Bisnis Jasa Make Up Bagi Pemula, Apa saja yang harus di siapkan?

Bisnis Jasa Make Up Bagi Pemula. Jaman sekarang menemukan jasa Make Up sangatlah mudah. Biasanya ada banyak di media sosial seperti facebook, Instagram atau youtube. Tinggal cari di menu pencarian dengan kata kunci MUA atau make up artist maka akan ada banyak akun-akun yang direkomendasikan. Hal ini berbeda dengan jaman dahulu yang dimana para perias sangat terbatas.

Tapi tahukah kamu bahwa ternyata perias dan make up artist itu berbeda?

Biasanya seorang perias identik dengan berbagai keahlian, seperti mendandani wajah, tahu pakem berbagai pakaian adat pernikahan (seperti sanggul, jarik, paes, dll), bisa hair do atau hijab do. Bahkan seorang perias biasanya memiliki wedding organizing sendiri karena punya peralatan dan tahu manajemen pernikahan dari awal hingga akhir.

Perias berbeda dengan make up artist karena seorang MUA lebih fokus pada riasan wajah saja. Seorang perias bisa dikatakan sebagai MUA, sedangkan seorang MUA belum tentu perias. Biasanya MUA memiliki keterampilan merias wajah yang lebih update dibandingkan dengan seorang perias. Tapi tidak menutup kemungkinan seorang perias memiliki skill mendandani wajah lebih keren dan update dibanding MUA.

Untuk pemula yang ingin memulai bisnis di dunia per-makeupan, bisa memilih ingin menjadi perias atau MUA. Secara garis besar profesi ini memang membutuhkan keahlian yang berbeda. Tapi jika ingin memulai dari awal maka langkah-langkah yang ditempuh sebagian besar sama. Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis jasa make up bagi pemula:

Mengasah Skill/Kemampuan Maku Up

Hal pertama yang dibutuhkan untuk membuka jasa make up bagi pemula tentunya kemampuan mendandani atau skill make up. Skill ini bisa kamu dapati dengan 2 cara, yaitu dengan cara formal maupun otodidak.

A. Belajar make up

Belajar make up/Unsplash

– Formal

Jika kamu belajar make up secara formal maka seperti sekolah pada umumnya, akan ada kurikulum terstruktur yang nantinya harus diikuti. Di sekolah ini kamu nantinya akan diajari mulai dari nol. Dikenalkan dengan berbagai alat, Teknik dan segala macam hal yang berhubungan dengan make up.

Biasanya target utama sekolah ini adalah bisa merias wajah pengantin dan mengurus segala macam yang berhubungan dengan pengantin. Hal-hal selain merias wajah yang dimaksud adalah mengurus rambut seperti sanggul, paes, kembang, sunting, bahkan sampai penggunaan hijab sesuai adat yang digunakan. Hingga penggunaan baju adat atau modern yang dipesan oleh klient.

Namun sekolah perias tidak hanya mengajari rias pengantin tapi juga mempelajari skill lanjutan. Skill lanjutan ini biasanya berbentuk keahlian merias wajah dengan efek atau model tertentu.

Yuk baca artikel kami lainya seputar bisnis, Bisnis Nasi Box Kekinian, Apa Saja Si yang Harus Dilakukan?

Keuntungan ketika kamu mengambil sekolah rias adalah mendapatkan sertifikat atau raport di akhir masa sekolah. Jika semua mata kuliah sudah diambil dan lulus, maka kamu akan menjadi kosmetologis berlisensi. Untuk menjadi kosmetologis kamu harus memiliki sertifikat legal.

– Otodidak

Selain belajar di sekolah khusus, memiliki kemampuan make up bisa dialakukan dengan cara otodidak atau belajar sendiri. Sekarang ada banyak cara dan sarana yang bisa kamu gunakan untuk belajar make up. Beberapa di antaranya seperti berikut:

  1. Belajar dari Tutorial YouTube
  2. Melihat media sosial MUA dan beauty vlogger professional
  3. Mengikuti make up workshop
  4. Mengikuti kelas semi private make up
  5. Mengikuti demo make up yang biasanya dilakukan di mall-mall

B. Menguasai macam-macam teknik make up

Menguasai macam-macam teknik make up/Unsplash

Dengan berbagai macam “bahan belajar” yang ada di internet atau diajarkan di sekolah, yang harus menjadi tujuanmu adalah teknik make up. Teknik make up merupakan keahlian yang dimiliki ketika memang melakukan praktek.

Dengan hanya melihat atau belajar kamu tidak akan bisa memiliki kemampuan ini. Teknik make up yang dikuasai akan berkembang sejalan dengan pengalaman kamu merias berbagai macam wajah.

Ada banyak jenis make up yang harus kamu ketahui sebelum membuka jasa make up bagi pemula. Beberapa di antaranya seperti contouring, baking, strobing, highlighting, draping, feathering, menghilangkan lipatan, fallout, airbrushing, stippling, folling dan mash banyak lainnya.

C. Menemukan ciri khas riasan

Selain berbagai macam teknik make up yang banyak disukai, menemukan ciri khas teknik make up kamu sendiri juga merupakan hal yang penting untuk membuka jasa make up bagi pemula. Ciri khas ini adalah faktor yang membuat kamu yang ingin memulai jasa make up berbeda dengan MUA lainnya. Ciri khas inilah yang akan membuat pelanggan “kembali” menggunakan jasamu setelah puas dengan hasil yang sebelumnya.

D. Pahami keinginan klien

Keinginan klien merupakan hal yang paling penting. Dengan bekal teknik make up yang telah matang, keinginan

klien akan semakin mudah diwujudkan. Dalam bisnis make up bagi pemula, faktor ini adalah penentu. Jika kamu bisa mengikuti keinginan dari klienmu, maka kemungkinan dia akan menggunakan jasamu lagi juga semakin besar.

Persiapkan Peralatan Untuk Bisnis Jasa Make Up

A. Memiliki modal peralatan Make Up yang lengkap dan berkualitas

Peralatan Make Up yang lengkap dan berkualitas/Unsplash

Modal yang diperlukan dalam bisnis make up bagi pemula tidak hanya keahlian. Peralatan make up yang lengkap dengan berkualitas tentu juga merupakan modal yang perlu disiapkan.

Tapi jika kamu belajar make up dari kursus-kursus tertentu atau sekolahnya langsung, maka biasanya berbagai macam jenis make up ini akan dipersiapkan.

Tapi jika kamu belajar otodidak, maka kamu bisa menyicil sedikit demi sedikit alat atau bahan apa saja yang harus dimiliki. Bahan dan alat yang berkualitas tidak selalu mahal.

Dengan teknik yang sering dilatih dan make up standartpun bisa menjadikan hasil riasanmu terlihat bagus. Apalagi jika kamu memiliki ciri khas terteun. Tidak perlu memiliki peralatan yang mahal-mahal untuk bisa menjadi seorang MUA.

Biasanya produk-produk luar negeri dianggap memiliki kualitas yang lebih bagu dibandingkan dengan merek dalam negeri. Tapi akhir-akhir ini ada banyak merek local yang juga berkualitas tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dari para beauty blogger yang sangat sering mereview make up merek local dengan kualitas yang tidak main-main.

Namun membeli make up dari merek luar negeri juga tidak ada salahnya, apalagi jika hasil make up kamu akan semakin bagus jika menggunakannya. Make up luar negeri yang biasanya dianggap bagus untuk kosmetik adalah yang berasal dari Korea Selatan, Amerika, maupun China.

Berikut beberapa jenis peralatan make up yang perlu dimiliki untuk membuka jasa make up bagi pemula:

  1. Berbagai jenis kuas atau brush
  2. Beuty Blender
  3. Pelembab
  4. Primer
  5. Foundation
  6. Bedak
  7. Berbagai Eyebrow Kit
  8. Eyeshadow Pallet
  9. Eyliner
  10. Mascara
  11. Bulu mata palsu dan lemnya
  12. Blush On
  13. Contouring
  14. Highlighter
  15. Finishing Powder
  16. Makeup Fixer
  17. Berbagai Jenis Lipstik, Lipbalm, dll
  18. Makeup Artist Case

B. Bereksperimen dengan Make Up dan Peralatannya

Bereksperimen dengan Make Up dan Peralatannya/Unsplash

Setelah sekian lama belajar serta memiliki berbagai peralatan make up yang lengkap dan berkualitas, sekarang saatnya kamu bereksperimen. Eksperimen dengan berbagai macam make up dan jenis muka akan membantumu meningkatkan kualitas jasa make up bagi pemula.

Eksperimen yang kamu lakukan bisa dijadikan untuk potofolio. Portofoliolah yang nantinya akan membuat hasil karyamu dikenal khalayak ramai. Pengalaman pertama dan kedua kali mungkin bisa kamu lakukan secara gratis. Tapi semakin sering kamu mendandani wajah seorang itu tandanya skill yang kamu miliki semakin diakui.

Jam terbang merupakan salah satu faktor “besarnya” seorang MUA. Dengan berbagai macam jenis wajah klien akan membuat seorang MUA memiliki berbagai macam keahlian dalam “menangani” masalah. Karena tidak semua wajah klien mudah untuk didandani. Serta tidak semua klien langsung menyukai dandanan yang kita berikan.

Contoh masalah yang paling sering dialami make up artis pemula adalah jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang kulitnya kering, ada yang berminyak, bahkan kulit sensitive. Penggunaan foundation pada 3 jenis kulit ini pastinya berbeda. Belum lagi jika kulit wajah klien yang akan didandani adalah jenis kulit sensitive.

Maka dari itu, sebelum memulai merias usahakan untuk bertanya terlebih dahulu kepada klien yang akan didandani. Meski seorang MUA sudah memiliki jam terbang tinggi, masukan dari klien yang akan didandani wajahnya sangatlah penting untuk mendapatkan kepuasan.

Membuat Portofolio Jasa Maku Up

A. Media Sosial

Potofolio dalam dunia MUA atau perias merupakan gambaran hasil karya/rias yang sudah pernah dilakukan. Potofolio ini bisa berupa gambar maupun video.

Biasanya media yang paling banyak digunakan untuk membangun portofolio bagi para perias adalah media sosial. Bisa dari Instagram, facebook hingga YouTube. Tapi tidak sedikit pula para perias yang memiliki website pribadi.

Media Sosial/Unsplash

Dalam portofolio untuk membuka jasa make up bagi pemula, kamu haru selalu ingat untuk mendokumentasikan hasil bahkan proses merias. Tidak perlu langsung banyak, ikuti saja prosesnya. Dokumentasikan satu satu sesuai dengan eksperimen atau job yang sedang kamu kerjakan.

Jaman sekarang untuk mendokumentasikan sebuah karya sangatlah mudah, karena sudah banyak gadget yang berkualitas dengan harga terjangkau. Setelah mendokumentasikan hasil dan proses merias, kamu tinggal mengunggahnya ke akun media sosial yang telah disiapkan.

Jika memang mau fokus, kamu bisa membuat akun atau chanel khusus yang mengulas tentang dunia kecantikan. Dari sini kamu bisa berbagi ilmu dan pengalaman. Dari berbagi ilmu dan pengalaman tersebut bisa jadi kamu akan mendapatkan jaringan yang lebih luas. Jaringan ini bisa dimanfaatkan untuk mulai memperbesar jasa make up bagi pemula yang kamu jalankan.

B. Menjadi pembicara dan sharing ilmu

Jika ada waktu dan kesempatan, kamu bisa menggunakan komunitas-komunitas make up artist sebagai lahan untuk memperbesar jaringan. Dengan berbagi ilmu, jam terbang kamu akan semakin tinggi. Dari sini kamu juga bisa mendapat penghasilan tambahan karena biasanya kelas kecantikan mematok harga yang cukup tinggi untuk satu kali pertemuannya.

Yuk baca artikel kami lainya, 10 Ide Bisnis Paling Menguntungkan untuk Single Moms

Penutup

Dalam melakukan bisnis jasa make uo bagi MUA atau perias, kemampuan merias dan jam terbang adalah kuncinya. Maka dari itu, jika kamu adalah pemula butuh kesabaran untuk mengembangkan bisnismu ini. Dengan konsisten belajar dan meningkatkan skill, kualitas make up kamu pun akan semakin bagus. Dengan kualitas yang semakin bagus, keahlianmu dalam merias wajah pastinya juga akan dihargai semakin tinggi.

Itulah beberapa hal yang harus kamu persiapkan jika ingin membuka bisnis jasa make up. Mulai dari mempersiapkan keahlian, peralatan, pengalaman hingga portofolio sebagai bahan promosi. Tidak hanya bisnis jasa make up, semua jenis bisnis bahkan pekerjaan pasti ada tantangannya. Jika memang belum menghasilkan maka pengalaman dan kesabaran adalah kuncinya.

Anggraini Munanda Effani: Hai, saya Anggraini Munanda Effani penulis di Folder Bisnis