10 Bisnis dengan Penghasilan Besar untuk Mahasiswa, Layak Dicoba!

bisnis untuk mahasiswa dengan penghasilan besar

Dibandingkan saat masih menempuh pendidikan di sekolah menengah, kehidupan di bangku kampus memang jauh lebih menyenangkan. Ya, sebagai mahasiswa Anda tak perlu memakai seragam hingga memiliki jadwal belajar yang lebih fleksibel. Beberapa mahasiswa pun juga ada yang cuma ke kampus dalam hitungan jam saja dalam beberapa hari, lantaran dosen mereka hanya memiliki jadwal pada waktu-waktu tertentu.

Bahkan semakin tinggi tingkatan seorang mahasiswa, acap kali memiliki waktu menganggur. Memang menghabiskan waktu rebahan dengan mengamati media sosial sudah pasti sangat menyenangkan. Namun bukankah hal itu membuat kualitas diri sebagai mahasiswa ternodai? Sebagai pelajar perguruan tinggi, Anda seharusnya memiliki optimisme dan semangat berjuang dalam kehidupan sehari-hari.

Supaya waktu luang sebagai mahasiswa (terutama yang sudah senior) tidak terbuang begitu saja, ada baiknya kalau Anda mulai melirik peluang bisnis. Tenang saja, untuk menjadi seorang pebisnis tidaklah harus lulus kuliah dan memperoleh gelar sarjana dulu. Ada kalanya mahasiswa yang mampu sukses dalam bisnis, berhasil membayar seluruh biaya kuliahnya sendiri. Tentu menyenangkan bukan? Ketika gelar sarjana di tangan, tapi Anda tak perlu lagi melamar pekerjaan lantaran sudah memiliki bisnis sendiri yang berjalan sukses.

Hanya saja untuk menjalani bisnis bagi seorang mahasiswa, memang diperlukan yang namanya kedisiplinan diri. Anda harus benar-benar memiliki komitmen dan terus fokus. Jangan sampai karena sibuk mencari penghasilan, Anda harus mengorbankan jadwal kampus. Selain itu, usahakan bisnis yang dipilih lebih mengutamakan kerja cedas daripada kerja keras. Seperti apa maksudnya? Intip ulasannya berikut ini!

Inilah 10 Ide Bisnis Terbaik untuk Anda yang Masih Mahasiswa!

1. Fotografer/Videografer

Ide bisnis fotografer

Yang namanya mendokumentasikan sesuatu, kini menjadi hal yang penting terutama dengan semakin ramainya pengguna media sosial. Rasa-rasanya setiap orang ingin mengabadikan momen istimewanya baik saat bertunangan, pernikahan, persalinan, ulang tahun hingga aneka event lainnya sampai company profile. Hal inilah yang membuat ahli fotografer dan videografer masih sangat dibutuhkan terutama oleh perusahaan-perusahaan.

Kondisi ini tentu bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk Anda. Apalagi jika Anda ternyata adalah seseorang yang hobi memotret, tentu profesi fotografer/videografer lepas sangat menggiurkan. Meskipun pekerja lepas, bayaran yang diberikan bahkan bisa terbilang luar biasa dengan jam kerja akhir pekan. Anda pun tak perlu khawatir bisnis sampingan ini bakal menggangu kewajiban utama sebagai mahasiswa. Jika memang kemampuan memotret semakin berkualitas, jangan ragu untuk mulai menawarkan jasa paket fotografer/videografer dengan memanfaat media sosial sebagai alat promosi.

Baca juga: 13 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Mahasiswa

2. Les Privat

Seseorang disebut sebagai mahasiswa, tentu haruslah ada di posisi teratas tingkatan pelajar. Mereka yang sudah duduk di bangku kuliah, dianggap memiliki kemampuan ilmu pengetahuan dasar seperti IPA, IPS hingga bahasa asing yang memuaskan. Fakta inilah yang membuat mahasiswa memiliki peluang menggeluti bisnis les privat untuk murid-murid SD, SMP atau SMA. Dimulai dari mengajari tetangga terdekat, Anda bisa menawarkan jasa les privat ke pasar yang lebih luas nantinya.

Baca : 8 Bisnis ini cocok untuk Anak SMA atau SMK

Jangan diremehkan, untuk satu jam les privat dengan satu orang murid saja bisa ditawarkan dengan tarif ratusan ribu rupiah. Tentu saja dengan semakin berkualitas cara pengajaran Anda dan banyak murid puas, Anda bisa menawarkan tarif yang makin meningkat. Anda bisa melakukan les privat di sore atau malam hari setelah jadwal kampus, hingga akhir pekan. Dengan memberi les privat, selain memperoleh penghasilan memuaskan, Anda pun sekaligus mengasah otak karena mengulang kembali pembelajaran-pembelajaran pendidikan dasar.

3. Pemandu Wisata

Ide bisnis pemandu wisata

Ah, siapa yang tidak suka travelling? Apalagi jika mahasiswa yang notabene adalah generasi muda penggemar media sosial, memasang foto-foto travelling di Instagram atau Facebook tentu bisa jadi kebanggaan tersendiri. Hanya saja beberapa mahasiswa kadang enggan liburan dengan alasan menghambur-hamburkan uang. Padahal, ada kok cara berlibur dengan bahagia dan puas sambil tetap memperoleh penghasilan. Apakah itu? Pemandu wisata.

Yap, perkembangan agen dan biro-biro wisata yang sangat pesat memang membuat kebutuhan akan pemandu wisata begitu meningkat. Beberapa pengelola biro wisata bahkan membutuhkan jasa freelancer untuk menjadi pemandu wisata lepas. Jika tak ingin terikat agen, Anda bisa menawarkan jasa pemandu wisata di AirBnB atau media sosial. Lengkapi kualitas jasa Anda dengan kemampuan berbahasa asing, sampai pengetahuan tempat wisata supaya konsumen puas. Dengan menjadi pemandu wisata, Anda masih tetap bisa menuangkan hobi travelling sekaligus memperoleh penghasilan yang sangat menjanjikan.

4. Makeup Artist (MUA)

Suka berdandan atau memoles wajah orang lain dengan makeup? Maka sepertinya profesi Makeup Artist alias MUA bakal begitu menjanjikan. Apalagi dengan memanfaatkan kekuatan media sosial, Anda bisa memasang foto atau video hasil makeup. Jangan diremehkan kekuatan media sosial, karena bisa saja platform ini justru memberikan peluang bisnis yang benar-benar menjanjikan. Bukan hanya digeluti oleh mahasiswi saja, mahasiswa yang memiliki ketertarikan makeup wajah pun bisa menawarkan bisnis MUA ini. Berapa peluang penghasilannya? Belasan hingga puluhan juta rupiah sekali makeup!

Anda bisa menawarkan jasa MUA ini kepada rekan-rekan mahasiswi atau masyarakat umum lainnya entah untuk jasa makeup pernikahan, acara wisuda, pesta ulang tahun hingga sesi pemotretan endorse. Bahkan profesi ini juga memberikan peluang bagi Anda untuk menjadi seorang content creator yang menghasilkan video-video tutorial kecantikan di Youtube. Dengan begitu penghasilan yang diperoleh pun bisa berlipat ganda karena selain jasa MUA juga pemasangan iklan media sosial.

5. Influencer

Bermain media sosial adalah kegiatan yang sangat digandrungi anak muda, khususnya mahasiswa. Sering memposting konten favorit entah kuliner, travelling hingga kegiatan sehari-hari? Maka Anda bisa memperoleh pengikut dengan jumlah sangat besar. Angka pengikut atau follower yang tinggi seperti selebritis bisa saja membuat Anda jadi influencer baik di Instagram, Facebook, Twitter atau Youtube. Ketika seseorang berstatus sebagai influencer, bakal ada banyak sekali tawaran iklan yang masuk sehingga bisa membuka jasa endorser.

Supaya branding diri makin terlihat menarik, Anda bisa mulai mengasah kemampuan baik dalam hal fotografi atau menulis di blog. Dengan memberikan pengaruh yang positif, tentunya bakal menarik perhatian pemilik bisnis. Seorang influencer yang sukses bahkan memiliki tarif sekali pasang iklan menyentuh jutaan rupiah. Bukan tak mungkin kalau Anda bisa melakukan berbagai hal secara gratis dengan timbal balik endorserment di media sosial.

6. Desainer Web

Ide bisnis desain web

Anda seorang mahasiswa Teknologi Informasi (TI) atau memiliki kemampuan dan daya tarik tinggi terhap dunia website? Maka sepertinya jasa desainer web akan menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Apalagi saat ini para pelaku bisnis semakin menyadari pentingnya website untuk kelangsungan usaha, sehingga kebutuhan akan jasa desainer web semakin meningkat. Tak perlu rendah diri jika Anda bukanlah mahasiswa TI, karena faktanya ada banyak ahli desainer web yang tidak memiliki latar belakang pendidikan TI.

Tentunya dengan semakin berkualitas dan kompleks hasil desain web yang dihasilkan, tarif yang Anda tawarkan jelas akan besar. Dengan memulai menggeluti bisnis ini sedari masih duduk di bangku kuliah, Anda bisa memiliki portofolio yang lebih unggul dibandingkan rekan-rekan lainnya ketika hendak mencoba melamar pekerjaan di perusahaan desain web profesional.

7. Penerjemah Bahasa Asing

Saat ini kemampuan bahasa asing menjadi salah satu hal yang sepertinya wajib dimiliki seorang mahasiswa. Bukan hanya untuk urusan berdebat di kampus saja, kemampuan bahasa asing juga bisa jadi peluang bisnis sangat menjanjikan lewat jasa terjemahan. Yap, Anda bisa mulai menawarkan jasa di website-website freelancer atau menawarkan jasa terjemahan buku hingga novel. Dengan semakin sering menerjemahkan bahasa asing, jelas kemampuan Anda pun bakal ikut terasah sambil memperoleh pundi-pundi rupiah. Bukan tak mungkin ke depannya Anda bisa digaet sebagai translator resmi untuk sebuah kegiatan yang mengundang tamu asing.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Kreatif di Acara Wisuda Bagi Mahasiswa dan Umum

8. Desain Grafis

Sama halnya seperti jasa desain website, kemampuan desain grafis juga memiliki peluang menjadi bisnis yang menjanjikan di kalangan mahasiswa. Apalagi jika didukung dengan daya kreatifitas yang tanpa batas, kemampuan desain grafis Anda bakal mampu menjanjikan penghasilan rupiah besar. Yang istimewa, kebutuhan akan desainer grafis sangatlah tinggi dengan peluang pesaing yang tidak terlalu ketat. Meskipun memang terikat deadline, pekerjaan sebagai desainer grafis bisa dilakukan di saat libur kuliah di rumah.

Bahkan bukan tak mungkin jika Anda menawarkan jasa desain grafis sebagai ilustrator lepas di perusahaan luar negeri. Dengan begitu, penghasilan yang diberikan sudah pasti berupa Dolar yang akan sangat fantastis ketika dikonversikan ke Rupiah. Satu hal yang sangat penting sebagai desain grafis adalah pastikan karya yang dihasilkan memang benar-benar dari diri Anda sendiri, supaya tidak menciptakan imej buruk.

9. Kelola Toko Online

Ide bisnis toko online

Suka berdagang entah berjualan baju, sepatu, hijab, alat-alat elektronik hingga kuliner? Maka bisnis toko online akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Untuk menggeluti bisnis online, Anda tak harus memiliki modal besar. Bahkan tanpa modalpun bisa menjalankannya lewat konsep dropshipper. Ada banyak sekali cerita mahasiswa yang mampu meraup omzet bulanan fantastis hanya karena berjualan di internet. Entah dipasarkan di media sosial, marketplace atau jasa layanan transportasi online, Anda harus tahu bahwa komitmen dan tanggung jawab adalah kunci utama eksistensi toko online.

10. Mendirikan Event Organizer (EO)

Ide bisnis Event Organizer

Seorang mahasiswa tentu begitu suka dengan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan koordinasi dengan banyak orang. Terutama jika Anda adalah seorang party planner, rasa-rasanya bisnis EO jelas jadi pilihan tepat. Dimulai dari kegiatan kecil-kecilan seperti ulang tahun sahabat, acara BEM kampus hingga akhirnya melangsungkan konser band lokal, bisnis EO memang membutuhkan sosok muda yang kreatif dan tidak mudah mengeluh. Jasa EO yang berkualitas bahkan memiliki tarif yang sangat menggiurkan dan mampu memberikan portofolio yang bergengsi pada diri Anda sebagai seorang mahasiswa.

Melalui ulasan di atas, jelas membuktikan kalau ternyata ada banyak sekali pilihan bisnis yang bisa digeluti seorang mahasiswa. Dengan waktu yang fleksibel, Anda pun tak perlu khawatir pada kewajiban utama di dunia kuliah. Hanya saja kembali lagi jika memang ingin sukses baik di kampus dan bisnis, diperlukan kedisiplinan yang maksimal dan rasa pantang menyerah. Bukan tak mungkin di usia yang masih muda dan belum memperoleh gelar sarjana, Anda sudah memperoleh penghasilan istimewa berkat bisnis yang digeluti. Semangat!

Scroll to Top