Bisnis Minuman Teh, 8 Jenis Minuman Teh Paling Populer

Jika kamu sedang makan di rumah makan atau warung pinggir jalan, es teh adalah minuman yang paling sering kita dengar dipesan oleh para pelanggan. Es teh memang favorit jutaan penduduk indonesia dan bisnis es teh adalah peluang bisnis yang tak lekang oleh waktu.

Teh adalah minuman yang cocok dinikmati ketika panas maupun dingin, di rumah maupun di kantor. Teh adalah minuman yang cocok saat bersantai bersama keluarga maupun rekan kerja. Kita semua tahu ada banyak jenis teh baik itu serbuk, kantong, maupun dengan campuran varian rasa tambahan.

Teh sudah menjadi minuman yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang menyegarkan, teh juga mengandung anti oksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jumlah pasar yang besar dan dapat ditemui dimanapun membuat banyak orang berkecimpung untuk membangun usaha di dunia minuman teh.

Tidak sedikit dari para pengusaha ini yang awalnya hanya bermodal beberapa juta dapat melejit meraup keuntungan puluhan hingga ratusan juta.

Ada dua pengelompokan besar dari jenis produk teh yang beredar di pasaran, yaitu teh yang masih berupa serbuk kering dan teh kemasan siap minum dikemas dalam botol atau gelas plastik.

Untuk teh kemasan siap minum, ada beberapa cara penjualan yaitu melalui jaringan supermarket dan minimarket, khususnya untuk teh kemasan yang sudah mempunyai merk terkenal.

Kemudian ada juga yang berupa gerai dan bisa menjalin kemitraan usaha dalam bentuk franchise, lalu ada juga yang membuat boot di tempat keramaian atau membuka kedai teh dengan menggunakan produk dan merk sendiri.

1. Es Teh

Es Teh
Es Teh

Panas terik menyengatmu di siang hari, tidak ada minuman yang lebih menyegarkan tenggorokanmu daripada es teh. Di masa lalu, es teh hanya minuman kelas pinggiran yang dibungkus dengan plastik dan diminum menggunakan sedotan.

Kini beberapa gerai mengangkat es teh menjadi minuman yang bergengsi, dengan menampilkan boot di supermarket dikemas dengan gelas plastik yang elegan membuat minum es teh menjadi hal yang tidak murahan.

Di tengah pertarungan gerai teh yang didominasi merk ternama, beberapa anak muda muncul dengan kreatifitas mereka memunculkan es teh dengan varian rasa buah atau toping seperti boba. Ini adalah contoh betapa kreatifitas bisa menggoyang kemapanan merk ternama.

2. Teh Hijau

Bisnis jualan teh hijau
Bisnis jualan teh hijau

Teh hijau sangat baik untuk kesehatan tubuh karena tidak mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan. Namun tetap saja, teh hijau tidak bisa melindungi dari semua penyakit, karena penyakit datang tergantung dari pola hidup dan genetik tubuh Anda sendiri.

Kandungan terbesar teh hijau adalah catehcin, yaitu antioksidan yang dapat melawan serta mencegah kerusakan sel. Selain itu kandungan catehcin mampu mengurangi kolesterol dan menjaga tekanan darah dan membantu menjaga kadar gula darah pada penderita diabetes.

Terdapat informasi yang keliru tentang teh hijau yang dapat menurunkan berat badan. Karena pada dasarnya tidak ada makanan dan minuman yang mampu mengurangi berat badan kecuali makan dan pola hidup yang sehat.

Teh hijau mampu menyimpan hingga 50,000 kalori asalkan tidak ditambahkan dengan gula atau madu. Jadi teh hijau dapat membantu mengurangi asupan kalori. Namun untuk mengurangi berat badan, semua tetap tergantung pada pola makan Anda.

Sebaiknya jangan menyeduh teh hijau pada temperature tinggi karena akan merusak kandungan catehcin di dalam teh hijau. Sebaiknya seduh pada air dengan temperature 60-70 derajat.

Seduhan teh hijau paling baik ditambahkan dengan lemon, karena vitamin C pada lemon akan membuat catehcin lebih mudah diserap tubuh. Hindari menambahkan susu dalam seduhan teh hijau Anda.

3. Thai Tea

Thai Tea
Thai Tea

Teh Thailand atau Thai Tea atau biasa juga disebut sebagai “Cha-Yen” adalah minuman yang terbuat dari seduhan Teh Ceylon khas Thailand.

Atau bisa juga dari campuran “Bai Miang” khas Thailand yang kemudian biasanya dicampur dengan pewarna makanan. Thai Tea lebih baik bila ditambahkan perasan jeruk limau, atau rempah-rempah.

Teh ini lebih nikmat bila disajikan dingin dengan tambahan gula atau susu. Campuran susu biasanya dituangkan di atas teh dan es batu sebelum teh disajikan.

Hal ini dilakukan untuk menambah rasa serta penampilan teh agar lebih menarik dan enak. Namun Teh Thailand ini berbeda dengan bubble tea. Di restoran Thailand biasanya Thai tea disajikan dalam ukuran gelas tinggi.

4. Bubble Tea

Bubble Tea
Bubble Tea

Bubble Tea biasa juga disebut sebagai Teh Mutiara. Kebanyakan Bubble Tea adalah teh yang dicampur dengan mutiara yang berbahan dasar tepung tapioka. Atau bisa juga dicampur dengan jelly, buah-buahan, sirup dan susu.

Bubble Tea biasanya merupakan gabungan dari dua bahan pelengkap yang berbeda, misalnya susu dan jelly atau susu dan mutiara.

Bubble tea juga menawarkan rasa teh dengan varian yang beragam. Rasa ini didapatkan dari campuran susu dan perasa buah-buahan.

Masih banyak varian kreasi dari bubble tea, yaitu misalnya bubble tea dengan campuran susu murni, atau bisa juga dengan campuran creamer. Kemudian mengganti gula dengan madu sebagai bahan pemanisnya.

Bubble tea memiliki beberapa varian rasa yang terkenal, seperti rasa mango green tea, lychee green tea, strawberry green tea dengan jelly strawberry, serta masih banyak lagi varian rasanya.

5. Jasmine Tea

Jasmine Tea
Jasmine Tea

Teh Jasmine atau biasa disebut Teh Melati adalah teh beraroma wangi karena campuran aroma dari bunga melati pada seduhan teh.

Biasanya, teh jasmine memiliki kandungan bahan dasar dari teh hijau kemudian dicampur dengan teh hitam sebagai bahan tambahan.

Rasa teh jasmine sangat segar dan harum. Biasanya disajikan dalam keadaan panas atau hangat. Rasa dan bau yang harum dari teh jasmine dihasilkan dari campuran bunga melati yang ada dalam teh. Teh jasmine merupakan teh beraroma yang paling terkenal di Cina.

6. Teh Tarik

Teh Tarik
Teh Tarik

Teh tarik adalah teh dari Malaysia, keunikan dari teh ini adalah cara penyajiannya. Yaitu ketika disajikan, teh tarik harus dituang ke dalam dua buah gelas secara bergantian, dengan jarak antar gelas sejauh jangkauan lengan.

Teknik ini memerlukan keahlian khusus, karena jika tidak terbiasa, teh akan tumpah.

Teknik tersebut dilakukan bertujuan untuk memberikan efek busa pada teh serta bertujuan untuk mendinginkan temperature teh yang panas.

Teh tarik terdiri dari campuran teh dengan susu kental atau susu segar. Biasanya penyajian teh tarik cocok disandingkan dengan makanan khas Malaysia yakni nasi lemak.

7. Teh Aneka Rasa

Teh Aneka Rasa
Teh Aneka Rasa

Teh aneka rasa adalah teh dengan campuran berbagai macam varian rasa. Hal ini bertujuan agar rasa teh lebih bervariasi.

Campuran teh aneka rasa antara lain adalah campuran teh dengan susu kemudian ditambahkan rasa buah-buahan. Buah-buahan bisa bermacam-macam mulai dari rasa strawberry, manga, lychee, apel, dan lain-lain.

Teh aneka rasa juga bisa menggabungkan campuran dari teh dengan rasa coklat, sirup, jahe, lemon, soda, dan lain sebagainya.

8. Teh Herbal

Teh Herbal
Teh Herbal

Selain teh, sebenarnya daun dan bunga dari tanaman lain juga bisa direbus dan diminum. Minuman tersebut dikenal dengan teh herbal atau tisane, yakni minuman rebusan yang diperoleh dari tanaman lain selain teh.

Teh herbal bisa diperoleh dari buah, daun, bunga, atau akar –seperti kamomil, rosehip, rooibos, hibiscus, peppermint, jahe, dan lain-lain.

Berbeda dengan teh yang mengandung kafein –namun lebih rendah kadarnya dari kopi, teh herbal tidak mengandung kafein sehingga lebih aman untuk Anda yang sensitif terhadap kafein.

Selain wanginya yang harum dan rasanya yang bervariasi, teh herbal juga diketahui memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Contohnya teh herbal yang terbuat dari bunga kamomil dan lavendel diketahui memiliki kemampuan untuk menenangkan pikiran, sehingga dapat membantu mereka yang memiliki kesulitan untuk tidur atau insomnia.

Manfaat lain yang paling diburu dari teh herbal adalah sebagai pembakar lemak. Teh herbal mampu meningkatkan laju metabolisme dan membantu pembakaran lemak di tubuh.

Dengan begini pencernaan jadi lebih lancar. Selain itu penumpukan lemak bisa dihindari dan tubuh bisa tampak lebih ramping.

Contoh lain dari teh herbal adalah Nok Cha, yaitu daun tumbuhan Camellia Sinensi, jenis teh ini paling digemari oleh orang Korea.

Baca juga : 10 Daftar Waralaba Minuman Terlaris

Minuman ini sering disebut juga teh korea dengan wangi aromatik khas dari “Nok Cha” yang dimasukkan dalam air panas, lama-kelamaan akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan khas teh dan memiliki harum yang khas.

Teh Korea terkenal dengan bahan-bahan seduhan yang khas. Selain “Nok Cha”, bahan lain yang biasanya digunakan dalam membuat teh adalah dari buah, daun, akar, atau biji-bijian kering yang kemudian diseduh dalam air panas. Minuman ini bisa disajikan dalam keadaaan panas atau dingin.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar