7 Ide Bisnis Digital Printing Kreatif yang Bisa Dicoba Tahun 2021

Kamu pasti sudah sering melihat aneka banner seminar, tas kanvas bergambar, kaos seragam kelas, atau mug bergambar foto pemiliknya. Itu semua merupakan aneka produk dari digital printing.

Usaha percetakan digital printing merupakan usaha yang percetakan yang menggunakan metode berbasis gambar digital dari sebuah file kemudian dicetak di sebuah media. Media yang digunakan bisa berbahan kain, keramik, kanvas, dan lain-lain.

Seperti sudah dijelaskan diatas, produk dari digital printing ini bisa berupa mug, tas, banner, standing banner, pulpen, gantungan kunci, baju, dan lain-lain. Biasanya usaha seperti ini kita kenal dengan tempat pembuatan merchandise.

Digital printing merupakan inovasi di dunia percetakan. Ini merupakan teknik percetakan dari teks ataupun gambar berbasis digital yang dituangkan di berbagai media dengan proses yang instan dan waktu yang sangat cepat.

Dengan semakin modernnya teknologi, usaha digital printing menjadi salah satu usaha dengan peluang yang sangat besar.

Ada banyak kelebihan yang diperoleh jika Kamu memutuskan untuk memulai usaha digital printing dibanding harus dengan metode konvensional.

Kelebihan usaha digital printing mempunyai kelebihan seperti proses yang lebih ringkas, waktu produksi yang lebih cepat, menghemat tenaga kerja, proses kerja yang simpel dan hasil cetak bisa dikeluarkan sesuai dengan jumlah yang diinginkan

Membuat usaha digital printing yang diperlukan adalah keahlian mendesain gambar dengan komputer, minimal corel draw dan photoshop.

Kemudian beberapa mesin cetak yang berbeda untuk gelas, kaos, dan banner. Perangkat komputer dengan spesifikasi yang mendukung, dan menemukan produsen pembuat bahan utama (kertas banner, mug, pulpen, penggaris, dll).

Membuka usaha digital printing memang mebutuhkan keahlian mendesain, tapi urusan mendesain sebenarnya dapat diwakilkan oleh karyawan.

Apabila Kamu ingin membuka usaha digital printing, namun keahlian Kamu dibidang desain masih kurang, Kamu bisa merekrut seorang desainer hkamul.

Modal awal besar yang diperlukan untuk membangun sebuah usaha digital printing sebenarnya adalah bangunan (outlet) dan mesin yang memadai. Bangunan menjadi bagian penting tentu dalam sebuah usaha. selain sebagai tempat kerja juga mempermudah orang lain menemukan Kamu.

Jika modal Kamu tidak mencukupi untuk membangun sebuah bangunan baru atau hanya sekedar menyewa bangunan, Kamu masih bisa memanfaatkan bagian dari rumah Kamu.

Pemanfaatan garasi atau teras bisa menjadi alternatif untuk mendirikan sebuah usaha. jangan lupa pasang banner atau neon box sebagai identitas outlet Kamu.

Sedangkan dalam pembelian mesin, lebih baik Kamu memilih mesin dengan kualitas yang baik. Membeli mesin yang modern biasanya harga yang dibandrol juga lumayan menguras kantong.

Namun tidak apa membeli mesin yang sedikit mahal. Mesin dengan penggunaan dan perawatan yang baik bisa menjadi investasi Kamu.

Mesin yang bagus nantinya juga memudahkan Kamu dalam menghadapi orderan yang masuk. Permintaan pelanggan yang beraneka ragam dan jumlahnya banyak bisa Kamu tangani dengan baik.

1. Printing Kaos

Printing Kaos

Satu dari tiga kebutuhan primer manusia adalah pakaian. Setiap hari bahkan hampir setiap waktu pakaian melekat di tubuh manusia. Sehingga permintaan terhadap pakaian tidak akan habis sampai kapan pun.

Maka dari itu digital printing untuk sablon kaos bisa menjadi salah satu ide usaha yang cukup menjanjikan. Memulai usaha ini pun tidak membutuhkan modal yang sangat besar seperti yang mungkin Kamu bayangkan.

Ini karena mesin yang digunakan tersedia sangat beragam, mulai dari yang terjangkau sampai yang paling mahal, mulai dari mesin untuk produksi kecil hingga produksi besar.

Selain itu, usaha ini juga mempunyai permintaan pasar yang besar karena dengan digital printing, desain baju dan warna yang diaplikasikan bisa lebih bervariasi.

2. Percetakan Stiker

Percetakan Stiker

Stiker merupakah produk printing lain yang sangat laku di pasaran karena dapat difungsikan di berbagai media dan wajib ada di setiap produk percetakan.

Produk stiker ada banyak seperti stiker untuk mobil, motor, sepeda, helm, kaca, dinding, telepon genggam dan lain sebagainya yang kerap dibutuhkan sebagai penghias.

Karena konsumennya berasal dari berbagai latar belakang dan kebutuhan, peluang usaha stiker ini sangat besar dan mempunyai prospek yang cukup menjanjikan.

Ditambah lagi dengan peralatan sederhana dan modal yang tidak terlalu besar membuat bisnis ini lebih mudah untuk dicoba.

3. Cetak Undangan dan Kartu Nama

Cetak Undangan dan Kartu Nama

Bisnis yang bisa kamu kembangkan lagi adalah bisnis yang menghasilkan produk kartu, seperti kartu undangan dan kartu nama. Belakangan ini, kartu nama dan undangan menjadi produk yang selalu menjadi incaran banyak orang.

Terlebih untuk perusahaan yang membutuhkan kartu nama sebagai tkamu pengenal seseorang agar terlihat lebih profesional.

Untuk undangan, tentu saja menjadi salah satu hal yang dibutuhkan untuk yang ingin melangsungkan sebuah pernikahan atau pesta lainnya.

Maka dari itu, bisnis pembuatan kartu nama dan undangan merupakan bisnis yang cukup menjanjikan untuk kamu jadikan usaha.

4. Custom Mug dan Piring

Custom Mug dan Piring

Mug dan piring yang dicetak dengan unik sering dijadikan hiasan oleh kebanyakan orang. Selain itu, dua barang ini pun dapat kamu jadikan suvenir pernikahan agar bisa dikenang oleh para tamu undangan.

Melalui usaha digital printing ini, kamu dapat mendapatkan keuntungan yang bisa dibilang tidak sedikit.

Untuk memulai usaha ini, kamu membutuhkan bantuan alat yang dinamakan pressmug. Alat ini, dapat mencetak mug dan piring sesuai dengan desain yang kamu inginkan dibantu dengan tinta sublime.

Baca juga : Kumpulan lengkap Bisnis Online terbaru

Cara yang digunakan alat ini pun sangat mudah, sehingga bagi kamu yang pemula dapat cepat dalam mengoperasikan mug dan piring yang ingin kamu desain.

5. Cetak Media Promosi

 Cetak Media Promosi

Usaha percetakan digital printing yang dapat dihasilkan pun berguna untuk alat-alat promosional seperti banner, baliho, spanduk, brosur, flyer, pamflet dan lain halnya.

Percetakan ini pun berumur panjang selama orang yang menggunakan masih menjalankan promosinya, sehingga prospek usaha ini sangatlah bagus ke depan.

Untuk memulai usaha ini, kamu membutuhkan mesin digital printing baik indoor atau outdoor, alat penunjang dan juga sumber daya manusia.

6. Custom Case Telpon Genggam

Custom Case Telpon Genggam

Hampir seluruh orang saat ini mempunyai telepon genggam. Kebanyakan orang tidak membiarkan telepon genggamnya tanpa case untuk menghindari dari kotoran atau gesekan yang mungkin terjadi.

Untuk menambah nilai aestetik dan keunikan, pemilik telepon genggam kerap memilih case dengan berbagai gambar atau tulisan.

Baca juga : 13 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Mahasiswa

Gambar ini bisa dibuat dengan menggunakan digital printing. Banyaknya peminat membuat Kamu dapat memanfaatkan digital printing case telepon genggam sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

7. Cetak Souvenir

Cetak Souvenir

Ada berbagai macam jenis souvenir baik untuk koleksi sendiri atau untuk keperluan acara seperti pernikahan, acara kantor dan lain sebagainya.

Souvenir bisa didapatkan dari barang-barang seperti gantungan kunci, pin, tumblr, tas, payung dan lain-lain yang disulap dengan sangat menarik menggunakan digital printing.

Baca juga : 21+ Peluang Bisnis Terbaik dan Menjanjikan (Terbaru)

Dengan semakin banyaknya acara yang digelar, semakin banyak juga kebutuhan terhadap souvenir, begitu pulalah peluang usaha digital printing akan terus berjalan. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk dijadikan peluang usaha yang menjanjikan.

Penutup

Anda bisa mencoba ide bisnis digital printing tersebut. Temukan yang cocok dengan karakter, keahlian dan pangsa pasar yang anda miliki. Semoga Bermanfaat.

Bagikan ;