Promosikan Kost dan Apartemen Anda dengan 6 Aplikasi Terbaik Ini!

Bisnis properti dalam bentuk sewa kos-kosan, rumah kontrakan atau apartemen merupakan salah satu cara untuk mendapatkan passive income yang cukup menjanjikan. Passive income yang di maksud tentu saja bukanlah pemasukan tanpa effort sama sekali, melainkan penghasilan yang di dapatkan ketika kita berhasil membuat sistem yang nantinya bisa berjalan dengan tenaga dan juga pikiran yang minim.

Setiap bisnis pasti memiliki tantangan tersendiri dalam proses pemasarannya, termasuk dalam berbisnis kos-kosan atau sewa apartemen bulan/tahunan. Walaupun banyak pemilik kost kurang menyadari proses pemasaran dalam kos-kosannya tetapi nyatanya proses ini tetap lah ada. Perbedaannya, ada proses yang tidak di rencanakan dan ada pula yang di rencanakan sejak awal, termasuk dalam teknologi yang di gunakan.

Tantangan dalam promosi yang biasanya akan di hadapi dalam bisnis sewa kos-kosan dan apartemen adalah lokasi kost yang tidak di ketahui. Begitupun dalam penyewaan apartemen, kondisi apartemen kosong juga tidak banyak orang yang tahu. Ini karena akses informasi untuk bisa mengetahui ketersediaan kamar/ruangan sangat terbatas. Biasanya hanya mengandalkan orang untuk bertanya atau relasi sekitar saja.

Alhasil, penyewaan kos-kosan atau apartemen jadi tidak berjalan maksimal. Banyak kamar yang terlalu lama kosong. Itu artinya tidak ada income dari penyewaan kos/apartemen tetapi biaya maintanance harus terus berjalan. Padahal sebenarnya kebutuhan sewa menyewa kamar kos/apartemen cukup tinggi.

Mulai dari penyewaan kamar tinggal untuk mahasiswa yang sedang menempuh studi, karyawan, liburan, tugas luar kota dan sebagainya. Apakah ini yang menjadi salah satu keraguan Anda untuk terjun dalam bisnis penyewaan kamar kos atau apartemen?

Mungkin sebelum adanya transformasi digital seperti ini wajar bila kecanggihan promosi hanya bisa di akses oleh orang-orang bermodal besar saja. Sementara pemilik kost/ apartemen biasa hanya promosi penyewaan kamarnya dari mulut ke mulut. Tapi sekarang hal itu kurang efisien karena selain kebutuhan sewa hunian sangat tinggi, kemudahan dan kecepatan menemukan kamar yang sesuai kebutuhan serta budget menjadi salah satu hal yang di butuhkan penyewa.

Saat ini, hampir semua kebutuhan bisa di jangkau melalui internet, bahkan hanya melalui ketikan dari lewat smartphone saja. Termasuk soal sewa menyewa kamar kost dan apartemen. Hal ini mungkin bisa menjawab keraguan Anda dalam bisnis penyewaan kamar kosan atau apartemen, karena sekarang terdapat beberapa aplikasi yang bisa mempromosikan kamar kost dan apartemen Anda secara gratis. Berikut adalah daftar aplikasi yang bisa promosikan kosan dan apartemen kosong Anda menjadi penghasilan!

1. Mamikos

Aplikasi kos dan apartemen

Salah satu aplikasi gratis yang menyediakan informasi penyewaan kost dan apartemen yang paling terkenal adalah Mamikos. Taglinenya adalah “Aplikasi Pencari kos nomor 1 Indonesia”. Para mahasiswa dan pekerja biasanya memiliki aplikasi ini selama mencari kost atau apartement yang pas. Jadi jika kost Atau apartemen Anda masuk dalam daftar kamar yang di cari dalam aplikasi Mamikos, maka Anda semakin mudah menemukan penyewa dari kosan atau apartemen Anda bukan?

Untuk mendaftarkan kamar kost/apartemen Anda dalam aplikasi Mamikos, Anda bisa menggunakan dua cara yakni mendaftar lewat website Mamikos atau lewat aplikasi Mamikos. Berikut adalah prosedur untuk bisa mendaftakan kosan atau apartemen Anda di aplikasi Mamikos!

  • Download aplikasi Mamikos di appstore
  • Pilih menu “Akun Pemilik Kos”, jika belum mendaftar maka pilih “Daftar Pemilik Kos”.
  • Jika sudah memiliki akun sebagai pemilik kos, maka langkah selanjutnya adalah log in ke “Akun Pemilik Kos Anda”
  • Klik “Tambahkan kos”
  • Isi data-data seputar kosan, terutama data wajib yang di beri bintang
  • Jika data sudah di isi, lalu tekan “Submit”, kemudian iklan akan di review oleh tim mamikos
  • Jika iklan sudah di ACC, Anda akan menerima sms berupa link iklan kos/ apartemen Anda yang bisa di akses lewat aplikasi mamikos

Selain iklan gratis kosan/apartemen di aplikasi, Mamikos juga menyediakan paket iklan premium yang berbayar. Paket ini berisi fitur-fitur yang lebih mendukung promosi kamar kost/ apartemen Anda seperti bisa chat langsung dengan calon pencari kost, mendapatkan profil dan data calon pencari kost, bisa membuat kost di tampilan teratas pada iklan mamikos sesuai saldo yang dimiliki, serta foto dan video eksklusif jika Anda membeli paket premium selam 6 bulan keatas.

2. Airbnb

Aplikasi kos dan apartemen

Beberapa dari kita mungkin masih asing dengan aplikasi Airbnb. Hampir sama seperti mamikos, Airbnb adalah aplikasi yang menghubungkan penyedia ruangan/kamar dengan penyewa. Aplikasi ini berasal dari San Fransisco, Amerika Serikat. Selain kamar dan apartemen, Airbnb dikenal sebagai marketplace yang menyediakan penginapan berkualitas berupa villa bahkan rumah.

Airbnb ini cocok untuk Anda yang juga ingin memasarkan properti penginapan kepada traveler internasional. Jika mamikos jaringannya masih di area nasional (Indonesia), Airbnb sudah memiliki jaringan 2.000.000 properti di 34.000 kota di 191 negara. Airbnb juga bisa digunakan diseluruh kota di Indonesia.

Mengenai metode pembayarannya, saat ini tersedia metode pembayaran menggunakan Paypal dan juga transfer bank. Sementara hasil pembayaran sewanya akan di bayarkan Airbnb melalui Direct rekening semua bank di dunia dengan swift kode, Paypal, Payoneer dan akan di transfer dalam waktu 3-5 hari ke rekening kita.

Baca juga : Mau Investasi Apartemen Terbaik? Ketahui Dulu Hal-Hal Berikut Ini!

Untuk mendaftar sebagai pemilik penginapan Anda bisa, mendaftarkan diri melalui website Airbnb. Jika Anda sudah mengunjungi di website Airbnb Anda bisa memilih opsi “Menjadi Tuan Rumah”, lalu ikuti pentunjuk yang tertera di dalamnya. Jika tempat Anda di seakan melaului Airbnb, maka Airbnb biasanya membebankan biaya tetap sebesar 3% per reservasi.

3. Travelio

Aplikasi kos dan apartemen

Travelio merupakan aplikasi property management yang mengelola properti penginapan Anda. Properti yang bisa di promosikan berupa rumah, kamar, villa dan apartemen. Aplikasi ini beberapa waktu lalu cukup gencar mempromosikan harga sewa apartemen dengan berbagai promo yang cukup menarik. SIstem penyewaannya pun beragam, Anda bisa menyewakan properti Anda secara harian, bulanan dan tahunan.

Karena fungsi dari aplikasi ini adalah property management, maka aplikasi ini bukan hanya mempromosikan apartemen kosong Anda tapi juga mengelola uang kebersihan, biaya pemasangan tv, listrik, keuntungan bersih hingga besaran pajak. Sehingga Anda hanya perlu mendaftarkan diri, menerima keuntungan dan memantau perkembangan unit properti Anda.

Travelio kabarnya menerapkan harga dengan komisi. Itu artinya besaran komisi akan sesuai dengan pendapatan yang Anda terima dari sewa properti travelio. Hal ini meminimalisir kerugian yang disebabkan jika properti yang di kelola oleh jasa manajerial tersebut tidak berhasil mendatangkan pemasukan untuk Anda. Karena Anda tetap harus membayar jasa manajerial properti sedangkan disisi lain jasa tersebut tidak mampu memberikan pemasukan untuk Anda.

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mendaftarkan properti Anda pada travelio property management adalah Anda tidak perlu membayar iklan properti. Komisi tersebut sudah termasuk iklan properti yang akan travelio iklankan di website dan aplikasi travelio, situs sewa penginapan lainnya, agen perjalanan online, dan media pemasaran non-digital. Bagaimana, apakah Anda tertarik menggunakan travelio?

Untuk mendaftarkan properti Anda di travelio, Anda bisa mengunjungi situs travelio dengan mengklik “Daftar Sekarang!” lalu ikuti petunjuk pendaftarannya. Pastikan Anda mengisi keterangan dan memfoto properti Anda dalam kondisi terbaru dan menarik. Nantinya Anda akan menerima surat perjanjian yang berisi detail sistem dan komisi property management dari travelio. Jika sudah di tanda tangani dan di approve, maka Anda tinggal menunggu laporan pengelolaan properti dari travelio.

4. Olx

Aplikasi kos dan apartemen

Siapa yang tidak tahu olx? E-commerce yang dulunya bernama tokobagus ini terkenal di berbagai lapisan masyarakat Indoenesia sebagai situs dan aplikasi jual beli barang bekas berkualitas. Tetapi, bukan hanya hanya barang bekas, olxpun ramai dengan iklan sewa bahkan jual beli properti loh!

Coba saja Anda ketik kata kunci “kosan murah daerah x” di mesin pencari (browser). Biasanya salah satu situs yang muncul di halaman pertama adalah iklan kos-kosan di situs olx.

Olx kini sudah memeiliki bentuk aplikasi mobile sehingga sangat memudahkan orang-orang yang membutuhkan barang/ properti termasuk penyewaan kos, rumah kontrakan, villa maupun apartemen mendapatkan informasi hanya lewat smartphone tanpa harus membuka browser dan mengetikan alamat situs.

Pendaftaran iklan olx juga sangat mudah dan gratis. Anda hanya perlu memiliki akun olx yang pendaftarannya bisa melalui situs maupun aplikasi olx langsung. Setelah itu klik “pasang iklan”.

Baca juga : Tertarik Kredit Apartemen? Inilah Syarat dan Keuntungan yang Bakal Diperoleh

Jika Anda ingin memasang iklan kos-kosan, kontrakan, villa atau apartemen Anda pastikan gambar yang di upload jelas dan di foto dari berbagai sudut. Jangan lupa untuk menyertakan nomor telepon yang bisa di hubungi supaya calon penyewa bisa dengan mudah menghubungi Anda.

Selain itu Anda perlu menulis deskripsi dan judul secara rinci dan menarik agar terindex oleh google dan bisa mendatangkan penyewa yang tepat sesuai krtieria properti serta aturan sewa properti Anda.

5. Cari-Kos

Aplikasi kos dan apartemen

Aplikasi cari-kos adalah aplikasi yang menghubungkan pemilik kos yang memasang iklan dan juga calon penyewa kos. Pemasangan iklan sudah tersedia dari berbagai kota di Indonesia sehingga dimanapun lokasi kos-kosan Anda akan bisa di akses oleh para penyewa yang membutuhklannya melalui aplikasi ini.

Untuk memasang iklan kos-kosan, Anda bisa mengunjungi website cari-kos dan juga mengklik “Pasang iklan” yang ada di sudut kanan atas website. Tetapi sebelumnya pastikan Anda sudah memiliki akun cari-kos, jika belum maka Anda harus mendaftrakan diri untuk memiliki akun cari-kos sebelum mengisi data iklan dengan mengklik “Daftar”.

Setelah data kos di upload, admin cari-kos akan memverifikasi data tersebut. Jika sudah di approve (data di nyatakan valid), maka iklan kos-kosan Anda sudah terpasang di cari-kos.

6. CariKosan

Aplikasi kos dan apartemen

Meskipun namanya hampir mirip, aplikasi CariKosan berbeda dengan aplikasi Cari-Kos. Aplikasi CariKosanini adalah aplikasi karya anak bangsa yang bisa mengakomodasi pengiklanan kos, rumah kontrakan dan apartemen. Aplikasi ini bisa memudahkan Anda untuk mempromosikan kos dengan lebih mudah. Apalagi saat ini metode pembayaran di aplikasi cari kosan bisa menggunakan OVO.

Baca juga : Cara Mendaftar Menjadi Rekan Usaha GO-PAY

Untuk mendaftarkan properti Anda di aplikasi mitra CariKosan, Anda bisa mendownload aplikasinya di apps store. Jangan sampai tertukar dengan aplikasi CariKosan untuk penyewa karena Anda tidak akan menemukan cara untuk mendaftar menjadi mitra. Setelah aplikasi mitra CariKosan maka Anda bisa mengikuti petunjuk pendaftarannya. Pasang iklan sebagai mitra carikosan juga gratis. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan laporan keuangan. Menarik bukan?

Itu dia 6 Aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan bahkan mengelola properti Anda dengan lebih efektif dan efisien. Anda bisa memaksimalkan penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan potensi penyewaan kos, rumah kontrakan, villa maupun apartemen Anda sehingga lebih lancar dan ramai penyewa.