Banyak Manfaat, Yuk Kenali Lebih Jauh Asuransi Hewan Peliharaan!

Memiliki hewan peliharaan? Tentunya Anda selalu ingin hewan tersebut sehat dan tidak terjadi apa-apa. Jangan lupa untuk daftarkan hewan kesayangan Anda pada jasa asuransi khusus hewan.

Berbicara mengenai asuransi, tentunya sudah terlintas dipikiran Anda bahwa hal ini merupakan sebuah perjanjian antara dua belah pihak guna berjaga-jaga atas suatu hal yang tidak terduga.

Tak hanya orang-orang tersayang saja yang bisa mendapat perlindungan asuransi, kini hewan kesayangan Anda juga bisa mendapatkan hal yang sama. Dilihat dari banyaknya orang yang memelihara binatang, membuat perusahaan asuransi ikut meluncurkan produk asuransi khusus hewan peliharaan.

Apabila Anda telah menganggap bahwa hewan peliharaan sudah seperti bagian dari keluarga. Maka, hal tersebut berarti bahwa mereka juga berhak mendapatkan sebuah tunjangan kesehatan atau asuransi khusus.

Perlu diketahui, hewan yang bisa mendapatkan asuransi bukan hanya seperti kucing maupun anjing. Semua binatang yang Anda pelihara bisa mendapatkan sebuah asuransi. Mari simak bagaimana asuransi untuk hewan peliharaan serta manfaat apa yang dirasakan.

Baca juga: Risiko Makin Tinggi, Ini 7 Tips Pilih Asuransi Kesehatan Saat Covid-19

Jenis Polis Asuransi Untuk Hewan Peliharaan

jenis polis asuransi hewan © kainos-partners.com
© kainos-partners.com

Asuransi pada hewan peliharaan sebetulnya bukan variasi atau penjabaran dari sebuah asuransi jiwa atau kesehatan untuk manusia.

Nyatanya, asuransi khusus hewan peliharaan merupakan turunan dari sebuah properti yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan para pemilik hewan.

Dalam asuransi hewan sendiri, sebenarnya dibagi menjadi 2 jenis polis yakni asuransi non-life dan asuransi lifetime.

Untuk asuransi non-life atau asuransi khusus hewan yang tidak seumur hidup biasanya menggunakan periode waktu tertentu.

Apabila menggunakan asuransi dengan polis tipe non-life maka pihak jasa akan menanggung seluruh hal atau keperluan yang dialami oleh hewan peliharaan dalam masa yang telah ditentukan.

Para pemilik hewan peliharaan, biasanya menggunakan asuransi tidak seumur hidup ini karena mereka berniat untuk mengembang biakan hewan tersebut. Atau bahkan mereka berniat untuk menjual dan mengadopsi hewan peliharaannya.

Sedangkan asuransi lifetime atau seumur hidup ini akan melindungi hewan peliharaan Anda seumur hidup binatang tersebut.

Asuransi dengan tipe satu inilah yang menawarkan fasilitas penguburan terhadap hewan yang meninggal dunia akibat sakit ataupun kecelakaan. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih dalam hal perawatan.

Jenis Hewan yang Dapat Diasuransikan

hewan yang bisa diasuransikan © VectorStock
© VectorStock

Hewan peliharan yang biasa dirawat dan dipelihara, identik dengan kucing, ikan, burung hias atau bahkan anjing.

Namun, tak perlu ditakutkan apabila hewan peliharaan Anda termasuk ke dalam jenis hewan yang eksotis. Pihak asuransi telah menawarkan berbagai pilihan untuk jenis hewan yang berbeda dan bermacam-macam.

Berikut merupakan daftar jenis hewan eksotis yang dapat diasuransikan, antara lain:

Baca juga: Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan dari Asuransi Kartu Kredit

  1. Kura-kura, penyu, terrapin dan sejenisnya
  2. Berbagai jenis burung bahkan burung pemangsa sekalipun
  3. Kelinci
  4. Mamalia kecil yang tidak berbahaya
  5. Kadal, tokek, iguana bahkan anoles
  6. Binatang mamalia yang berukurang sedang

Hewan-hewan tersebut yang telah disebutkan dapat memperoleh asuransi khusus. Namun berbeda dengan hewan yang termasuk kedalam kategori hewan langka dilindungi.

Harus memiliki surat izin resmi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam, yang dapat atau bisa membuktikan bahwa Anda tidak memperoleh hewan tersebut secara ilegal.

Manfaat Asuransi Bagi Hewan Kesayangan Anda

Pastinya Anda tidak menginginkan bila hewan peliharaan jatuh sakit atau tidak dapat aktif seperti biasanya.

Tentu akan timbul perasaan cemas dan kasihan terhadap hewan kesayangan. Ketika hewan Anda jatuh sakit pasti membutuhkan pengobatan dan perawatan yang mana harus merogoh kocek lebih.

Dengan adanya asuransi tentu akan lebih meringankan beban pengeluaran Anda. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai manfaat dari penggunaan asuransi hewan peliharaan :

manfaat asuransi hewan peliharaan © kokusaipet
© kokusaipet

1. Penanggungan Biaya Atas Kematian Hewan

Saat Anda menggunakan atau memanfaatkan asuransi khusus hewan, maka manfaat pertama yang dapat dirasakan adalah penanggungan biaya pengurusan untuk penguburan hewan peliharaan yang telah mati.

Kematian tersebut entah disebabkan oleh masalah kesehatan ataupun kecelakaan, dimana semuanya bisa diklaim untuk pemakaman yang lebih layak kepada pihak asuransi hewan.

2. Asuransi Terhadap Pencurian Hewan

Sama halnya dengan penanggungan biaya atas kematian hewan peliharaan. Dari pihak asuransi juga akan memberikan biaya santunan ketika hewan kesayangan yang Anda pelihara hilang diambil orang atau dicuri.

Apalagi untuk hewan-hewan peliharaan berharga mahal seperti kucing atau anjing ras yang mencapai belasan juta Rupiah per ekor, sangat layak untuk memiliki jaminan asuransi sebagai pelipur lara pemilik jika hilang.

3. Biaya Perawatan Kesehatan Untuk Hewan

Seperti asuransi pada umumnya, dengan menggunakan jasa ini tentu hewan peliharaan Anda bisa mendapatkan biaya perawatan kesehatan.

Biaya ini dapat diperoleh ketika hewan kesayangan sedang sakit atau mengalami luka-luka akibat dari kecelakaan.

Hal tersebut dapat diperoleh dalam periode waktu yang lama ataupun sebentar. Sebagai makhluk hidup, hewan juga bisa mengalami virus dan rentan kematian terutama di musim penghujan seperti saat ini.

4. Asuransi Untuk Benda uang Dirusak Oleh Hewan

Apabila hewan peliharaan Anda seperti anjing berukuran besar dan memiliki tenaga yang kuat serta berpotensi dapat merusak suatu barang atau properti, maka pihak asuransi dapat memberikan sebuah fasilitas.

Hal yang dimaksud dalam fasilitas adalah penggantian biaya untuk benda atau barang yang rusak dikarenakan hewan peliharaan Anda.

5. Biaya Pengurusan Ketika Berada di Penitipan Hewan

Apabila Anda harus meninggalkan hewan peliharaan dalam waktu yang lumayan lama dan dengan kondisi yang tidak memungkinkan untuk membawanya.

Dengan menggunakan asuransi khusus hewan, mereka juga akan menanggung biaya perawatan hewan peliharaan yang dititipkan oleh pemilik di tempat asrama hewan.

6. Penanggungan Biaya Medis Bagi Korban Serangan

Hewan peliharaan yang Anda miliki pastinya jinak, namun dalam instingnya pasti ada pikiran untuk bertingkah liar.

Perilaku buruk tersebut akan muncul apabila seorang hewan merasa sedang terancam atau tidak nyaman dalam suatu kondisi.

Dengan insting tersebut dapat membuat mereka menyerang orang-orang sekitar bahkan pemiliknya sendiri. Asuransi kesehatan yang ada juga memberikan fasilitas berupa penanggungan biaya medis untuk orang yang tidak sengaja terluka.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Inilah 7 Manfaat Memiliki Asuransi untuk Mobil

Perusahaan Asuransi Khusus Hewan Peliharaan

Dengan semakin tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap hewan peliharaan, kini Anda bisa menemukan perusahaan khusus yang menawarkan produk asuransi hewan peliharaan di Tanah Air.

Perusahaan jasa tersebut menawarkan produk-produk dan fasilitas khusus untuk hewan kesayangan Anda. Inilah perusahaan asuransi yang mempunyai produk khusus hewan peliharaan Anda.

perusahaan asuransi hewan peliharaan © picksurance
© picksurance

1. Figo Pet Insurance

Sama dengan perusahaan jasa lainnya, Figo Pet Insurance pun juga menawarkan perlindungan untuk hewan-hewan peliharaan kesayangan Anda.

Perusahaan ini bahkan telah memiliki aplikasi khusus yang dapat digunakan dengan menawarkan berbagai bantuan yang Anda butuhkan. Mulai dari dokter hewan 24 jam jika bersifat darurat.

2. Rumah Polis Pet Insurance

Rumah Polis merupakan bagian dari perusahaan asuransi PAIB Indonesia yang turut bekerjasama dengan Adira Insurance, yang mana memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memanfaatkan produk asuransi dalam bentuk digital.

Dengan begitu Anda dapat mengakses atau menggunakan jasa ini dimana saja dan kapan saja.

Baca juga: Konsep, Manfaat dan Daftar Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia

3. Sinar Mas Simas Pet Insurance

Perusahaan Sinar Mas ini merupakan salah satu perusahaan besar yang bergerak di sektor asuransi. Untuk Simas Pet Insurance adalah bagian dari Sinar Mas yang bergerak khusus melayani asuransi hewan peliharaan.

Yang mana berguna untuk melindungi hewan peliharaan dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti resiko kematian, pencurian, kecelakaan bahkan kekerasan.

Apabila Anda ingin mengklaim asuransi untuk hewan peliharaan Anda, maka ada beberapa cara atau tahapan yang perlu dilakukan.

Jika pemilik hewan harus menanggung biaya perawatan medis terlebih dahulu sebelum mengajukan klaim, haruslah membawa bukti maka biaya akan cair. Anda harus meminta bantuan pada dokter hewan kemudian klaim langsung ke perusahaan asuransi.

Baca juga : Cara Mendaftar Asuransi BPJS Kesehatan secara Online

Dengan adanya asuransi khusus hewan peliharaan tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi pemilik dan hewan kesayangan Anda.

Asuransi ini dapat meringankan biaya yang harus dikeluarkan dalam perawatan dan pengobatan hewan kesayangan. Bahkan biaya tersebut dapat ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagikan ;