Mau Bisnis Jadi Viral? Trik-Trik Berikut Bisa Anda Coba!

Berjualan secara online dalam beberapa tahun terakhir memang jadi pilihan bisnis bagi banyak orang. Terlepas dari apa status sosial, pendidikan, latar belakang hingga usia, bisnis online membuat siapapun tertarik. Bahkan tak sedikit dari pada penjual di internet itu melakukan berbagai cara supaya bisnis jadi viral yang akhirnya berdampak positif ke omzet, serta tentunya penghasilan si pelaku bisnis itu sendiri.

Ketika bisnis jadi viral, maka sudah berarti bakal diperbincangkan oleh banyak orang. Rasa ketertarikan pasar itulah yang membuat penjualan produk bakal terus meningkat. Hanya saja membuat bisnis online yang digeluti bisa benar-benar mampu jadi bahan pembicaraan, tentu bukanlah perkara mudah. Anda sebagai pengusaha harus tahu bagaimana trik yang tepat untuk membuat sebuah bisnis jadi booming.

Beruntung di era pandemi Covid-19 yang membuat adanya kebijakan pembatasan kegiatan sosial, sedikit banyak memberikan peluang positif pada masa depan bisnis online.

Tingginya angka pengguna internet di Tanah Air akan menjadi momentum yang baik untuk berjualan secara online. Apalagi saat ini umat Islam di seluruh Indonesia tengah memasuki ibadah puasa di bulan Ramadhan, membuat total transaksi online jelas makin meningkat.

Denny Santoso selaku Founder & CEO Tribelio.com kepada Suara pun menyebutkan kalau ada dua kunci sukses bisnis online. Kedua kunci itu adalah pengalaman dan aksi nyata. Karena bagaimanapun juga, berbagai teori soal jualan di internet tak akan berguna jika kita sebagai pelaku belum memberanikan diri bertindak langsung di lapangan.

Baca juga: 3 Pertimbangan yang Tepat Untuk Merekrut Staff Human Resource

Nah, supaya bisa bertindak dengan bijaksana, bisnis online akhirnya membutuhkan sejumlah manajemen risiko yang tepat termasuk mempelajari pentingnya digital marketing. Setelah memahami digital marketing, tentu membuat bisnis jadi viral bukanlah perkara sulit.

8 Trik Rahasia Agar Bisnis Online Jadi Viral yang Wajib Dicoba

Dengan penggunaan internet yang benar-benar tinggi dalam kurun waktu satu dekade terakhir, sebetulnya ini adalah peluang bisnis yang bagus bagi setiap wirausaha online.

Apalagi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pandemi membuat penetrasi internet di kalangan masyarakat makin meningkat. Untuk itulah setiap pebisnis online berpeluang membuat bisnis mereka viral.

Namun tentu saja popularitas ini haruslah berkualitas. Jangan sampai hanya karena mengejar viral dengan berbagai cara, branding image dari produk yang Anda tawarkan malah dipandang negatif. Supaya tidak melakukan hal-hal tersebut, sejumlah trik rahasia agar bisnis jadi viral berikut ini bisa Anda coba:

1. Berdayakan Komunitas

Strategi Bisnis Online
© charlesdeluvio/UNSPLASH

Rahasia dan trik pertama yang dapat Anda lakukan agar bisnis jadi viral adalah membentuk komunitas.

Anda harus tahu bahwa dalam sebuah komunitas berisi orang-orang yang memiliki kesamaan. Misalkan saja Anda berbisnis dengan berjualan hijab untuk perempuan muda, maka cobalah masuk ke komunitas-komunitas hijab milenial yang tentunya sesuai dengan target pasar.

Tak hanya menawarkan produk secara langsung, Anda juga dapat terlibat sebagai sponsor dari kegiatan yang melibatkan komunitas, sehingga membuat produk bisnis jadi viral dan banyak dibicarakan.

Lantas bagaimana jika komunitas itu tidak ada?

Beranikan diri untuk sesegera mungkin membentuk komunitas yang sesuai dengan target pasar. Jika perlu, Anda dapat mengajukan satu orang untuk mengelola seluruh kegiatan komunitas yang tentunya berkaitan dengan produk bisnis.

2. Tawarkan Franchise

Rahasia berikutnya agar bisnis jadi viral dengan waktu tepat adalah mempertimbangkan penawaran konsep franchise alias waralaba.

Tunggu, apakah bisnis online dapat dijadikan waralaba?

Jawabannya adalah tentu saja bisa! Bahkan lewat sistem waralaba atau yang mungkin lebih sering dikenal sebagai kemitraan ini Anda dapat menjual produk hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Sedangkan si pemilik waralaba tak perlu repot-repot membuka cabang dan melakukan pelatihan karyawan.

3. Pelajari SEO

Dengan digital marketing yang juga memegang kunci dalam bisnis online, mempelajari SEO (Search Engine Optimization) adalah hal penting.

Sesuai dengan namanya, SEO akan membuat bisnis Anda lebih ramah di halaman pencarian Google, yang akhirnya membuat orang tertarik dan melakukan transaksi. Nantinya dengan SEO yang tepat, konten promosi bisnis Anda jelas akan lebih populer di mesin pencarian internet.

Baca juga: 6 Tips Sukses Bisnis Musiman Saat Ramadhan

Beberapa hal soal SEO yang bisa Anda pelajari seperti CMS (Content Management System) agar konten digital dapat dikelola maksimal, SEO dan Analytics yang membuat konten soal produk di blog lebih cepat terindeks, dan terakhir perkara emal marketing ternyata tetap ampuh menjalin komunikasi dengan pasar.

4. Pakai Influencer

Influencer Bisnis Onlne
© Patrick Perkins/UNSPLASH

Lantaran Anda menjalankan bisnis online, maka keterlibatan dengan influencer adalah hal penting. Keberadaan influencer justru bisa membuat binsis online jadi viral, terutama jika Anda mengajak kerjasama influencer populer.

Influencer ini bisa berasal dari banyak sektor entah seorang blogger, vlogger, YouTuber, atau bahkan selebgram. Tentunya makin besar pengikut si influencer, tarif kerjasamanya pun makin melambung.

Namun tarif yang dikeluarkan ini memang bisa saja sebanding dengan membuat omzet makin meningkat.

Misalkan saja jika menggunakan jasa influencer yang berstatus sebagai selebgram atau selebritis dengan pengikut jutaan orang, tentu dampak yang dirasakan ke bisnis bakal berbeda jika dibandingkan dengan efek dari nano influencer yang mungkin punya pengikut ribuan orang saja.

5. Kumpulkan Data Konsumen

Rahasia berikutnya agar bisnis jadi viral adalah memiliki data konsumen yang tepat. Bahkan menurut Denny, pengumpulan database konsumen yang menjadi target penjualan ini merupakan salah satu pondasi dalam berbisnis yang wajib dipahami oleh pemula.

Dengan memiliki database konsumen termasuk demografi usia atau pekerjaan, kita akan bisa melihat pola saat hendak berbelanja.

Tentunya saat database konsumen ini terbaca, Anda akan tahu kapan waktu yang tepat untuk mengunggah sejumlah konten produk. Timing yang tepat inilah yang akhirnya cepat atau lambat akan membuat bisnis Anda jadi perbincangan, dan kemudian viral di dunia maya.

6. Bisnis Harus Unik

Apa yang membedakan sebuah brand mampu viral daripada produk lain? Tepat sekali kalau jawaban Anda adalah keunikan.

Misalkan saja ada banyak sekali penjual bakso di Indonesia ini. Namun bakso yang menggunakan nama ‘Bakso Setan Neraka’ misalnya, jelas bakal jauh lebih dipilih oleh calon konsumen lantaran menggunakan nama unik. Tak peduli apakah rasanya sama, karena keunikan itulah yang membuat pasar tertarik.

Tak hanya sekadar nama produk, keunikan ini mungkin juga bisa Anda tawarkan lewat packaging produk yang tidak biasa-biasa saja, maupun jargon.

Bahkan kalau ingin memberikan identitas terhadap bisnis, Anda bisa mencoba membagikan kisah seru yang menginspirasi soal jatuh-bangunnya memulai bisnis hingga meraih omzet melimpah. Hal-hal seperti inilah yang justru bakal membuat produk Anda mudah viral.

7. Maksimalkan Media Sosial

Media Sosial Bisnis Online
© Timothy Hales Bennett/UNSPLASH

Rasa-rasanya tak mungkin mampu merah sukses dalam bisnis online apalagi membuatnya viral jika Anda tak mampu memaksimalkan media sosial.

Yap, saat ini media sosial seolah menjadi tulang punggung utama dalam keberlangsungan bisnis online. Mau Facebook, Twitter, Instagram bahkan YouTube, semua bisa Anda maafkan untuk mengenalkan produk.

Nah supaya akun media sosial yang dimiliki bisnis Anda bukan hanya sekadar idenitas di internet saja, usahakan untuk memberikan konten promosi yang menarik.

Mulai dari menggunakan foto-foto yang menarik, hingga caption menggelitik yang akhirnya jadi bahan perbincangan pengguna media sosial, lalu berdampak positif ke bisnis.

Baca juga: 13 Cara Meningkatkan Kualitas Proses Perekrutan Karyawan

8. Paham Tren

Dan inilah rahasia terakhir yang dapat membuat bisnis jadi viral adalah dengan memahami tren. Yap, menjalankan sebuah bisnis di internet membuat Anda sebagai pemilik harus tahu tren apa yang kini tengah populer dan disukai pasar.

Jadikan tren itu sebagai bagian dari bisnis, seperti konten untuk promosi, jargon atau mungkin caption story telling yang menarik.

Nah, bagaimana? Sebetulnya tidak sulit bukan untuk membuat bisnis online jadi viral? Untuk itulah Anda yang kini tengah berjualan di internet, bisa menerapkan sejumlah hal di atas secara maksimal.

Dengan begitu bisnis yang digeluti bukan tak mungkin bakal jadi perbincangan banyak orang, yang tentunya berdampak positif ke omzet bisnis. Jadi, semangat berjualan online, ya!

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar