7 Bidang Manajemen Bisnis yang Harus Anda Ketahui

7 Bidang manajemen bisnis yang harus Anda ketahui. Dalam dunia bisnis selalu berkaitan dengan ilmu manajemen, dapat dikatakan dunia bisnis tidak dapat dipisahkan dari ilmu manajemen. Namun, tahukah Anda, apa yang dimaksud dengan ilmu manajemen?

Bagi Anda yang memiliki latar belakang pendidikan manajemen mungkin tidak asing lagi dengan ilmu manajemen tetapi bagi Anda yang tidak memilikinya akan mengalami sedikit kesulitan bagaimana memahami ilmu manajemen.

Ilmu manajemen jika diartikan secara etimologis merupakan ilmu yang mengatur dan melaksanakan segala sesuatu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Ilmu manajemen ini biasa dikenal dengan kata manajemen saja.

Manajemen selalu berkaitan dengan dunia bisnis sehingga banyak usahawan dalam menjalankan bisnisnya berpegang teguh kepada ilmu manajemen ini. Apa saja fungsi dan bidang-bidang manajemen? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Baca juga : 7 Tips menjaga loyalitas pelanggan bisnis Anda

Apa itu Manajemen?

manajemen bisnis

Manajemen adalah suatu ilmu atau seni mengatur. Banyak para ahli mendefinisikan manajemen. Adapun pengertian manajemen menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut.

1. Manajemen Menurut Koontz dan Cyril O’donnel

Pengertian manajemen menurut Koontz dan Cyril O’donnel merupakan usaha yang dilakukan dengan cara melakukan koordinasi dengan orang lain untuk melakukan kegiatan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan

2. Manajemen Menurut Hilman

Hilman mengartikan manajemen sebagai fungsi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama melalui perantara kegiatan orang lain seta mengawasi usaha-usaha  yang dilakukan setiap individu tersebut.

3. Manajemen Menurut Henry Fayol

Menurut Henry Fayol, manajemen merupakan ilmu yang memberikan ide atau gagasan berdasarkan kegiatan yang berpedoman kepada 5 kegiatan utama manajemen, yaitu merencanakan, mengarahkan, mengorganisasi, melakukan koordinasi serta mengendalikan demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan bersama.

4. Manajemen Menurut Ricky W. Griffin

Pengertian manajemen menurut Ricky W. Griffin adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengontrolan setiap sumber daya manusia yang tersedia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.

Efektif yang dimaksud adalah tujuan bisa dicapai sesuai dengan rencana yang ada sedangkan efisien berarti dilaksanakan secara benar dan terorganisasi berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan bersama.

5. Manajemen Menurut George R. Terry

George R. Terry mengartikan manajemen sebagai suatu kerangka kerja atau proses yang membutuhkan pengarahan dan bimbingan dari suatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi yang nyata.

Nah, berdasarkan pengertian yang dikemukakan para ahli tersebut, manajemen dapat diartikan sebagai ilmu yang mengatur, melaksanakan dan mengelola segala sesuatu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Jadi, manajemen bisnis merupakan ilmu yang mengatur, melaksanakan, mengelola  serta menjalankan bisnis dengan benar dan tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Baca juga : 15 Cara promosi produk offline dan online

Apa Saja Fungsi Manajemen?

Marketing manajemen

Seperti ilmu lainnya, manajemen juga memiliki fungsi dalam mengatur bisnis yang akan dijalankan oleh pelaku usaha. Apa saja fungsi manajemen? Berikut adalah 5 fungsi manajemen yang dapat diterapkan dalam menjalankan bisnis atau usaha.

1. Perencanaan (Planning)

Manajemen memiliki fungsi perencanaan (planning), yaitu merencanakan langkah-langkah terbaik demi tercapainya tujuan bersama yang telah ditetapkan. Perencanaan sebaiknya dilakukan dengan baik dan benar oleh sumber daya yang tersedia.

Perencanaan adalah fungsi manajemen yang sangat berperan, karena perencanaan adalah kunci terlaksananya fungsi manajemen lainnya. Dapat dikatakan tanpa ada perencanaan, fungsi manajemen lainnya tidak dapat terlaksana.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian merupakan fungsi manajemen untuk mendelegasikan tugas atau kegiatan yang telah direncanakan demi tercapainya tujuan organisasi. Organisasi yang dimaksud adalah organisasi usaha atau bisnis.

Tujuan dilakukannya pengorganisasian adalah mempermudah manajemen melakukan pengawasan terhadap tugas yang dilakukan oleh sumber daya manusia yang ada di perusahaan.

Fungsi pengorganisasian adalah sebagai berikut.

  • Menetapkan tugas apa saja yang akan dilakukan. Tugas yang telah ditetapkan harus sesuai dengan perencanaan dan program yang telah dibuat.
  • Menentukan siapa yang akan mengerjakan tugas tersebut.
  • Mendelegasikan tugas-tugas tersebut sesuai dengan kelompoknya dan menentukan siapa yang harus bertanggung jawab di setiap kelompok.

3. Pengarahan (Directing)

Manajemen memiliki fungsi pengarahan (directing). Fungsi pengarahan ini merupakan suatu tindakan dengan cara memberikan arahan atau menggerakkan kinerja sumber daya yang tersedia untuk melaksanakan rencana yang telah ditetapkan.

Tujuan pengarahan ini adalah menggerakkan sumber daya yang tersedia untuk bekerja sesuai dengan tujuan organisasi yang ingin dicapai.

4. Pengendalian (Controlling)

Fungsi pengendalian (controlling) dalam manajemen merupakan suatu tindakan yang meliputi kegiatan menentukan prestasi, mengukur prestasi yang telah dicapai serta meningkatkan prestasi dengan cara melakukan perbaikan terhadap penyimpangan yang terjadi.

Fungsi pengendalian ini  bertujuan untuk memaksimalkan prestasi sumber daya manusia dan perusahaan agar tujuan bersama tercapai.

Loading...

5. Pengevaluasian (Evaluating)

Pengevaluasian (evaluating) merupakan suatu tindakan dalam usaha melakukan perbaikan atas hasil prestasi kinerja perusahaan atau organisasi.

Tujuan dilakukannya pengevaluasian adalah untuk memastikan apakah sumber daya manusia yang ada di perusahaan atau organisasi menjalankan rencana dan tujuan organisasi dengan baik dan benar atau tidak.

Pengevaluasian ini penting dilakukan oleh pimpinan perusahaan atau organisasi agar ke depannya, prestasi perusahaan dan sumber daya manusia yang tersedia bekerja lebih baik lagi. Hal ini dilakukan demi tercapainya sukses bersama dan tujuan perusahaan tercapai.

7 Bidang Manajemen Bisnis dalam Menjalankan Bisnis

Strategi manajemen

Setelah Anda mengetahui 5 fungsi manajemen, Anda juga perlu mengetahui 7 bidang manajemen bisnis dalam menjalankan bisnis. Tujuan dibentuknya bidang manajemen bisnis ini adalah agar fungsi manajemen dapat terlaksana dengan baik sesuai tujuan manajemen bersama.

Dalam hal ini bidang manajemen bisnis dapat dikelompokkan menjadi 7 bidang, antara lain sebagai berikut.

Baca juga : Rencana bisnis; Panduan langkah dei langkah

1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia dapat disebut juga dengan manajemen personalia. Manajemen sumber daya manusia meupakan kegiatan yang berkaitan dengan pengaturan dan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam suatu perusahaan.

Kegiatan sumber daya manusia ini terdiri atas perekrutan karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan, peningkatan dan pengembangan mutu karyawan, sistem upah dan gaji serta upaya pemeliharaan sumber daya manusia sesuai dengan visi dan misi perusahaan yang telah ditetapkan.

2. Manajemen Produksi

Manajemen produksi merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan faktor produksi dalam usaha menghasilkan produk yang berkualitas sesuai dengan tujuan perusahaan. Adapun kegiatan yang termasuk dalam manajemen produksi adalah sebagai berikut.

  • Merencanakan desain produksi yang akan dibuat.
  • Pengaturan dan pengelolaan produk, kegiatan ini berkenaan dengan tersedianya bahan baku produk, mutu produk serta jumlah produk yang akan diproduksi.
  • Pengendalian dan pengawasan proses produksi sesuai dengan prosedur yang berlaku di perusahaan.

Tujuan manajemen produksi adalah meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam proses produksi sehingga proses produksi dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai tujuan perusahaan. Dengan adanya manajemen produksi diharapkan tidak terjadi kesalahan dalam proses produksi.

3. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan kegiatan dalam suatu perusahaan atau organisasi yang berkaitan erat dengan pengaturan dan pengelolaan cash flow. Adapun kegiatan yang termasuk dalam manajemen keuangan adalah sebagai berikut.

  • Mengatur dan mengelola aliran uang masuk dan keluar yang ada di perusahaan.
  • Melakukan investasi atau mencari suntikan dana dengan cara melakukan kerja sama dengan pihak-pihak terkait.
  • Membuat kebijakan bersama atas pembagian dividen dan laba yang diperoleh perusahaan.
  • Mengontrol dan melakukan evaluasi terhadap laporan keuangan perusahaan.

Setiap bidang manajemen bisnis yang dibentuk dalam setiap usaha memiliki tujuan yang berbeda-beda, seperti halnya tujuan manajemen keuangan.

Baca juga : 10 Peluang bisnis paling menjanjikan

Adapun tujuan dibentuknya manajemen keuangan adalah sebagai berikut.

  • Mengontrol pengeluaran dana dalam perusahaan, hal ini agar pengeluaran uang dapat efektif dan efisien.
  • Meningkatkan pemasukan dana dalam perusahaan. Jika pemasukan dalam perusahaan meningkat maka perusahaan mendapatkan keuntungan atau laba yang besar. Hal itu merupakan prestasi bagi perusahaan.
  • Mengontrol pengelolaan keuangan perusahaan dengan baik dan benar. Hal ini bertujuan agar perusahaan tidak mengalami kerugian sehingga tujuan perusahaan tercapai.

4. Manajemen Pemasaran

Dalam suatu perusahan terdapat manajemen pemasaran. Nah, apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran? Manajemen pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan perencanaan tujuan dan kegiatan serta penentuan target yang ingin dicapai di bidang memasarkan produk.

Kegiatan manajemen pemasaran ini fokus pada bagaimana produk yang dihasilkan perusahaan dapat diminati konsumen sehingga produk diterima di pasar. Apa saja kegiatan yang mendukung pemasaran? Simak penjelasan berikut.

  • Riset pasar, kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan hasil apakah produk yang diproduksi perusahaan diminati konsumen atau tidak.
  • Strategi pemasaran, kegiatan ini berkaitan dengan strategi yang harus dilakukan agar produk yang diluncurkan dapat diterima di pasar dan diminati oleh konsumen.
  • Promosi produk merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pengenalan produk kepada konsumen atau pasar. Artinya manajemen pemasaran mengenalkan produk yang diluncurkan ke konsumen dengan cara iklan produk, menyebarkan brosur, atau dapat juga campaign produk menggunakan media sosial.
  • Melakukan analisis pasar dan kompetitor. Analisis pasar ini agak rumit dilakukan karena perusahaan Anda harus menjaga kualitas produk Anda lebih unggul dari kompetitor.

Berdasarkan hal tersebut di atas tujuan dari manajemen pemasaran adalah mengenalkan atau mempromosikan produk ke pasar atau seluruh masyarakat untuk meningkatkan kuantitas penjualan agar peningkatan pendapatan perusahaan dapat tercapai.

5. Manajemen Informasi

Manajemen informasi merupakan sistem manajemen yang berhubungan dengan kontrol internal dalam menjalankan bisnis. Adapun cakupan atau tanggung jawab manajemen informasi adalah sebagai penyedia segala macam informasi yang mendukung perkembangan dan kemajuan perusahaan.

Manajemen informasi ini dianggap penting bagi perkembangan perusahaan karena berkaitan erat dengan pengambilan keputusan di perusahaan.

Sumber daya manusia yang mendukung manajemen informasi harus memiliki hal-hal sebagai berikut.

  • Kemampuan komunikasi yang baik jika memungkinkan dapat berbahasa asing.
  • Kemampuan merencanakan program bisnis yang mendukung kemajuan perusahaan.
  • Kemampuan di bidang informasi digital. Hal ini dirasa penting karena saat ini merupakan revolusi digital yang mana masyarakat memiliki trend bisnis online. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan dalam algoritma, bahasa pemrograman, penguasaan database serta paham SEO.

6. Manajemen Strategis

Manajemen strategis merupakan ilmu manajemen yang berkaitan erat dengan penyusunan, penerapan dan pengevaluasian kegiatan-kegiatan dalam perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tanggung jawab manajemen strategis ini adalah sebagai berikut.

  • Menetapkan tujuan perusahaan berdasarkan kesepakatan bersama dan dijalankan bersama.
  • Merencanakan program dan kebijakan perusahaan yang tepat guna demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.
  • Melakukan alokasi sumber daya manusia dan modal berdasarkan program dan kebijakan yang telah direncanakan.
  • Mengembangkan kebijakan untuk kemajuan perusahaan.

7. Manajemen Administrasi

Manajemen administrasi dalam dunia bisnis berkaitan dengan akuntansi. Kegiatan manajemen administrasi ini adalah memberikan informasi kepada bidang-bidang manajemen lainnya dalam usaha menjalankan program-program serta kebijakan perusahaan. Adapun kegiatan manajemen administrasi adalah sebagai berikut.

  • Melakukan pengumpulan berbagai macam data yang dibutuhkan oleh bidang manajemen lainnya.
  • Melakukan proses pencatatan data.
  • Melakukan pengelompokkan data yang dibutuhkan oleh bidang manajemen lainnya.
  • Melakukan penafsiran laporan administrasi.
  • Melakukan pelaporan administrasi bahkan jika dibutuhkan membantu manajemen keuangan untuk membuat laporan finansial.

Penutup

Hal-hal di atas merupakan cakupan manajemen bisnis dan 7 bidang manajemen untuk menjalankan bisnis. Manajemen bisnis sangat dibutuhkan dalam kelangsungan perusahaan.

Baca juga : Bisnis modal kecil : 42 Jenis usaha rumahan menguntungkan

Oleh karenanya, setiap bidang-bidang manajemen dalam satu perusahaan harus saling terkait dan bekerja sama agar tujuan bisnis perusahaan dapat tercapai dan sukses. Jika Anda akan terjun ke dunia bisnis, pahamilah ilmu manajemen dengan baik dan benar agar bisnis Anda berjalan lancar dan meraih sukses.

Artikel Terkait :

    1 Shares
    Loading...