Alasan dan Keunggulan Jika Mempunyai Financial Planner

Ketika keuangan pribadi berantakan, tentu akan memberikan dampak kurang baik dalam kehidupan. Untuk itulah bagi Anda yang termasuk dalam kondisi seperti ini, ada baiknya mulai mempertimbangkan menggunakan jasa financial planner alias perencana keuangan profesional. Seperti namanya, financial planner akan membantu Anda memberikan solusi perencanaan keuangan pribadi termasuk melakukan pengelolaan keuangan dengan tepat mulai dari pengurusan aset hingga investasi.

Baca juga: 7 Cara Manajemen Keuangan yang Profesional untuk Bisnis UMKM

Selayaknya dokter yang mengobati masalah kesehatan, financial planner pun bisa disebut sebagai ‘dokter’ dalam kondisi keuangan Anda. Hanya saja beberapa orang memilih enggan memakai jasa perencana keuangan dengan alasan tabungan yang dimiliki masih sedikit sehingga dirasa mampu untuk mengelolanya. Padahal jika memang ingin memiliki kondisi finansial yang sehat, mempertimbangkan memakai jasa finacial planner cukup logis.

Alasan Membutuhkan Financial Planner

Financial planner - 1

1. Butuh Penilaian Obyektif

Jika Anda ingin disiplin dalam mengelola keuangan, maka haruslah mampu bersikap obyektif. Maksud dari hal ini adalah bagaimana Anda bisa berpikir jernih dan mengambil keputusan logis saat berurusan dengan keuangan. Tampak mudah diucapkan, tindakan ini justru sulit untuk dilakukan. Apalagi jika anak muda, sifat konsumtif tentu sering mereka alami yang akhirnya bisa membebani keuangan sampai tagihan kartu kredit membengkak. Namun jika Anda memakai jasa financial planner, mereka akan mampu memberikan saran obyektif mengenai kebutuhan yang sifatnya lebih mendesak dan benar-benar dibutuhkan. Para financial planner ini bahkan sampai melakukan financial check-up, untuk menganalisa apakah kondisi keuangan Anda sehat atau tidak berdasarkan data pemasukan dan pengeluaran.

2. Butuh Ahli di Bidang Keuangan

Selain sudah pasti memperoleh penilaian yang lebih obyektif atas kondisi keuangan, alasan lain membutuhkan financial planner adalah karena setiap orang butuh ahli di bidang keuangan. Karena para financial planner ini memiliki latar belakang pendidikan keuangan, sehingga mereka jelas merupakan tenaga profesional yang bisa membantu merencanakan dana pendidikan anak hingga investasi yang paling efektif dan efisien, sesuai kemampuan Anda.

3. Butuh Bantuan Wujudkan Rencana Keuangan

Financial planner - 4

Meskipun namanya adalah financial planner, tugas mereka bukanlah hanya merencanakan saja. Namun financial planner akan membantu Anda menetapkan langkah-langkah konkrit yang harus dilakukan sesuai dengan rencana demi memperoleh tujuan keuangan. Anda bahkan akan lebih disiplin dalam hal-hal yang berkaitan dengan keuangan karena para financial planner bakal mengingatkan Anda untuk wajib melakukan investasi. Bahkan tak jarang jika seorang financial planner sampai memantau sekaligus melakukan penilaian atas hasil yang Anda peroleh apakah sesuai rencana atau tidak. Jika ternyata ada yang bermasalah, financial planner akan langsung mencari solusi dan memperbaiki rencana keuangan tersebut.

Baca juga: 3 Langkah Mengelompokkan Tujuan Keuangan Agar Lebih Terukur dan Mudah Dicapai

4. Butuh Masukan Atas Produk Keuangan

Kemajuan perekonomian membuat produk-produk keuangan yang beredar di pasaran semakin banyak saja. Tentu bagi masyarakat awam, nama-nama seperti investasi reksadana, pasar forex hingga asuransi Unit Link merupakan istilah keuangan yang tidak dipahami. Nah inilah alasan lain yang membuat Anda butuh financial planner, karena para ahli keuangan ini bakal memahami produk-produk tersebut. Mereka akan menjelaskan sekaligus memberikan masukan jika memang produk keuangan itu sesuai dengan kebutuhan klien. Seorang financial planner akan tahu betul kemampuan keuangan kliennya sehingga bisa memberikan masukan atas penggunaan produk keuangan yang tepat.

Cara Memilih Financial Planner yang Tepat

Financial planner - 2

1. Harus Bisa Dipercaya

Lantaran memiliki fungsi yang sangat vital dalam kesuksesan finansial seseorang, tentu Anda harus bisa memilih financial planner yang tepat. Pertimbangan utama supaya bisa memperoleh perencana keuangan berkualitas adalah harus bisa dipercaya. Ya, ketika melakukan analisa dan konsultasi keuangan, klien akan memberitahu seluruh kondisi keuangannya yang sebetulnya merupakan hal sensitif. Sehingga supaya Anda bisa cukup terbuka dalam hal finansial ke orang asing, pastikan financial planner itu benar-benar bisa dipercaya.

2. Profesional, Independen dan Bersertifikat Resmi

Supaya bisa memiliki perencanaan keuangan yang tepat, Anda tentu harus memilih financial planner yang benar-benar profesional, memiliki sikap independen sekaligus berkualitas. Seorang financial planner yang profesional bakal memiliki kemampuan informasi pasar yang mumpuni. Misalkan saat hendak menyusun dana pendidikan untuk buah hati, mereka tentu tahu berapa besar kenaikan biaya sekolah. Tak hanya itu, financial planner profesional jelas memahami betul pergolakan pasar modal, kinerja reksadana hingga risiko tanam saham. Hal ini akhirnya membuat financial planner mampu memberikan saran paling cocok kepada klien.

Namun wajib diingat bahwa meskipun memberikan saran termasuk produk keuangan, seorang financial planner tetaplah harus independen. Jangan sampai Anda terjebak pada financial planner yang ternyata malah menjual produk atau jasa perusahaan tertentu. Seorang perencana keuangan yang independen, bakal melakukan analisa yang obyektif sesuai kebutuhan klien. Dan usahakan mereka memiliki gelar Certified Financial Planner (CFP).

CFP sendiri bisa menjadi bukti kalau keahlian mereka sudah diakui lantaran berhasil dari serangkaian ujian yang dilakukan lembaga terpercaya. Seorang financial planner yang sudah memiliki sertifikat resmi sudah pasti memenuhi standar kompetensi, etika dan praktik. Sehingga dalam menawarkan jasanya, mereka menjunjung tinggi prinsip integritas, obyektifitas, profesionalisme, kompetensi, keadilan dan kerahasiaan.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Setelah Memiliki Anak

Sederet Keuntungan Memakai Jasa Financial Planner

Financial planner - 3

1. Sebagai Panduan Raih Tujuan Keuangan

Keuntungan pertama yang bakal Anda peroleh jika memakai jasa financial planner adalah terbantu dalam menetapkan tujuan secara lebih realistis dan dikelola. Bahkan ada kalanya financial planner melakukan penyesuaian tujuan yang membuat rencana keuangan mendadak berubah dalam perjalanannya. Namun mereka tetap fokus dengan target sehingga klien tidak perlu khawatir. Tak berlebihan jika disebutkan kalau seorang financial planner adalah pemandu Anda dalam memperoleh tujuan keuangan. Dengan adanya perencana keuangan, Anda akan dibantu dalam mengelola aset, memahami risiko investasi hingga memburu profit semaksimal mungkin.

2. Membantu Memahami Kondisi Pasar

Dari banyaknya penyebab kerugian dalam investasi, salah satu yang kerap dialami masyarakat adalah tidak memahami pasar. Apalagi jika kondisi perekonomian mendadak buruk, kekhawatiran bisa membuat seseorang bertindak sembrono. Namun dengan financial planner, keunggulan yang bakal Anda peroleh adalah bisa lebih paham kondisi pasar. Sehingga Anda akan tahu kapan melakukan investasi atau tidak, karena sikap-sikap yang harus diambil lebih obyektif.

Baca juga: Keuangan Sekarat? Ini 6 Tips Jitu Bikin Dompet Normal Usai Libur Panjang

3. Menahan Sikap Konsumtif

Financial planner - 5

Nah, inilah keuntungan berikutnya yang bakal diperoleh jika menggunakan jasa financial planner. Sikap konsumtif yang seringkali membuat tabungan ludes bisa sedikit demi sedikit teratasi berkat adanya sosok perencana keuangan. Karena financial planner akan selalu mengingatkan Anda untuk fokus pada tujuan keuangan jangka panjang sehingga seluruh pembelajaan lebih terorganisir. Anda masih bisa melakukan pembelanjaan tapi sekaligus tetap berinvestasi adalah tujuan utama dari adanya financial planner.

Melihat ulasan di atas, tentu memiliki financial planner adalah salah satu pertimbangan yang logis di masa kini. Apalagi jika Anda saat ini tengah dalam usia produktif, menggunakan jasa perencana keuangan akan membuat kondisi finansial jauh lebih sehat. Dengan kondisi keuangan yang lebih sejahtera, tentu Anda bisa menjalankan hidup jauh lebih baik dan pastinya bahagia.

Loading...