Apa Itu Dropshipper di Shopee? Bagaimana Caranya Agar Untung?

Sebagian orang memilih menjadi dropshipper di Shopee sebagai salah satu alternatif bisnis minim modal. Ya, tentunya ini menarik untuk sebagian orang yang sedang membutuhkan income tambahan namun tidak punya banyak modal untuk memulai usaha.

Tapi dengan adanya marketplace seperti shopee kita bisa mencari supplier dan menjual barang dengan mudah tanpa mempunyai stok barangnya. Tidak perlu stok barang, tapi penjualan tetap berjalan.

Nah, bagi Anda yang tertarik menjadi dropshipper di Shopee bisa menyimak artikel kali ini. Karena kita akan membahas lengkap dengan tips dan trik supaya kita bisa mendapat untuk dari usaha menjadi dropshipper Shopee.

Agar lebih jelas, coba kita definiskan dulu apa sebenarnya yang di maksud dengan dropshipper di Shopee dan bagaimana cara kerjanya. Apakah ada ikatan atau kontrak dengan Shopee ataukah bagaimana?

Apa itu Drophipper di Shopee

Dropshipper di Shopee adalah penjual/pemilik toko yang menjual barang dengan metode dropship/ tanpa menyetok barang. Jadi barangnya nanti langsung di kirim dari supplier yang kita pilih ke konsumen yang memesan barang melalui toko kita. Jadi ini di lakukan dengan cara dropship dari marketplace lain ke Shopee maupun Shopee ke Shopee. Wah, memang bisa ya?

Bisa. Anda bisa memulainya dengan membuat akun Shopee melalui smartphone Anda. Menjadi dropshipper di Shopee bukan berarti Anda menjadi pegawai di Shopee ya.

Tapi statusnya sam seperti pemilik toko lainnya yang mendaftar di Shopee. Nah, sebelum memutuskan untuk memulainya, ada baiknya Anda mengetahui alur kerja dropshipper di Shopee secara umum di bawah ini!

Mengenal Jenis Produk

Pertama-tama Anda perlu memilih produk apa yang ingin Anda jual dari Shopee dan melalui Shopee. Di Shopee tersedia berbagai jenis barang yang bisa Anda jadikan sebagai produk dropship di etalase toko Anda.

Mulai dari pakaian wanita, pakaian pria, pakaian anak-anak, busana muslim, sepatu, skincare, make up, gadget, dll. Pilihlah jenis produk yang lebih Anda kuasai, paling popular atau mungkin peluang persaingannya masih terbuka lebar.

Mencari Supplier

Jika sudah menentukan produk yang akan di jual, PR selanjutnya adalah mencari supplier. Sudah banyak kok toko-toko di Shopee yang membuka peluang untuk dropship. Terutama pada produk-produk yang paling laris seperti baju, sepatu, skincare dan make up.

Sebagai upaya untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan pelanggan nantinya, sebelum memilih supplier ada baiknya untuk riset kecil-kecilan dulu untuk memastikan bahwa supplier bisa menyediakan barang dan kualitas barang sesuai deskripsi. Anda bisa melihat komentar-komentar para pelanggan tentang produk dan layanan calon supplier Anda.

Siapkan Modal Awal

Bisnis dropship memang termasuk bisnis yang minim modal, tapi bukan sama sekali tidak ada. Sebagai seorang pebisnis kita tentu harus menghitung berbagai aspek. Modal awal supaya Anda bisa bisa menjadi dropshipper di Shopee adalah smartphone dan juga kuota internet.

Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Cara Menjadi Dropshipper di Shopee
Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Untuk memulai bisnis dropship Anda di Shopee ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan. Di antaranya :

1. Membuat Akun Shopee

Hal pertama agar bisa membuka bisnis dropship melalui Shopee tentunya adalah dengan memiliki akun Shopee. Jadi pastikan Anda sudah meng-install aplikasi Shopee di smartphone Anda.

Jika Anda belum mendaftar, cara membuat akun Shopee juga mudah kok. Anda tinggal sign up dan memasukan data-data yang di perlukan misalnya email atau nomor hp yang masih aktif, lalu ikuti langkah-langkah pendaftaran dan verifikasi.

2. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Salah satu daya tarik Shopee bagi penggunanya adalah karena adanya fasilitas gratis ongkir. Shopee mungkin membaca adanya keberatan yang cukup besar jika ongkir di tanggung oleh pembeli, oleh karenanya hingga saat ini fasilitas tersebut masih berlaku.

Sebagai drophsipper, Anda bisa memanfaatkan hal ini menjadi peluang dengan mengaktifkan fitur gratis ongkir pada toko Anda. Caranya dengan memilih menu Toko Saya”> klik “Program Promosi Penjual” > pilih “Gratis Ongkir” dengan mengirimkan foto KTP dan selfie ke sistem Shopee.

3. Lengkapi Data Bank

Selanjutnya, Anda harus mengisi data bank untuk kelancaran transaksi Anda nanti. Jadi uang hasil penjualan Anda di Shopee bisa di cairkan ke nomor rekening bank yang Anda daftarkan ini.

Isilah data bank dengan masuk ke menu “Toko Saya” terlebih dahulu. Klik simbol gerigi pada pojok kanan atas aplikasi (Pengaturan akun) > klik “Kartu/ Rekening Bank”> klik “Tambah Rekening Bank”. Isi data bank yang di perlukan. Agar verifikasi lancar, pastikan bahwa data nama pemilik akun bank sama dengan nama pada data KTP.

Baca artikel kami lainya, Cara Transfer Saldo DANA ke ShopeePay, Gratis!

4. Isi Alamat dengan Alamat Supplier

Alamat juga tidak kalah penting untuk melancarkan transaksi Anda. Sebagai penjual Anda wajib memasukan data alamat dari manakah produk di kirimkan.

Bukan hanya verifikasi, hal ini akan berpengaruh pada ongkir dan juga pengembalian barang. jadi untuk alamat, Anda bisa mengisikan dengan alamat toko Anda dengan alamat supplier produk yang Anda jual.

5. Upload Foto Produk dengan Jelas dan Kata Kunci yang Sesuai

Untuk mulai berjualan di Shopee, tentunya Anda harus menampilkan gambar produk di etalase toko. Gambar produk ini bisa di daatkan dengan mudah dari supplier Anda. Anda tinggal mendownloadnya dan mengupload ulang.

Pastikan foto yang Anda upload berkualitas baik dan jelas. Selain untuk memberikan kejelasan informasi pada calon pembeli, gambar yang profesional juga bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Jangan lupa juga masukan kata kunci yang sesuai dengan deskripsi produk dan menarik.

6. Upload Nomor Resi

Dari ke 5 langkah dropship di Shopee di atas, ada hal yang sangat penting untuk Anda ketahui yakni tentang resi otomatis. Sayangnya sistem di Shopee tidak akan bisa menerima input resi yang sama.

Jadi jika Anda membeli barang melalui Shopee untuk kemudian di jual kembali lewat akun toko Shopee Anda, maka akan terjadi double kode resi dan hal ini pasti di tolak oleh sistem.

Nah, untuk mengatasi masalah ini Anda bisa menghubungi supplier dan bekerja sama dengan supplier yang Anda pilih. Bilang kalau Anda mengaktifkan fitur gratis ongkir pada barangnya, sehingga nanti Anda akan mengirimkan nomor resi jika ada pesanan yang masuk.

Dengan kata lain Anda minta untuk transaksi di luar Shopee namun meminta kepada supplier untuk mengirimkan barang dengan nomor resi yang Anda kirimkan.

Tips dan Trik Supaya Untung Dropship di Shopee

tips dan trik supaya bisnis dropship untung
Tips dan Trik Supaya Untung Dropship di Shopee

Sejauh ini, cukup mudah kan memulai bisnis dropship di Shopee? Nah, jika ingin bisnis dropship Anda di Shopee bisa mendatangkan keuntungan, cobalah beberapa tips dan trik berikut ini!

1. Lakukan Riset Pasar Terlebih Dulu

Ada baiknya Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memutuskan produk yang akan di jual melalui sistem dropship. Anda bisa mencari tahu produk apa yang sedang trend di sosmed misalnya.

Selain itu, Anda juga perlu mengenal siapa target pasar yang Anda bidik. Misalnya rentang usianya, kebutuhannya, apakah ada kebiasaan-kebiasaan spesifik, dll. Dengan begitu, arah pemasaran bisnis Anda bisa lebih jelas dan mengena pada target pasar.

2. Jual Produk-produk Original

Untuk menjaga kepercayaan pelanggan, ada baiknya Anda hanya menjual produk-produk original saja. Jangan sampai pelanggan kecewa dan memberikan ulasan negatif karena barang yang Anda jual ternyata KW. Ingat kalau performa toko Anda juga akan di tentukan oleh ulasan para pelanggan di kolom ulasan produk.

3. Jual Produk Best Seller

Sebagai ide produk, Anda juga bisa menjual produk-produk best seller yang banyak di minati atau termasuk tinggi trend penjualannya. Karena produk-produk ini banyak di cari, maka kemungkinan untuk produk yang Anda tawarkan bisa terjual juga tinggi.

Untuk itu, Anda bisa mencari tahu produk-produk apa saja yang banyak di minati salah satunya bisa melihat fitur “Produk terlaris” yang ada di aplikasi Shopee. Ada berbagai jenis produk terlaris sesuai kategorinya.

4. Jual Produk-produk yang Tidak menonjolkan Brand Tapi Banyak Peminat

Jika Anda tidak ingin menjual barang-barang original Anda juga bisa mencoba menjual produk-produk yang tidak perlu terlalu menonjolkan brand namun banyak di minati.

Misalnya kaos polos, barang-barang dekorasi rumah (tempat sepatu, tempat sikat gigi, alat mandi dll), kaos kaki dll. Namun walaupun banyak orang tidak terlalu memperhatikan brand pada produk-produk tersebut pastikan supplier Anda menyediakan stock barang dan sesuai dengan deskripsi. Dengan begitu pelanggan tidak akan kecewa dan bahkan melakukan pembelian ulang di toko Anda.

5. Carilah Supplier yang Trusted dan Punya Tema Barang yang Sesuai

Nah inilah bagian yang wajib Anda lakukan, yakni mencari supplier yang terpercaya dan memiliki satu tema barang yang sesuai dengan toko Anda.

Untuk mendapatkan supplier seperti ini perlu riset terlebih dahulu dan bahkan memastikan berulang kali agar supplier yang kita pilih tidka sampai merugikan pelanggan atau diri kita sebagai penjual. Anda bisa mencari tahu dari ulasan, dan bertanya langsung pada admin.

6. Manfaatkan Fitur Promosi yang Ada di Shopee

Ada banyak sekali fitur promosi yang di sediakan Shopee untuk para penjual agar penjualan di tokonya bisa meningkat. Salah satunya adalah fitur gratis ongkir yang telah di bahas sebelumnya.

Selain itu pada menu “Program Promosi Penjual” juga ada fitur-fitur lain seperti Gratis Ongkir Xtra, Cashback Xtra, Live Sale. Setiap program memiliki syarat dan ketentuan tertentu.

Baca juga, 7 Platform Dropship Terbaik Solusi Bisnis Tanpa Modal dan Stok Barang.

7. Promosikan di Sosmed Anda

Jangan lupa untuk mempromosikan bisnis Anda kepada teman-teman melalui sosmed. Anda bisa mendapatkan traffic yang cukup besar jika teman-teman Anda tertarik atau malah membagikan infor tersebut ke kerabatnya yang lain.

Anda juga bisa membaca artikel kami yang mengulas shoppe, Panduan Jadi Dropshipper Pakaian Sukses di Shopee Bagi Pemula.

Dengan begitu, hal itu akan menjadi bola salju yang bisa membuat toko Anda semakin di kenal. Sertakan juga link pembeliannya supaya mereka lebih mudah menemukan toko Anda di Shopee.

Penutup

Tertarik berbisnis dropship melalui Shopee? Jika Anda ingin memulainya, Anda bisa melakukan langkah-langkah di atas dan mempertimbangkan beberapa tips agar jualan Anda dari dropship di Shopee bisa mendatangkan keuntungan. Nah itu dulu saja pembahasan dropshipper di Shopee, kita sambung di artikel yang lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisnis Anda bisa berkembang.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar