Bisnis Laundry Koin Dengan Prospek Omset Ratusan Juta, Begini Caranya !

Belum banyak orang yang menyadari peluang bisnis laundry koin. Padahal bisnis satu ini bisa membuat Anda mendapatkan omset hingga ratusan juta rupiah. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Memilih jenis usaha di masa seperti sekarang memang bukan hal mudah. Jika keliru, bukannya mendapatkan keuntungan Anda justru harus menanggung kerugian. Karenanya menentukan jenis bisnis merupakan tahap yang sangat penting.

Anda mungkin sudah sering melihat begitu banyak usaha yang cepat tutup padahal baru saja berdiri. Salah satu penyebab masalah ini adalah pemilihan jenis bisnis yang tidak baik.

Dengan memilih jenis bisnis yang baik, bisnis Anda cenderung dapat bertahan lama. Oleh karena itu pada artikel ini kamu akan menunjukkan salah satu jenis bisnis yang berpeluang mendapat keuntungan besar.

Memahami Apa Itu Bisnis Laundry Koin

Peluang Bisnis Laundry Koin Untuk Mendapatkan Omset Ratusan Juta
Peluang Bisnis Laundry Koin Untuk Mendapatkan Omset Ratusan Juta/Unsplash

Anda pasti sudah tidak asing dengan bisnis laundry. Namun ternyata bisnis laundry tidak hanya ada satu jenis. Selain yang sudah sering Anda lihat, terdapat jenis lain yaitu jenis laundry koin.

Pada bisnis laundry biasa, pelanggan akan membawa pakaian kotor lalu diserahkan kepada karyawan. Setelah itu karyawan akan melakukan pencucian pakaian hingga sampai proses setrika pakaian.

Waktu yang dibutuhkan biasanya cukup lama. Pada harga standar, pakaian baru bisa diambil kembali oleh pelanggan setelah 2-3 hari. Sementara jika menginginkan waktu cepat, biayanya akan lebih mahal.

Namun seiring berkembangnya zaman, saat ini telah tersedia jasa laundry yang menerapkan sistem self service. Dengan kata lain, pelanggan melakukan pencucian pakaian milik mereka sendiri.

Mungkin Anda bertanya lantas apa perbedaan dari bisnis laundry koin dengan mencuci biasa di rumah. Karena pada akhirnya pelanggan sendiri yang harus mencuci pakaian mereka.

Pada jasa laundry yang menggunakan koin, pelanggan menggunakan mesin cuci milik Anda. Namun mesin cuci pada jasa laundry koin biasanya memiliki beberapa kelebihan dibanding mesin cuci biasa.

Karena mesin cuci pada jasa laundry yang menggunakan koin harus mampu beroperasi dalam waktu lama. Berbeda dengan mesin cuci rumahan yang mungkin dalam satu hari hanya dipakai 2-3 jam saja.

Baca yuk, Karyawan Buka Usaha Warung Mi Instan? Cek Dulu Modal hingga Hambatannya

Dengan kata lain, jenis bisnis ini mirip dengan menyewakan mesin cuci kepada pelanggan. Pelanggan akan membeli koin kepada Anda untuk mengoperasikan mesin cuci yang telah Anda siapkan.

Kelebihan Bisnis

Kelebihan Bisnis Laundry Koin
Kelebihan Bisnis Laundry Koin/Unsplash

Dari sudut pandang pebisnis sendiri, ada banyak kelebihan dari jenis bisnis ini daripada laundry biasa. Berikut adalah beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menjalankan jenis bisnis satu ini.

  • Tidak Memerlukan Banyak Karyawan

Tidak bisa diungkiri bahwa salah satu beban terbesar di dalam perusahaan adalah gaji karyawan. Karena gaji karyawan merupakan pengeluaran yang bersifat tetap dan tidak bisa dikurangi.

Dengan menjalankan jenis bisnis laundry menggunakan sistem koin, Anda tidak membutuhkan banyak karyawan. Karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pelanggan sendiri yang mencuci pakaian mereka.

Berbeda dengan jasa laundry biasa yang menuntut kebutuhan jumlah karyawan dalam jumlah banyak. Semakin sedikit karyawan yang dimiliki, semakin besar potensi keterlambatan pakaian selesai dicuci.

  • Minim Potensi Manipulasi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa manipulasi karyawan menjadi salah satu penyebab hancurnya bisnis. Namun dengan menjalankan bisnis laundry koin, Anda bisa terhindar dari masalah tersebut.

Salah satu bentuk manipulasi dalam usaha laundry adalah karyawan yang sengaja merusak pakaian milik pelanggan. Hal ini tidak akan terjadi pada usaha laundry koin karena tidak ada pegawai untuk mencuci.

  • Bukan Bisnis Musiman

Salah satu penyebab hancurnya sebuah bisnis adalah karena jenis bisnis tersebut merupakan musiman. Artinya bahwa bisnis tersebut hanya ramai didatangi pelanggan pada waktu tertentu saja.

Namun kebutuhan untuk mencuci pakaian akan terus ada sepanjang waktu. Artinya, usaha laundry Anda akan selalu memiliki calon pelanggan yang siap untuk membeli jasa Anda.

Faktor Kesuksesan

Faktor Kesuksesan Bisnis Laundry
Faktor Kesuksesan Bisnis Laundry/Unsplash

Anda telah memahami bahwa usaha laundry yang menggunakan koin memiliki banyak kelebihan. Namun tentu saja tidak ada bisnis yang bisa mendapatkan kesuksesan tanpa usaha keras.

Begitu juga dengan jenis bisnis yang satu ini. Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan agar usaha Anda sukses. Berikut adalah beberapa faktor kesuksesan tersebut.

  • Memilih Mesin Cuci

Anda pasti sudah menyadari bahwa keberadaan mesin cuci merupakan hal utama di dalam jenis bisnis ini. Oleh karena itu Anda harus memastikan menggunakan mesin cuci berkualitas.

Sebab kualitas mesin cuci sangat berpengaruh pada hasil cucian. Semakin baik kualitas mesin cuci, semakin baik pula hasil cucian. Artinya pelanggan Anda juga akan semakin puas.

  • Pelayanan

Mungkin Anda berpikir bahwa bisnis laundry koin tidak perlu terlalu memperhatikan pelayanan. Sebab pelanggan akan minim berhadapan dengan karyawan. Mereka akan langsung mengoperasikan mesin cuci untuk mencuci pakaian mereka.

Baca juga, Mau Jadi Mitra/ Buka Franchise Indomaret? Ini Syarat, Cara dan Modalnya

Namun pikiran tersebut sangat keliru dan dapat mengancam kesuksesan bisnis Anda. Karena bagaimanapun juga, pelayanan sebuah bisnis sangat berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Sehingga mereka akan menggunakan kembali jasa Anda.

  • Pemilihan Tempat

Memilih tempat untuk bisnis sangatlah berpengaruh pada kesuksesan bisnis. Carilah tempat strategis yang mudah untuk dijangkau oleh target pasar Anda. Contohnya seperti di pinggir jalan, di area apartemen dan sebagainya.

Hal ini agar memudahkan pelanggan menemukan usaha laundry milik Anda. Anda juga bisa mendaftarkan usaha Anda pada direktori google agar bisa diakses melalui peta daring.

Cara Memulai Bisnis Laundry Koin

Cara Memulai Bisnis
Cara Memulai Bisnis Laundry Koin/Unsplash

Setelah memahami kelebihan dan hal yang membuat bisnis ini sukses, maka sekarang kami akan membahas bagaimana cara memulainya. Dengan begitu Anda langsung bisa membangun bisnis beromset ratusan juta ini.

  • Siapkan Tempat

Seperti telah kami sampaikan bahwa tempat memiliki pengaruh cukup penting dalam kesuksesan bisnis Anda. Oleh karena itu pemilih tempat harus Anda perhatikan dengan sangat baik.

Selain menemukan tempat strategis, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan. Seperti apakah Anda menggunakan bangunan milik sendiri, menyewa kepada orang lain dan sebagainya.

  • Siapkan Mesin Cuci & Karyawan

Meskipun proses pencucian pakaian dalam bisnis laundry koin tidak memerlukan karyawan, bukan berarti Anda tidak memerlukan karyawan sama sekali. Anda masih butuh karyawan sebagai kasir dan juga operator.

Untuk mesin cuci sendiri, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan selain kualitasnya. Seperti fitur yang dimiliki, kapasitas maksimal mesin cuci dan juga tentunya harga mesin cuci.

  • Tetapkan Harga

Setelah semua perangkat untuk menjalankan bisnis siap, selanjutnya Anda perlu menetapkan tarif harga layanan. Biasanya satu koin ditetapkan dapat mengoperasikan mesin cuci selama 15 menit.

Sementara harga untuk satu koin biasanya ditetapkan berkisar Rp 10.000 – Rp 15.000. Namun tentu saja penetapan harga ini kembali pada kehendak Anda serta strategi yang ditetapkan.

Tips Memulainya

Dengan melaksanakan cara di atas, maka Anda sudah bisa menjalankan usaha laundry menggunakan koin. Untuk bisa mendatangkan banyak pelanggan, kami memiliki beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

  • Buat Promo Grand Opening

Tentu Anda menginginkan agar semua orang mengetahui bahwa bisnis Anda telah dibuka. Namun untuk mendapatkan orang yang mau menggunakan jasa Anda mungkin bukanlah hal mudah.

Oleh karena itu Anda perlu menggunakan beberapa strategi. Salah satunya adalah menerapkan promo grand opening agar orang-orang mau mencoba mencuci pakaian mereka di tempat laundry Anda.

Dengan promo, banyak orang yang akan tertarik untuk mencoba bisnis Anda. Lalu setelah mereka merasakan kualitas dari bisnis Anda, mereka bisa menjadi pelanggan tetap yang selalu mencuci di tempat Anda.

  • Berikan Hiburan

Ketika mesin cuci sedang beroperasi, maka pelanggan pasti menunggu proses pencucian selesai. Selama menunggu tersebut pelanggan akan mudah merasa bosan. Oleh karena itu baiknya Anda memberikan hiburan.

Seperti misalnya memasang televisi di dalam tempat bisnis laundry koin Anda. Anda juga bisa memberikan hiburan seperti memutar musik agar membuat suasana di dalam tempat laundry lebih hidup.

  • Pasang Vending Mesin

Waktu pelanggan menunggu cucian selesai sebenarnya bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Yaitu dengan memasang vending mesin penjual makanan atau minuman ringan di dalam tempat usaha laundry.

Dengan begitu pelanggan yang menunggu bisa membeli makanan atau minuman dari Anda. Hal ini akan menambah jumlah pemasukan Anda. Sehingga keuntungan per bulan akan semakin tinggi.

Tantangan Dalam Menjalankanya

Tantangan Dalam Menjalankanny
Tantangan Dalam Menjalankan Bisnis Laundry Koin/Unsplash

Tidak ada bisnis yang bebas dari tantangan. Termasuk juga bisnis jasa laundry self service menggunakan koin. Berikut adalah beberapa tantangan yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis ini.

  • Kompetitor

Usaha laundry menggunakan koin memang bukanlah jenis usaha baru. Oleh karena itu sudah ada orang yang memulai atau berniat untuk memulai usaha ini. Sehingga pasti Anda akan memiliki kompetitor.

Meski begitu Anda harus menyadari bahwa hampir setiap bisnis pasti memiliki kompetitor. Oleh karena itu jangan sampai hal ini menjadi penghambat Anda untuk memulai membangun bisnis.

  • Modal Awal Cukup Besar

Tidak ada bisnis yang bisa dimulai tanpa adanya modal. Untuk bisnis laundry koin memang perlu diakui memerlukan modal awal cukup besar. Sebab Anda harus menyediakan beberapa mesin cuci.

Sementara harga sebuah mesin cuci tentulah tidak murah. Apalagi jika Anda mencari mesin cuci berkualitas tinggi. Namun tentunya harga yang dibayarkan akan sesuai dengan kualitasnya.

  • Masyarakat Yang Terbiasa Dengan Laundry Tradisional

Perlu diakui bahwa Anda juga akan mengalami persaingan dengan usaha laundry tradisional atau full service. Sementara untuk saat ini kebanyakan masyarakat lebih familiar dengan sistem tersebut.

Namun usaha laundry self service tetap memiliki pasar tersendiri. Bahkan terdapat kelebihan dari sistem self service dibanding full service seperti salah satunya dalam hal privasi.

Cara Mengatasi Masalah Dalam Menjalankan Bisnis Laundry Koin

Cara Mengatasi Masalah Dalam Menjalankan Bisnis Laundry Koin
Cara Mengatasi Masalah Dalam Menjalankan Bisnis Laundry Koin

Tantangan dalam menjalankan sebuah bisnis memang sangat besar dan sulit untuk diatasi. Berikut ini kami akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah dalam menjalankan bisnis ini.

  • Cara Menghadapi Kompetitor

Sebenarnya Anda tidak perlu pusing memikirkan cara menghadapi kompetitor. Hal yang diperlukan agar memenangkan persaingan adalah memiliki uniqueness atau hal unik milik bisnis Anda sendiri.

  • Membangun Brand

Selain memiliki uniqueness, Anda juga perlu membangun brand dari bisnis Anda. Sehingga pelanggan bukan hanya sekadar tahu bahwa Anda memiliki bisnis laundry yang menerapkan sistem self service.

Brand sendiri adalah persepsi yang dimiliki pelanggan terhadap bisnis Anda. Keberadaan branding pada sebuah bisnis akan membuat pelanggan selalu mengingat Anda sebagai pemecah masalah mereka.

Membangun bisnis memang bukan perkara mudah. Salah satu hal yang perlu dipikirkan adalah memilih jenis bisnis. Seperti memilih bisnis laundry koin yang bisa memberikan omset hingga ratusan juta rupiah.

Tinggalkan komentar