Apa itu Flip? Aplikasi yang Wajib Dipahami Para Pemilik Bisnis Pemula

Banyak orang yang belum memahami apa itu flip. Terlebih mengenai fungsi dan keuntungan menggunakan aplikasi keuangan satu ini. Padahal aplikasi ini sangat penting khususnya bagi para pemilik bisnis.

Perkembangan teknologi terjadi dengan begitu pesat. Puluhan hingga ratusan aplikasi baru hadir untuk memberikan kemudahan pada hidup. Namun sayangnya terkadang info mengenai aplikasi tersebut sulit didapatkan.

Sehingga akhirnya beragam aplikasi tersebut tidak dapat terjangkau oleh sebagian orang. Padahal jika Anda menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, akan ada banyak manfaat dan kelebihan yang didapatkan.

Termasuk mengenai aplikasi keuangan satu ini. Sebab flip sangat membantu dalam urusan transfer uang. Jika Anda belum memahaminya, silahkan simak penjelasan dari kami berikut ini.

Memahami Apa itu Flip

Apa itu Flip? Aplikasi yang Wajib Dipahami Para Pemilik Bisnis

Pada dasarnya flip adalah aplikasi untuk memangkas biaya admin saat melakukan transfer uang antar bank. Hal ini tentu sangat berguna khususnya bagi para pemilik bisnis.

Tentu Anda sudah memahami bahwa ketika melakukan transfer antar bank, akan ada biaya admin. Biasanya biaya admin yang dibebankan sebesar Rp 6.500 untuk satu kali transfer.

Mungkin Anda berpikir bahwa besaran biaya admin tersebut bukanlah hal berat. Sehingga aplikasi flip tidak terlalu bermanfaat karena hanya memberikan penghematan uang sebesar Rp 6.500.

Baca juga, Cara tranfer saldo OVO Ke Dana Atau Gopay

Namun bagi pemilik bisnis, pasti memahami seberapa berartinya pemotongan biaya admin tersebut. Bahkan dengan menghilangkan biaya admin, beban pengeluaran per bulan bisa dipangkas hingga ratusan ribu.

Bagi pengguna yang dalam sebulan hanya melakukan satu atau dua kali transfer, memahami apa itu flip mungkin memang tidak diperlukan. Namun bayangkan jika Anda harus melakukan puluhan transfer setiap bulan.

Hal inilah yang dialami oleh seorang pebisnis. Dalam satu bulan, seorang pebisnis bisa melakukan transfer hingga puluhan kali. Tentunya dengan bank tujuan yang tidak selalu sama.

Jika dalam satu bulan saja seorang pebisnis melakukan transfer ke bank lain sebanyak 20 kali, biaya adminnya sudah cukup besar. Untuk biaya admin seorang pebisnis harus mengeluarkan uang Rp 130.000.

Dengan menggunakan flip, seorang pebisnis tidak perlu lagi mengeluarkan beban biaya admin tersebut. Sehingga seorang pebisnis dapat berhemat dan mengalokasikan anggarannya untuk memenuhi keperluan lainnya.

Cara Kerja Aplikasi Flip

Cara Kerja Aplikasi Flip/googleplaystore

Secara umum Anda telah mengetahui apa itu flip serta fungsinya. Namun pasti Anda penasaran mengenai bagaimana cara kerja aplikasi tersebut sehingga bisa menghilangkan biaya admin.

Sebenarnya cara kerja dari aplikasi keuangan satu ini sangatlah sederhana. Berikut ini adalah proses kerja yang terjadi ketika Anda melakukan transfer uang dengan menggunakan aplikasi flip.

  1. Menentukan bank tujuan transfer
  2. Flip melakukan pengecekan nama pemilik rekening
  3. Klik OK
  4. Rekening yang telah digunakan untuk transfer akan tersimpan di dalam aplikasi
  5. Masukkan nominal besaran uang yang hendak dikirim. Besaran minimal unruk dikirim sebesar Rp 10.000
  6. Masukkan berita transfer jika diperlukan, klik lanjut
  7. Selanjutnya pilih bank asal untuk melakukan transfer
  8. Flip akan memberikan nomor rekening perusahaan flip sesuai dengan bank asal beserta besaran nominal yang perlu Anda transfer
  9. Transfer sesuai nominal ke rekening flip
  10. Jika sudah, konfirmasi dengan menekan tombol “saya sudah transfer”
  11. Flip akan melakukan pengecekan
  12. Jika sudah terkonfirmasi, flip akan langsung mengirimkan uang ke rekening tujuan
  13. Selesai

Dengan memahami apa itu flip, membuat Anda lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya admin. Namun nominal ketika transfer ke rekening flip sedikit lebih besar daripada nominal yang hendak dikirim.

Contoh jika Anda hendak transfer uang sebesar Rp 100.000, maka Anda perlu transfer ke rekening flip sebesar Rp 100.050. Nominal Rp 50 yang menjadi tambahan tersebut adalah kode unik.

Kode unik akan bisa berbeda untuk setiap transfer. Biasanya kode unik berada sekitar puluhan atau ratusan rupiah. Namun tenang saja karena kode unik tersebut tetap menjadi uang Anda.

Artikel lainnya, Cara tarik tunai saldo Dana di Alfamart

Kode unik tersebut akan terakumulasi di dalam saldo flip Anda. Saldo flip bisa digunakan untuk membeli pulsa, token listrik ataupun ditarik kembali ke rekening Anda.

Keamanan Menggunakan Aplikasi Flip

Keamanan Menggunakan Aplikasi Flip

Sekarang Anda telah mengerti apa itu flip serta cara kerja dari aplikasi tersebut. Namun mungkin akan muncul pertanyaan di dalam diri Anda apakah aplikasi tersebut aman.

Apalagi flip berperan sebagai perantara dalam melakukan pengiriman uang. Maka kekhawatiran mengenai keamanan flip adalah hal wajar. Berikut adalah beberapa penjelasan untuk menjawab kekhawatiran tersebut.

  • Proses Transfer Menggunakan Sistem Bank

Cara kerja aplikasi flip sebenarnya sangat sederhana. Yaitu Anda melakukan transfer ke nomor rekening bank yang dimiliki oleh perusahaan flip. Selanjutnya flip akan meneruskan uang tersebut ke rekening tujuan.

Karena transfer dilakukan oleh flip dari bank yang sama dengan rekening tujuan sehingga tidak memerlukan biaya admin. Selain itu, dengan menggunakan sistem bank akan membuat uang yang dikirim pasti sampai.

  • Mendapatkan Izin dari BI

Anda telah memahami apa itu flip yaitu sebuah aplikasi perantara dalam melakukan transfer dana. Oleh karena itu flip memerlukan izin dari Bank Indonesia dalam menjalankan usahanya.

Flip telah mendapatkan lisensi dari BI pada 2 Oktober 2016 lalu. Nomor izin perusahaan flip adalah 18/196/DKSP/68. Sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan flip.

  • Tidak Memiliki Izin dari OJK

Namun flip tidak memiliki izin dari otoritas jasa keuangan (OJK). Meski begitu, hal ini bukanlah suatu masalah. Karena pada dasarnya, OJK memang tidak bertugas untuk mengawasi perusahaan seperti flip.

OJK memiliki tugas untuk mengawasi industri keuangan seperti bank, asuransi ataupun pasar modal. Namun flip merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa transfer dana yang berada di bawah pengawasan Bank Indonesia.

Beberapa Ketentuan dalam Menggunakan Aplikasi Flip

Beberapa Ketentuan dalam Menggunakan Aplikasi Flip/googleplaystore

Saat ini Anda telah memahami apa itu flip. Namun terdapat beberapa ketentuan lain yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakannya. Berikut adalah beberapa ketentuan dalam menggunakan flip.

  • Limit Transaksi Harian

Dalam menggunakan flip, Anda bebas melakukan berapa banyak transaksi di setiap harinya. Hanya saja flip menerapkan limit nominal harian untuk melakukan transfer bebas biaya admin.

Dalam satu hari, Anda hanya bisa melakukan transfer bebas biaya admin hingga sebesar Rp 5.000.000. Jika lebih dari nominal tersebut, Anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500 per transaksi.

  • Jam Layanan

Flip memiliki jam layanan untuk melakukan transfer. Sehingga Anda perlu memperhatikan jam ini agar proses transfer bisa dilakukan. Anda hanya bisa melakukan transfer melalui flip mulai dari jam 07.00-20.00 WIB.

  • Refund

Anda bisa melakukan refund jika salah nominal transfer ke rekening flip atau lupa memasukkan kode unik. Anda memerlukan bukti transfer dari dana yang Anda ingin kembalikan.

  • Pembuatan Akun

Untuk menggunakan flip, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Proses pembuatan akun bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa langsung mendaftarkan akun dengan menggunakan alamat email.

Big Flip, Layanan Premium dari Flip

Big Flip, Layanan Premium dari Flip

Secara sederhana, apa itu flip telah bisa Anda pahami. Aplikasi ini memang akan memberikan banyak manfaat termasuk penghematan pengeluaran biaya admin. Namun aplikasi ini memiliki beberapa batasan.

Oleh karena itu flip mengeluarkan layanan premium yang lebih memberikan keleluasaan. Layanan premium tersebut adalah big flip. Berikut adalah beberapa perbedaan antara big flip dan flip.

  • Jam Layanan

Pada layanan flip, Anda hanya bisa melakukan pengiriman dana pada jam 07.00 – 20.00 WIB. Tentunya hal ini akan menyulitkan jika hendak melakukan transaksi di luar jam tersebut.

Dengan menggunakan big flip, Anda tidak lagi akan terikat oleh jam tersebut. Karena Anda bisa melakukan pengiriman uang di jam berapa saja untuk setiap harinya.

  • Multi Akun

Salah satu kelebihan big flip dibandingkan flip reguler adalah adanya fitur multi akun. Dengan fitur ini, perusahaan bisa diakses oleh beberapa akun dengan role yang berbeda.

Hal ini akan membuat arus keluar masuk keuangan perusahaan akan lebih transparan. Sehingga akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan pengawasan dan pengecekan laporan keuangan perusahaan.

  • Mengirim ke Banyak Rekening

Big flip memiliki fitur unggah Excel/CSV yang akan memudahkan Anda untuk transfer ke ribuan rekening dalam satu waktu. Sehingga proses transaksi akan berjalan dengan lebih cepat.

  • Biaya Admin

Berbeda dengan flip reguler, big flip menerapkan biaya admin untuk setiap transaksi. Namun biaya admin menggunakan big flip hanya Rp 4.000, masih lebih rendah jika dibanding biaya admin bank.

Keuntungan yang Didapat Oleh Flip

Keuntungan yang Didapat Oleh Flip

Memahami apa itu flip serta fungsi dan kegunaannya adalah hal mudah. Lalu yang jadi pertanyaan adalah bagaimana flip bisa mendapatkan keuntungan dengan menyediakan layanan transfer dana bebas biaya admin.

Sebab sebagai sebuah perusahaan, tentu flip akan mencari keuntungan. Karena dengan begitu perusahaan akan bisa bertahan. Berikut ini adalah beberapa sumber keuntungan yang dimanfaatkan oleh flip.

  • Big Flip

Seperti yang kami sebut sebelumnya, flip memiliki layanan premium yaitu big flip. Untuk menggunakan layanan big flip, Anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 4.000 per transaksi.

Baca juga, Review aplikasi Bareksa

Biaya admin dari big flip inilah yang menjadi salah satu sumber keuntungan flip. Namun untuk pengguna hal ini tetap menguntungkan karena biaya admin big flip lebih rendah daripada admin bank.

  • Penjualan Produk Digital

Selain menyediakan layanan transfer bebas biaya admin, flip bisa digunakan untuk membeli produk digital. Produk digital yang dimaksud seperti paket data, pulsa ataupun token listrik.

Hal ini juga yang merupakan salah satu sumber keuntungan flip. Karena setiap pembelian produk digital di dalam aplikasi flip, pasti akan terdapat margin yang menjadi keuntungan untuk perusahaan flip.

Kekurangan Aplikasi Flip

Kekurangan Aplikasi Flip

Tidak ada aplikasi yang sempurna di dunia ini. Meski Anda telah memahami apa itu flip serta beragam kelebihannya. Tentu masih terdapat kekurangan dari aplikasi yang satu ini.

  • Transfer Lebih Lambat

Salah satu kekurangan menggunakan aplikasi flip adalah proses transfer akan menjadi lebih lambat. Sebab flip harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu sebelum mengirimkan uang ke rekening penerima.

  • Penarikan Saldo Flip Harus Memenuhi Minimal Tertentu

Kode unik yang terakumulasi di dalam saldo flip tidak bisa langsung Anda tarik kembali ke dalam rekening. Setidaknya Anda harus menunggu hingga saldo flip Anda mencapai Rp 10.000 terlebih dahulu.

Proses transaksi di zaman modern seperti sekarang sudah tidak lagi memerlukan tatap muka. Dana bisa dikirim melalui transfer antar bank agar transaksi bisa segera selesai.

Yuk baca, Review Aplikasi Investasi Di Ajaib

Namun keberadaan biaya admin dalam melakukan transfer antar bank sering menjadi kendala khususnya bagi pebisnis. Untungnya saat ini Anda telah memahami apa itu flip yang bisa menjadi solusi masalah tersebut.

Anggraini Munanda Effani: Hai, saya Anggraini Munanda Effani penulis di Folder Bisnis