8 Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik Saat Ini

Investasi saat pandemi sekilas tidak terlalu menarik untuk sebagian orang. Apalagi setelah nilai tukar rupiah yang beberapa waktu lalu sempat terjun bebas hingga mencapai Rp.16.000. Belum lagi banyak saham yang merosot parah akibat imbas dari pandemi corona. Banyak orang yang akhirnya berbondong-bondong menarik investasi mereka.

Tapi tunggu dulu. Sebelum Anda langsung menarik semua investasi yang telah tertanam, pikirkan pula tentang investasi dari segi jangka panjang dan justru mungkin kini saat yang tepat untuk Anda berinvestasi! Karena ada beberapa instrument investasi yang dinilai cukup aman, stabil dan nilainya cenderung pasti menguntungkan secara jangka panjang seperti properti dan emas.

Hanya saja kali ini kita akan membahas tentang investasi emas. Bagi yang belum mengetahui keuntungan menabung emas, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menabung emas. Apalagi untuk menabung emas saat ini Anda tidak perlu ke toko emas, atau harus punya uang sekian juta untuk membeli emas. Malah lewat aplikasi digital kita bisa berinvestasi emas di rumah saja dengan uang mulai dari Rp.500 saja dan mengisi data identitas saja kita sudah bisa berinvestasi emas.

Secara umum, emas adalah mata uang yang universal. Emas merupakan aset yang liquid, bisa di tukar dengan mata uang manapun. Disamping itu, emas tidak bisa di hancurkan. Hanya bisa meleleh dengan api tetapi bisa dijadikan berbagai bentuk perhiasan.

Emas juga dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan berbagai sektor, misalnya pembuatan medali, koin dll. Nah, bagaimana dengan investasi emas secara online? Berikut adalah keuntungan yang bisa di dapatkan dari investasi emas menggunakan aplikasi digital!

  • Emas mudah ditukar, baik di jual maupun di beli dengan harga yang relatif stabil.
  • Transaksi jual beli yang sangat mudah
  • Bisa dicicil
  • Bebas pajak
  • Keamanan terjamin

Untuk poin terakhir, tentu kita perlu teliti memilih platform digital yang terpercaya. Terutama mengenai penyimpanan emas dan legalitasnya. Anda perlu berhati-hati jika sebuah platform menawarkan keuntungan menggiurkan tetapi tidak menyediakan emas berbentuk fisik. Selain itu tampilan menu dan proses transaksi juga perlu di perhatikan agar kita lebih mudah saat menggunakan aplikasi. Inilah daftar aplikasi investasi emas terpercaya dan terbaik!

1. Pegadaian Digital

Pegadaian Digital

Siapa yang tidak tahu pegadaian? BUMN sektor keuangan Indonesia yang bergerak di bidang pembiayaan, emas dan aneka jasa ini sudah lama berdiri. Jika dulu, kita perlu datang langsung ke kantor pegadaian untuk bertransaksi, tapi kini Pegadaian sudah bertransformasi dan memiliki aplikasi tersendiri untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.

Karena pegadaian merupakan BUMN dan sudah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun dalam 3 bidang usaha yang salah satunya adalah emas maka pasti investasi emas Anda aman di jamin oleh negara. Di Aplikasi Pegadaian Digital, Anda bisa mulai berinvestasi emas di pegadaian dengan Rp. 5000 saja. Cara mendaftarnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengisi data pribadi dan mengupload foto KTP.

Karena aplikasi ini Pegadaian Digital milik Pegadaian, maka dalam aplikasi ini Anda bukan hanya bisa membeli, menjual, mentransfer dan mencetak emas. Tapi, dengan aplikasi Pegadaian Digital Anda juga bisa melakukan gadai dengan minimal saldo tabungan emas sebesar 0,1 gram. Selain menggadaikan emas, tentu saja juga bisa melakukan cicilan dan menebus gadai emasnya.

Untuk penjelasan lengkap bagaimana membuka tabungan di pegadaian, anda bisa membacanya di cara membuka tabungan emas di pegadaian.

2. E-mas

E-mas

Aplikasi investasi emas selanjutnya adalah E-mas. E-mas termasuk platfom digital yang berdiri cukup lama yakni sejak 2014 dan telah terdaftar di Kemkominfo maupun Fintech Indonesia. Dengan aplikasi e-mas, Anda bisa melakukan jual, beli dan cek harga emas dengan sangat mudah. Jika pegadaian digital menawarkan minimal investasi emas dengan 5 ribu rupiah, maka aplikasi e-mas Anda bisa mulai berinvestasi emas dengan Rp. 100 saja.

Hal ini cukup menarik untuk Anda yang baru mulai berinvestasi emas. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak menabung emas bukan? Kembalian jajan di warung bisa jadi emas jika di investasikan lewat aplikasi e-mas. Apalagi saat physical distancing seperti sekarang, aplikasi e-mas memberikan berbagai promo voucher seperti e-billing, bonus emas dll yang bisa Anda pilih hingga 31 Mei 2020.

Anda bisa mencetak emas jika tabungan emas Anda sudah mencapai minimal 1 gram untuk emas Antam dan 10 gram untuk emas Waris Sampoerna (tidak termasuk bonus emas/emas gratis). Untuk tata cara pengambilan emas fisik hampir sama dengan platform lainnya yakni perlu melakukan verifikasi foto KTP, nomor rekening dan juga e-mail. Verifikasi ini biasanya membutuhkan waktu 15 hari kerja.

3. Tamasia

Tamasia

Tamasia adalah platform digital yang berfungsi dalam jual beli emas mulai dari Rp. 10.000. Tamasia sudah terdaftar di Kemkominfo dan di awasi oleh BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi), jadi Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan investasinya. Logam mulia yang di investasikan secara online tersimpan di Antam dan bisa di cetak.

Baca juga : Dibandingkan Emas, Inilah 8 Kelebihan Investasi ReksaDana!

Selain fitur jual, beli dan cetak emas, ada fitur unik dari aplikasi Tamasia ini yakni fitur Impianku. Dengan fitur ini, Anda bisa menentukan jumlah emas yang ingin di investasikan untuk mewujudkan berbagai impian Anda. Tamasia juga sudah bekerjasama dengan berbagai platform digital lain, seperti OVO, Grabkios, Paytren dll.

4. Pluang

Pluang

Pluang merupakan Aplikasi milik PT. PG Berjangka yang memiliki lisensi dan di awasi oleh BAPPEBTI. Walaupun investasi emas dalam bentuk digital, emas Anda tetap aman karena di simpan oleh PT. Kliring Berjangka Indonesia yang merupakan BUMN. Nantinya, emas juga bisa di cetak dan bersertifikat (Antam).

Untuk melakukan investasi emas Anda bisa melakukan top up dari berbagai bank dan juga gopay, tentunya setelah Anda melakukan registrasi dan verifikasi data yang dibutuhkan. Pluang mengklaim bahwa harga beli emas di Pluang terjangkau dan juga emiliki selisih harga jual beli paling kecil yakni 3 %. Selain itu jika Anda ingin menjual emas digital, Anda tidak akan di bebani biaya tambahan kecuali jika Anda ingin mencetaknya dalam bentuk fisik.

Baca juga : 10 Investasi Return Terbaik tahun ini

5. LakuEmas

LakuEmas

Lakuemas adalah salah satu platform digital pertama di Indonesia yang menawarkan cara membeli dan menjual emas secara digital mulai dari Rp. 50.000. Lakuemas telah terdaftar di Fintech Indonesia, BAPPEBTI dan juga Kemkominfo, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan keamanannya. Cara menggunakan fitur yang ada di aplikasi cukup mudah yakni dengan mendaftar dan melakukan verifikasi identitas seperti platform lainnya.

Ada 3 fitur utama pada aplikasi Lakuemas dan 2 diantaranya cukup berbeda dengan aplikasi lain. Pertama, adalah fitur Lakuemas yakni fitur jual, beli, simpan dan cetak emas fisik. Fitur kedua yakni Laku Titipan, adalah fitur yang berfungsi untuk menitipkan tabungan emas atau logam mulia yang dimiliki selama periode tertentu serta mendapat sewa modal. Fitur ketiga yakni Laku Tukar, adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menukar tabungan emas dengan perhiasan yang emas di toko partnership Lakuemas.

6. INDOGOLD

INDOGOLD

Selain Lakuemas, Indogold juga termasuk platform digital yang muncul dimasa awal perkembangan fintech di Indonesia. Indogold merupakan aplikasi milik PT IndoGold Solusi Gadai telah terdaftar di Kemkominfo, Fintech Indonesia dan juga diawasi OJK. Mulai dari Rp.500 saja Anda bisa berinvestasi emas. Sangat terjangkau bukan? Selain itu, saldo emas Anda bisa di cetak menjadi emas fisik Antam atau UBS Gold dengan minimal penarikan 1 gram.

Aplikasi Indogold juga memiliki fitur-fitur yang tidak kalah menarik seperti fitur Rencana emas, yakni fitur standart jual beli emas dalam jumlah kecil dan bisa mencetaknya dalam bentuk emas fisik. Lalu fitur Cicilan emas dimana Anda bisa mengunci harga emas dan mencicilnya dengan tenor hingga 36 bulan. Fitur ketiga yakni Gadai Emas, Anda bisa mengajukan dana darurat dari emas tanpa kehilangan kepemilikan dari investasi emas Anda. Ternyata bukan hanya pegadaian saja yang memiliki fitur gadai ini.

7. Tokopedia emas by Tokopedia

Tokopedia emas by Tokopedia

Siapa yang tidak tahu tokopedia? Ya, marketplace yang berdiri tahun 2009 ini kini sudah memiliki berbagai fitur menarik yang bisa di manfaatkan oleh user. Salah satu fitur tersebut adalah Tokopedia emas. Tokopedia emas ini bekerjasama dengan Pegadaian, jadi emas yang Anda investasikan tersimpan di Pegadaian dan bisa di cetak disana. Tokopedia emas juga telah di awasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga investasi emas Anda aman.

Jika Anda sudah memiliki akun Tokopedia, Anda bisa mengakses pendaftaran dan juga memantau investasi emas Anda lewat aplikasi Tokopedia. Selain fitur jual beli emas secara standart, kita juga melihat riwayat transaksi emas kita. Kita bisa membeli emas dengan mudah lewat saldo OVO mulai dari Rp. 500 saja sesuai dengan level membership.

Ada beberapa fitur menarik lain yang tersedia di Tokopedia emas seperti misi emas, dimana Anda bisa mendapatkan berbagai voucher dari restoran dan brand tertentu setelah menyelesaikan misi investasi emas dalam jumlah tertentu. Kedua adalah fitur kado emas yang bisa mengirimkan emas secara instant pada siapapun tanpa dipungut biaya. Dan yang ketiga adalah fitur langganan dimana Anda bisa menentukan jadwal rutin untuk menabung emas, sehingga dana akan ditarik secara otomatis sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Ada beberapa jenis membership, diantaranya Gold Club, Gold Prime, dan juga Gold prestige yang akan menentukan juga cara registrasinya. Khusus level membership Gold Club, Anda bisa langsung investasi emas tanpa registrasi apapun dengan maksimal investasi emas sebesar 1 gram tetapi Anda tidak bisa menggunakan fitur berlangganan emas. Jika Anda ingin naik level membership ke Gold Club dimana Anda bisa menabung emas sampai dengan 10 gram, maka Anda harus mengisi identitas diri. Nah, jika Anda ingin berinvestasi emas tanpa batas dengan membership Gold Prestige, Anda harus regitrasi ke kantor pegadaian terlebih dahulu.

8. BukaEmas by Bukalapak

BukaEmas

BukaEmas merupakan salah satu fitur investasi dari aplikasi marketplace Bukalapak. Nah, jika tokopedia bekerjasama dengan pegadaian, maka BukaEmas menggandeng Indogold dan juga Antam yang telah memiliki izin OJK. Anda bisa membeli emas di BukaEmas mulai dari 0,0001 gram, atau Rp.100 saja tanpa melakukan pendaftaran lagi.

Baca juga : 10 Saham Bluechip terbaik saat ini

Penjualan emas juga sangat mudah. Besaran emas yang bisa dijual mulai dari 0,0001 gram dan hasil penjualan akan masuk ke BukaDompet lalu bisa di transfer ke rekening Bank Anda yang telah terverifikasi. Jika Anda ingin mencetak emas dalam bentuk fisik, Anda bisa menarik kepingan emas mulai dari 1 gram. Kepingan emas ini resmi dari Antam dan bersertifikasi LBMA (London Bullion Market Association). Jadi sudah terjamin keasliannya.

Penutup

Bagaimana, apakah Anda tertarik berinvestasi emas disalah satu platform digital diatas? Saat ini berinvestasi emas bisa di mulai kapan saja dan dimana saja. Dan yang paling penting adalah Anda tidak perlu memiliki modal jutaan rupiah untuk memulai. Mulai dari Rp. 100 Anda bisa memiliki emas di platform digital terpercaya dengan beragam promo dan fitur menarik.

SEKURITAS

INFO

5/5
  • 15% Instant Bonus

  • Min Deposit: $5

  • Regulasi Terjamin

4.5/5
  • Bonus 100% per deposit

  • $1 Deposit Awal

  • Trading Saham dan Forex