10 Background Foto Wisuda Terbaik dan Berkesan

Momen wisuda merupakan momen yang sangat dinantikan oleh para mahasiswa yang telah lulus dari sidang skripsi. Dengan melaksanakan wisuda, berarti mereka telah sah menjadi seorang sarjana dengan waktu lulus berkisar 3,5-5 tahun.

Tentunya momen wisuda yang boleh jadi dilakukan sekali dalam seumur hidup tersebut, dijadikan sebagai momen yang dipersembahkan untuk orangtua karena biasanya tugas orangtua untuk mengantarkan anaknya sekolah telah selesai.

Oleh karena itu, sangatlah wajar bila dalam wisuda banyak orang tua yang hadir menyaksikan momen tersebut. Saat momen wisuda, tentunya sangat disayangkan apabila tidak dibadikan.

Oleh karena itu, pada saat momen wisuda tersebut banyak orang yang membawa kamera atau pun banyaknya juru photo yang menawarkan jasa untuk mengabadikan momen tersebut.

Yang menarik dari adanya juru photo yang menawarkan diri mengabadikan momen tersebut adalah background yang digunakan untuk wisuda.

Sekilas, background wisuda tampak sama yaitu terdapat gambar rak buku. Namun, jika diperhatikan dengan seksama peletakan background rak dan warnanya pun berbeda sehingga memiliki ciri khas tersendiri.

Selain rak buku, ada pula background lain yang menjadi background kekinian bagi para wisudawan dan wisudawati.
Jika Anda penasaran dengan jenis-jenis background photo wisuda tersebut. Berikut akan dipaparkan mengenai 10 background foto wisuda terbaik. Seperti apa ulasannya? Ini Dia pemaparannya!

Mengenal Jenis-Jenis Background Foto Wisuda Terbaik

1. Background Foto Wisuda: Rak Buku

Background Foto Wisuda Rak Buku

Seolah sudah menjadi standarisasi yang umum, background photo wisuda yang banyak ditemui adalah menggunakan background rak buku.

Namun walaupun tema yang digunakan sama yaitu rak buku, ada tambahan dan ornament lain yang membuat background tersebut menjadi beda.

Baca juga : 10 hadiah wisuda terbaik bagi sahabat Anda

Contohnya saja, ada background foto wisuda yang menggunakan rak buku dan anak tangga yang ternyata memiliki filosofi tersendiri.

Rak buku itu diibaratkan sebagai ciri khas dari mahasiswa yang memang selalu banyak tugas dari dosen yang bisa diambil dari referensi buku-buku yang sesuai dengan mata kuliah.

Sedangkan anak tangga diibaratkan dengan adanya semester demi semester yang harus dilalui oleh mahasiswa untuk bisa mendapatkan gelar sarjana.

Oleh karena itulah, background foto dengan rak buku ini menjadi sesuatu yang sangat berkesan dan setiap wisudawan “wajib” untuk menggunakannya.

2. Background Foto Wisuda: Icon Kebanggan Kampus

Background Foto Wisuda Icon Kebanggan Kampus

Background foto wisuda berikutnya adalah dengan berlatarbelakang tempat atau icon kebanggan kampus.

Tentu saja hal tersebut akan menjadi kenang-kenangan tersendiri yang sangat melekat di hati para wisudawan. Mereka pun akan bangga karena pernah mengenyam pendidikan di kampus tersebut.

Contohnya saja untuk Anda mahasiswa Univeristas Pendidikan Indonesia Bandung yang memang masih memiliki bangunan bersejarah. Bangunan tersebut juga digunakan untuk tempat kerja rektorat sehingga keberadaannya masih sangat kokoh dan terpelihara dengan baik.

Bangunan tersebut bernama Villa Isola yang menjadi icon kebanggan kampus. Maka, tak heran bila waktu wisuda tiba tempat tersebut banyak digunakan mahasiswa untuk berfoto dengan menggunakan toga.

Selain itu, ada banyak jasa photo yang backgroundnya menggunakan villa isola tersebut.

Selain UPI, ada universitas lain yang memang memiliki icon kebanggan tersendiri bagi para wisudawan. Contohnya kampus ITB, UNDIP, UI, UGM, dan kampus lainnya.

3. Background Foto Wisuda : Logo jurusan atau fakultas yang ditempuh

Background Foto Wisuda fakultas

Background foto wisuda terbaik berikutnya adalah menggunakan latar belakang logo jurusan yang ditempuh para wisudawan.

Menggunakan logo jurusan untuk background wisuda ini juga masih tergolong jarang namun di beberapa kampus sudah menggunakannya.

Konsep background yang dibuat mirip dengan acara-acara besar yang menggunakan baner besar dengan adanya nama acara dan logo sponsor dari acara tersebut.

Sama halnya dengan foto latar belakang icon kampus, tujuan para wisudawan berfoto dengan menggunakan logo jurusan tersebut agar selalu ingat dengan perjuangannya menempuh study di jurusan tersebut.

Biasanya latar belakang dengan logo jurusan tersebut akan tersedia saat berlangsungya wisuda jurusan atau fakultas.

4. Background Foto Wisuda Depan Banner Acara Wisuda

Background Banner Acara Wisuda

Foto ini biasanya diambil ketika selesai upacara wisuda. Tentu saja di belakang para rektor dan jajarannya biasanya terdapat banner dan spanduk besar yang mencirikan tengah berlangsung kegiatan wisuda.

Nah, setelah kegiatan wisuda selesai biasanya tempat tersebut dijadikan background oleh para wisudawan. Walaupun terkesan tidak kondusif karena banyak yang menggunakan background foto tersebut, rupanya masuk pula dalam kategori foto wisuda terbaik.

Dikatakan terbaik, karena wajar para wisudawan bangga telah berhasil memasuki tahap tersebut. Perjuangan kurang lebih 4 tahun tidak sia-sia karena bisa terbayarkan dengan acara ceremony wisuda tersebut. Sehingga berfoto dengan background foto tersebut perlu untuk diabadikan.

5. Background Foto Wisuda Berlatar Atribut Wisuda

Background foto wisuda terbaik berikutnya adalah dengan menggunakan latar belakang atribut wisuda seperti toga atau baju wisuda sendiri.

Foto dengan berlatar belakang tersebut memang masih jarang ditemukan, namun sudah ada beberapa universitas yang menggunakannya agar telihat kekinian.

Warna background yang dibuat biasanya warna cerah-cerah sehingga atribut wisuda bisa terlihat dengan jelas.

Selain itu, background foto tersebut bisa Anda temukan di studio foto. Uniknya, wisudawan tidak menggunakan baju toga tetapi baju tersebut digantungkan dan ijazah disimpan di rak serta dilengkapi property lain seperti boneka wisuda.

6. Background Foto Wisuda di Depan Gedung atau Tempat Acara

Mengambil foto kelulusan dengan background di depan gedung tempat acara pun yak kalah menarik. Sekilas memang akan tampak seperti “tidak serius” mengambil gambar.

Tetapi dengan perangkat yang mendukung foto dengan menggunakan background tersebut tampak menjadi bagus dan terbaik.

Sama halnya dengan foto dengan background icon kampus, ada kebanggan tersendiri yang bisa Anda rasakan saat mengabadikan momen tersebut.

7. Background Foto Wisuda Warna Netral

Selain mengambil foto di lingkungan kampus dan menggunakan jasa fotografer, kegiatan foto wisuda pun bisa dilakukan di studio foto. Biasanya, para wisudawan akan mengajak keluarga, sahabat, atau rekan lainnya untuk berfoto bersama di studio.

Background yang tersedia stuido foto tentunya berbeda-beda. Namun, pada umumnya para wisudawan mengambil background warna netral seperti putih, biru, abu, dan lain sebagainya. Warna-warna tersebut selain menjadi favorit juga dianggap sebagai background foto wisuda terbaik.

8. Backround Foto Wisuda Warna Pastel

Background selanjutnya yang biasa dipakai untuk foto wisuda di studio foto adalah warna pastel. Biasanya yang banyak menggunakan warna tersebut adalah para wisudawan wanita yang memang rata-rata menyukai warna tersebut.

Warna pastel sendiri akan memberikan efek cerah, bahagia, dan juga menggambarkan suasana hati wisudawan yang memang bangga sekaligus senang atas kelulusan tersebut. Karena itulah, warna pastel masuk dalam kategori background foto wisuda terbaik.

9. Background Foto Wisuda Menggunakan Bunga

Foto dengan menggunakan latar bunga termasuk dalam background foto wisuda kekinian. Background tersebut bisa Anda liat atau gunakan saat berada di studio foto.
Selain adanya bunga, untuk menunjang wisudawan lebih menarik biasanya menggunakan kursi seperti yang ada dikerajaan.

Bunga-bunga tersebut berada dalam pot, dengan latar belakang wana pastel. Oleh karena itu, wisudawan pun tampak lebih elegan dan juga anggun.

10. Background Foto Wisuda : Pemandangan Alam

Background foto wisuda terbaik berikutnya mengambil latar belakang pemandangan alam. Hal ini memang jarang dilakukan, namun hasilnya tak kalah bagus dengan yang ada di studio foto.

Para wisudawan yang menggunakan salah satu background foto wisuda terbaik tersebut biasanya bergaya dengan “melemparkan” toga. Seolah mengisyaratkan bahwa mereka telah berhasil menempuh pendidikan selama 4 tahun.

Ekspresi lega dan “bebas” pun tergambar jelas seolah menyatu dengan pemandangan alam tersebut.

Mengambil Foto Wisuda Terbaik

Setelah dipikrakan mengenai background yang akan Anda ambil untuk berfoto wisuda. Jangan lupa untuk mengambil foto wisuda terbaik ketika Anda …

1. Bersalaman /Dibagikan Ijazah oleh Rektor atau setaranya

Tentu saja ada kebanggan dan rasa haru yang menyelimuti ketika Anda bersalaman atau dibagikan ijazah oleh rektor atau dekan. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut.

Biasanya pihak universitas telah bekerja sama dengan fotografer untuk memotret setiap wisudawannya. Sehingga setelah selesai acara wisuda Anda akan menerima foto tersebut.

Hal tersebut juga bisa menjadi bukti nyata bahwa Anda sah keluar sebagai sarjana.

2. Bersama Orang Tua

Ingat orang tua adalah orang yang paling berjasa dalam hal kelulusan Anda. Karena mereka dengan sabar dan ikhlas mengeluarkan biaya untuk Anda bisa berkuliah.

Tentunya momen wisuda adalah momen yang tepat untuk bisa membuktikan diri bahwa Anda sudah dewasa dan bisa berdiri sendiri menghadapi fase berikutnya.

Foto bersama orang tua bisa dilakukan di studio, sekitar kampus atau tempat acara.

3. Bersama Keluarga

Selain bersama orang tua, biasanya momen wisuda tersebut dihadiri oleh keluarga entah itu adik kakak, kakek nenek, paman, bibi, dan lain sebagainya,

Mereka pun sejatinya, turut berbahagia atas kelulusan Anda karena telah berhasil menempuh pendidikan selama 4 tahun dengan penuh perjuangan.

Maka dari itu, jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut bersama sanak keluarga. Tularkan euforia kebahagiaan Anda agar mereka pun bisa merasakannya.

4. Bersama Calon Pasangan

Sudah hal yang lazim, ketika wisuda selalu ditanya pendamping untuk wisuda. Walaupun cukup dihadiri oleh orang tua, tetap saja hal tersebut sering dijadikan hal serius agar wajib membawa pasangan saat wisuda.

Jika memang Anda telah memiliki pasangan, maka bisa berfoto dengan pasangan Anda. Dalam hal ini, pasangan juga kerap menjadi motivator utama agar Anda bisa cepat lulus.

Tentu saja bila ingin mengajak pasangan harus mendapatkan izin dan restu terlebih dahulu dari pihak keluarga Anda. Jika Anda sudah menikah, tentu saja tidak perlu izin atau restu dari keluarga Anda.

5. Bersama Sahabat

Selain bersama orang tua dan pasangan, foto wisuda menarik yang bisa Anda lakukan adalah bersama sahabat-sahabat Anda.

Mereka juga memiliki andil yang besar atas kelulusan Anda karena telah membantu dalam segala hal. Jika, sahabat Anda adalah sahabat perjuangan yang sama-sama berjuang sejak awal kuliah hingga lulus.

Tentunya euforia tersebut akan terasa berbeda karena Anda telah melewati masa-masa tersebut bersama orang yang tepat.

Penutup

Bagaimana sudah siap menghadpi momen terbaik dalam hidup Anda ? Semoga infromasi ini bisa bermanfaat untuk Anda khususnya para wisudawan yang bingung mencari background foto wisuda terbaik.