5 Asuransi Syariah Terbaik 2021, Mana yang Ingin Anda Pilih?

Sebagai negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar di dunia, keuangan syariah memang berkembang cukup pesat di Indonesia. Hal inilah yang akhirnya memunculkan aneka produk finansial berdasar hukum Islami termasuk asuransi. Banyak perusahaan-perusahaan menawarkan asuransi Islami. Namun apa saja produk asuransi syariah terbaik 2021?

Sebelum kami menjawab pertanyaan itu, Anda harus tahu bahwa produk asuransi syariah sebetulnya tidak hanya diperuntukkan bagi umat Islam saja. Mereka yang beragama bukan Islam pun bisa menjadi nasabah asuransi syariah karena memang cukup banyak keuntungannya.

Baca juga: 5 Asuransi Mobil Terbaik 2021 yang Layak Dipilih

Keunggulan Asuransi Syariah

keunggulan asuransi syariah
via Takaful

Makin banyaknya produk arusansi syariah terbaik 2021 memang tidak lepas dari terus meningkatnya pemahaman masyarakat atas proteksi diri. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang sudah setahun terjadi ini, setiap orang tentu harus mempersiapkan kondisi terburuk di masa depan. Melalui asuransi, perlindungan diri dan orang tersayang tentu bisa disiapkan maksimal.

Sesuai dengan namanya, asuransi syariah jelas berbasis nilai-nilai keislaman yang sudah pasti jauh dari riba. Nah agar lebih paham, berikut beberapa keunggulan asuransi syariah:

1. Jauh Dari Riba

Nah, inilah keunggulan asuransi syariah yang utama yakni jauh dari riba. Tak hanya riba, asuransi syariah juga tak mengandung unsur gharar (ketidakjelasan dana) dan maisir (judi). Dengan akad mudharabah (kerjasama), seluruh modal diperoleh dari nasabah dan dikelola perusahaan asuransi dengan aturan Islami yang jelas.

2. Dikelola Transparan

Keunggulan berikutnya dari asuransi syariah adalah pengelolaan transparan dengan pembagian yang sudah dijelaskan di awal. Anda bisa tahu berapa besar dana yang jadi hak milik pengelola dan berapa besar peluang risiko yang dibagikan kepada pemegang polis.

3. Tolong Menolang dan Menguntungkan

Berbeda dengan asuransi konvensional, prinsip dasar asuransi syariah adalah tolong-menolong seperti donasi. Ketika Anda membeli produk asuransi syariah, Anda secara tidak langsung menyalurkan sebagian dana untuk membantu nasabah lain dalam satu perusahaan asuransi yang terkena musibah. Sehingga artinya tidak ada dana yang hilang.

Dalam asuransi syariah, seluruh dana kontribusi adalah hak milik nasabah yang bakal dipakai untuk membayar klaim. Saat nilai kontribusi lebih besar dari nilai klaim, maka itu artinya peserta mendapat untung dengan proporsi 60% saldo tabarru (dana gotong royong), 30% dibagikan ke peserta dan 10% milik perusahaan pengelola.

Baca juga: Informasi Tanya Jawab Terkait BPJS Kesehatan Tahun 2021

4. Tak Ada Dana Hangus

Berkonsep wadiah (titipan), nasabah asuransi syariah tak perlu cemas dana mendadak hangus. Kalau asuransi konvensional, ada kemungkinan uang hangus jika tak bisa bayar premi sesuai syarat. Namun dalam asuransi syariah, nasabah bisa mendapat uang meskipun belum jatuh tempo. Karena konsep wadiah ini membuat hak nasabah terpisah dari rekening tabarru

5. Lebih Adil dan Lebih Terjangkau

Jika asuransi konvensional berkonsep risk transfer, maka asuransi syariah mengutamakan risk sharing. Dalam kondisi seperti ini, perusahaan asuransi tidak akan merugi karena risiko tidak mereka tanggung.

Manfaat yang diperoleh nasabah berasal dari dana tabarru dengan satu polis berlaku untuk seluruh anggota keluarga, sehingga pembayaran kontribusi lebih ringan. Bahkan dalam asuransi syariah pun nasabah bebas melakukan double claim atas nilai pertanggungan produk, begitu juga dengan asuransi negara seperti BPJS Kesehatan.

Inilah Produk Asuransi Syariah Terbaik 2021 yang Dapat Dipilih

Melihat berbagai keunggulan yang ditawarkan, tidak heran kalau akhirnya kini minat membeli produk asuransi syariah terbaik 2021 makin tinggi. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, mereka yang tidak beragama Islam pun mulai melirik peluang asuransi syariah yang dirasa jauh lebih menguntungkan daripada asuransi konvensional.

Dari banyaknya perusahaan, berikut produk-produk asuransi syariah terbaik 2021 yang dapat Anda pilih:

1. Takaful

Takaful
© Sindonews

Daftar asuransi syariah terbaik 2021 tidaklah pernah lengkap tanpa Takaful. bahkan bisa dibilang, Takaful merupakan perintis dari asuransi Islami di Indonesia. Tak heran jika Majalah Investor memilih Takaful sebagai Asuransi Syariah Terbaik 2014-2017 secara berturut-turut. Diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah Nasional, membuat kualitas Takaful terpercaya.

Setidaknya ada beberapa pilihan produk asuransi Islami dari Takaful seperti Takaful Salam, Fulnadi (Takaful Dana Pendidikan), Takaful Dana Cendekia hingga Fulmedicare (Asuransi Syariah Kesehatan Takaful). Dalam menjalankan bisnisnya, Takaful memakai sistem akad Mudharabah dan Wadiah yang memang bertujuan mensejahterakan seluruh umat.

2. Allianz Syariah

banner Allianz Syariah
© Allianz

Dalam industri asuransi dunia, nama Allianz jelas tak bisa diremehkan. Bahkan di Indonesia sendiri, Allianz pun sudah dipercaya memberikan proteksi perlindungan masa depan. Menyadari kalau Indonesia adalah negara dengan umat Islam terbesar di dunia, Allianz pun melakukan penyesuaian dan menawarkan produk Allianz Syariah (Alizza).

Baca juga: 8 Jenis Asuransi yang Cocok Untuk Generasi Z

Satu keunggulan yang membuat Alizza masuk sebagai salah satu asuransi syariah terbaik 2021 adalah karena sistem cashless dan reimbursement. Melalui cashless, seluruh peserta Alizza bisa memperoleh manfaat perlindungan tanpa mengeluarkan uang tunai karena lewat kartu. Sementara reimbursement adalah metode penggantian uang yang dikeluarkan nasabah.

Beberapa produk yang ditawarkan oleh Alizza seperti Alizza Care (asuransi kesehatan Allianz Syariah) dan Alizza Protection (asuransi jiwa Allianz Syariah). Bukan hanya itu saja, ada produk asuransi rumah, mobil hingga Asuransi Tasbih untuk nasabah yang hendak menunaikan ibadah haji atau umroh, sehingga perjalanan makin nyaman karena dijamin Allianz.

3. PRUSyariah (Prudential Syariah)

gedung kantor Prudential
© PRUdential

Sama seperti Allianz, PRUdential juga salah satu perusahaan asuransi terkemuka yang jadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Menyadari pangsa pasar Muslim di Tanah Air, PRUSyariah pun hadir sebagai jawabah PRUdential atas kebutuhan pelrindungan Islami. Apa yang membuat PRUSyariah layak dipilih karena kinerja dan kredibilitas profesional.

PRUSyariah bahkan melakukan pembagian profit bagi nasabah aktif dengan memuaskan karena keuntungan bagi hasil mencapai 56%. Bagaimana bisa seperti itu? Karena PRUdential Syariah mengelola dana nasabah ke berbagai usaha halal yang produktif. Untuk asuransi kesehatannya (PRUprime Healthcare Syariah), ada fasilitas cashless di Malaysia dan Singapura.

4. Manulife Syariah

gedung kantor Manulife
© Bareksa

Manulife sudah lama dianggap sebagai perusahaan asuransi yang cukup cepat dalam melayani klaim nasabah. Tak heran kalau produk Manulife Syariah pun dipilih oleh banyak umat Islam di Tanah Air. Ada tiga produk unggulan yang ditawarkan Manulife Syariah seperti:

  • Berkah Healthsafe: Pergantian biaya perawatan di rumah sakit karena kecelakaan atau sakit
  • Berkah Accidental Death and Disability Benefit: Manfaat untuk nasabah yang mengalami cacat karena keselakaan hingga meninggal
  • Berkah Yearly Renewable Term: Proteksi perlindungan terhadap pihak keluarga nasabah yang ditinggal karena kematian

Baca juga: Banyak Manfaat, Yuk Kenali Lebih Jauh Asuransi Hewan Peliharaan!

5. BNI Life Syariah

BNI Life raih penghargaan
© bni-life.co.id

Menutup daftar asuransi syariah terbaik 2021, ada BNI Life Syariah dari PT BNI Life Insurance (BNI Life). Seperti namanya, ini adalah produk asuransi Islami yang masih menjadi bagian dari BNI. Membuktikan kualitasnya, BNI Life baru saja terpilih sebagai The Best Sharia Unit Life Insurance pada ajang Iconomic Syariah Award 2021 yang digelar Iconomics.

Pada tahun 2020 saja, kinerja BNI Life Syariah tumbuh dari sisi aset sebesar 17,24%, pengelolaan dana tabarru sebesar 162% dan peningkatan laba 61% dari 2019. Tak heran kalau selama pandemi Covid-19 tahun 2020 kemarin, BNI Life Syariah justru berhasil membayar dana tabarru kepada nasabah hingga menembus Rp180 miliar.

Dalam menjalankan bisnisnya, BNI Life memang menawarkan asuransi berjenis entitas untuk pribadi dan bisnis. Setidaknya beberapa produk yang bisa dipilih adalah Ahsan Medicare, Wa’diah, Cendekia, Investa Plus dan Multi Investa.

Kesimpulan

Dengan berbagai keunggulan dan aneka produk yang ditawarkan, tak heran kalau kelima perusahaan di atas terpilih sebagai penyedia asuransi syariah terbaik 2021. Memahami bahwa manfaat asuransi sangatlah luar biasa, Anda tentu bisa mempertimbangkan salah satu di antaranya untuk dipilih, demi masa depan lebih baik di masa serba sulit seperti sekarang.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar