Kiat Jitu Bisnis Jual Beli Emas Yang Menguntungkan Sebagai Investasi

Salah satu investasi yang masih banyak disukai dan dilakukan banyak orang adalah jual beli emas. Investasi ini memang telah menjadi investasi favorit sejak zaman dahulu.

Emas memang merupakan logam mulia yang disukai banyak orang. Ada beragam alasan yang membuat emas tetap menjadi primadona untuk berinvestasi meski saat ini sudah banyak instrumen investasi lainnya.

Iklan

Salah satu alasannya adalah karena harga emas yang cenderung mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu. Sehingga dengan berinvestasi di emas, Anda bisa terlindung dari risiko inflasi yang mengurangi nilai kekayaan Anda.

Meski begitu, untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi emas tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda pahami agar keuntungan yang didapatkan bisa lebih banyak.

Kelebihan Investasi Emas

Kiat Melakukan Bisnis Jual Beli Emas Yang Menguntungkan Sebagai Investasi/Unsplash

Ketika berbicara tentang investasi, sebenarnya ada banyak instrumen yang bisa Anda pilih. Saat ini tersedia beragam instrumen mulai dari emas, saham, reksadana, tanah atau properti bahkan hingga crypto currency.

Namun di antara itu semua, emas masih tetap menjadi pilihan terbaik bagi banyak orang. Hal ini tentu bukan karena tanpa alasan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari investasi emas.

Yuk baca, 10 Cara Investasi Emas Tanpa Beli Fisiknya

Proses Pencarian Mudah

Ada banyak tujuan seseorang dalam berinvestasi. Salah satunya adalah untuk memberikan jaminan keamanan jika sewaktu-waktu membutuhkan uang dalam jumlah besar. Sehingga tidak perlu berhutang untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Namun kebutuhan akan uang besar tersebut bisa saja datang dengan tiba-tiba. Oleh karena itu, investasi harus cepat dicairkan dan diubah menjadi kas untuk memenuhi kebutuhan.

Sementara, mungkin Anda juga tahu bahwa ada beberapa instrumen investasi yang sulit untuk dicairkan. Berbeda dengan jual beli emas yang cenderung cepat untuk dicarikan karena banyak peminatnya.

Dapat Dijadikan Pelindung Kekayaan

Selain untuk mendapatkan jaminan keamanan saat membutuhkan uang dalam jumlah besar, emas juga bisa dijadikan untuk melindungi nilai kekayaan. Hal ini dikarenakan harga emas yang cenderung stabil dibanding instrumen lain.

Anda sudah pasti memahami bahwa seiring waktu, nilai uang menjadi semakin kecil. Hal ini terjadi karena adanya inflasi. Sehingga nilai kekayaan seseorang semakin lama bisa semakin berkurang.

Sementara nilai emas cenderung stabil mengalami kenaikan setiap tahunnya. Sehingga dengan berinvestasi emas, Anda tidak perlu khawatir nilai kekayaan Anda akan berkurang karena adanya inflasi.

Instrumen investasi lain memang sama-sama bisa mengalami kenaikan seperti emas. Namun harga emas cenderung lebih stabil dibanding instrumen lain. Sehingga emas lebih cocok dijadikan penjaga nilai kekayaan.

Tetapkan Tujuan Sebelum Memulai Investasi Jual Beli Emas

Tetapkan Tujuan Sebelum Memulai Investasi Jual Beli Emas/Unsplash

Salah satu kekeliruan dalam berinvestasi adalah tidak menetapkan tujuan berinvestasi sejak awal. Padahal, keberadaan tujuan sangatlah penting untuk para investor. Termasuk juga untuk Anda yang berinvestasi pada emas.

Tanpa adanya tujuan, Anda akan kebingungan dalam menentukan langkah-langkah yang hendak diambil. Apalagi jika Anda berinvestasi hanya karena mengikuti tren semata. Anda akan mudah mengambil langkah yang keliru.

Tujuan investasi akan menjadi garis bantu Anda dalam menentukan setiap sikap terhadap pergerakan harga emas di pasar. Anda tidak akan mudah goyah untuk membeli atau menjual emas tanpa alasan jelas.

Karena, keputusan dalam membeli atau menjual emas yang tergesa-gesa sangat mungkin mengantarkan Anda pada kerugian. Padahal tentu tujuan Anda melakukan jual beli emas adalah untuk mendapatkan keuntungan.

Sebagai contoh, bila suatu waktu Anda melihat harga emas sedang mengalami penurunan dan banyak orang yang menjual emas mereka. Maka akan muncul dorongan alam diri Anda untuk ikut menjual emas.

Hal ini terjadi karena adanya rasa takut bahwa harga emas akan semakin turun seiring waktu. Apalagi dengan keadaan banyak orang yang mulai menjual emas mereka.

Padahal jika Anda tetap mempertahankan emas Anda, harga di masa mendatang akan naik kembali. Jika hal ini terjadi, tentu Anda yang sudah menjual emas terlebih dahulu akan menyesal.

Jika sedari awal Anda sudah memiliki tujuan, maka Anda akan lebih siap menghadapi kondisi-kondisi ini. Sehingga Anda tidak akan ikut-ikutan menjual emas yang pada akhirnya membuat Anda mengalami kerugian.

Dapatkan Keuntungan Besar Dengan Jual Beli Emas Batangan

Ketika membicarakan tentang emas, maka mungkin dalam pikiran Anda akan terbayang beragam perhiasan. Mulai dari kalung, cincin dan perhiasan lain memang banyak yang terbuat dari emas.

Perhiasan-perhiasan ini memang indah dan dapat membuat orang yang melihatnya kagum. Bahkan perhiasan-perhiasan ini dapat menjadi barang yang menunjukkan kedudukan dan status seseorang di tengah masyarakat.

Oleh karena itu, banyak orang yang mencari dan membeli perhiasan emas ini. Karena bagi mereka, selain menjadi alat investasi, perhiasan juga bisa dipakai dan dipamerkan.

Dengan begitu bukan hanya akan mendapatkan keuntungan material dari investasi, tapi mereka juga mendapatkan keuntungan secara sosial. Padahal, anggapan seperti ini sebenarnya adalah anggapan yang keliru.

Iklan

Jika Anda memang ingin mendapatkan keuntungan besar, maka lebih baik Anda melakukan jual beli emas batangan. Karena, emas dalam bentuk perhiasan sebenarnya tidak terlalu baik dijadikan instrumen investasi.

Ketika Anda membeli perhiasan emas, ada banyak biaya lain yang sebenarnya Anda bayarkan. Mulai dari biaya desain, pembuatan, pajak dan lain sebagainya. Sehingga harga perhiasan bisa berbeda dengan harga emas.

Namun, ketika Anda menjual kembali perhiasan tersebut, biaya-biaya lain ini biasanya tidak dihitung. Para pembeli hanya akan menghargai berat dan kadar emas dari perhiasan yang Anda jual.

Sementara biaya-biaya lain ini tidak akan ada pada emas batangan. Sehingga harga menjual kembali emas batangan akan mengikuti harga yang beredar di masyarakat dan lebih memungkinkan untuk mendatangkan keuntungan.

Perhatikan Keaslian Dalam Melakukan Jual Beli Emas

Perhatikan Keaslian Emas Dalam Melakukan Jual Beli Emas/unsplash

Emas memang merupakan instrumen investasi yang menjadi favorit banyak orang. Namun hal ini di satu sisi membuat banyak oknum yang memanfaatkan kepopuleran emas dengan cara keliru.

Salah satunya adalah banyak oknum-oknum yang menjual emas palsu. Sehingga sebagai seorang investor, Anda harus berhati-hati dalam membeli emas. Jangan sampai Anda keliru dan mendapatkan emas palsu.

Biasanya, emas palsu ini dibuat dalam bentuk perhiasan. Namun tidak diungkiri bahwa saat ini para penipu juga mampu membuat emas batangan palsu. Meskipun emas batangan sebenarnya lebih sulit untuk dipalsukan.

Baca yuk, 10 Alasan Emas Adalah Bentuk Investasi Terbaik

Agar Anda tidak mudah tertipu dan membeli emas palsu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Simak tips berikut ini agar Anda bisa membedakan emas palsu dan asli.

Fisik Emas

Ketika Anda hendak melakukan jual beli emas, perhatikan fisik emas tersebut dengan baik. Pada emas asli, terdapat cap yang menandakan tingkat kadar emas seperti 18K atau 24K.

Emas Asli Bersifat Non-Magnetis

Perlu Anda ketahui bahwa termasuk dalam logam, tetapi emas tidak bersifat magnetis. Artinya bahwa emas tidak akan tertarik atau menempel pada magnet meski Anda dekatkan.

Sementara emas palsu yang terbuat dari atau mengandung besi akan menempel pada magnet. Sehingga jangan menerima jika emas yang hendak Anda beli bisa menempel pada magnet.

Cek Melalui Aplikasi

Ketika Anda membeli emas batangan ANTAM, akan terdapat barcode. Anda bisa melakukan scan pada barcode ini dengan menggunakan aplikasi CertiEye. Emas ANTAM asli akan menunjukkan hasil AUTHENTICATED setelah barcode di-scan.

Harus Rajin Melihat Perkembangan Harga

Harus Rajin Melihat Perkembangan Harga

Rumus sederhana dalam berinvestasi emas adalah membeli pada harga rendah dan menjual saat harga tinggi. Jangan justru Anda membeli emas di harga tinggi dan menjualnya saat harga rendah.

Agar Anda bisa mendapatkan momen yang tepat untuk membeli atau menjual emas, maka Anda harus rajin memantau pergerakan harga emas. Hal ini dilakukan agar Anda tidak tertinggal kesempatan terbaik.

Karena selayaknya instrumen investasi lainnya, harga emas akan berubah seiring waktu. Meski secara tren setiap waktu harga emas cenderung naik, namun akan ada saat harganya turun.

Saat-saat ini adalah saat terbaik untuk lebih banyak membeli emas. Karena Anda bisa mendapatkan emas dengan harga lebih murah saat harganya turun. Lalu Anda bisa menjual ketika harga naik.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dari jual beli emas. Karena selisih antara harga Anda membeli dan harga saat Anda menjual akan jauh lebih besar.

Untuk bisa mengetahui pergerakan harga emas juga sebenarnya tidak sulit. Saat ini ada banyak penyedia aplikasi yang menyediakan informasi mengenai harga jual atau beli emas.

Sehingga Anda bisa mengetahui harga emas terkini melalui smartphone. Anda juga bisa mengecek pergerakan harga ketika sedang beristirahat atau di penghujung hari sebelum hendak tidur.

Dengan selalu update pergerakan harga emas, juga akan membuat Anda paham terhadap langkah-langkah ke depan. Karena Anda bisa menyesuaikan strategi investasi dengan kondisi harga terkini.

Kesalahan Dalam Melakukan Jual Beli Emas

Kesalahan Dalam Melakukan Jual Beli Emas

Seperti disebutkan sebelumnya, untuk mendapatkan keuntungan dari investasi emas, Anda harus membeli saat harga murah dan menjual saat harga mahal. Sehingga akan ada waktu Anda menyimpan emas tersebut.

Momen penyimpanan ini seringkali tidak diperhatikan dan menjadi letak kesalahan para investor emas. Karena pikiran mereka hanya tertuju pada momen membeli dan menjual tanpa memikirkan proses penyimpanan.

Padahal tanpa adanya proses penyimpanan yang tepat, Anda bisa mengalami kerugian. Karena emas pada dasarnya adalah benda yang mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Sehingga potensi emas hilang cukup besar. Oleh karena itu Anda harus memastikan memiliki tempat penyimpanan yang tepat dalam menyimpan emas. Sehingga emas Anda tidak hilang dan Anda mengalami kerugian.

Selain itu, Anda juga harus memiliki catatan administrasi yang bagus dalam melakukan jual beli emas. Setidaknya Anda harus memiliki catatan mengenai jumlah emas yang dibeli, disimpan dan terjual.

Iklan

Dengan adanya catatan ini, Anda bisa memantau keuntungan yang didapat dari investasi emas. Kesalahan-kesalahan transaksi juga mudah ditemukan dan diperbaiki dengan adanya catatan yang rapi.

Anda juga bisa memantau seberapa baik strategi Anda dalam berinvestasi melalui catatan yang rapi. Dengan begitu akan mudah dalam melakukan evaluasi dan perencanaan strategi di masa mendatang.

Baca yuk, 10 Tips Beli Reksadana Murah, Mudah dan Menguntungkan

Emas memang merupakan instrumen investasi yang disukai dari zaman dahulu hingga kini. Daya tarik emas untuk menjaga nilai kekayaan dan mendapatkan keuntungan tidak pernah mati walau sudah berjalan lama.

Meski begitu, melakukan investasi emas tidak bisa dilakukan sembarangan. Dengan kiat-kiat yang telah kami sebutkan di atas, Anda bisa mendapatkan keuntungan besar dari bisnis jual beli emas.

Anggraini Munanda Effani: Hai, saya Anggraini Munanda Effani penulis di Folder Bisnis

This website uses cookies.