3 Bank Penyedia KPR, Siapkan Dokumen Persyaratan Berikut Ini

Mungkin Anda sudah mengetahuinya bahwa ada beberapa bank yang menyediakan KPR di Indonesia. Sehingga kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk membeli rumah dengan pembayaran yang lebih mudah.

Rumah memang merupakan kebutuhan setiap keluarga. Fungsi rumah tidak lagi hanya sebatas menjadi tempat berlindung dari hujan dan panas. Namun upaya membangun keluarga dan mendidik anak dilakukan di rumah.

Iklan

Oleh karena itu setiap keluarga memimpikan rumah ideal untuk mereka. Namun masalahnya harga rumah khususnya di kota-kota besar cenderung mahal. Apalagi harga rumah cenderung naik setiap tahun.

Sehingga jika menunggu memiliki uang cash untuk membeli rumah pasti adalah hal sulit. Oleh karena itu banyak keluarga yang memutuskan untuk mengambil kredit kepemilikan rumah (KPR).

Keuntungan Membeli Rumah dengan Cara KPR

Bank yang Menyediakan KPR/Unsplas

Keberadaan bank yang menyediakan KPR membuat Anda bisa memiliki rumah tanpa perlu menunggu waktu lama. Namun selain itu, masih ada beberapa keuntungan lain yang Anda dapatkan dari KPR.

Yuk baca, Tips Mengatasi Kredit Rumah Macet Dan Cara Menghindarinya

  • Rumah Mendapatkan Perlindungan Asuransi

Rumah merupakan aset berharga yang harus dilindungi. Sebab ada banyak potensi musibah yang mengintai keselamatan rumah Anda. Salah satunya adalah kebakaran yang bisa melenyapkan rumah.

Namun dengan membeli rumah secara kpr, maka rumah Anda sudah sekaligus mendapatkan asuransi kebakaran. Meski tidak ada yang menginginkan terjadinya kebakaran, namun adanya perlindungan asuransi akan membuat Anda lebih tenang.

  • Jaminan Legalitas Rumah

Salah satu persoalan yang cukup sering dialami para pembeli rumah adalah legalitas rumah yang hendak dibeli. Terkadang beberapa penjual berlaku tidak jujur sehingga menimbulkan masalah ketika rumah telah dibeli.

Hal ini tidak akan terjadi bila Anda membeli rumah melalui KPR. Karena bank yang menyediakan KPR pasti sudah melakukan pengecekan terhadap semua berkas dari rumah yang hendak Anda beli.

Pengecekan tersebut dilakukan oleh Bidan Pertanahan Nasional (BPN) sehingga Anda tidak perlu meragukan keabsahannya. Sehingga potensi munculnya masalah di kemudian hari terhadap rumah tersebut sangat kecil.

  • Memudahkan Mengatur Keuangan

Pengeluaran sebuah keluarga tentu saja bukan hanya untuk membeli rumah. Kebutuhan sehari-hari, biaya perawatan anak, dana pendidikan anak dan lain sebagainya juga harus menjadi perhitungan.

Dengan mengambil KPR, maka Anda bisa lebih leluasa dalam mengatur keuangan. Karena Anda bisa menentukan sendiri besar cicilan setiap bulan dan tenor kredit hingga lunas.

Bank Mandiri, Menyediakan KPR Hingga ke Pelosok Daerah

Menyediakan KPR Hingga ke Pelosok Daerah/Bank Mandiri

Tidak perlu khawatir jika Anda tinggal di daerah yang masih kesulitan menemukan bank. Karena Mandiri diketahui sebagai salah satu bank dengan jaringan paling luas di Indonesia yang mencapai ke pelosok.

Oleh karena itu untuk Anda yang tinggal di daerah juga bisa merasakan manfaat dari KPR. Berikut adalah beberapa fitur dari produk KPR yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri.

Baca yuk, Cara Menabung untuk Membeli Rumah Bagi Karyawan yang Baru Bekerja

  • Mandiri Take Over

KPR Mandiri menyediakan fitur take over, yaitu pengambilalihan kredit dari KPR lembaga keuangan lain. Sehingga jika Anda ingin melakukan take over kredit dari bank seperti BCA bisa dilakukan di Mandiri.

Maksimum limit untuk pembiayaan take over tersebut adalah sebesar sisa pinjaman terakhir di bank asal. Namun bisa juga akan ada limit baru menyesuaikan dengan perhitungan dari bank.

  • Mandiri Flexible

KPR Mandiri memiliki fitur pembayaran yang fleksibel. Artinya bahwa Anda bisa menentukan sendiri jangka waktu serta jumlah kreditnya. Sehingga sangat memudahkan Anda dalam mengatur pembayaran.

  • Mandiri KPR Angsuran Berjenjang

Mandiri adalah bank yang menyediakan KPR bersahabat khususnya bagi para karyawan. Karena ada beragam keringanan yang bisa diberikan oleh Bank Mandiri dalam melakukan pembayaran KPR.

Salah satunya adalah adanya keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok hingga tahun ketiga. Sehingga dalam tiga tahun pertama, Anda bisa sedikit lebih bernapas lega dari pembayaran KPR.

  • Mandiri KPR Top Up

Jika Anda merasa bahwa limit kredit yang ada untuk melakukan kredit terlalu kecil, Anda bisa menambahnya. Hal ini berlaku untuk KPR dengan minimal jangka waktu berjalan selama satu tahun.

Selain itu, pastikan bahwa dalam enam bulan terakhir Anda lancar dalam membayar angsuran. Karena fitur ini tidak bisa dimanfaatkan jika Anda memiliki rekam jejak tidak baik saat melakukan pembayaran angsuran.

BCA, Bank yang Menawarkan KPR dengan Bunga Menggiurkan

Bank yang Menawarkan KPR dengan Bunga Menggiurkan/Bank BCA

Jika Anda mencari bank dengan bunga KPR yang menggiurkan, maka BCA adalah jawabannya. Karena BCA memiliki produk KPR yang menawarkan berbagai skema pembayaran bunga yang menguntungkan.

  • Fix 1-2 Tahun, Pelunasan Tanpa Penalti

Skema bunga yang ditawarkan oleh BCA pertama adalah fix dalam 1 – 2 tahun. Sehingga dalam jangka waktu 1 – 2 tahun pertama, bunga yang harus Anda bayarkan tidak akan mengalami kenaikan.

Iklan

Selain itu, jika dalam masa angsuran Anda ingin melunasi KPR, maka Anda tidak akan dikenakan penalti. Berbeda dengan KPR kebanyakan yang akan memberikan penalti bila KPR dilunasi sebelum waktu seharusnya.

  • Fix 3 atau 5 Tahun

Jika Anda merasa kepastian bunga pada 1 – 2 tahun tidak cukup, maka Anda bisa memilih skema bunga lainnya. Karena BCA adalah bank yang menawarkan KPR paling mengerti mengenai masyarakat Indonesia.

Anda bisa memilih mendapatkan skema bunga tetap pada 3 – 5 tahun pertama pembayaran. Bunga KPR BCA juga akan tetap stabil sehingga tidak memberatkan pembayaran Anda tiap bulannya.

  • Fix dan Cap

BCA juga memiliki skema bunga fix & cap. Dalam skema ini, bunga yang dibebankan kepada Anda adalah kombinasi dari bunga tetap dan maksimal. Sehingga bisa lebih meringankan proses pembayaran angsuran Anda.

Meski BCA memiliki KPR dengan skema pembayaran bunga yang menggiurkan, namun ada beberapa kekurangan dari produknya. Salah satunya adalah BCA tidak menerima take over kredit dari bank lain.

Bank BTN, Menyediakan KPR Favorit Kebanyakan Masyarakat Indonesia

Menyediakan KPR Favorit Kebanyakan Masyarakat Indonesia/Bank BTN

Selain kedua bank sebelumnya, BTN merupakan salah satu bank yang menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk mengambil KPR. Hal ini karena BTN terkenal memiliki program KPR subsidi yang sangat terjangkau.

Selain itu, BTN juga sering membiayai pembangunan perumahan untuk dijadikan rumah KPR. Sehingga ada banyak perumahan yang sering disebut sebagai perumahan BTN karena hal ini.

  • BTN Subsidi

Jika Anda sedang mencari KPR subsidi, maka Anda bisa mengajukan KPR kepada bank BTN. Karena BTN merupakan bank yang menyediakan KPR penyalur program dari Kementerian PUPR.

Jika Anda memenuhi persyaratan untuk mengajukan KPR subsidi, maka akan sangat menguntungkan. Karena DP, bunga KPR subsidi sangat ringan serta jangka waktu panjang ditambah dengan beberapa keuntungan lainnya.

  • Bantuan Perumahan PNS

Jika Anda adalah seorang PNS, maka BTN memiliki fasilitas khusus untuk Anda. Seperti bantuan dari Bapertarum PNS dengan adanya pilihan Tambahan Uang Muka Perumahan (TBUM).

  • MLT BPJS Ketenagakerjaan

Untuk Anda yang merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan, BTN juga memiliki beberapa program menguntungkan untuk Anda. Seperti mudahnya pengajuan, jangka waktu panjang hingga 15 tahun serta suku bunga rendah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, ada beberapa ketentuan yang harus Anda penuhi. Yaitu minimal harus terdaftar sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan selama 1 tahun dan tertib administrasi dan iuran.

Selain itu, Anda juga harus mendapatkan rekomendasi dari BPJS ketenagakerjaan. Terdapat juga beberapa syarat dan ketentuan lain yang harus Anda penuhi untuk bisa mendapatkan subsidi.

Persyaratan Dokumen Untuk Mengajukan KPR

Sebelum Anda menghubungi bank yang menyediakan KPR, ada beberapa persyaratan dokumen pendukung untuk disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa dokumen sebagai persyaratan untuk mengajukan KPR.

  1. Fotokopi Kartu Identitas. Anda bisa menggunakan KTP untuk WNI dan Paspor, KITAS atau KITAP untuk WNA.
  2. Bagi Anda yang merupakan seorang karyawan, harus menyertakan slip gaji bulan terakhir atau surat keterangan gaji.
  3. Fotokopi rekening koran.
  4. Bagi Anda yang merupakan seorang profesional, harus menyertakan surat izin praktek.
  5. Sementara untuk pemilik usaha harus menyertakan fotokopi akta perusahaan atau SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
  6. Nomor Pokok Wajib Pajak
  7. Fotokopi tagihan bulanan kartu kredit bulan terakhir
  8. Fotokopi kartu kredit

Pastikan semua dokumen tersebut sudah Anda siapkan terlebih dahulu sebelum mengajukan KPR. Karena tanpa adanya dokumen-dokumen di tas, pengajuan KPR Anda tidak akan disetujui oleh bank.

Tips agar Pengajuan KPR Mudah Diterima oleh Bank

Tips agar Pengajuan KPR Mudah Diterima oleh Bank

Ada beberapa ketentuan lain untuk diperhatikan selain menyiapkan persyaratan dokumen sebelum mendatangi bank yang menyediakan KPR. Berikut adalah tips agar pengajuan KPR Anda mudah disetujui bank.

  • Jangan Pernah Menunggak Membayar Kredit

Jika Anda sebelumnya memiliki kredit, pastikan Anda selalu membayar angsuran setiap bulannya dengan baik. Karena bank tidak akan memberikan KPR jika Anda memiliki riwayat kredit tidak lancar, diragukan apalagi macet.

Hal ini termasuk untuk tagihan kartu kredit yang harus dibayarkan setiap bulannya. Akan lebih baik bila Anda selalu melunasi setiap tagihan kartu kredit per bulan karena menunjukkan kesanggupan Anda membayar.

  • Perhatikan Perbandingan Cicilan Per Bulan Dengan Gaji

Idealnya, bank akan menilai kemampuan Anda dalam membayarkan cicilan KPR setiap bulannya. Oleh karena itu bila cicilan rumah terlalu besar, maka bank bisa saja menolak pengajuan KPR Anda.

Sehingga Anda harus benar-benar memperhitungkan kemampuan finansial Anda sebelum mengunjungi bank yang menyediakan KPR. Setidaknya, anggaran untuk membayar KPR per bulan tidak lebih dari 30% gaji.

Dengan begitu bank akan lebih mudah menyetujui pengajuan KPR Anda. Anda juga tidak akan dibebani oleh pengeluaran untuk membayar cicilan yang terlalu besar di setiap bulannya.

  • Pahami Bahwa akan Ada Biaya Tambahan

Ketika Anda membeli rumah secara KPR, maka akan ada beberapa biaya tambahan yang masuk ke dalamnya. Hal ini harus Anda pahami agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan bank.

Beberapa biaya tambahan tersebut seperti biaya administrasi, biaya appraisal dan lain sebagainya. Sehingga bila dihitung-hitung, membeli rumah secara KPR memang akan lebih mahal dibanding secara kas.

Iklan

Namun karena biaya ini bisa diangsur dalam waktu beberapa tahun, akan meringankan beban Anda. Karena selama mengangsur tersebut, rumah sudah bisa ditempati tanpa harus menunggu dana besar.

Memiliki rumah adalah impian setiap keluarga. Namun masalah yang dihadapi banyak orang adalah harga rumah terlampau tinggi untuk dibeli. Oleh karena itu beberapa orang memilih menggunakan KPR.

Dengan KPR, Anda bisa memiliki rumah tanpa harus menunggu memiliki uang hingga ratusan juta. Selain itu, juga ada beberapa keuntungan lain yang didapatkan dari KPR.

Baca juga, KPR Syariah Terbaik BRI Syariah, BNI dan BCA Syariah

Namun sebelum memutuskan mengajukan KPR, pastikan seluruh persyaratan dan dokumen sudah Anda siapkan. Selanjutnya pilih bank yang menyediakan KPR dengan penawaran paling menarik untuk Anda.

Anggraini Munanda Effani: Hai, saya Anggraini Munanda Effani penulis di Folder Bisnis

This website uses cookies.