10 Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga di Sela Kesibukan Mengurus Keluarga

Seorang wanita yang sudah menjadi istri kemudian menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Karena pada kenyataannya banyak peluasng bisnis yang bisa dilakukan ibu rumah tangga tanpa harus meninggalkan rumah dan juga keluarganya.

Rata-rata ibu rumah tangga yang membuka bisnis hanya berniat mencari penghasilan tambahan. Ada pula yang ingin menyalurkan hobinya atau mengisi waktu luang. Karena “pekerjaan” utama mereka tetap mengurus anak-anak dan suami.

Tetapi karena sampingan tersebut, banyak pula ibu-ibu rumah tangga yang akhirnya menjadi sukses. Nah, jika Anda seorang ibu rumah tangga dan ingin membuka bisnis disela kesibukan lainnya. Berikut akan kami paparkan tentang 10 bisnis yang cocok bagi ibu rumah tangga. Seperti apakah ulasannya? Ini Dia Pemaparannya!

Mengenal Jenis-Jenis Bisnis yang Cocok Bagi Ibu Rumah Tangga

1. Bisnis Jus dan Minuman

bisnis bagi ibu rumah tangga

Bisnis jus dan minuman ini bisa dilakoni oleh para ibu rumah tangga. Membuka bisnis ini jika tidak ada gerobak bisa menggunakan meja kecil yang disimpan di depan rumah.

Jangan lupa walaupun hanya sekedar sampingan, buah-buahan atau minuman yang akan dijual harus fresh dan juga sehat.

Keuntungan yang didapat memang tidak terlalu besar, namun jika di sekitar Anda hanya satu-satunya yang menjual minuman tersebut, maka tidak dipungkiri keuntungan yang didapat pun sangat menggiurkan.

Keuntungan lain dari membuka bisnis ini adalah semua jus dan minuman disukai anak-anak hingga orang dewasa sehingga tidak perlu khawatir laku atau tidaknya.

2. Bisnis Warung Makan

Bisnis selanjutnya yang bisa dijalankan ibu rumah tangga adalah membuka warung makan. Berbicara tentang makanan pastinya tidak ada yang bisa menolak karena makanan merupakan kebutuhan pokok dari semua orang.

Biasanya makanan ini menyangkut selera yang pas di lidah, jadi enak tidaknya makanan bergantung pada selera masing-masing.

Walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk membuka bisnis warung makan tersebut. Terlebih jika di tempat Anda masih jarang ditemui tempat makan. Usaha ini tergolong bisnis dengan modal kecil.

Bila ada modal yang sedikit, Anda bisa membukanya di rumah. Namun jika memiliki modal yang cukup besar tidak ada salahnya untuk membuka warung makan di lingkungan kampus, sekolah, perkantoran, dan lain sebagainya.

Jika membuak warung makan ini masih dirasa membuat Anda repot, solusi lain yang bisa dilakukan adalah membuka warung makan sarapan pagi. Seperti bubur ayam, nasi kuning, nasi uduk, lontong sayur, kupat tahu, dan lain sebagainya.

Karena membuka warung makan di pagi hari tidak perlu menyita waktu yang begitu panjang.

3. Bisnis Catering

Untuk Anda yang memiliki keahlian dan hobi dalam bidang memasak tidak ada salahnya untuk mencoba mengeluti bisnis catering.

Menjalani bisnis catering di zaman modern ini begitu menjanjikan karena semua orang ingin serba praktis dan cepat yang ditangani langsung oleh ahlinya.

Bahkan di beberapa instansi dan sekolah, sudah menggunakan jasa catering mengingat jam kerja dan sekolah yang dijalankan begitu padat.

Selain menawarkan catering untuk instansi dan sekolah, Anda pun bisa menjalankan catering untuk pesta pernikahan, pengajian, syukuran, aqiqah, halal bihalal dan lain sebagainya.

Bila bisnis ini sudah berkembang, maka mau tidak mau Anda ahrus mempekerjakan karyawan lain untuk membantu melancarkan usaha yang Anda jalankan.

Dan yang lebih penting urusan Anda yang lain bisa tetap dikerjakan karena sudah ada tim lain yang membantu menjalankan bisnis Anda.

4. Bisnis Kue dan Roti

Masih tentang bisnis yang berhubungan dengan kebutuhan pokok semua orang. Bila Anda memiliki hobi membuat kue dan roti tidak ada salahnya untuk menjalankan bisnis tersebut.

Memasarkan bisnis ini pun tergolong mudah karena bisa dipasarkan ke warung atau toko-toko yang menerima penjualan kue Anda.

Jika sudah memiliki channel toko penjualan, maka tugas Anda selanjutnya terasa ringan hanya membuat kue saja.

Bisnis kue pun akan semakin laris menjelang hari raya karena semua orang menginginkannya. Bila usaha ini ingin berkembang dengan baik, maka Anda bisa mempromosikannya lewat sosial media.

5. Bisnis Membuka Jasa Les Privat

Bisnis lain yang cocok bagi ibu rumah tangga adalah dengan membuka jasa les privat. Membuka bisnis tergolong memiliki waktu fleksibel dan tentunya tidak akan menganggu aktivitas Anda yang lain ketika berada di rumah.

Jasa les privat yang dimaksud bisa berupa les baca Al-Qur’an dan Iqra, les baca tulis berhitung, les bahasa, sert les pelajaran, les musik, les membuat makanan, dan lain sebagainya.

Untuk membuka bisnis jasa les privat ini memang membutuhkan target pasar yang jelas. Karena disesuaikan dengan kemampuan Anda mengajar.

Tempat les yang bisa dipakai pun bisa dilakukan di rumah, teras rumah, dan tempat lain yang memungkinkan.

Jika memang Anda akan fokus membuka lest calistung yang notabenenya untuk anak-anak TK, maka tidak ada salahnya untuk membenahi terlebih dahulu ruangan tersebut agar anak-anak bisa dengan nyaman menggunakannya.

6. Bisnis PPOB

Bisnis lain yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah dengan membuka bisnis PPOB. Bisnis tersebut biasanya mencakup pulsa, pembayaran kredit motor, ticketing, dan lain sebagainya.

Bisnis ini mudah dilakukan karena tidak memerlukan tempat khusus untuk menjualnya. Hanya bermodalkan smartphone pun Anda bisa melakoninya. Namun akan lebih baik bila mengggunakan PC atau laptop.

Keuntungan membuka bisnis ini mungkin tidak akan seberapa, tetapi jika di tempat tinggal Anda hanya Anda yang menjualnya, maka keuntungan berlipat-lipat untuk bisa Anda dapatkan.

Membuka bisnis ini pun tergolong fleksibel, jadi bisa dimanfaatkan selagi Anda memiliki waktu senggang.

7. Bisnis Toko Kelontong atau Toko Sembako

Seperti yang diketahui bersama, kebutuhan 7 dasar pokok setiap orang pasti akan diperlukan setiap bulannya. Maka membuka bisnis toko kelontong atau toko sembako ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Keperluan orang-orang akan beras, sabun, pasta gigi, shampo, sayuran, dan lain sebagainya tidak akan bertahan lama. Minimal satu kali dalam sebulan mereka akan membelinya.

Terlebih jika di daerah Anda belum banyak yang membuka usaha toko kelontong, tidak ada salahnya untuk membuka toko tersebut.

Bisnis sudah pasti bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan lahan atau tempat yang ada di lingkungan rumah. Modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu banyak karena bisa dilakukan dengan bertahap.

Dan yang terpenting, ketika Anda membuka bisnis ini pilihlah barang-barang yang dibutuhkan warga serta barang-barang jualan yang sekirang diperlukan di tempat Anda.

Hal ini untuk memudahkan Anda dalam perputaran modal dari barang yang terjual. Membuka usaha ini pun bisa disesuaikan dengan waktu Anda sehingga waktu bersama keluarga tidak akan terganggu.

8. Bisnis Jasa Menjahit

Untuk Anda yang memiliki keahlian dalam bidang menjahit tidak adalah salahnya untuk dijadikan lahan bisnis yang menguntungkan.

Terlebih jika di tempat tinggal Anda belum ada yang membuka usaha tersebut. Bila Anda tertarik untuk membuka usaha tersebut, hal yang harus diperhatikan adalah dalam pemberian harga yang dibanderol untuk baju yang dijahit.

Sebaiknya penentuan harga tersebut disesuaikan dengan kondisi perekonomian masyarakat sekitar.

Membuka usaha ini tidak akan menganggu waktu bersama keluarga, karena Anda adalah “bos” yang menentukan waktu kerja untuk menjalankan usaha tersebut.

Target pasar pun tidak perlu ditentukan karena bisnis menjahit biasanya bisa dilakukan untuk anak-anak hingga dewasa. Kecuali jika Anda memang memiliki keahlian untuk menjahit baju tertentu saja.

9. Bisnis Membuka Jasa Salon

Selain menjahit, bisnis salon ini juga sebenarnya cukup menggiurkan dan menguntungkan. Karena tidak semua orang memiliki keahlian dalam bidang tersebut.

Jika Anda memiliki kemampuan untuk memotong rambut dan lainya yang berhubungan dengan dunia salon, maka tidak ada salahnya untuk membuka usaha jasa tersebut.

Jangan khawatir mengenai tempat karena Anda bisa menyulap beberapa bagian ruangan di rumah untuk membukan usaha salon tersebut.

Untuk membuka jasa usaha salon ini bisa disesuaikan dengan tagert pasar yang dibidik, yaitu salon khusus wanita, muslimah, anak-anak, ataupun untuk laki-laki.

Bila usaha salon tersebut ingin disesuaikan dengan target pasar, maka tidka ada salahnya untuk menghias ruangan salon sesuai dengan target pasar tersebut.

Sebagai contoh, bila Anda ingin membuka bisnis salon untuk anak-anak, maka hiasa ruangan tersebut yang sesuai dengan karakter anak-anak.

Memang dibutuhkan modal yang cukup besar, tetapi keuntungan yang didapat pun sebanding dengan usaha yang Anda lakukan.

10. Bisnis Parsel Menjelang Hari Raya

Tidak dipungkiri bahwasanya menjelang hari raya, segala macam bisnis akan laku keras. Termasuk dalam hal parsel yaitu bingkian yang biasanya diberikan sebagai tunjangan hari raya untuk karyawan, ataupun dari seseoranh untuk pejabat publik tertentu.

Baca juga : 10 usaha saat bulan Ramadan yang bisa Anda coba

Bila Anda memiliki keahlian atau kemampuan dalam menghias parcel, maka tidak ada salahnya untuk membuka bisnis ini.

Keuntungan membuka bisnis ini yang pertama tidak akan menganggu waktu keluarga Anda karena bisa dilakukan saat Anda memiliki waktu senggang.

Kemudian bisnis yang dijalankan pun tidak berlangsung lama karena biasanya dilakukan satu atau dua minggu menjelang hari raya.

Selain untuk merangkai parsel, bisnis ini bisa dilakukan dengan menawarkan paket parcel jadi kepada tetangga atau kerabat dekat.

Artinya And amenjadi seorang koordinator yang menghimpun dana-dana tabungan seseorang yang berniat mengambil parcel menjelang hari raya.

Bila Anda ingin melakukan sistem tersebut, maka bisnis ini bisa dilakukan setahun atau beberapa bulan menjelang hari raya.

Paket yang ditawarkan bis aberupa paket anak-anak, paket sayuran yang biasanya terdiri dari bahan-bahan untuk menyiapkan hidangan hari raya, dan paket lainnya.

Hanya saja untuk membuat paket ini harus memiliki tabungan tersendiri agar uang pribadi dan uang paket tidak tercampur.

Penutup

Sebenarnya apapun bisnis yang dilakukan oleh para ibu rumah tangga asalkan mendapatkan restu dari keluarga terutama suami kan bisa berjalan dengan baik.

Dan yang terpenting adalah membuka bisnis bagi ibu rumah tangga tidak boleh asal, tetap harus survey dan mengikuti keinginan pasar.

Bila asal, maka bisnis tersebut tidak akan bertahan lama, alih-alih kerugian yang didapat bukan keuntungan.

Walaupun niatnya hanya mengisi waktu luang, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba menggelutinya dengan sungguh-sunggguh.

Karena boleh jadi, bisnis yang Anda lakukan tersebut bisa menjadi penghasilan utama yang kedepannya bisa dijalankan bersama suami tercinta.

Bagaimana menarik bukan? Semoga Informasi bisnis bagi ibu rumah tangga ini bermanfaat dan selamat memilih bisnis yang Anda inginkan!