Melirik Bisnis Kain Perca, 7 Produk Yang Bisa Dibuat

Apa itu kain perca? Kain perca adalah potongan – potongan kecil dari kain sisa hasil pembuatan pakaian, korden, sprei, taplak atau produk garmen lainnya. Kamu bisa mendapatkan kain perca di pabrik garmen, konveksi skala menengah atau penjahit rumahan.

Khususnya pabrik garmen, biasanya mereka menjual kain perca dengan jumlah yang besar bisa sampai puluhan kilogram. Jika kamu berminat untuk membuka usaha kreatif dari kain perca, akan lebih mudah untuk kamu mendapatkannya dari pabrik garmen.

Bagaimana untuk memulai sebuah usaha kreatif dengan memanfaatkan kain perca? Dimulai dengan mencari referensi tentang barang apa saja yang bisa dibuat dari kain perca. Tas slempang, sarung bantal, penutup dispenser, taplak meja, keset, atau tas laptop.

Pertama kamu harus mencari supplier kain perca yang merupakan bagian paling penting dari mengawali bisnis ini.

Karena meskipun ini hanya kain sisa, namun akan lebih baik kamu mendapatkan kain yang masih satu jenis meski beda warna, atau masih dalam satu kualitas, atau kamu ingin fokus pada kain perca motif batik, misalnya.

Menjalin kerjasama dengan pabrik garmen merupakan keuntungan tersendiri agar kamu bisa mendapatkan supplier tetap dengan kain perca yang sudah diketahui kualitasnya.

Jika hubungan antara kamu dan pimpinan pabrik itu bagus, kamu bisa dengan mudah menjalin komunikasi bisnis misalnya untuk mendapatkan harga kain perca yang murah.

Ada banyak variasi kerajinan yang bisa akamu ciptakan dari potongan-potongan kain perca tersebut. Serbet, selimut galon, bed cover, keset lantai, tas cantik, dompet, bross baju, assesoris baju, hiasan kerudung, taplak meja, tas laptop, hingga lukisan dinding.

Buatlah model yang menarik dengan mengkombinasikan aneka potongan kain perca yang meskipun kecil – kecil kemudian disatukan dengan jahitan yang bagus. Keunikan ini yang akan menambah nilai jual barang yang kamu buat.

Kamu juga harus bisa memadu padankan potongan – potongan kain perca ini agar tetap enak dipkamung, jika salah dalam memadukan warna atau motif kain maka hasilnya tidak enak dilihat dan tidak menarik orang untuk membelinya.

1. Produk Fashion

Produk Fashion
Tas

Ada dua kategori bisnis fashion yang bisa Kamu kerjakan. Pertama, Kamu menggunakan kain perca sebagai tambahan dan hiasan. Sebagai contoh, kain perca untuk dekorasi gaun dan jaket. Prosesnya cukup menjahit langsung ke pakaian tersebut.

Jika kamu ingin menggunakan kain perca untuk membuat pakaian utuh, maka membutuhkan jumlah kain perca dalam jumlah besar. Secara umum, kamu harus memilah kain berdasarkan ketebalan agar mudah dijahit menjadi satu kesatuan yang utuh.

Jika kain berasal dari satu sumber, jenis dan warna cenderung sama sehingga hasil akhir fashion mirip dengan jahitan dari kain utuh.

2. Bantal Kain

Bantal Kain
Bantal Kain

Bantal duduk yang terdapat pada sofa akan memberikan rasa nyaman ketika Kamu sedang bersantai. Akan lebih menarik lagi jika bantal tersebut merupakan hasil kerajinan dari kain perca yang cantik dan pastinya murah.

Yang perlu Kamu lakukan hanya menggunting kain perca sesuai dengan motif yang diinginkan. Kemudian, jahit kain perca tersebut beserta alasnya.

Biarkan bagian atasnya terbuka karena Kamu akan menggunakannya untuk menambahkan bahan isian seperti potongan kain perca kecil atau kapas. Setelah bantal dirasa sudah cukup empuk dan terisi, jahit bagian atasnya untuk menutup bantal.

3. Selimut Quilting

Selimut Quilting
Selimut Quilting

Selimut quilting ini jenis selimut apa sih? Sebenarnya quilting adalah teknik menjahit yang menampakkan bagian jahitan di luar, agar terkesan unik. Yang harus dicatat dari teknik quilting ini adalah potongan kain yang rata dan jahitan yang rapi.

Hal pertama yang perlu Kamu lakukan adalah menyatukan potongan-potongan kain perca yang berupa persegi dengan menggunakan mesin jahit.

Jika biasanya Kamu menyembunyikan bagian jahitan yang kurang rapi pada bagian belakang, kali ini akan berbeda. Jahitan yang kurang rapi dibiarkan tampak pada bagian depan untuk menimbulkan kesan berbeda.

Setelah itu, lakukan hal yang sama seperti ketika membuat taplak meja, yaitu menambahkan kain dasar sebagai alas dan bagian belakang selimut, quilting vinyl, dan letakkan kain perca tadi di atas quilting vinyl.

4. Taplak Cantik

Taplak Cantik
Taplak Cantik

Untuk membuat taplak yang cantik, tidak cukup dengan hanya menyambungkan aneka kain perca. Tentukan dulu model potongannya, apakah kamu ingin potongan segitiga atau segiempat.

Maka cari terlebih dahulu kain perca dengan ukuran lebar agar bisa dibentuk sesuai pola potongan.

Setelah Kamu mendapatkan pola taplak meja yang sesuai, kini saatnya menjahitnya dengan mesin jahit. Pastikan warna yang sama tidak bersebelahan agar taplak meja terlihat lebih beragam dan menarik.

Untuk menimbulkan kesan lebih berisi, Kamu dapat menambahkan kain putih polos untuk bagian belakangnya dan cotton batting pada bagian tengahnya.

Rekatkan dengan jarum untuk sementara agar Kamu dapat menggunting pola yang sama dengan taplak yang zig-zag.

Setelah mendapatkan pola yang diinginkan, jahit pinggiran taplak agar kain perca, cotton batting, dan lapisan belakang menyatu dengan sempurna.

5. Tas Wanita

tas kain perca
Tas kain perca

Adalah rahasia umum bahwa wanita adalah konsumen tertinggi dari barang fashion, maka hampir setiap perusahaan fashion pasti lebih memperbanyak produk khusus untuk perempuan.

Bahkan jika kamu hanya fokus untuk membuat tas wanita dari kain perca, ada beberapa jenis tas yang bisa kamu buat.

Tas slempang, yang paling sering kita lihat berbahan dasar kain perca motif batik. Karena hampir 100% dari pemakai tas jenis ini adalah wanita. Maka estetika dan warna yang meriah adalah pilihan terbaik jika kamu ingin membuat tas slempang wanita.

Tas totebag, bentuk tas slempang yang lebih kecil dan simple. Untuk tas totebag ini juga ada sebagian kecil kaum adam yang suka memakainya, namun tetap porsi wanita lebih besar.

Tas kosmetik,wanita pasti perlu tas kosmetik minimal untuk bedak, lipstik, eyeliner, dan blush on. Akan lebih sederhana jika berada dalam satu tas kecil yang bisa ditaruh di dalam tas slempang, ini semacam wadah starter kit khusus perempuan. Heee

6. Tas Laptop

Tas Laptop
Tas Laptop

Ini produk yang lebih umum untuk laki-laki atau perempuan. Ada dua jenis tas laptop yang biasanya dibuat dari kain perca, yaitu tas gendong dan tas jinjing. Tas jinjing ini lebih sederhana dengan hanya kapasitas satu laptop dan kantung depan untuk charger dan mouse.

Baca juga : 6 Tips Memulai Bisnis Es Krim Dengan Modal dan Sumberdaya Minim

Sedangkan tas gendong biasanya berbentuk seperti tas gendong pada umumnya. Selain space untuk laptop kamu juga harus menyediakan ruang yang muat untuk beberapa buku atau device lainnya.

7. Apron

Apron kain perca
Apron

Lagi – lagi produk untuk wanita, hhee. Ya meskipun laki-laki juga bisa memasak di dapur biar gak kalah sama chef arnold atau chef juna idi. Untuk beberapa wanita, apron dengan desain yang lucu dan ceria bisa meningkatkan mood memasak di dapur loh.

Namun ada juga wanita yang lebih memilih apron dengan warna gelap agar kotoran atau cipratan masakan tidak terlalu mencolok dilihat mata. Ya semuanya kembali ke selera sih ya, kalau saya sih belum tau pasti karena belum menikah. Hehe.

Baca juga : Bisnis Ikan Hias, 4 Jenis Ikan Hias yang Bisa Untung Jutaan

Jadi begitu sobat bisnis.blog, jenis kreasi apapun yang kamu pilih disesuaikan dengan jenis kain perca yang kamu punya dan kemampuan menjahitmu. Yang penting adalah memulai usaha dan mempromosikannya dengan masif.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar