah salah satu aplikasi keuangan pribadi terbaik yang bisa di pilih oleh para pengguna Android. Aplikasi ini di kembangkan oleh Aimbity AS yang mendapatkan rating rata-rata 4,5/5 di google play store.

Jutaan orang sudah pernah mengunduh dan menggunakan aplikasi Monefy untuk membantu pengelolaan keuangan personal kareana aplikasi ini memang sangat mudah digunakan.

Tampilan chartnya menarik, membuat kita lebih mudah dan nyaman saat melihatnya. Terdapat juga night mode untuk menghemat baterai smartphone. Seperti Money Manager, aplikasi Monefy juga bisa melakukan sinkronisasi data sehingga Anda tidak perlu khawatir data akan hilang jika berganti handphone.

Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi Monefy, aplikasi ini dapat di unduh lewat google play store dengan size sebesar 10 MB.

8. 1Money – Expense Tracker, Money Manager, Budget

aplikasi keuangan 1Money - Expense Tracker, Money Manager, Budget

Aplikasi 1Money bisa di jadikan salah satu alternatif aplikasi keuangan Anda. Aplikasi ini memperoleh rating yang sangat tinggi dari penggunanya di android yakni 4,7/5. Aplikasi ini di buat oleh PixelRush, ukurannya 10 MB dan sudah pernah di download oleh lebih dari 1 juta pengguna android.

Jika Anda suka dengan tampilan yang colorful, Anda bisa memilih 1Money karena Anda bisa memilih sendiri warna apa yang Anda suka pada aplikasi. Seperti aplikasi keuangan pribadi lainnya, Anda bisa melakukan pencatatan keuangan dan mengatur budget pada masing kategori pengeluaran.

Anda juga bisa dengan mudah melihat kemana uang Anda mengalir selama ini dengan menggunakan chart dan bahkan bisa mencatat berapa uang yang Anda tabung bulan ini. Namun jika Anda ingin melakukan sinkronisasi data maka Andan perlu membeli lisensi premiumnya.

9. MyMoney – Money Manager, Expense Tracker & Budget

Pilihan aplikasi keuangan terbaik terakhir kali ini adalah MyMoney. Aplikasi ini bukan hanya memiliki ukuran yang kecil yakni 3,4 MB saja, tapi juga memiliki interface (tampilan) yang sangat intuitif sehingga mudah di gunakan.

Selain itu, aplikasi ini tidak menampilkan ads. Mungkin karena itulah aplikasi ini di enri rating rata-rata yang tinggi oleh penggunanya yakni 4,7/5.

Aplikasi MyMoney memiliki fitur chart yang bisa memperlihatkan bagaimana kebiasaan Anda mengeluarkan uang. Anda juga bisa menggunakan dark theme jika Anda lebih nyaman dan ingin menghemat baterai handphone.

Baca juga, 9 Tips Mengatur Keuangan Freelancer Agar Hidup Sejahtera

Aplikasi MyMoney adalah aplikasi offline. Sehingga tidak perlu terhubung dengan jaringan internet untuk menggunakan aplikasinya.

Penutup

Keberhasilan dalam mengatur keuangan pribadi cukup mempengaruhi masa depan finansial bahkan pada aspek-aspek lainnya. Kita patut bersyukur dengan hadirnya aplikasi-aplikasi keuangan yang sangat memudahkan kita belajar mengatur keuangan pribadi. Jika Anda keberatan untuk aplikasi yang berbayar, ada juga kok yang gratis seperti aplikasi-aplikasi yang sudah di ulas sebelumnya.

Bukan hanya fitur pencatatan uang standar, bahkan ada beberapa aplikasi yang memiliki fitur pencatatan savings, loan serta tanpa ads secara gratis. Sekarang, Anda tinggal memilih salah satu di antara beberapa aplikasi keuangan di atas, manakah yang paling nyaman dan cocok bagi Anda? Setelah memilih aplikasinya, yang tak kalah penting adalah soal konsistensi. Fitur aplikasi akan bisa kita manfaatkan dengan lebih maksimal hanya jika kita punya tekad yang kuat untuk memperoleh keuangan pribadi yang lebih sehat dan juga mencapai tujuan-tujuan keuangan yang kita inginkan.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar