Inilah 10 Bisnis Franchise dengan Modal Kurang dari 10 Juta Rupiah

ide bisnis franchise murah - King Mango Thai

Ketika Anda sudah memastikan langkah sebagai wirausaha, tentu bakal banyak tantangan yang menghadang. Risiko kerugian merupakan salah satu pertimbangan utama kenapa banyak orang masih enggan resign dari pekerjaannya dan jadi wirausaha. Apakah memang semua bisnis punya risiko rugi? Benar. Namun ada kok model bisnis yang memiliki peluang rugi tidak terlalu besar dan tak bikin Anda repot yakni franchise alias waralaba.

Secara mudahnya, bisnis franchise adalah sebuah metode memulai usaha dengan nama, merek dagang, produk dan bahan yang sudah terkenal sebelumnya. Ada banyak sekali bisnis-bisnis waralaba yang telah populer di tingkat global seperti McDonald’s. 7-Eleven, Pizza Hut sampai Circle K. Lantaran merek dagang sudah ada, bisnis waralaba punya aturan tersendiri yang tetap saja menguntungkan.

Inilah Keuntungan yang Diperoleh Dari Bisnis Waralaba

ide bisnis franchise murah
ide bisnis franchise murah

Popularitas metode bisnis franchise yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir tak lepas dari banyaknya keuntungan yang diperoleh. Supaya Anda makin tertarik, berikut ini adalah ulasan beberapa keuntungan bisnis waralaba:

1. Untung Lebih Cepat

Ketika memulai usaha sendiri, Anda tentu harus berpikir mengenai sistem manajemen bisnis dan finansial. Manajemen yang lemah bisa membuat bisnis gagal berjalan. Namun hal ini tak berlaku pada bisnis waralaba, terutama yang punya reputasi bagus. Pemilik franchise sudah punya manajemen bisnis dan finansial teruji sehingga setiap mitra baru bakal mudah menerapkannya

2. Merek Dagang Populer

Selain keuntungan yang lebih cepat karena manajemen bisnis dan finansial bisnis franchise sudah terbentuk, hal lain yang menggiurkan soal waralaba adalah brand telah populer. Anda tak perlu keluar tenaga dan biaya untuk pemasaran di awal karena masyarakat sudah kenal dengan merek dagang waralaba tersebut.

3. Adanya Kerjasama Usaha Bikin Nyaman

Adanya jaminan pasokan bahan baku hingga agensi pemasaran adalah bukti bahwa kerjasama usaha waralaba sudah terbangun dengan mantap. Bahkan beberapa franchise memberikan pelatihan khusus untuk mitra baru mereka sebagai bagian paket pembelian. Hal ini jelas membuat memulai usaha waralaba jauh lebih bikin nyaman, tenang dan siapapun bisa melaksanakannya.

10 Bisnis Franchise Menggiurkan dengan Modal Kurang dari Rp 10 Juta!

Popularitas sebuah merek dagang hingga adanya potongan fee adalah pertimbangan calon wirausaha sebelum memilih metode franchise. Hal ini membuat modal bisnis franchise sangat besar. Namun tahukah Anda, kalau ada banyak bisnis franchise menguntungkan dengan modal tidak sampai sepuluh juta rupiah! Apa saja? Intip ulasannya berikut ini:

1. Franchise JNE Express

ide bisnis franchise murah - JNE Express
ide bisnis franchise murah – JNE Express

Jika kebanyakan franchise modal kecil bergelut di bidang kuliner, Anda bisa mencoba variasi baru lewat waralaba JNE Express. Jasa pengiriman paket ini memang berkembang sangat cepat di Indonesia, terutama dengan meningkatnya gaya hidup belanja online. Untuk memulai waralaba ini, Anda harus memenuhi syarat umum dan khusus dari pihak JNE. Modal yang harus dikeluarkan mulai Rp 7 juta saja.

2. Franchise King Mango Thai

ide bisnis franchise murah - King Mango Thai
ide bisnis franchise murah – King Mango Thai

Kuliner kekinian yang mudah viral adalah bisnis penghasil untung melimpah. Salah satunya adalah trend minuman jus mangga ala Thailand lewat King Mango Thai. Pertama kali dibuka di Neo Soho Mall, Jakarta pada 2017, King Mango Thai langsung meraih antusias luar biasa. Meskipun harga per porsinya mencapai Rp 50 ribu, kualitas King Mango Thai memang tidak ada bandingannya. Anda bisa memilih beberapa paket mulai franchise mulai dari Rp 7,5 juta untuk berjualan jus mangga ala Thailand ini.

3. Franchise Shizuka Takoyaki

Banyaknya penggemar masakan Jepang membuat camilan Negeri Sakura itupun laris manis. Salah satu camilan yang banyak diminati ialah takoyaki, Ingin berjualan takoyaki anti ribet? Maka bergabung dalam franchise Shizuka Takoyaki adalah pilihan tepat. Dengan harga paket mulai Rp 2,2 juta, Anda sudah memperoleh booth portable, x-banner dan tentunya peralatan memasak takoyaki.

Baca juga: 8 Peluang Usaha untuk Anda Lulusan SMA/ SMK, Anda Bisa Sukses!

4. Franchise Mister Jagung

Siapapun senang makan jagung manis pipilan dengan aneka topping dan pilihan rasa. Hal ini yang membuat franchise Mister Jagung mampu bertahan. Dengan harga paket waralaba mulai Rp 2,9 juta, Anda sudah memperoleh peralatan memasak jagung manis pipilan secara lengkap sekaligus kemasan, sendok hingga bahan baku dan topping.

5. Franchise Dokar (Donat Bakar)

Sudah ada sejak tahun 2008, Dokar alias Donat Bakar telah memiliki lebih dari 66 cabang di seluruh Indonesia. Untuk bisa bergabung sebagai mitra, Anda harus mengeluarkan budget Rp 7,5 juta – Rp 9,3 juta. Dengan bahan baku berkualitas, Dokar mengklaim setiap mitranya mampu meraup Rp 11 juta – Rp 15 juta per bulan.

6. Franchise Galaxy Pertamini

ide bisnis franchise murah - Galaxy Pertamini
ide bisnis franchise murah – Galaxy Pertamini

Penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) bukan monopoli Pertamina saja. Anda bisa berjualan bensin eceran tapi dengan konsep yang lebih modern lewat waralaba Galaxy Pertamini asal Depok, Jawa Barat ini. Ada empat paket yang bisa dipilih yakni Fit, Nova, Bima dan Orion dengan budget awal Rp 9 juta. Laba bersih yang bisa diperoleh mitra setiap bulannya mencapai Rp 4 juta.

7. Franchise Siomay YouLagi

Siomay adalah salah satu camilan populer di Indonesia sejak dulu. Namun melalui franchise Siomay YouLagi, siomay tampil makin modern dan berkualitas. Berdiri sejak 2013, Siomay YouLagi sudah memiliki lebih dari 400 mitra di Indonesia. Tak perlu banyak modal, franchise ini bisa dimulai dengan dana Rp 1 juta – Rp 6 juta dengan laba bulanan mulai Rp 3,2 juta.

Baca juga: Mau Masuk Universitas? 7 Pilihan Jurusan Kuliah ini Cocok untuk Calon Pengusaha!

8. Franchise Semerbak Coffee

Gaya hidup minum kopi di kalangan anak muda membuat bisnis kopi laris manis. Alih-alih memulai kedai kopi yang butuh modal ratusan juta rupiah, Anda bisa memilih bermitra dengan Semerbak Coffee. Paket waralaba yang ditawarkan sudah mencakup booth kopi siap saji dan bahan baku dari pusat. Berdiri sejak 2009, Semerbak Coffee sudah punya lebih dari 410 mitra. Untuk investasinya minimal Rp 9,5 juta.

9. Franchise Cho Cho Thai Tea

ide bisnis franchise murah - Cho Cho Thai Tea
ide bisnis franchise murah – Cho Cho Thai Tea

Selain King Mango, minuman kekinian dari Thailand yang lair adalah Thai Tea. Harga jual yang mulai dari Rp 10 ribu, membuat Thai Tea sangat laris manis baik di mall atau pinggir jalan. Anda bisa memulai franchise ini dengan modal Rp 5,5 juta dan memperoleh booth, perlengkapan berjualan, bahan baku impor Thailand dan omzet mulai Rp 7 juta/bulan.

10. Franchise Kuch2Hotahu

Seperti namanya, bisnis ini menjual olahan tahu goreng dengen tepung rahasia dan rasa pedas khas. Tahu dan pedas adalah dua hal favorit pecinta kuliner di Indonesia sehingga tak heran kalau Kuch2Hotahu yang berdiri pada tahun 2011 ini sudah memiliki lebih dari 700 mitra. Ada dua paket usaha Kuch2Hotahu yang bisa Anda pilih yakni paket reguler (Rp 8,5 juta) dan paket mini Kuch (Rp 10 juta). Semua paket kerjasama Kuch2Hotahu tanpa royalty fee.

Bagaimana? Ada banyak sekali kan jenis franchise menguntungkan dengan modal sedikit bahkan kurang dari 10 juta rupiah? Anda bisa memilih salah satu di antaranya sesuai dengan minat dan tentunya pertimbangan pasar. Dengan pertimbangan yang tepat dan usaha pantang menyerah, bisnis waralaba mampu memberikan keuntungan melimpah dan kesuksesan bagi Anda. Untuk itulah, selalu bersemangat dan jangan pernah berhenti belajar!

Scroll to Top