Belajar Bisnis dari Kylie Jenner, Miliarder Termuda di Dunia

Sukses di usia muda tampaknya sudah menjadi mimpi banyak orang. Hidup bergelimang harta dan memperoleh penghasilan fantastis, ah rasa-rasanya semua orang tentu ingin memperoleh hal tersebut. Namun jika mungkin masih ada yang sekadar mimpi, Kylie Jenner justru mampu mewujudkannya. Si bungsu dari klan Kardashian ini baru saja digelari status miliarder termuda sepanjang sejarah.

Baca juga: Inspiratif! 6 Perempuan Indonesia ini Jadi Miliarder Berkat Bisnis Kecantikan

Tak main-main, pada pertengahan 2019 ini Forbes menyebutkan kalau kekayaan bersih Kylie mencapai USD 1 miliar (sekitar Rp 14,4 triliun)! Yang lebih mengejutkan, pundi-pundi tersebut diperoleh Kylie ketika dirinya menginjak usia 21 tahun. Fakta ini akhirnya membuat Kylie resmi menggeser pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Di mana Zuckerberg berhasil menjadi miliarder ketika dirinya berumur 23 tahun.

Tentu saja status yang diberikan Forbes kepada Kylie itu cukup menuai kontroversi. Karena Forbes menyebutkan jika kekayaan tersebut diperoleh Kylie berkat jerih payahnya sendiri. Namun lepas dari hal itu, tetap saja sosok Kylie sangatlah menginspirasi terutama generasi milenial dan generasi Z. Seperti apa kisah kesuksesan seorang Kylie Jenner? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Bergelimang Harta dari Kecil, Kylie Tidak Dimanjakan

Perempuan klan Kardashian
Perempuan klan Kardashian

Bagi penggemar dunia entertainment Hollywood, tentu nama Kardashian tidaklah asing. Ya, keluarga ini memperoleh popularitas global berkat reality show Keeping Up With the Kardashians. Putri bungsu Kris dan Bruce Jenner, mantan peraih medali emas Olimpiade, inipun dikenal publik dan menjadi selebritas Hollywood sejak muda seperti orangtua dan saudara-saudarinya.

Kylie sendiri memiliki empat kakak tiri yakni Kourtney, Kim, Khloé dan Rob Kardashian. Sementara dia juga memiliki seorang kakak kandung yang dikenal sebagai supermodal global, Kendall Jenner. Melihat latar belakang orangtua dan saudara-saudaranya, tak bisa ditampik kalau Kylie memang hidup bergelimang harta dan diberkahi popularitas sejak muda.

Kylie Jenner saat masih muda bersama Kris - Bruce Jenner
Kylie Jenner saat masih muda bersama Kris – Bruce Jenner

Meskipun punya kondisi finansial yang terjamin, Kylie rupanya tidak hidup berfoya-foya. Bahkan dalam sebuah wawancaranya dengan Paper, Kylie meluruskan kalau dirinya sudah tidak diberi uang oleh orangtuanya sejak berusia 15 tahun. “Orangtuaku bilang kalau aku harus bisa menghasilkan uang sendiri. Di situlah aku mulai belajar menabung dan menghabiskan uangku. Aku memiliki rencana, tapi saat itu tak ada uang yang diwariskan dari orangtua.”

Apa yang diungkapkan Kylie ini seolah menampar balik cibiran haters yang menyebut jika kekayaan Kylie karena warisan orangtua. Perempuan kelahiran 10 Agustus 1997 ini seolah membenarkan status self-made billionaire yang disematkan padanya. Karena memang terbukti jika pundi-pundi kekayaan Kylie memang benar diperoleh berkat usahanya sendiri.

Baca juga: Ingin Jadi Pengusaha Wanita Sukses? Ini 5 Tantangan yang Harus Dihadapi!

Bisnis Kecantikan Jadi Sumber Uang Kylie

Kylie pertama kali muncul dalam program Keeping Up With the Kardashians saat dirinya masih berusia 10 tahun. Seringnya tampil di TV membuat publik mengenal Kylie dan akhirnya tawaran endorsement pun mengalir padanya. Menyadari kalau popularitasnya bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, Kylie pun memilih berbisnis yang paling dekat dengan dirinya, bisnis kecantikan.

Produk lipkit Kylie Cosmetics
Produk lipkit Kylie Cosmetics

Tepat pada November 2015, Kylie meluncurkan lini kosmetiknya bernama Kylie Cosmetics. Kala itu produk dari perusahaan Kylie ini masihlah satu lip kit. Bukan tanpa alasan kenapa perempuan yang pernah menjalin hubungan dengan rapper Tyga ini merilis varian lip kit. Masyarakat khususnya pengguna internet memang memuja bagian bibir Kylie yang begitu penuh dan seksi tersebut.

Banyak yang penasaran dengan penampilan cantik Kylie yang begitu sempurna. Hal ini rupanya dimanfaatkan betul oleh Kylie. Ibu dari Stormi Webster inipun memahami kalau mayoritas pengikutnya adalah perempuan-perempuan muda di usia 18-24 tahun yang memang begitu peduli pada urusan kecantikan. Tak butuh waktu lama, produk-produk kecantikan Kylie Cosmetics pun laris manis di pasaran.

Produk lipkit Kylie Cosmetics

Kylie pun mulai merilis produk lip liner dan matte lip cream yang langsung ludes terjual dalam hitungan menit. Bahkan pada tahun 2016, Kylie Cosmetics mencatatkan penjualan hingga USD 19 juta (Rp 271 miliaran) dalam satu hari! Tahun pun terus berganti, Kylie Cosmetics merilis berbagai varian produk lain seperti lip gloss, highlighters, dan eye-shadow yang mampu mendatangkan omzet USD 630 juta (sekitar Rp 8,9 triliun).

Sukses Kylie Cosmetics, perempuan yang sejak 2017 menjalin hubungan dengan Travis Scott itu pun melebarkan bisnisnya ke dunia fashion. Bersama Kendall, Kylie menjalin kerjasama dengan PacSun dan TopShop meluncurkan brand Kendall & Kylie. Bahkan sebelum itu, Kylie yang dinobatkan sebagai salah satu remaja paling berpengaruh versi TIME ini, mengenalkan aplikasi berbayar mengenai gaya hidup pada tahun 2015 bernama Kylie.

Gerai resmi Kylie Cosmetics
Gerai resmi Kylie Cosmetics

Tak berhenti di situ, Kylie pun berolaborasi dengan kakak tirinya, Kim, yang memiliki KKW Beauty. Hasil kolaborasi kedua sosialita papan atas Hollywood ini adalah produk parfum KKW Fragrance yang resmi dikenalkan pada Agustus 2019 ini. Tidak hanya mampu menghasilkan uang jauh lebih besar daripada perempuan seusianya, Kylie juga memiliki kepedulian tinggi terhadap sesama. Lewat kampanye #IAmMoreThan, Kylie mengajak siapapun untuk melawan aksi perundungan (bullying).

Inilah Rahasia Sukses Kylie Jenner

1. Sering Berbagi Informasi

Lahir dari keluarga terkenal dan kaya tentu sering membuat anak muda menjadi sombong. Namun hal itu tidaklah diperlihatkan oleh Kylie. Perempuan cantik ini rupanya memiliki pemikiran yang begitu terbuka dan inspiratif. Melalui Instagram, Kylie membiarkan penggemarnya mengetahui kesehariannya secara langsung.

Gaya hidup Kylie Jenner - 1

Tak hanya memperlihatkan kehidupannya, Kylie juga sering berbagi informasi termasuk produk-produk yang sedang dia kenakan. Kylie tidak segan berbagi rahasia mengenai hal-hal yang dia sukai dan dia kuasai terutama di bidang kecantikan dan fashion. Kepribadiannya yang menarik ini rupanya mampu menciptakan self-branding sempurna untuk Kylie sehingga membuat orang tertarik atas bisnisnya.

2. Memiliki Ciri Khas

Dibandingkan selebritis muda seusianya, Kylie memiliki daya tarik fashion yang sangat tinggi. Kenapa begitu? Semua tak lepas dari gaya penampilannya yang tidak biasa, begitu unik dan berbeda. Dengan identitas diri yang begitu kuat, Kylie membawanya ke bisnis kecantikannya sehingga begitu diminati. Bahkan Kylie Cosmetics selalu merilis produk dengan jumlah terbatas sehingga membuat konsumen merasa eksklusif.

3. Melakukan Aksi dengan Memanfaatkan Kesempatan

Gaya hidup Kylie Jenner - 2

Jika ingin bisnis Anda sukses, tentu harus segera mengambil tindakan nyata. Hal itulah yang dilakukan oleh Kylie. Memanfaatkan ratusan juta pengikutnya di Instagram, Kylie Cosmetics melakukan trik pemasaran dengan tepat. Melalui media sosial, influencer dan vloggers, produk-produk kecantikan Kylie mampu dikenal masyarakat global dengan sangat cepat. Untuk itulah bagi Anda yang ingin berbisnis, segera mungkin lakukan tindakan nyata dan manfaatkan peluang di sekitar.

4. Efektif dengan SDM Perusahaan

Perusahaan yang sukses tentu memiliki orang-orang hebat di belakangnya. Cukup mengejutkan jika omzet miliaran rupiah yang didatangkan dari Kylie Cosmetics rupanya dihasilkan oleh segelintir orang. Forbes pernah menyebutkan kalau perusahaan kecantikan milik Kylie itu hanya memiliki belasan orang pekerja tetap.

Gaya hidup Kylie Jenner - 3

Namun dengan mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan sangat efektif, Kylie mampu meraih omzet berkali-kali lipat. Hal ini jelas bisa jadi inspirasi untuk Anda bahwa dalam memulai bisnis, tidak usah langsung besar. Bisnis yang awalnya kecil pun mampu memberikan hasil maksimal asalkan dikelola sebaik mungkin.

Baca juga: Renungan Ramadan, Inilah 6 Pengusaha Muslim Sukses Asal Indonesia yang Layak Diteladani

Dengan langkah-langkah di atas, Kylie mampu membuktikan kalau dirinya adalah anggota klan Kardashian yang paling sukses. Kini Kylie menjadi cerminan perempuan modern yang memiliki ciri khas dan begitu inspiratif. Bagi Kylie, kegagalan bukanlah hal yang bisa membuatnya terjatuh tapi justru kembali membangkitkannya lagi. Tak heran kalau Kylie terpilih sebagai simbol keberanian dan inspirasi generasi muda masa kini.

Loading...