10 Alasan Emas Adalah Bentuk Investasi Terbaik

Investasi memiliki pengertian bentuk pengakumulasian suatu bentuk aktiva agar bisa mendapatkan keuntungan di masa depan. Karena itu, investasi sangatlah penting, terlebih untuk orang-orang yang tidak memiliki dana pensiun.

Yang jelas, setiap orang harus mulai berinvestasi salah satu manfaatnua agar bisa melindungi aset yang dimiliki ketika terjadi inflasi.

Rupanya, trend untuk berinvestasi ini telah dilakukan sejak zaman dahulu hingga sekarang. Mereka melakukan investasi dalam bentuk emas logam mulia, bukan emas berjenis perhiasan.

Investasi emas bisa dibilang sangat minim resiko dengan keuntungan yang lumayan menguntungkan, Lalu apa saja keuntungan investasi emas tersebut? Simak pembahasannya berikut ini!

1. Emas Sama Pentingnya dengan Mata Uang

Emas Sama Pentingnya dengan Mata Uang

Emas batangan memiliki nilai yang sama dengan uang. Sebelum ada uang pun, emas batangan kerap kali digunakan sebagai alat transaksi jual beli. Sehingga emas memiliki nilai yang sama dengan mata uang yang ada.

Ketika nilai rupiah menurun dan terjadi inflasi, banyak orang berduyun-duyun pindah berinvestasi di emas. Banyak yang menjadikan emas batangan sebagai alternatif. Karena memang terbilang aman dan menguntungkan.

Mereka tahu bawahsannya berinvestasi pada emas tidak akan mengurangi nilai dari uang yang anda tukarkan dengan emas, oleh sebab itu tidak begitu salah kalau dikatakan emas adalah bentuk investasi terbaik saat ini.

Dengan investasi emas, Anda bisa mendapatkan resiko yang lebih minim. Berbeda dengan investasi saham yang memiliki resiko besar meskipun memang keuntungannya sangat menggiurkan.

2. Emas Adalah Penjaga Aset yang Menguntungkan

Emas adalah tempat menyimpan uang yang paling aman. Pasalnya, jika anda menyimpan uang di bank akan berkurang akibat pemotongan setiap bulan. Meskipun jumlahnya sedikit, tetapi pemotongan sejumlah uang yang ditabung cukup membuat Anda rugi.

Apalagi jika anda menyimpan uang di rumah. Yang ada malah uang ludes terpakai karena kebutuhan mendesak atau yang lainnya. Sehingga, tempat yang cocok untuk menyimpan uang adalah pada emas logam mulia.

Menyimpan uang di emas selain aman juga bisa memberikan keuntungan jika dijual saat harga emas sedang naik. Emas memang penjaga aset yang sangat baik untuk jangka panjang keuangan anda.

3. Bisa Dikelola Oleh Pribadi

Kemudahan lain yang bisa Anda dapatkan ketika investasi emas adalah pengelolaan yang mudah. Anda tidak harus menyewa pengelola investasi untuk mengurus emas yang sudah dibeli.

Anda hanya cukup menyimpan emas di tempat yang aman. Jangan lupa untuk cek kondisi emas anda agar nanti bisa dijual kembali saat dibutuhkan. Emas juga biasanya bisa disimpan di bank sehingga bisa lebih aman.

Tentunya investasi emasi berbeda dengan investasi saham, dimana tidak bisa dimiliki barangnya kecuali bukti dokumen fisik. Investasi emas bisa anda miliki secara utuh dan sangat bisa disimpan di rumah.

4. Proses Jual Beli Emas yang Mudah

Proses jual beli emas bisa dilakukan dimanapun asalkan memiliki sertifikat yang resmi. Itulah sebabnya, emas dikatakan sebagai tempat investasi yang mudah dijangkau oleh siapapun.

Agar lebih yakin untuk membeli dan menjual emas dan tidak tertipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab belilah emas di butik ANTAM, di lembaga pemerintah, atau tempat terpercaya yang sudah menjadi bagian dari ANTAM.

Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan, jika tidak, bukannya untung yang ada malah anda rugi karena membeli emas palsu.

Pastikan untuk selalu membeli emas di tempat yang sudah direkomendasikan aman. Agar terhindar dari resiko kerugian.

5. Tidak Harus Punya Keahlian Khusus untuk Mengelolanya

Alasan emas adalah bentuk investasi terbaik karena anda tidak harus punya keahlian khusus untuk mengelolanya. Tidak seperti bentuk investasi lain yang memang harus dipelajari teknik dan pengelolaannya contohnya adalah saham.

Selain itu, jika Anda berinvestasi emas tidak butuh analisis pasar. Anda hanya perlu tahu satu hal, dimana anda harus membeli emas saat harga sedang turun. Dan menjualnya saat harga sedang naik. Dengan begitu, investasi emas anda akan menguntungkan.

Berbeda dengan pengelolaan investasi seperti saham. Anda butuh seorang ahli agar saham yang anda beli tidak mengalami kerugian.

Itulah kenapa, investasi emas lebih banyak digunakan oleh orang yang hanya butuh menyimpan uang saja untuk investasi. Karena pengelolaan emas tidak sesulit mengelola saham atau bentuk investasi lainnya.

6. Pencairan Emas Logam Mulia Sangat Mudah

Apakah Anda pernah menyimpan uang di deposito? Jika ya, pasti anda juga pernah mengalami kebutuhan uang mendesak tetapi uang tidak dapat dicairkan karena belum mencapai batas waktu yang ditentukan, bukan?

Atau penjualan aset lain seperti rumah, akan sangat lama proses penjualannya, mulai dari penawaran hingga mendapatkan pembeli yang memakan waktu cukup lama.

Sehingga, jika anda butuh uang cepat menjual aset seperti itu tidak akan langsung cair

Berbeda dengan menjual emas batangan, Anda bisa menjualnya kapanpun dan dimanapun. Karena ada tempat khusus untuk menjual dan membeli emas secara langsung, sehingga ketika butuh uang mendesak, bisa langsung cair saat itu juga.

Anda juga bisa membandingkan harga jual emas agar bisa mendapatkan keuntungan. Sehingga tidak ada istilah rugi saat anda investasi emas.

Intinya, Investasi emas batangan akan sangat membantu anda ketika ada kebutuhan yang sangat mendesak. Karena mudah dicairkan dan mudah mencari pembelinya.

7. Memiliki Resiko yang Sangat Kecil

Pada dasarnya, Investasi apapun yang Anda miliki pasti akan mengalami resiko. Dalam investasi, semakin besar resiko semakin besar peluang penghasilan yang bisa didapatkan. Jika jenis investasi anda beresiko besar, maka penghasilan yang bisa anda dapatkan pun relatif besar.

Begitupun dengan investasi emas batangan. Investasi emas batangan memang memiliki resiko, tetapi resiko investasi emas sangatlah kecil. Meskipun begitu, berbanding dengan penghasilan yang bisa didapatkan dari investasi emas batangan.

Kerugian yang Anda dapatkan hanya ketika membeli emas di harga yang sedang mahal dan menjualnya di harga yang sedang murah. Tetapi tidak serta merta menghilangkan keseluruhan investasi. Anda tetap bisa mendapatkan uang investasi emas anda dengan selisih harga yang tidak menguntungkan.

Namun pada dasarnya, kerugian investasi emas sangat minim. Maka dari itu, cocok sekali untuk Anda yang ingin berinvestasi tetapi dengan resiko yang minim.

8. Emas Batangan Tahan Inflasi

Ketika nilai rupiah kena inflasi, harga emas justru akan naik. Itulah kenapa emas adalah bentuk investasi terbaik yang harus dicoba.
Banyak orang yang kebingungan saat terjadi inflasi, mereka mencari cara untuk mengamankan uang dan aset yang dimiliki. Tetapi, jika anda berinvestasi emas anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

Saat inflasi banyak orang yang memilih menyimpan uang mereka pada emas. Hal itu juga yang menyebabkan harga emas yang semakin tinggi. Harga emas yang tinggi inilah bisa anda jadikan waktu yang tepat untuk menjual emas.

Tetapi pastikan saat menjual emas Anda tidak menggunakan uang investasi tersebut untuk membeli barang. Oleh karena itu, gunakanlah uang tersebut untuk membeli emas kembali di saat harga sedang turun.

9. Harga Emas Batangan yang Semakin Terjangkau

Membeli emas logam mulia hari ini tidaklah sulit, Anda bisa beli emas batangan di toko terpercaya atau di toko online terpercaya. Pastikan Anda membelinya di tempat yang terpercaya.

Jika ingin membeli emas via online, banyak aplikasi seluler yang menyediakan jual beli emas batangan. Seperti misalnya aplikasi e-emas yang akan memudahkan Anda untuk membeli emas batangan.

Di e-emas Anda tidak harus membeli emas dalam jumlah yang besar. Anda bisa membelinya dalam ukuran yang lebih kecil. Sehingga bisa menjadi alternatif penyimpanan dalam jumlah yang kecil.

Meskipun sistem pembelian emasnya bersifat online, Anda tetap bisa memilikinya. Hanya saja pada sistem online, Anda menitipkan emas tersebut di dalam aplikasi e-emas sehingga bisa melihat laporan pembelian melalui akun yang digunakan.

Jangan khawatir jika anda butuh bukti fisik emas online. Emas bisa dikirimkan kepada anda secara langsung pada alamat yang dicantumkan pada akun.

Keuntungan emas tetap bisa didapatkan, baik dibeli secara online ataupun langsung. Membeli emas secara online bisa menjadi alternatif saat anda tidak punya cukup uang tetapi ingin tetap berinvestasi.

10. Investasi yang Tidak Mungkin Bangkrut

Emas adalah bentuk investasi terbaik, karena investasi emas tidak akan mengalami kerugian atau kebangkrutan. Tidak seperti investasi saham yang jika pengelolaannya tidak tepat akan mengalami kerugian.

Tentu saja, jika mengalami kebangkrutan maka yang didapatkan bukan malah untung tetapi rugi besar

Sedangkan jika Anda berinvestasi pada emas batangan, tidak akan dengan mudah menjadi rugi. Asalkan emas tersebut disimpan di tempat yang aman sehingga meminimalisir resiko pencurian.

Produk investasi lain seperti saham, bisa dimiliki dengan cara dialihkan dan kemudian dibuktikan dengan menggunakan dokumen resmi.

Bukti fisik sah dalam berinvestasi saham yang bisa anda pegang hanya surat-surat resmi. Tanpa adanya surat tersebut, amda tidak bisa membuktikan kepemilikan investasi.

Sedangkan investasi emas, Anda akan memegang bukti fisik yang utuh berupa logam mulia sesuai kadar emas yang dipilih. Tentunya nilainya tidak akan pernah menurun. Berapapun harga emas nantinya, Anda bisa tetap menjualnya kapanpun membutuhkannya.

Hal tersebut menunjukan bahwa investasi emas batangan termasuk bentuk investasi aman karena minim resiko.

Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa keuntungan yang didapat tidak akan begitu banyak. Tetapi, emas batangan bisa menjangkau semua kalangan, karena dapat dibeli siapa saja.

Baca juga :

Penutup

Itulah 10 alasan emas adalah bentuk investasi terbaik yang bisa dipilih. Investasi emas memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan investasi hal lain, seperti misalnya saham.

Investasi saham harus memiliki keahlian mengelola saham, selain itu, kerugian investasi saham juga cukup besar. Maka dari itu, jika mencari investasi aman untuk tabungan masa depan, emas bisa menjadi andalan.

Bahkan, di masa depan emas akan menjadi mata uang di setiap negara. Karena dengan investasi ini, Anda tidak akan terkena inflasi.

Maka dari itu, jika saat ini Anda memiliki uang lebih segera investasikan dengan emas yang bisa dibeli dari Lembaga resmi seperti Antam.

Semoga pembahasan ini bisa membantu anda memilih investasi yang tepat sesuai dengan keadaan keuangan anda. Selamat berinvestasi.

Bagikan ;