5 Agen Reksadana terbaik, Bahkan Bisa Beli Online

Di zaman yang serba canggih ini, transaksi jual beli pun bisa dilakukan lewat internet. Bahkan bila Anda menginginkan berinvestasi di pasar reksadana maka bisa dilakukan secara online.

Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan karena untuk berinvestasi pun bisa Anda lakukan tanpa harus keluar rumah.

Dengan adanya transaksi reksadana secara online, tentu tidak ada alasan lagi untuk menunda-nuda investasi karena alasan malas mengantri, mahal, ribet, dan lain sebagainya.

Selain mudah berinteraksi, Anda yang hanya memiliki modal sedikit yaitu sebesar Rp 100,000 pun sudah bisa berinvestasi di pasar reksadana, menarik bukan?

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang reksadana beserta 5 bank Agen reksadana terbaik yang bisa dipercaya untuk transaksi online ini, berikut akan kami paparkan ulasannya!

Yuk, simak bersama ulasan lengkapnya di bawah ini!

Mengenal Tentang Reksadana

Saat Anda membaca paragraf awal halaman ini, apakah Anda sudah familiar dengan kata reksadana? Mungkin diantara Anda ada yang belum mengetahuinya dan belum mengenal lebih dalam tentang reksadana tersebut, betul?

Jika iya, sebelum membahas tentang 5 Bank agen reksadana, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui pengertian dari reksadana tersebut.

Reksadana ini pada dasarnya mirip dengan sekuriti, efek, obligasi, pasar saham, dan lainnya. Perbedaannya kalau untuk saham biasanya harus membutuhkan modal yang lebih banyak.

Sedangkan investasi reksadana ini Anda bisa membeli saham bersama-sama nasabah lainnya. Dana yang dimiliki nantinya bisa diberikan kepada manajer investasi yang sudah ahli untuk bisa digunakan dalam membeli saham.

Mengenal Macam-macam Reksadana

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi pasar reksadana di bank agen terbaik, Anda harus mengetahui pula macam-macam reksadana agar bisa memilih investasi yang tepat.

1. Reksadana Saham

Reksadana saham ini tergolong sebagai investasi saham yang memiliki resiko cukup tinggi. Tetapi potensi untuk mendapatkan keuntungannya pun cukup tinggi. Investasi ini sangat cocok untuk investasi jangka panjang, seperti dana pendidikan, dan pensiun, dan lain sebagainya.

2. Reksadana Pasar Uang

Jika Anda memilih produk ini, maka penempatan dananya deposito serta memiliki jatuh tempo di bawah 1 tahun. Resiko produk ini tergolong sangat rendah serta keuntungannya pun cukup kecil.

3. Reksadana Pendapatan Tetap

Produk ini menempatkan dana investasi pada obligasi dan termasuk dalam investasi menengah. Jangak waktu investasinya cukup panjang 1 hingga 5 tahun.

4. Reksadana Campuran

Reksadana campuran ini menggabungkan saham dan obligasi. Keuntungan yang didapat pun terbilang cukup besar, tetapi tidak lebih besar dari saham. Karena ini investasi, jelas memiliki sebuah resiko pula.

Macam – Macam Bank Agen Reksadana Terbaik

1. Tokopedia

Tokopedia Reksadana

Sebuah marketplace terbesar di Indonesia ini, semakin lama semakin menunjukkan “taringnya”.

Setelah sukses bisa toko online yang memperantarai pebisnis online dengan para pembeli di dunia maya, kini tokopedia pun melebarkan sayapnya dengan meluncurkan fitur reksadan online yang dirilis pada februari 2018.

Tokopedia tidak main-main meluncurkan fitur ini, hal tersebut ditandai dengan seriusnya tokopedia reksadana mendaftarkan fitur tersebut untuk mendapatkan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan atau dikenal dengan OJK.

Adapun kelebihan yang harus Anda ketahui ketika berinvestasi reksadana di tokopedia adalah sebagai berikut:

  • Calon nasabah yang ingin membuka reksadana tidak perlu datang ke kantor tokopedia. Tetapi bisa dilakukan secara online melalui website tokopedia. Dari mulai transaksi hingga menunggah dokumen pun bisa Anda lakukan di situs tersebut. sehingga tidak ada alasan lagi untuk malas keluar rumah.
  • Tidak dikenakan biaya transaksi dan untuk berinvestasi ini, Anda bisa mengeluarkan uang mulai dari Rp 10 ribu. Jadi, siapapun, umur berapapun, serta profesi apapun bisa melakukan hal tersebut.
  • Para nasabah bisa memantau investastinya kapanpun dan dimanapun lewat aplikasi atau website tokopedia.
  • Adanya fitur menjual dan membeli sehingga memudahkan Anda untuk melakukan transaksi tersebut dengan waktu yang real tanpa harus menunggu waktu 1 hari.

Produk reksadana yang ditawarkan tokoperda ini bernama Syailendra dana kas, yaitu reksadana pasar uang yang dikeluarkan Syailendra Capital.

Proses berinvestasi di tokopedia ini terbilang cepat dan mudah karena memiliki layanan dompet elektronik TokoCash. Karena itu, Anda bisa berinvestasi reksadan dengan mudah dan bisa dicairkan kapanpun bila Anda memerlukan dana.

Tapi, harus tetap diingat ketika Anda memilih untuk berinvestasi berarti harus siap pula dengan resiko yang akan Anda terima.

2. Bukareksa (Bukalapak)

bukareksa dari bukalapak

Sama halnya dengan tokopedia, bukalapak sendiri pada mulanya dikenal sebagai salah satu marketplace onlie terbesar di Indonesia.

Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin besar marketplace tersebut melebarkan sayapnya untuk membuka fitur investasi reksadana yang diluncurkan pada awal tahun 2017 silam. Nama fitur tersebut dikenal dengan nama BukaReksa.

Bukalapak pun semakin tenar dan disukai kaum milenial karena mengajarkan mereka pula untuk bisa berinvestasi di usia muda dari mulai Rp 10,000-.

Adapun keuntungan bila Anda investasi di BukaReksa adalah sebagai berikut :

  • Mudah Daftarnya

Seperti yang diketahui bersama, untuk membuka investasi reksadana ini biasanya harus datang ke kantor banknya dan prosesnya pun lumayan lama dan sulit.

Berbeda halnya dengan Bukareksa ini hanya tinggal membuat akun di bukalapak dan kemudian memilih fitur reksadana tersebut.

Dan untuk mendaftar tersebut tak perlu datang ke kantor bukalapak, cukup dengan menggunakan PC atau smartphone beserta kuota yang memadai.

  • Banyak Pilihan untuk Membayar

Di buka lapak ini terdapat berbagai fitur untuk membayar investasu dari mulai indomaret, alfamart, klikpay BCA, mandiri E-Cash, rekening ponsel dan lain sebagainya.

Jika fitur ini ada tentunya tidak akan ribet dalam melakukan pembayaran.

Produk di bukalapak ini memang belum banyak, yaiut hanya tersedia CIMB-Principal BukaReksa Pasar uang. Dari satu produk ini perkembangan investasi bukalapak tergolong bagus dan kini sudah terrsedia 10 manajer investasi.

3. Bareksa

bareksa situs jual reksadana online

Bareksa. Tempat reksadana online ini sudah lebih dulu ada dari bukareksa dan juga tokopedia. Kehadirannya di tahun 2013 seolah membawa “angin segar” bagi para investasi reksdana.

Pasalnya, bareksa ini merupakan pionir reksadana onine yang sudah memperoleh lisensi dari otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jenis reksdana di bareksa ini ada dua yaitu reksada syariah dan juga reksdana konvensional. Adapun produk yang dimilikinya pun beragam seperti:

  • Reksadana saham
  • Reksadana pasar uang
  • Reksadana pendapatan tetap atau campuran
  • Reksadana indeks.

Semakin hari bareksa ini semakin berkembang dengan pesat dan sudah memiliki banyak nasabah yang menaungi berbagai perusahaan manajer investasi di Indonesia.

Untuk Anda yang tertarik berinvestasi reksadana di bareksa cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 100 ribu.

Cara mendaftaranya pun mudah tinggal mengisi profil risiko investasi dan biodata diri dengan lengkap. Setelah itu, tinggal menunggu persetujuan 1 x 24 jam.

Berinvestasi di reksadana ini memliki keuntungan tersendiri, yaitu tersedia fitur dan alat investasi yang mendukung, bisa membeli produk reksadana dalam satu akun, dan yang paling penting tidak dikenakan biaya transaksi.

4. Ipotfund

Agen reksadana terbaik

Ipofund merupakan supermarket reksadana online pertama di Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2014 oleh PT.Indo Premier Securities.

Dikatakan “supermarket” karena memang tempa beli reksadana online terlengkap di Indonesia dengan mengganden 80 manajer investasi yang jumlah dananya mencapai ratusan miliar rupiah.

Di Ipotfund pun tersedia empat jenis reksadana, yaitu reksadana campuran, saham, pendapatan tetap, dan pasar uang.

Bila Anda tertarik untuk berinvestasi, maka proses yang harus Anda lakukan adalah mendaftar lewat situs resimi Indo Premier kemudian mengisi formuir pendaftaran yang sudah Anda print dan menggunakan materai.

Jangan lupa pula untuk mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan seperti NPWP, KTP, fotokopi buku tabungan halaman depan. Setelah selesai, barulah bisa mengirimkan dokumen tersebut ke cabang Indo Premier terdekat di kota Anda

Proses verifikasi tersebut biasanya berlangsung 3-5 hati kerja. Kemudian selanjutnya Anda akan mendapatkan password, PIN transaksi, dan user id untuk bisa melihat perkembangan dari investasi yang Anda lakukan di reksadana.

Untuk berinvestasi di Ipotfiund Anda bisa memulainya dengan Rp 100 ribu saja. Dan kabar baiknya Anda tidak akan dikenakan biaya bulan untuk administrasi ataupun biaya transaksi jual beli.

Setelah Anda melakukan investasi reksadana di Ipotfund, maka langkah selanjutnya pihak MI dan tim analisis berpengalaman akan mengelola dana Anda.

Kemudian Anda tinggal menunggu uang yang berkembang dengan return yang biasanya lebih tinggi dari bunga deposito dan bunga tabungan.

5. Mandiri Sekuritas

Reksadana Mandiri sekuritas

Mandiri sebagai Bank bonafit di Indonesia pun mulai jeli melihat pasar modal di Indonesia yang semakin lama semakin berkembang.

Karena itulah hadir mandiri sekuritas yang memberikan kemudaha untuk Anda agar bisa memuka satu account MOST.

Dengan membuka akun tersebut Anda bisa mendapatkan kenyamanan dan keunggulan dalam mlakukan investasi pasar modal seperti reksadana, saham, dan obligasi.

Untuk memulai investasi reksadana ini yang perlu dilakukan adalah mendaftar terlebih dahulu di situs mandiri sekuritas tersebut. Uniknya, Anda tidak perlu datang ke kantor mandiri untuk mendaftar atau mengembalikan formulir.

Setelah Anda mendaftar secara online, maka pihak mandiri sekuritas akan menghubungi Anda lewat video call.

Untuk berinvestasi di reksadana sendiri tidak memerlukan modal yang besar. Cukup dengan Rp 50 ribu, Anda sudah bisa berinvestasi reksadana di mandiri sekuritas tersebut.

Mandiri sekuritas ini memang sudah termasuk besar dan berkembang sehingga tidak perlu ragu lagi untuk berinvestasi di tempat tersebut.

TIPS Berinvestasi Reksadana untuk Pemula

Bagi Anda yang baru saja melihat website ini dan tergolong investor pemula, maka berikut ini akan disampaikan beberapa tips berinvestasi yang perlu Anda ketahui seperti:

Loading...
  1. Tentukan tujuan Anda berinvestasi, apakah untuk properti, pendidikan, kendaraan dan lain sebagainya. Hal ini sangat berguna karena Anda bisa merencanakan dan memantau investasi tersebut dengan baik.
  2. Jangan Mudah Percaya dengan Keuntungan yang Berlipat-lipat dan menggiurkan. Ingat, segala sesuatu ada prosesnya dan harus bisa berpikir logis tentang keuntungan dalam berinvestasi ini.
  3. Bila ada yang menawarkan investasi pada Anda, sebaiknya cek terlebih dahulu perusahana atau agen tersebut apakah terlisensi dengan OJK atau tidak.
  4. Jika keuntungannya yang ditawarkan melebihi deposito Bank, maka perlu diwaspadai.

Ke lima Bank agen reksadana di atas, insya Allah sudha teruju dan berlisensi OJK. Tugas Anda sekarang tidak menyiapkan modalnya dan tentukan tujuan investasi reksadana tersebut. Jangan asal ingin untung karena segala sesuatu pasti ada resiko untung dan ruginya.

Selamat mencoba!