Apa Itu Octo Mobile : Syarat, Cara Daftar, Promo Terbaru

Bank digital di Indonesia semakin ramai dari waktu ke waktu. Bisa dikatakan bahwa Jenius merupakan salah satu pioneer bank digital di Indonesia pada tahun 2016, kemudian di susul bank digital lainnya. Kini ternyata PT Bank CIMB Niaga Tbk juga mengeluarkan layanan bank digital bernama Octo Mobile.

Selain Octo Mobile, CIMB Niaga juga memiliki layanan perbankan online yang bisa di akses lewat website bernama Octo Clicks. Namun untuk menggunakan layanan ini Anda harus memiliki rekening atau menjadi pengguna kartu kredit CIMB Niaga terlebih dahulu.

Seperti yang kita tahu, setiap Bank digital biasanya menawarkan berbagai keuntungan yang berbeda. Bank yang memiliki tagline “Banyak Bisanya, Bisa Semaunya” ini katanya menyediakan promo menarik untuk para nasabahnya. Penasaran dengan Octo Mobile? Yuk berkenalan lebih jauh dengan Octo Mobile dari CIMB Niaga!

Mengenal Octo Mobile

Mengenal apa itu Octo Mobile
Sumber Gambar : situs resmi CIMB Niaga

Octo Mobile di rilis pada bulan April 2020 yang lalu. Seperti yang kita tahu, Bank CIMB Niaga sendiri merupakan salah satu Bank swasta besar di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1955. Jadi soal pengalaman dan keamanan, tidak perlu di ragukan lagi.

Nah, Octo Mobile sebenarnya adalah bentuk transformasi dari aplikasi Go Mobile yang sudah di rilis sejak tahun 2012. Aplikasi ini dirancang layaknya super app dalam bidang perbankan. Sesuai taglinenya, Octo Mobile hendak memberikan berbagai layanan finansial yang bisa di akses hanya dalam satu aplikasi. Anda juga memilih jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhan.

Apa saja sih fiturnya?

Fingerprint

Salah satu hal penting dalam bertransaksi perbankan yang tidak boleh terlewatkan adalah soal keamanan. Dalam hal ini, Octo Mobile sudah di bekali dengan sensor sidik jari untuk login. Dengan begitu nasabah bisa login dengan mudah dan cepat karena tidak perlu User ID dan Passcode.

Transaksi dengan QRIS

Di era pandemik seperti saat ini, alat pembayaran tanpa kontak langsung sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan. Oleh karena itu Octo Mobile juga di bekali fitur QRIS (Scan Quick Response Indonesian Standard) sehingga nasabah bisa bertransaksi tanpa bersentuhan.

Baca juga, Uang Bisa Membeli Kebahagiaan, Bagaimana Caranya?

Selain itu, dalam transaksi yang di lakukan nasabah bisa memilih sumber dana yang akan digunakan yakni dari Poin Xtra, Tabungan, Kartu Kredit, atau Rekening Ponsel. Apa fungsi dari sumber-sumber dana ini?

  • Poin Xtra : Poin yang di dapatkan dari tabungan dan transaksi yang bisa di gunakan untuk berbelanja serta membayar tagihan. Nilai 1 Poin Xtra = Rp 10.
  • Tabungan : Saldo tabungan utama
  • Kartu Kredit : Limit kredit CIMB Niaga
  • Rekening Ponsel : Saldo yang memungkinkan Anda untuk melakkan tarik tunai tanpa kartu lewat Indomaret, Alfamart, dan ATM CIMB NIAGA

Kirim Bukti Transaksi

Suka online shopping, atau bisnis online? Aplikasi Bank digital yang satu ini bisa mendukung aktifitas transaksi Anda dengan fitur kirim bukti transaksi. Anda bisa dengan mudah mengirimkan bukti transaksi lewat WhatsApp, SMS, dan e-mail dengan mudah dan cepat.

Pengelolaan Kartu Kredit

Suka pakai kartu kredit? Jika ya, aplikasi ini juga punya layanan tagihan belanja menggunakan kartu kredit yang bisa di ubah menjadi cicilan 0% selama 3 bulan. Selain itu, jika Anda adalah nasabah pemegang kartu kredit CIMB Niaga, lewat Octo Mobile Anda bisa dengan mudah lihat informasi transaksi, konversi ke cicilan, manajemen kartu kredit dll.

Bisa Pilih Jenis Tabungan Sesuai Kebutuhan

Ada beberapa jenis tabungan yang bisa dipilih saat mendaftar akun Octo Mobile secara online. Diantaranya :

  • Octo Savers (konvensional)
  • Octo Savers iB (syariah)

Buka Deposito, Reksadana dan Obligasi

Anda yang ingin berinvestasi tidak perlu ribet mendownload berbagai aplikasi lagi karena Octo Mobile punya fitur pengelolaan dana untuk berinvestasi.

Misalnya saja deposito berjangka yang bisa di buka mulai dari Rp 5 juta dengan return sampai dengan 6,5%. Anda juga bisa jual beli reksadana maupun obligasi. Jika Anda pemula, tenang saja karena lewat aplikasi ini Anda bisa sekalian membuat Single Investor Identificiation (SID).

Kode Promosi Octo Mobile

Siapa sih yang tidak suka dengan promo? Nah, di aplikasi Octo Mobile ini disedioakan kode promosi yang bisa di apply nasabah untuk mengikuti promosi yang ada.

Ini bukan hanya sekedar fitur “numpang” karena nyatanya, CIMB Niaga memang sering mengadakan kerjasama dengan berbagai tenant sehingga nasabahnya bisa menikmati berbagai program promo. Untuk lebih jelasnya lagi, Anda bisa membaca di bagian promo terbaru Octo Mobile setelah ini.

Syarat dan Cara Daftar Octo Mobile

Syarat dan Cara Daftar Octo Mobile
Sumber gambar : unsplash.com/ Magnet.me

Bagaimana cara mendaftar aplikais Octo Mobile dan apa saja syaratnya?

Anda bisa mendaftar dengan 2 cara, yakni lewat aplikasinya langsung atau datang ke cabang/ digital lounge CIMB Niaga terdekat. Nah, kali ini kita akan bahas untuk registrasi melalui aplikasi secara online ya!

Tapi sebelum itu, siapkan KTP, NPWP (jika ada), kertas putih dan pulpen. Jangan lupa pastikan smartphone terhubungan dengan jaringan internet yang stabil supaya resgistrasi berjalan dengan lancar.

Oh ya, cara pendaftaran di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu di lakukan jika Anda belum menjadi nasabah CIMB Niaga. Baiklah, ini dia cara registrasi Octo Mobile lewat aplikasi!

  1. Pastikan Anda sudah Mendownload aplikasi Octo Mobile di Google Play Store atau App Store
  2. Pilih menu “Buka Tabungan Baru”
  3. Akan muncul pertanyaan : Apakah Anda memiliki rekening CIMB Niaga?” lalu klik “Tidak, saya ingin membuka rekening”
  4. Pilih jenis tabungan sesuai kebutuhan lalu lengkapi informasi yang diminta
  5. Foto dan upload KTP dan NPWP (Jika ada) sesuai dengan ketentuan
  6. Isi dan lengkapi data diri serta informasi tentang pekerjaan yang diperlukan
  7. Membuat User ID Octo Mobile
  8. Masukan passcode yang di kirim ke no hp Anda untuk verifikasi
  9. Verifikasi melalui videocall dengan petugas dari CIMB Niaga
  10. Tunggu data-data Anda di proses, nantinya Anda akan menerima notifikasi jika registrasi sudah berhasil.

Jika Anda mempertimbangkan untuk registrasi melalui digital lounge CIMB Niaga, lokasinya sudah tersebar di Jabodetabek, Jawa, Bali, Sulawesi juga beberapa kota di Sumatera seperti Medan dan Palembang.

Biaya-biaya

Apakah mendaftar sebagai nasabah CIMB Niaga melalui Octo Mobile gratis? Tentu saja, Anda tidak dikenakan biaya apapun saat mendaftar.

Setoran awal Octo Savers pun ringan yakni Rp 100.000 dengan saldo mengendap sebesar Rp 50.000. Malah untuk TabunganKu setoran awalnya lebih kecil lagi yakni Rp 20.000 dengan saldo mengendapnya yang juga hanya Rp 20.000 saja.

Baca juga, 9 Kartu Kredit Terbaik Untuk Pemula, Bisa Daftar Online!

Anda bisa menikmati free fee admin selama saldo rata-rata diatas Rp 2 juta. Seperti Bank lainnya Anda bisa melakukan transfer dengan sesama pengguna Octo Mobile atau Bank CIMB Niaga tanpa biaya tambahan (gratis) sampai dengan Rp 500.000.000 /transaksi/hari. Sementara transfer ke rekening bank lain berlaku Rp 6500/ transaski.

Menariknya, transaksi menggunakan QRIS juga gratis namun limitnya hanya Rp 1.500.000/transaksi dengan maksimal Rp 10.000.000/hari. Apalagi saat ini juga Octo Mobile memberlakukan gratis 60x tarik tunai di ATM bank lain, transfer ke bank lain & top-up e-wallet (masing-masing 20x/ bulan). Dengan catatan saldo rata-rata bulan lalu tetap di atas Rp 2 juta.

Promo Terbaru Octo Mobile

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, CIMB Niaga memang salah satu Bank yang rajin membagikan promo untuk para nasabahnya. Anda harus memasukan kode promo jika ingin mengikuti promo yang di adakan oleh CIMB Niaga untuk pengguna Octo Mobile. Untuk memastikan bahwa promo masih berlangsung, coba membaca syarat dan ketentuan serta informasi terbaru di situs resmi CIMB Niaga.

Nah, apa saja sih promo terbaru yang ada di CIMB Niaga untuk pengguna Octo Mobile?

5000 Poin Xtra

Untuk pendaftaraan periode 15 Maret 2021 – 31 Desember 2021, Anda berkesempatan mendapatkan 5000 poin Xtra (setara dengan Rp 50.000). Caranya Anda tinggal mendowload, registrasi lalu bertransaksi sebanyak 1 kali menggunakan aplikasi Octo Mobile. Oh ya, promo ini berlaku untuk para pengguna kartu kredit CIMB Niaga yang belum pernah melakukan registrasi Octo Mobile.

Cashback Sampai Dengan Rp 500 ribu + 5000 Poin Xtra dll

Selain cashback hingga Rp 500 ribu + 5000 Poin Xtra, pada promo ini Anda juga berkesempatan mendapatkan akses VIU premium selama 30 hari dan juga mengikuti bidding online iPhone 12, iPad Air 4 dll.

Promo ini terbagi menjadi beberapa pilihan program dengan syarat dan ketentuan yang berbeda mengenai jumlah tabungan dan transaksi minimal. Jika berniat mengikuti promo cashback perhatikan tanggal berlangsungnya yakni hingga 30 September 2021.

Saldo Rekening Ponsel Rp 250 ribu

Jika Anda pengguna baru yang registrasi di bulan Juli sampai September 2021, maka Anda bisa mendapatkan saldo Rekening Ponsel hingga Rp 250 ribu dengan mencoba fitur-fitur yang ada di Octo Mobile. Tentu saja ada syarat minimum transaksi. Rewardnya akan di bagikan secara berkala selama 3 bulan berturut-turut jika Anda mengikuti ketentuan yang berlaku.

Cashback Hingga Rp 1 juta atau 10.000 Poin Xtra

Bisa dikatakan bahwa program cashback ini adalah program khusus Family Booking dengan mengajak anggota keluarga membuka rekening CIMB Junior, Indie Account atau Octo Savers. Rekening yang di buka sebagai Family Booking harus di buktikan dengan kartu keluarga.

Program promo yang satu ini berlaku hingga Desember 2021. Jadi masih ada waktu jika Anda berminat membuka rekening Octo Mobile bersama keluarga. Coba cek syarat dan ketentuannya juga ya! Karena untuk mendapatkan cashback mekanismenya tergantung dari setoran awal yang bisa tertahan selama 3 bulan.

Penutup

Tertarik menjadi bagian dari nasabah Octo Mobile? Awalnya, pendaftaran Octo Mobile terkesan tidak simple karena sebelumnya harus terdaftar menjadi nasabah Bank CIMB Niaga terlebih dahulu.

Namun sekarang, Anda bisa membuka rekening dimana saja dan kapan tanpa harus datang ke kantor cabang. Ini memang sudah seharusnya, apalagi dimasa pandemik kita di batasi dengan protokol kesehatan dan PPKM untuk menekan angka positif covid.

Setelah terdaftar Anda tentu bisa menikmati berbagai kemudahan dan juga layanan menarik dari Octo Mobile. Jika Anda lupa dengan tutorial registrasinya, Anda bisa kembali kapanpun dan membaca kembali artikel ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar