Apa Itu Bank Jago? Inilah Fitur, Cara Daftar dan Biayanya!

Dunia perbankan digital di Indonesia semakin berkembang dengan kehadiran Bank Jago. Kini Anda punya banyak referensi jika ingin membuka rekening digital secara online.

Sebelumnya dalam dunia perbankan digital sudah ada Bank DBS dengan Digibank, Bank BTPN dengan Jenius dan Bank-bank lainnya yang juga sudah membuka Bank digitalnya sendiri. Kini, Bank Jago bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi Anda yang berniat membuka rekening digital.

Tapi, sebaiknya kita juga tidak sembarangan membuka tabungan digital. Pilihlah dengan berbagai pertimbangan, supaya nantinya Anda bisa bertransaksi dengan benar-benar aman dan nyaman.

Perhatikan latar belakang Bank, fitur (termasuk kinerja aplikasinya) dan juga biaya-biaya yang di kenakan kepada nasabah. Nah untuk Anda yang penasaran dengan Bank Jago, kali ini kita akan membahas semuanya secara detail.

Oh ya, walaupun termasuk Bank digital baru Bank Jago juga sudah berkolaborasi dengan Bibit dan sahamnya melesat naik setelah di beli Gojek. Hm, sebenarnya siapa sih Bank Jago itu? Yuk cari tahu jawabannya!

Mengenal Bank Jago

Bank Jago sebenarnya bukan pemain baru di dunia perbankan, namun dengan teknologi yang baru Anda juga patut mengenalnya lebih dalam sekualitas apa sih Bank digital yang satu ini.

Bank yang namanya cukup unik ini di miliki oleh PT Bank Artos Indonesia Tbk dengan kode saham ARTO di BEI. Bank Artos sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1992 di Bandung.

Namun sejak Juni 2020 kemarin Artos bertransformasi menjadi Bank Jago di bawah PT Bank Jago Tbk. Anda tidak perlu khawatir soal keamanannya, karena Bank dengan kode saham ARTO ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kini komposisi pemegang saham Jago sudah berubah. Per 26 Februari 2021 saham Bank Jago di miliki oleh Metamorfosis Ekosistem Indonesia sebesar sebesar 37,65%, Gopay sebanyak 22,16%, Wealth Track Technology Limited 13,35%, dan masyarakat umum 26,84%.

Jadi tidak heran jika Bank ini sudah menggandeng Gojek yang notabene merupakan aplikasi besar yang akrab di kalangan anak muda.

Selain itu, Jago juga berkolaborasi bersama Bibit, si aplikasi investasi reksadana yang juga punya banyak pengguna berusia produktif. Oleh karena itu jelas bahwa Jago memang menyasar pasar milenial dan Gen Z di Indonesia.

Saat ini aplikasi Bank Jago sudah terintegrasi dengan Bibit maupun Gojek, begitupun sebaliknya. Dengan begitu hal ini tentu akan membuat kita jadi lebih mudah saat bertransaksi.

Baca yuk, Pengalaman menggunakan Aplikasi Ajaib Untuk Investasi Saham dan Reksadana

Bukan hanya itu, Bank Jago juga punya berbagai fitur menarik. Penasaran apa saja fitur Bank Jago yang lain? Mari kita kupas satu persatu!

Fitur Bank Jago

Fitur Bank Jago
Sumber gambar : unsplash.com/ Rob Hampson

Bank Jago punya banyak fitur yang secara umum bisa di golongkan dalam 4 kategori. Nama fitur umumnya juga cukup unik, seperti mengingatkan kita pada fungsi utama dalam penggunaannya, seperti :

Mulai Hidup Seutuhnya

Fitur ini adalah fitur dasar transaksi harian namun ditambah dengan fitur-fitur unik yang lebih personal. Mungkin inilah mengapa namanya “Mulai Hidup Seutuhnya”. Didalamya terdapat fasilitas :

  • Kirim & Bayar, untuk melakukan transfer dan membayar berbagai tagihan
  • Kontak, Anda bisa mengkategorikan akun rekening teman-teman dan keluarga sehingga mudah di cari
  • Personalisasi, yaitu fitur yang bisa membuat akun rekening Bank Jago Anda lebih sesuai dan mudah di navigasikan. Di dalamnya ada sub fitur seperti : Edit nama, foto profil, Atur JagoID, Atur Limit Kartu dll
  • Shortcut, adalah fitur yang bisa mempermudah Anda untuk langsung terhubung dengan berbagai transaksi dan fitur Bank Jago yang sudah menjadi rutinitas.
  • Kartu Debit Visa, yaitu salah satu metode pembayaran yang ada di aplikasi Bank Jago. Dengan membuatnya, Anda bisa bertransaksi secara online ataupun melalui mesin ATM dan EDC berlogo ATM Bersama, Alto serta Visa.

Wah, fitur basicnya saja sudah keren ya! Tidak semua Bank digital punya beberapa fitur unik di atas. Nah, bagaimana fitur Bank Jago yang lain?

Pastikan Hari Esok

Kalau fitur yang satu ini dari namanya mungkin sudah bisa Anda tebak. Yep, betul sekali! Mengingatkan kita dengan masa depan. Jika sebelumnya fitur Bank Jago di buat untuk transaksi harian, kalau fitur-fitur dalam “Pastikan Hari Esok” ini ada apa saja ya?

  • Kantong, fitur ini membuat Anda lebih mudah menabung untuk berbagai keperluan tanpa harus membuat rekening lain. Anda bisa membuat beberapa Kantong, bahkan bisa membuat Kantong Bersama dengan keluarga sekaligus mengecek riwayat top up dan transaksinya. Ada juga sub fitur Autosave untuk Anda yang sulit menabung, mengunci uang di kantong dalam jangka waktu tertentu (minimal 14 hari) dan sub fitur lainnya yang menarik dalam “Kantong” Bank Jago.
  • Plan ahead, yaitu fitur untuk membayar berbagai tagihan rutin bulanan yang bisa di atur frekuensinya dan menjadi pembayaran otomatis

Lebih Mudah Bersama-sama

Di Indonesia rasanya masih cukup jarang ada Bank dengan fasilitas penggunaan bersama. Nah fitur ini adalah kumpulan fitur yang hubungannya dengan orang lain di luar pemilik akun. Sekilas sudah di sebutkan soal Kantong Bersama, berikut adalah penjelasan yang lebih lengkap!

  • Kantong Bersama
  • Kantong Berbagi, Anda bisa mengirimkan uang dengan Berbagi “Amplop Uang” sekaligus mengirimkan kartu ucapan kepada kerabat
  • Minta Uang

Keamanan di Tangan Kamu

Terakhir ada fitur yang sangat penting yakni soal keamanan. Anda bisa mengatur berbagai preferensi keamanan sesuai dengan kebutuhan sehingga Anda bisa bertransaksi melalui Bank Jago dengan aman dan nyaman. Misalnya atur tentang :

  • Autentikasi Dua Faktor
  • Autentikasi PIN atau Biometrik
  • Batas Transaksi (Pemicu) Autentikasi Dua Faktor
  • Daftar Perangkat Terhubung
  • Pengaturan Keamanan Kartu
  • dll

Syarat dan Cara Buka Rekening

Sekarang kita sudah tahu fitur-fitur yang di sediakan aplikasi Bank Jago. Lalu bagaimana cara membuka rekeningnya? Apakah diperlukan verifikasi offline?

Untungnya, Bank Jago juga sudah memiliki fasilitas pendaftaran yang 100% online. Jadi Anda tidak perlu datang ke Bank. Di saat pandemik seperti saat ini, pendaftaran online sangat membantu kita menghindari paparan virus sehingga Anda bisa tetap aman di rumah dan membuka rekening digital Anda sendiri.

Sebelum membicarakan bagaimana cara registrasinya, ada hal yang perlu Anda siapkan yaitu e-KTP, NPWP (jika ada) dan alamat email yang aktif. Nah sekarang ikuti langkah-langkah berikut ini!

  1. Download aplikasi Bank Jago di Google Play Store atau App Store
  2. Klik “Buat Akun Jago” pada aplikasi
  3. Isi nomor Hp dan email (untuk verifikasi), Anda akan menerima kode OTP
  4. Buat password dan konfirmasi password Anda
  5. Isi data-data yang di perlukan sesuai instruksi pada aplikasi, termasuk memoto e-KTP
  6. Lakukan aktivasi akun Bank Jago lewat videocall
  7. Jika proses aktivasi sudah selesai, Anda bisa mulai bertransaksi menggunakan akun rekenng Bank Jago

Ketentuan Biaya, Suku Bunga dan Limit Transaksi

Ketentuan Biaya, Suku Bunga dan Limit Transaksi
Sumber gamabr : website Bank Jago

Setiap Bank pasti memiliki ketentuan biaya yang di bebankan atau tidak di bebankan kepada nasabah, suku bunga dan juga limit transaksi.

Baca juga, Bisa mulai Investasi 1 jutaan, Berikut Keunggulan BNI Sekuritas

Rasanya cukup penting untuk mengetahui hal ini sebelum memutuskan mendaftarkan rekening. Ketentuan ini memang bisa saja berubah sewaktu-waktu, tapi setidaknya kita tahu konsekwensi dari segi biaya, suku bunga dan limit transaksi saat kita menggunakan fasilitas dari Bank Jago.

Biaya Bank Jago

NoJenis TransaksiBiaya (Rp)
1Pembukaan dan penutupan rekeningGratis
2Admin bulanan Gratis
3Biaya akun dormant (tidak ada transaksi dibawah 6 bulan) Gratis
4Transfer ke sesama Jago Gratis
5Transaksi Debit di Merchant Offline & e-Commerce dengan Jaringan Bersama, Alto dna VisaGratis
6Transfer ke rekening Bank lainGratis 25x Transfer dan Top up e-Wallet/ Bulan

Setelah kuota habis: Rp3.000/ transaksi
7 Transfer ke rekening Bank lain dengan SKNGratis 5x Transfer/Bulan

Setelah kuota habis: Rp2.900/ transaksi
8 Transfer ke rekening Bank lain dengan RTGSRp25.000
9Pembayaran tagihan (listrik, PDAM, paket data dll)Rp 1.500- Rp 5.000
10Top up e-wallet (GoPay, LinkAja, OVO, DANA)Gratis 25x Transfer dan Top up e-Wallet/Bulan

Setelah kuota habis:
Rp3.000/transaksi (Kecuali GoPay Gratis Selamanya)
11Transfer lewat ATM JagoKe rekening Jago : Gratis
Ke rekening Bank lain : Rp 3.000
12 Transfer lewat ATM jaringan Alto/Bersama Ke rekening Jago dan Ke rekening Bank lain :
Rp 6.500
13Tarik Tunai di ATM DomestikGratis 5x tarik tunai/bulan

Setelah kuota habis:
ATM Jago: Gratis
ATM Alto/Bersama: Rp7.500/transaksi
14 Tarik Tunai di ATM Visa (Luar Negeri)Rp 25.000

Sebagai info tambahan saja, selain daftar biaya diatas misalnya Anda mengalami gagal transaksi maka Anda tidak akan di kenakan biaya apapun (gratis).

Selain itu, kartu debit fisik juga bisa Anda peroleh secara gratis. Namun dengan ketentuan gratis 3 kartu digital & 3 kartu fisik saja. Jika hilang, maka Anda perlu membuat kartu tambahan/pengganti yang akan di kenakan biaya Rp 40.000/kartu.

Suku Bunga & Limit Transaksi

Suku Bunga Jago di masing-masing Kantong berkisar 0,5- 4 p.a. Sementara limit transaksi antar Jago dari Rp 1 sampai dengan tidak terbatas dan ke Bank lain bisa sampai Rp 100 juta.

Promo

Terakhir, sebelum menutup pembahasan mengenai Bank Jago kali ini ada informasi promo menarik yang bisa Anda manfaatkan jika bergabung menjadi nasabah Bank Jago.

Ternyata promo terdiri dari 3 kategori yaitu Jago Rame-Rame, Jago Bayarin dna Jago X Bibit CashBack. Maksudnya seperti apa?

1. Jago Rame-Rame

Ini adalah promo yang berbentuk kode referral dan undian dari Bank Jago. Jadi jika Anda merekomendasikan Bank Jago kepada kerabat dan mereka menggunakan kode refrerral Anda, maka Anda bisa mendapatkan saldo tambahan Rp25.000.

Selain itu, Anda juga memiliki kesempatan menang di antara berikut : Rp 5 juta (untuk 20 orang), Rp 10 juta (untuk 4 orang) dan Rp20 juta (untuk 1 orang). Tertarik ikut promonya?

2. Jago Bayarin

Adalah promo untuk transfer dari Bank Lain ke Kantong Utama Jago sebesar Rp1.000.000 dan Anda bisa mendapatkan saldo tambahan sebesar Rp 10.000

3. Jago X Bibit Cashback

Yakni cashback pembelian reksadana di Bibit melalui Bank Jago sebesar Rp 50.000 (dalam bentuk saldo) dengan minimal transaksi Rp500.000.

Oh ya, promo ini juga bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi untuk memastikannya, coba cek lagi ke website resmi Bank Jago ketika Anda membaca artikel ini.

Baca juga yuk, Apa itu Flip, Aplikasi Para Pembisnis

Penutup

Rekening digital sama hal seriusnya dengan rekening konvensional, sehingga kerahasiaan data tetap perlu di jaga. Jangan sampai hal yang tidak di inginkan terjadi dengan rekening digital yang mengatas namakan identitas Anda. Semoga informasi tentang Bank Jago ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar