9 Channel Youtube Inspirasi Bisnis Untuk Anda

Sebelum pandemi menyerang, kita sering menemui banyak seminar atau pelatihan mengenai cara membangun atau mengelola bisnis. Nah dengan adanya larangan berkumpul di masa pandemi, maka akan sulit untuk menemui seminar yang membahas tentang bisnis.

Tapi ini bukan berarti kita tidak bisa belajar mengenai bisnis, karena sekarang kita mempunyai internet yang menyediakan banyak informasi.

Salah satu website andalan banyak orang untuk mendapatkan informasi adalah Youtube. Kenapa Youtube? Karena di sana banyak orang membangun channel yang membagikan beragam jenis pengetahuan.

Ada pengetahuan tentang politik, kesehatan, ekonomi, dan juga bisnis. Anda juga bisa menemukan beberapa channel yang khusus berbagi tentang tips bisnis atau inspirasi bisnis yang bermanfaat.

Informasi yang tersedia di Youtube ini memungkinkan banyak orang untuk belajar sesuatu tanpa harus datang ke seminar atau bangku kuliah.

Sehingga tidak heran jika banyak pengusaha yang tidak berasal dari jurusan bisnis, karena mereka belajar secara otodidak melalui internet.

Kami merangkum 10 channel Youtube yang kontennya banyak berisi tentang ide bisnis, tips bisnis, dan pengetahuan berharga bagi para pengusaha atau calon pengusaha.

1. Rico huang

Dalam salah satu videonya, Rico Huang mengatakan bahwa dia belajar berwirausaha sejak sekolah dasar dengan berjualan nasi uduk.

Wirausaha sepertinya sudah menjadi passion hidupnya, terbukti kini Rico sudah membangun tiga lini bisnis yaitu Amelia.id sebuah Instagram Marketing Tools, DropshipAja.com sebagai platform supplier produk custom dan Alona.co.id yang bergerak di bidang edukasi bisnis online.

tiga bisnis itu kemudian dianungi oleh satu perusahaan, yaitu PT. Alona Indonesia Raya.

Fokus Rico pada bisnis digital dimulai sejak dia berjualan aneka aksesoris ponsel. Dia berpikir bahwa perkembangan teknologi ponsel akan menjadi sektor bisnis utama di masa depan.

Keberhasilan Rico dalam bisnis sektor digital ini dicapai pada usia yang belum sampai 30 tahun. Tentu Anda jangan hanya melihat kesuksesannya hari ini, tapi juga harus belajar tentang proses yang telah dilaluinya.

Sebagian besar subscriber Rico Huang merupakan anak muda yang ingin belajar tentang bisnis. Penyampaiannya yang santai dan visual yang menarik membuat banyak orang suka menonton video milik Rico.

Sehingga para penonton video ini belajar tanpa merasa digurui, tapi merasa seperti sedang diberi saran dan masukan dari teman sebayanya.

2. Success Before 30

Chandra Putra Negara adalah pemilik channel ini yang fokus pada konten inspiratif mengenai tips dan trik dalam bisnis.

Beliau merupakan pengusaha, penulis, dan coach bidang motivasi kehidupan dan bisnis. Masa muda beliau yang kehilangan orang tua dan harus melunasi hutang warisan keluarga adalah pemompa semangat beliau untuk bisa sukses seperti sekarang ini.

Karena beliau adalah seorang penulis, maka beberapa videonya mengutip dari buku – buku inspiratif yang telah beliau baca.

Ketika beliau berbicara mengenai bisnis, ternyata banyak faktor lain yang mempengaruhi bisnis di luar aktivitas manajerial seperti pola pikir, relasi, lingkup pertemanan, dan hubungan dengan keluarga.

Pak chandra mengatakan bahwa channel SB30 ini bertujuan untuk membagikan hal-hal yang menurutnya inspiratif dan edukatif.

Beliau berpendapat bahwa bisnis merupakan salah satu aspek dalam kehidupan, sehingga harus sinkron dengan aspek kehidupan lainnya. Sehingga selain membangun diri menjadi seorang pebisnis, pak Chandra juga ingin Anda membangun pribadi menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain.

3. Cap Capung

Apakah Anda sedang mencari inspirasi bisnis dalam bidang pertanian? Maka channel Cap Capung menyediakan banyak liputan mengenai ide bisnis untuk bidang agrobisnis.

CapCapung memiliki dua fokus program yang bisa Anda nikmati yaitu Cerita Tani dan Cerita Bisnis.

Cerita Tani biasanya mengisahkan tentang proses usaha pertanian dari hulu ke hilir. Sedangkan dalam Cerita Bisnis, Anda bisa mendapat banyak kisah sukses pengusaha yang bergelut di berbagai sektor bisnis.

Dua video ini bermanfaat untuk menjadi bahan riset atau inspirasi Anda untuk bisa memulai bisnis pertanian yang lebih kekinian dan menghasilkan.

Anda juga bisa belajar mengenai kondisi dan tren yang sedang berjalan dalam dunia pertanian. Hal ini akan menentukan bagaimana strategi bisnis yang bisa Anda terapkan saat Anda akan menjalankan bisnis.

4. Dewa Eka Prayoga

Video favorit kami di channel kang Dewa ini adalah membedah strategi marketing bisnis beberapa merk terkenal seperti Starbucks dan JCO.

Videonya menceritakan bagaimana kang dewa membeli sebuah produk di gerai tersebut, kemudian mengulas detail mengenai bagaimana pegawainya menawarkan produk atau paket pembelian.

Kemudian secara detail kang Dewa membedah strategi mereka untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan teknik psikologi pasar.

Keren banget gak tuh!!

Selain video bedah strategi, Anda juga akan banyak mendapatkan ilmu yang sebenarnya sudah sering ditulis oleh kang dewa di buku – bukunya.

Kang Dewa banyak membagikan pengalaman pribadinya saat sedang menjalankan bisnis, ilmu seputar berjualan online, digital marketing, internet marketing, copywriting, bahkan hingga tips-tips jualan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan banyak inspirasi tentang strategi bisnis, inspirasi usaha, peluang bisnis dan sebagainya.

Tidak main-main, kang dewa atau yang sering dijuluki sebagai “Dewa Selling” sudah menelurkan 14 buku best seller. Baik tentang tips marketing konvensional maupun marketing digital kekinian.

Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi bisnis pada bidang internet marketing, channel Dewa Eka Prayoga adalah tontonan wajib yang harus masuk ke dalam playlist Anda.

Satu lagi, Kang dewa ini juga sering mengadakan kompetisi untuk para subscriber-nya, salah satu hadiahnya bahkan berupa berangkat umroh. Dermawan banget ya gaes!!.

5. Christina Lie

Seorang digital marketer yang sukses berjualan dengan media Facebook Adds. Selain mendapatkan ilmu bagaimana mengoptimasi facebook Adds, Anda juga akan menemukan banyak kisah inspiratif lain.

Ibu muda yang kini menjadi pemiliki bisnis 101Red.com rutin mengundang pengusaha lain untuk menjadi narasumber pada kanal Youtube miliknya.

101Red.com merupakan website yang didirikan oleh Christina sebagai salah satu distributor fashion online besar di Indonesia sekaligus menjadi fashion accessories e-commerce enabler yang pertama di Indonesia.

Christina mengawali 101Red ketika menemui banyak orang yang ingin berjualan online tetapi tidak memiliki produk dan tidak tahu cara memasarkannya.

Kemudian Christina mendedikasin 101Red untuk memberikan alternatif produk jualan hingga membimbing cara pemasaran kepada para reseller.

Anda akan menemukan banyak ide bisnis di kanal Youtube milik Christina, tidak hanya melulu tentang fashion dan kosmetik yang menjadi andalan 101Red tapi juga ada bisnis makanan ringan, jualan gerobakan, dropshipper, dan lainnya.

Buat Anda yang suka cari tutorial make up, Christina Lie juga punya playlist tentang aneka tutorial make up yang pasti akan membuat anda tertarik untuk mencobanya.

6. Folder Bisnis

Coba Anda cari di pencarian Youtube, “Cara Saya Mendapat Ribuan Dollar Dari Internet Hanya Dari Rumah”, maka anda akan menemukan sebuah video dengan jumlah penonton 10k dari channel Youtube Folder Bisnis.

Folder Bisnis merupakan channel youtube yang membagikan informasi yang sebagiannya sudah pernah ditulis di halaman website ini.

Artikel ini kemudian dimunculkan kembali dalam tampilan audiovisual sehingga lebih enak untuk dinikmati dan menginspirasi lebih banyak orang.

Sebagaimana nama folder, maka video di channel ini banyak mengulas ide bisnis. Misalnya ide bisnis untuk anak muda, untuk masyarakat desa, atau untuk ibu rumah tangga.

Masing – masing videonya sangat spesifik sehingga pembahasannya sangat detail dan bermanfaat.

7. Jaya Setiabudi

Jaya Setiabudi sering mengatakan dalam beberapa vlog dan sesi wawancara bahwa beliau adalah salah satu murid dari Bob Sadino. Itu lho pengusaha terkenal sejak tahun 80an.

Jaya Setiabudi merupakan pendiri dari platform toko online paling lengkap di Indonesia, yukbisnis.com.

Pada channel Youtube nya, Jaya mengelompokkan videonya yang berjumlah ratusan itu dalam beberapa playlist antara lain : Formula, Fondasi Sukses, Copywriting, dan Tanya Juragan.

Yang paling menarik ini adalah playlist Tanya Juragan, dimana tema – tema yang dibahas merupakan jawaban dari banyak pertanyaan yang ada pada kolom komentar.

Akrab dipanggil para subscriber dengan nama Mas J, beliau ini ternyata sempat mengalami kebangkrutan pada 10 tahun pertama dalam berbisnis. Iya, 10 tahun pertama.

Namun beliau tidak menyerah dan percaya bahwa pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki mampu membawanya untuk bangkit kembali.

Kemudian menggandeng beberapa kawan mendirikan Momentum Group. Pada usia bisnis ke sepuluh tahun, Momentum Group telah membawahi berbagai perusahaan di aneka bidang.

MG fokus pada bidang- bidang seperti makanan, teknologi, industri, supplier, minuman, dan retail. Kemudian ada juga usaha agen oli dan perusahaan training entrepreneurship.

Video Mas J di Youtube umumnya berdurasi 15 sampai 20 menit, penyampaian yang singkat dan padat membuat Anda akan mudah dan cepat menyerap ilmu dari beliau.

8. Tung Desem Waringin

Siapa yang tidak kenal Tung Desem Waringin, beliau adalah motivator dan pakar marketing terkenal di Indonesia.

Dia juga seorang public speaker yang handal, coach sukses, dan juga merupakan penulis buku best seller.

Salah satu bukunya yang berjudul “Financial Revolution” mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai buku inspirasional pertama dengan penjualan 10.511 buah pada hari peluncuran perdana.

Setelah sukses memasarkan buku Financial Revolution, Tung Desem kembali membuat sebuah aksi sensasional di tahun 2008.

Aksi sensasionalnya yaitu TDW menyebarkan uang seratus juta rupiah dari atas helikopter di daerah Serang, Banten.

Ini merupakan aksi dalam rangka peluncuran buku fenomenalnya yang berjudul Marketing Revolution.

Setelah aksi sensasionalnya, kemudian saat hari pertama peluncuran bukunya habis terjual sebanyak 38.878 eksemplar.

Angka ini cukup fantastis bahkan melebihi penjualan hari pertama buku Harry Potter dan buku-buku laris lainnya di Indonesia.

Baca juga yuk, Cara mendapatkan uang dari Internet

Jika Anda belum sempat membaca bukunya, jangan khawatir. Anda bisa menimba ilmu secara gratis dari channel Youtube beliau, Tung Desem Waringin.

Beliau membocorkan rahasia marketing secara cuma-cuma lewat Youtube. Jadi yang Anda butuhkan hanyalah kuota untuk menonton video yang isinya “daging” semua.

Ada juga beberapa video tentang aktivitas keseharian beliau, kamu juga bisa belajar bagaimana seorang pengusaha berperilaku yang mencerminkan seorang pengusaha.

9. Belajar Berbisnis

Kami tidak tahu siapa pembuat channel ini, tapi setiap videonya memberikan wawasan dan tips bisnis bagi kita.

Videonya berisi narasi dan gambar – gambar yang mendukung penjelasan dari video tersebut. Meski belum diketahui siapa dibalik pemilik suara itu, susbcribernya sudah mencapai 303ribu.

Ini menandakan bahwa orang – orang tidak selalu memandang sosok atau pemilik chanel, tapi lebih kepada pengetahuan yang dibagikan apakah bermanfaat atau tidak.

Baca yuk, Cara mendapatkan uang dari Youtube

Dari ragam video di channel Belajar Berbisnis, Anda akan mendapatkan banyak inspirasi bisnis dari berbagai sektor. Ada bisnis otomotif, makanan, minuman, jasa, atau bisnis dengan modal minim. Kami yakin Anda tidak akan menyesal.

Tinggalkan komentar