9 Ide Bisnis Paling Menguntungkan Jelang Lebaran ini Bisa Anda Coba

Lebaran sebentar lagi! Yap, hari raya yang paling dinantikan umat Islam itu benar-benar hanya menghitung hari. Tentu beragam rencana indah sudah dipersiapkan jelang Lebaran sejak jauh-jauh hari. Mereka yang tinggal di perantauan, sudah pasti siap untuk mudik. Mereka yang berkeluarga, telah menyiapkan uang-uang saku untuk keponakan atau camilan menyambut tamu.

Baca juga: Kumpulan Kata Motivasi Sukses dari Bob Sadino, Bikin Makin Semangat Berbisnis!

Idul Fitri memang selalu identik dengan sebuah perayaan yang penuh kebahagiaan dan bikin rindu. Setelah sebulan penuh berpuasa Ramadan, bisa berjumpa lagi dengan Idul Fitri sangat menyenangkan. Namun tahukah Anda, kalau momen Lebaran juga bisa menjadi sebuah peruntungan bisnis yang menggiurkan lhoh.

Jika bulan suci Ramadan sangat identik dengan bisnis kuliner, suasana Lebaran juga memiliki peluang menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Apalagi jika Anda harus merayakan Idul Fitri tanpa sekalipun mudik, maka beberapa bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda. Bukankah lebih menyenangkan jika menyambut Lebaran dengan menambah pundi-pundi uang saku? Yuk simak ulasannya!

Rekomendasi 9 Ide Usaha Menguntungkan Jelang Idul Fitri untuk Anda!

1. Menjual Perlengkapan Lebaran

ide bisnis jelang Lebaran - perlengkapan Idul Fitri
ide bisnis jelang Lebaran – perlengkapan Idul Fitri

Lebaran selalu identik dengan belanja barang serba baru. Mulai dari baju, celana, hijab, hingga sepatu/sandal sangat diburu masyarakat. Di sinilah peluang Anda untuk berjualan item fashion baik lewat platform online atau membuka lapak dadakan di pasar. Tidak hanya fashion, perlengkapan Idul Fitri lain yang juga dibutuhkan adalah kue-kue kering untuk menyambut sanak keluarga di rumah.

Jika Anda memiliki bakat membuat kue, terima saja pesanan kue Lebaran seperti nastar, kastengel, putri salju, sus kering dan lain-lain. Biasanya kebutuhan akan perlengkapan Lebaran ini bakal laris manis sekitar H-7 Idul Fitri. Supaya tidak kalah saing, Anda bisa memberikan diskon harga hingga gratis ongkos kirim untuk produk yang dijual.

2. Menjual Perlengkapan Ibadah

ide bisnis jelang Lebaran - perlengkapan ibadah
ide bisnis jelang Lebaran – perlengkapan ibadah

Kebiasaan muslim Indonesia yang ingin terlihat rapi, baru dan bersih di Idul Fitri adalah peluang berjualan aneka perlengkapan ibadah. Syahrini bahkan sukses menjual ribuan mukenahnya dengan omzet miliaran rupiah jelang Lebaran tahun ini. Anda pun bisa mereguk keuntungan yang serupa asalkan produk perlengkapan ibadah yang dijual benar-benar berkualitas. Beberapa perlengkapan ibadah yang bisa Anda jual seperti mukenah, sarung, peci, baju koko, gamis syari hingga tasbih dan tentunya Al-Quran.

3. Bisnis Amplop THR Lebaran

Entah siapa yang mengawalinya, tradisi memberikan ‘salam tempel’ alias uang saku untuk keponakan dan anak kecil selalu muncul kala Idul Fitri tiba. Biasanya uang-uang ini dimasukkan ke dalam amplop-amplop kecil yang diberikan saat bersilaturahmi. Amplop-amplop kecil inilah yang bisa jadi peluang bisnis bagi Anda, terutama pribadi yang kreatif. Tawarkan amplop THR Lebaran dengan gambar-gambar lucu dan hiasan yang menarik supaya makin disukai para bocah.

4. Jasa Pembuatan Parcel

ide bisnis jelang Lebaran - perlengkapan ibadah
ide bisnis jelang Lebaran – perlengkapan ibadah

Idul Fitri masih lekat dengan pemberian parcel. Instansi pemerintahan memang sudah melarang segala bentuk pemberian parcel karena dikhawatirkan menjadi bentuk gratifikasi. Namun tenang saja, pangsa pasar untuk parcel masih terbuka lebar. Anda bisa merangkai sendiri parcel dengan harga terjangkau atau mungkin kelas premium tergantung konsumen yang ingin Anda tuju.

Bukan cuma berisi makanan ringan dan sirup, parcel-parcel Lebaran saat ini juga bisa berupa sembako. Pastikan produk yang dirangkai dalam parcel masih memiliki masa kadaluarsa yang lama dan berkualitas supaya konsumen tidak kecewa. Jangan lupa sediakan jasa kurir sendiri karena biasanya jelang Lebaran, banyak kurir yang sudah pulang kampung.

5. Sewa Kendaraan untuk Mudik

Idul Fitri dan mudik adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan bagi masyarakat Indonesia. Transportasi umum jelas menjadi pilihan utama untuk pulang ke kampung halaman. Bagi mereka yang tak punya kendaraan, menyewa mobil adalah solusinya. Untuk itu jika Anda memiliki mobil yang menganggur, ada baiknya membuka usaha persewaan. Bahkan di momen Lebaran, tarif sewa mobil bisa meningkat berkali-kali lipat.

Baca juga: Lebaran Sebentar Lagi! Ini 6 Tips Cerdas Supaya Tidak Bangkrut Usai Idul Fitri

Namun ingat, pihak penyewa kendaraan harus benar-benar dipercaya supaya Anda tidak merugi. Lebih baik lagi jika mobil Anda sudah dilengkapi alat pelacak GPS untuk menghindari hal buruk. Atau mungkin persewaan mobil sudah satu paket dengan sopir sehingga Anda sebagai pemilik kendaraan bisa lebih tenang.

6. Jasa Bersih-Bersih Rumah

Ketika Idul Fitri, akan ada banyak Asisten Rumah Tangga (ART) yang sudah mudik. Di sinilah peluang bisnis jasa kebersihan rumah sangat dibutuhkan. Anda bisa mengajak teman atau saudara untuk ikut jadi tim jasa kebersihan. Jangan diremehkan, jasa kebersihan rumah jelang Lebaran biasanya punya tarif yang cukup menggiurkan. Asalkan Anda benar-benar profesional dan bertanggung jawab saat membersihkan rumah, jasa Anda bakal dipilih masyarakat.

Baca juga: 8 Ide Bisnis untuk Pria saat Bulan Puasa yang Bikin Cepat Jadi Jutawan

7. Menjual Perlengkapan Mudik

Termasuk dalam bisnis dengan modal kecil, berjualan perlengkapan mudik jika bisa sangat menguntungkan jelang Lebaran. Anda bisa menawarkan masker, sarung tangan sepeda motor, bantal leher, kaos kaki atau sunglasses untuk para pemudik. Usahakan untuk berjualan di pusat-pusat keramaian yang banyak dipenuhi pemudik seperti pelabuhan, terminal, stasiun dan lainnya. Meskipun barang-barangnya murah, keuntungan yang didapat cukup menggiurkan.

8. Jasa Penukaran Uang

ide bisnis jelang Lebaran - jasa penukaran uang
ide bisnis jelang Lebaran – jasa penukaran uang

Biasanya sebagian orang yang memberikan uang saku untuk keponakan memiliki mata uang pecahan kecil. Tak heran kalau jelang Lebaran, permintaan penukaran uang di bank sangat tinggi. Bahkan ada beberapa orang yang rela antri berjam-jam demi menukar uang mereka ke pecahan yang lebih kecil. Namun mereka yang tidak punya waktu antre, akan lebih memilih untuk mencari penyedia jasa penukaran uang.

Inilah kesempatan Anda untuk ikut terlibat dalam bisnis jasa tersebut. Beberapa orang biasanya mematok tarif jasa rata-rata Rp 10.000 per Rp 100.000 uang yang ditukar. Anda bisa menetapkan tarif lebih murah atau lebih mahal tergantung dengan pecahan uang yang diperlukan. Jasa penukaran uang ini bisa Anda kenalkan lewat media sosial atau berjejeran di tepi-tepi jalan.

9. Berjualan Masakan Khas Idul Fitri

ide bisnis jelang Lebaran - masakan Idul Fitri
ide bisnis jelang Lebaran – masakan Idul Fitri

Suka masak dan siap bekerja saat Lebaran? Maka berjualan masakan khas Idul Fitri adalah pilihan terbaik. Anda bisa menawarkan paket ketupat plus opor ayam untuk keluarga-keluarga yang malas memasak. Jika kesulitan membuat opor ayam, Anda bisa berjualan ketupat matang saja, atau bahkan bungkus ketupat hingga daun pandannya saja. Relatif bermodal kecil, keuntungan masakan Idul Fitri ini cukup besar.

Asalkan masakan yang Anda sediakan punya cita rasa yang disukai banyak orang, usaha kuliner jelang Lebaran ini akan membuat Anda untung besar. Karena memang di saat Idul Fitri, ada banyak restoran atau warung makan yang tutup, sehingga pesaing Anda dalam hal berjualan kuliner jelas berkurang.

Nah, bagaimana? Sangat menarik bukan aneka peluang usaha jelang Idul Fitri ini? Anda bisa memilih salah satunya sesuai dengan kemauan dan kemampuan. Meskipun termasuk bisnis kategori musiman, jika Anda melakukannya di momen yang tepat dan senantiasa bersungguh-sungguh, tentu keuntungan bisa melimpah. Jauh lebih bangga bukan jika orang lain sibuk menghabiskan uang saat Lebaran, Anda justru meraup pendapatan menggiurkan berkat bisnis-bisnis di atas. Semangat!

Loading...