10 Bidang Usaha UKM yang Memiliki Prospek Menjanjikan

Bidang usaha UKM merupakan salah satu bisnis yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Bisnis ini juga menjadi perhatian pemerintah karena UKM bisa memberikan dampak yang besar bagi pereknomian negara.

Selain itu, dari segi modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan resiko kerugian sangatlah minim. UKM juga mampu membuka lapangan pekerjaan yang baru untuk masyarakat sekitar. Sehingga sangatlah wajar, bila semakin hari bisnis UKM ini semakin berkembang da diminati banyak orang.

Walaupun begitu, tetap saja masih ada masyarakat yang kebingunangan memilik bidang usaha UKM ini. Alasannya karena takut usaha yang dibuka tidak memberikan prospek yang menjanjikan.

Adapula yang tidak pernah berbisnis sehingga awam dalam hal pemasaran serta berbagai alasan lainnya yang dihadapi.

Tentunya bisnis kecil maupun besar pun akan selalu menghadapi sebuah kendala. Oleh karena itu, jika Anda termasuk yang masuk ragu dan belum percaya diri untuk memilih bisnis bidang UKM ini.

Baca juga : 10 Hal yang bisa Anda lakukan saat akan membuka bisnis baru

Berikut akan kami paparkan tentang 10 Bidang usaha UKM yang memiliki prospek menjanjikan. Dengan begitu, Anda tinggal mengambil langkah Amati, Tiru, dan Modifikasi. Dan Berikut ulasannya!

Macam-Macam Bidang Usaha UKM

1. Bisnis UKM Bidang Pengantaran atau Kurir

bidang usaha ukm jasa kurir
Bidang usaha ukm jasa kurir

Dulu, bisnis pengantaran ini dipandang sebelah mata karena memang belum terlalu diperlukan seperti sekarang ini. Sejak bisnis online mulai menjamur, maka bisnis pengantaran pun berkembang dengan lebih baik.

Bisnis pengantaran atau kurir ini juga beragam jenisnya, ada bisnis pengantaran antar pulau dan luar negeri. Adapula bisnis pengantaran khusus di dalam kota yang mengantarkan barang dari satu kecamatan ke kecamatan lain.

Pengantaran seperti itu pun bisa kita garap layaknya gojek yang sudah memfasilitasi kurir dalam kota tersebut. Tentunya dengan adanya bisnis tersebut, sangat disambut baik oleh para pelaku bisnis online yang terkadang memerlukan pelayanan yang cepat agar menarik hati para konsumen.

Bisnis pengantaran dalam kota ini bisa Anda lakukan ketika memang belum memiliki modal yang besar untuk pengantaran antar pulau. Dengan modal 25 juta untuk membeli 3 hingga 5 unit motor bisnis tersebut sudah bisa Anda lakukan.

Estimasi modal di atas hanya sebagai gambaran semata. Apabila Anda memiliki ide lain yang lebih menarik tentang bisnis ini, tentu akan lebih baik lagi.

2. Bisnis UKM Bidang Otomotif

Bisnis UKM bidang otomotif pun perlu Anda pertimbangkan. Karena semakin hari dunia otomotif di Indonesia ini semakin berkembang dengan pesat. Tentunya bila ditekuni bisa mendatangkan prospek yang lebih baik lagi.

Hal tersebut ditandai dengan pembelian kendaraan roda empat dan dua yang semkain hari semakin meningkat. Maka, sangatlah wajar apabila di kota-kota besar saat ini sering terjadi kemacetan yang begitu panjang.

baca juga : 10 Ide bisnis di kampung, saatnya gali potensi ekonomi pedesaan

Nah, dari meingkatnya pembelian otomotif serta sering terjadi kemacetan maka bisa dijadikan sebagai “modal” untuk membuka sebuah usahaa UKM.

Anda bisa memulainya dengan cara membuka jasa cuci kendaraan, jual beli spare part, membuka bengkel mobil atau motor, membuka jasa renta mobil atau motor, dan lain sebagainya.

Tentunya bisnis tersebut dibuka sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda untuk mengembangkannya. Bila ditekuni dengan baik, maka lambat laun usaha tersebut akan berubah menjadi usaha dengan prospek yang begitu menjanjikan.

Selain modal dan keahlian yang dimiliki, hal lain yang perlu diperhatikan adalah survey tentang kebutuhan masyarakat sekitar yang berhubungan dengan dunia otomotif tersebut.

3. Bisnis UKM Bidang Fashion

Bisnis fashion sejak dulu hingga hari ini selalu berkembang dengan baik. Karena fashion ini merupakan kebutuhan utama yang tak pernah lekang oleh waktu. Tentunya bisnis UKM bidang fashion ini menjadi bisnis dengan prospek yang cukup menjanjikan.

Baca juga : 5 Jenis UKM yang membatu perekonomian pedesaan

Bila tidak ada tempat untuk memasarkannya pun, saat ini bisa memaarkan secara onlie. Lewat sosial media dan tekun mempromosikan produk Anda boleh jadi akan mendapatkan keuntungan yang cukup berlimpah.

Walaupun menjadi kebutuhan utama, tetap saja Anda harus memperhatikan dalam hal trend dari fashion itu sendiri. Karena yang berubah dari usaha fashion ini adalah trend yang sedang berkembang pada zamannya.

Selain itu perhatikan pula tentang target market yang Anda tuju. Apakah fashion yang akan Anda jual diperuntukkan bagi bayi, anak-anak, remaja, dewasa, pria, atau wanita. Dengan begitu produk yang Anda jual bisa lebih fokus untuk menjualkannya.

4. Bisnis UKM Bidang Kuliner

Sama halnya dengan bidang fashion, bisnis di bidang kuliner pun selalu di minati setiap orang dan tidak akan pernah sepi. Kuliner merupakan kebutuhan pokok setiap orang yang pasti dicari dan dinanti.

Walaupun begitu, agar bisnis ini menjadi bisnis yang menjanjikan dengan keuntungan yang berlimpah, maka para penjual harus memperhatikan dari rasa, pelayanan, kemasan, dan juga promosi makanan tersebut.

Semakin unik rasa, nama dan juga penyajiannya biasanya semakin banyak dicari. Kuliner legendaris pun masih bertahan hingga hari ini karena memang memiliki rasa cita yang kuat dan berpotensi mendatangkan pelanggan.

Bila hari ini media sosial telah merajalela, tentunya semakin membuat pengusaha kuliner terbantu karena bisa dipromosikan dengan mudah tanpa berbayar.

Baca juga : 10 Usaha kuliner paling laku saat ini

Untuk membuka bisnis kuliner ini bisa dimulai dengan membeli usaha franchise kuliner. Karena perhitungan bahan baku dan persiapan modalnya sudah jelas dan terencana dengan baik. Biasanya yang perlu dipersiapkan adalah tempat membuka usaha tersebut.

5. Bisnis UKM Bidang Kecantikan

Populasi penduduk di Indonesia dengan jenis kelamin wanita tergolong lebih banyak. Seperti yang diketahui bersama, wanita selalu memiliki kebutuhan lebih dari pria dari mulai ujung rambut hingga kaki. Maka dari itu, kebutuhan akan wanita yang begitu banyak bisa dijadikan inspirasi untuk membuka usaha.

Salah satu usaha yang bisa Anda garap salah satunya adalah dalam bidang kecantikan seperti salon, SPA, menjual peralatan make up, peralatan salon,menjadi penata rias, dan lain sebagainya.

Tntunya bisnis ini akan berkembang, manakala banyak wanita yang memerlukan jasa rias untuk wisuda, pernikahan, dan acara lain sebagainya. Bisnis ini pun akan menjadi hal yang menjanjikan selama wanita memang masih mementingkan penampilan fisiknya.

Artinya, Anda yang ingin menekuni bisnis ini tidak perlu ragu lagi. Segera ambil peluang dan jadilah pelopor bidang kecantikan yang bisa membuat orang-orang termotivasi.

6. Bisnis UKM Bidang Produk Kerajinan Tangan

Macam bidang usaha ukm
Kerajinan tangan

Bisnis UKM berikutnya yang bisa Anda garap adalah dalam bidang produk kerajinan tangan. Kekayaan alam di Indonesia adalah anugerah untuk bisa memanfaatkan kekayaan tersebut menjadi sebuah produk yang bermanfaat bagi sekitar.

Selain bernilai manfaat tentu saja produk kerajinan tersebut bisa bernilai ekonomis, apabila Anda bisa mengelola bahan baku yang ada menjadi produk kreatif serta mampu memasarkannya dengan baik. ini menjadi peluang besar!

Adapun produk kerajinan tangan tersebut bisa berupa tas dari anyaman bambu, bros, celengan, boneka, jepit rambut, sarung, kain, dan lain sebagainya.

Pembuatan produk tersebut memang sudah ada sejak dulu. Biasanya mereka memasarkan produk tersebut ke toko-toko besar yang menjual produk serupa.

Namun hari ini, Anda bisa memasarkannya lewat toko online dengan membuka akun di market place atau media sosial.

Dengan semakin dikenalnya produk kreatif yang Anda buat, maka semakin banyak pula keuntungan yang bisa Anda peroleh.

7. Bisnis UKM Bidang Tour & Travel

Bisnis UKM berikutnya yang bisa Anda geluti adalah bidang tour & travel. Seperti yang diketahui bersama, wisata saat ini sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Seiring dengan berjalannya waktu pula, banyak tempat wisata baru yang memang perlu Anda kunjungi.

Sayangnya, tempat destinasi baru tersebut belum terpromosikan dengan baik. Maka, Anda bisa mengambil peluang tersebut dengan membuat usaha tour & travel.

Membuka usaha ini bisa dimuai dengan memasarkannya kepada sekolah-sekolah yang ada di daerah Anda. Karena di sekolah biasanya memiliki program study tour ke beberapa tempat penting yang ada di Indonesia.

Selain sekolah bisa pula memasarkannya kepada organisasi yang berada di bawah pemerintah atau pun kantor-kantor swasta. Jangan lupa pula ketika membuka usaha ini, kenyamanan dan pelayanan terbaik sangat diperlukan kepada para wisatawan, agar mereka bisa menggunakan jasa Anda kembali di lain waktu.

8. Bisnis UKM Bidang Agribisnis

Bisnis UKM berikutnya yang bisa Anda garap adalah dalam bidang agribisnis. Bisnis tersebut meliputi bidang peternakan dan pertanian.

Seperti yang diketahui bersama, Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah maka masyrakat Indonesia bisa menjadikan hal tersebut sebagai mata pencaharian dan bisnis yang menjanjikan.

Bisnis ini pada umumnya masih digeluti oleh para orang tua, sedikit sekali anak muda yang mau menyentuk sektor ini. Padahal dalam pengembangannya, diperlukan anak mudah yang kerap memiliki ide kreatif serta inovatif.

Adapun dari usaha agribisnis tersebut bisa mendatangkan usaha seperti menjual sayur organik, budidaya tanaman rempah, jual ayam potong, jual telur ayam, usaha ternak sapi, budidaya tanaman obat, dan lain sebagainya.

9. Bisnis UKM Bidang Pendidikan

Anda yang ingin membuka bisnis UKM dalam bidang pendidikan ini tidak perlu mengeluarkam modal yang besar. Karena kemampuan utama yang diperlukan adalah mengajar.

Berkaitan dengan pendidikan pasti tidak jauh dengan dunia mengajar. Dan hal tersebut bisa dijadikan lahan bisnis yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Bisnis yang dimaksud dalam bidang pendidikan ini adalah membuka les private atau bimbingan belajar. Bisa untuk Anak pra SD yang biasanya membutuhkan les baca dan berhitung. Bisa pula membuka les bahasa asing, les untuk ujian nasional SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi.

Bila Anda sudah dikenal memiliki tekhnik pelajaran yang baik, maka bersiaplah untuk selalu menerima para murid les setiap bulan ataupun semesternya, tempat belajar biasanya dengan mengunjungi rumah mereka atau bisa dengan “menyulap” ruangan yang ada di rumah Anda untuk dijadikan tempat mengajar.

10. Bisnis UKM Bidang Toko Kelontongan

Bisnis selanjutnya adala dalam bidang toko kelontongan. Toko yang menjual segala amcam kebutuhan layaknya supermarket ini memang mencirikan khas rakyat Indonesia.

Biasanya ada di setiap gang atau komplek perumahan.

Bisnis ini pun sangat menjanjikan, karena setiap orang membutuhkan barang-barang tersebut guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.

Penutup

Apapun bisnis UKM yang Anda buka, yang terpenting adalah menekuninya dan jangan berputus asa. Yakinlah, bahwa setiap usaha yang dijalankan apabila diawali niat yang baik akan mendatangkan keuntungan yang memang adil dan terbaik bagi Anda.

Keseriusan pemerintah memajukan Usaha Kecil Menengah di Indonesia tercermin dengan semakin banyaknya kegiatan pelatihan dan sosialisasi oleh kementerian koperasi dan usaha kecil menengah.

Semoga bermanfaat dan usaha yang dijalankan pun semakin maju dan berkembang.

Loading...