5 Bank Digital Terbaik di Indonesia, Review Mana yang Terbaik?

Bank digital terbaik. Sejak teknologi digital mulai berkembang pesat, dunia perbankan juga mau tidak mau harus beradaptasi. Persaingan promosi produk digital dari perbankan Indonesia terasa semakin ketat. Karena asaat ini, kemudahan dan fleksibilitas sudah harus menjadi syarat utama.

Maka dari itu perbankan konvensional bukan hanya menciptakan bank digital yang pasti memberikan kemudahan dan fleksibilitas dari segi teknologi saja tapi juga menyuguhkan kelebihan lain yang bisa menarik lebih banyak nasabah.

Sebagai informasi saja, kita tidak diberikan buku tabungan jika membuka rekening Bank Digital. Untuk menggantikan fungsinya, biasanya ada fitur rekening koran yang bisa di akses nasabah lewat aplikasi mobilenya.

Nah umumnya hal ini yang menjadi daya tarik Bank Digital di banding tabungan konvensional yakni :

  • Kita bisa membuka rekening tabungan digital secara online, mudah dan cepat
  • Tidak ada biaya admin tiap bulannya (sesuai ketentuan masing-masing bank)
  • Bahkan ada juga yang menggratiskan transfer gratis antarbank (sesuai ketentuan bank)
  • Bunga rata-rata lebih tinggi di banding tabungan biasa

Saat ini di Indonesia sudah banyak bank konvensional yang membuat Digital Banking. Diantaranya seperti Jenius dari BTPN, Digibank dari DBS, TMRW dari UOB, D-Save dari Danamon dan juga Permata ME dari Permata Bank. Apakah Anda berniat membuka rekening digital dari salah satu Bank digital tersebut?

Jika iya, inilah saat yang tepat untuk berkenalan dan melihat kelebihan dari masing-masing Bank digital sebelum Anda memilih salah satunya. Mari kita ulas, kira-kira mana Bank digital terbaik?

*Catatan, penomoran bukan merupakan preferensi, karena kebetulan saya pribadi menggunakan Jenius BTPN dan D-Save Danamon.

1. Bank digital terbaik dari Jenius dari BTPN

Bank digital di Indonesia terbaik dari Jenius dari BTPN
Jenius

Siapa yang tidak tahu Jenius? Bank digital milik BTPN ini termasuk Bank digital yang muncul pada masa awal-awal yakni di tahun 2016 yang lalu. Jadi perilisannya saat itu bisa di bilang sebagai terobosan teknologi perbankan Indonesia.

Di google playstore saja pengguna android yang menggunduh aplikais Jenius sudah mencapai 5 juta.

Aplikasi Jenius memang menjadi suatu gebrakan di dunia perbankan karena fitur-fiturnya. Selain bisa membuka rekening tanpa mengantri di bank (online), Jenius juga punya fitur pemisahan 3 jenis tabungan dalam 1 rekening seperti Flexi Saver (Tabungan biasa yang bisa di gunakan untuk transaksi sehari-hari), Dream Saver (Seperti deposito yang di dalamnya kita bisa membuat target untuk tujuan-tujuan keuangan), dan Maxi Saver(Deposito berjangka).

Jenius juga memberikan 3 jenis kartu debit sekaligus kepada nasabahnya. Diantaranya ada :

  • m-Card Jenius, yang berfungsi untuk melakukan tarik tunai di ATM Bersama/PRIMA /mancanegara serta bertransaksi online/offline di seluruh merchant Visa (kartu ini akan di kirim ke alama Anda jika rekening Jenius sudah aktif)
  • e-Card, yakni kartu non fisik yang ada id aplikasi Jenius Anda ketika rekening sudah aktif. Sehingga Anda bisa bertransaksi online tanpa kartu kredit di seluruh merchant Visa.
  • x-Card, yaitu kartu fisik mirip seperti dompet digital dalam bentuk kartu. Dengan kartu ini Anda bisa mengatur pengeluaran dari berbagai kebutuhan seperti belanja bulanan atau transportasi.

Selain itu, aplikasi Jenius juga membuat gebrakan lain yang sata itu belum ada di dunia perbankan dengan fitur $Cashtag-nya. Fitur ini adalah pengganti nomor rekening pengguna Jenius yang berbentuk username.

Sehingga jika Anda ingin melakukan transfer ke sesama pengguna Jenius tidak perlu repot mengetik nomor rekening, tapi bisa hanya dengan memasukan usernamenya saja ke dafatar penerima di aplikasi Jenius.

Jenius juga kini sudah punya Jenius Business Account yang bisa membantu Anda membisahkan keuangan bisnis dan juga keuangan pribadi. Jika Anda sudah punya akun Jenius maka tidak perlu registrasi ulang.

Apakah menggunakan Jenius free biaya admin bulanan?

Pada awal perilirisannya, Jenius tidak memberlakukan biaya admin bulanan. Hal ini tentunya jadi daya tarik btersendiri bagi nasabah dari kalangan milenial, mahasiswa atau baru bekerja yang di Indonesia jumlahnya tidak sedikit.

Nah, kabarnya per bulan Januari 2021 ini, Jenius akan memberlakukan biaya admin bulanan yang di sebut sebagai “Feesible” atau biaya berlangganan (subscription fee) sebesar Rp10.000/bulan.

Kelebihan Jenius Berdasarkan Data Update (* Bank digital terbaik yang saya pribadi gunakan )

  • Tampilan UI/UX bagus
  • Bisa daftar online (via videocall)
  • Tidak ada minimal setoran awal
  • Tidak ada saldo mengendap
  • Bunga deposito yang cukup tinggi hingga 4% p.a
  • Bunga deposito berjangka 5% p.a
  • Punya fitur jenis tabungan yang flexible dalam satu rekening
  • Punya fitur $Cashtag yang praktis
  • Sudah ada fitur Business Account tanpa registrasi ulang
  • Mendapatkan kuota gratis transfer sebanyak 15x jika saldo rata-rata bulan sebelumnya sebesar  Rp1.000.000-Rp10.000.000 (kuota akan di reset setiap bulannya berdasarkan jumlah saldo rata-rata bulanan)
  • Bisa digunakan untuk registasi PayPal

Kelemahan Jenius

  • Sekarang sudah ada biaya admin Rp. 10.000/bulan
  • Aplikasi terkadang lemot saat jam-jam puncak (siang)

Bagaimana menurut Anda, apakah Jenius se-jenius namanya?, jika anda ingin mencoba membuka Jenius, bisa membaca Cara Daftar Jenius Secara Mudah (Disertai Gambar).

2. Digibank dari DBS

bank digital terbaik dari Digibank dari DBS
DBS

Dalam jagad Digital Banking di Indonesia, ada juga Digibank dari Bank DBS yang masih bisa di bilang sama-sama merupakan generasi awal Bank digital seperti Jenius. Namun sayangnya, pendaftaran akun Digibank harus menggunakan metode verifikasi biometrik. Sehingga tidak 100% online seperti Jenius yang sudah bisa verifikasi via videocall.

Kita perlu bertemu dengan agen dari Digibank di suatu tempat. Inilah yang sering menjadi penghalang calon nasabah yang ingin mendaftar. Karena terkadang area tempat tinggal kita tidak terjangkau oleh agen Digibank.

Namun Digibank juga punya berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah pembukaan Deposito Instant secara online hanya dalam beberapa detik saja dengan minimum Rp. 1.000.000 dengan bunga yang cukup tinggi yakni dari 4-4,5% p.a. Fitur ini benar-benar pas untuk para milenial yang penghasilannya belum begitu besar tapi ingin mulai berinvestasi.

Digibank juga memiliki fitur bayar & beli yang memudahkan Anda mengisi ulang e-wallet ataupun melakukan pembayaran kebutuhan bulanan seperti PDAM, PLN, Internet dll.

Ada juga fitur spending tracker, sehingga Anda lebih mudah mengatur dan mengontrol pengeluaran Anda tiap bulannya. Jadi bagi And ayang kesulitan mengatur keuangan bisa memanfataa fitur dari Digibank yang satu ini.

Apakah Digibank memberikan fasilitas free admin fee?

Ya, sebagai nasabah Digibank kita akan bebas dari biaya admin bulanan. Selain itu, tidak setoran awal minimum ataupun saldo mengendap. Inilah yang menjadi daya tarik para nasabah milenial yang masih kuliah atau baru saja mendapatkan penghasilan dan ingin mulai belajar menabung.

Kita juga bisa melakukan gratis transfer antar bank selama saldo rata-rata bulan sebelumnya minimal Rp. 1000.000. Fitur gratis lainnya yang bisa kita dapatkan adalah kita bisa tarik tunai di atm apa saja selama saldo rata-rata bulanan kita minimal Rp. 1000.000.

Kelebihan Digibank

  • Bebas biaya admin bulanan
  • Tidak ada setoran awal minum dan saldo mengendap
  • Bisa buka deposito online dengan cepat
  • Bunga deposito tinggi 4-5% p.a
  • Gratis transfer antar bank (jika jumlah rata-rata saldo bulan sebelumnya Rp. 1000.000)
  • Gratis tarik tunai di ATM apa saja (jika jumlah rata-rata saldo bulan sebelumnya Rp. 1000.000)
  • Ada fitur live chat (cs bot) di aplikasi

Kekurangan Digibank

  • Pendaftaran tidak 100% online, harus verifikasi biometrik bertemu dengan agen

3. TMRW dari UOB

bank digital terbaik
UOB

Sudah sering melihat iklan dari aplikasi TMRW di youtube?

Bank digital milik UOB ini memang termasuk baru di luncurkan, bahkan yang paling muda dari Bank-bank digital yang di bahas kali ini. TMRW di rilis pada Januari 2020 yang lalu. HIngga saat ini TMRW sudah di download oleh lebih 100 ribu pengguna android. Apa yang menarik dari TMRW?

Selain punya fitur chat in app yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan agen bank TMRW, ada juga fitur rekening fleksibel yang mirip dengan Jenius. Namun namanya di TMRW adalah fitur City of Tomorrow.

Cara kerjanya seperti game membangun kota. Kita akan di ajak untuk menyelesaikan misi-misi menabung dengan bunga hingga 4% p.a.

Selain itu untuk Anda yang sering lupa melakukan pencatatan saat mengeluarkan uang ada fitur Smart Insight yang bisa membantu Anda.

Fitur ini bisa melacak pengeluaran dan akan memberikan saran berdasarkan pola transaksi yang Anda lakukan. Anda akan di berikan alert dan reminder. Nah, hal ini memungkinkan Anda untuk mengatur keuangan lebih baik lagi untuk kedepannya.

Saat ini TMRW juga sedang mengadakan gratis saldo Gopay sebesar Rp. 100.000 untuk nasabah yang baru mendaftar. Tentunya syarat dan ketentuan berlaku, Anda bisa membaca syaratnya di situs resmi TMRW.

Baca review kami ; 20 Pinjaman Online Tanpa Jaminan Berizin OJK

Promo ini bisa Anda dapatkan mulai dari 29 Juli 2020 hingga 31 Januari 2021. Jadi jika Anda berniat registrasi akun TMRW dalam jangka waktu dekat, masih ada waktu untuk memanfaatkan momen promo ini.

Kelebihan TMRW

  • Konsep Digital bankingnya unik
  • Punya fitur tabungan fleksibel
  • Punya fitur SmartInsight yang bisa membantu mengatur keuangan
  • Free biaya admin bulanan
  • Gratis transfer antar bank
  • Tidak ada setoran awal minimum atapun saldo mengendap

Kekurangan TMRW

  • Pembukaan rekening tidak 100%, perlu aktivasi ke kantor cabang UOB terdekat

4. D-Save dari Danamon

D-Save dari Danamon
D-SAVE

Selanjutnya ada D-Save dari Bank Danamon. D-Save memang bukan seutuhnya bank digital namun lebih bisa di disebut sebagai bagian dari produk digital dari bank Danamon. Walaupun begitu D-Save juga punya fitur–fitur menarik layaknya bank digital.

Untuk membuka rekening D-Save Anda tidak perlu menyiapkan setoran awal minimum. Tidak ada juga biaya admin bulanan. Nah, jika Anda ingin membuka rekening D-Save bisa secara online lewat aplikasi D-Bank.

Kelebihan D-Save

  • Pendaftaran bisa online via videocall
  • Tidak ada setoran minimum
  • Free admin bulanan
  • Gratis transfer antar bank

Kekurangan D-Save

  • Desain UI/UX nya masih kurang
  • Fiturnya masih minim

5. PermataME dari Permata Bank

PermataME dari Permata Bank
Permata

Terakhir, Bank digital yang kita ulas kali ini adalah PermataME. Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa Bank digital ini adalah milik Permata Bank. Jika Anda berminat, Anda bisa membuka rekening PermataME secara online tanpa repot ke bank.

Dulu, Permata ME membebankan biaya kode OTP yang di kirimkan lewat SMS kepada nasabah setiap kali transaksi. Namun sekarang aplikasinya sudah mendukung sistem keamanan PIN. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan PermataME dari Permata Bank!

Kelebihan PermataME

  • Bisa membuka rekening secara online
  • Tidak ada minimum setoran awal
  • Tidak ada saldo mengendap
  • Free biaya admin untuk tarik tunai di ATM berlogo ALTO, ATM Bersama, PRIMA, VISA atau Plus Networks (Selama saldo rata-rata di atas Rp. 1.000.000)
  • Free biaya admin transfer antar bank (Selama saldo rata-rata di atas Rp. 1.000.000)

Kekurangan PermataME

  • Ada biaya OTP yang di bebankan kepada nasabah saat pendaftaran

Penutup

Nah itulah review 5 bank digital yang ada di Indonesia. Semuanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun jika melihat fitur gratis biaya adminnya, Digibank, D-Save atau PermataME mungkin bisa menjadi alternatif pilihan. Tapi jika Anda lebih prefer pada bank digital yangpunya fitur-fitur menarik bisa menggunakan Jenius.

Bagikan ;

2 pemikiran pada “5 Bank Digital Terbaik di Indonesia, Review Mana yang Terbaik?”

  1. Nyala by ocbc nisp blm masuk list gan

  2. Oke.. terimakaish masukannya…

Tinggalkan komentar