9 Inspirasi Bisnis Sampingan Untuk Bapak-Bapak

Dalam kondisi yang serba tidak stabil sekarang, setiap orang tentu harus memiliki kemampuan mengelola keuangan semaksimal mungkin. Meskipun memang tidak semudah dugaan, karena di masa pandemi Covid-19 saat ini ada banyak orang terpaksa kehilangan pekerjaan dan bisnisnya. Situasi perekonomian yang limbung ini jadi bukti pentingnya dana darurat.

Bagi mereka yang masih mempunyai pekerjaan, tentu adalah hal yang tidak sulit dalam mengumpulkan dana darurat.

Apakah benar?

Faktanya tidak.

Karena sekarang ini ada banyak orang yang meskipun punya pekerjaan, tetap merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kalau sudah begini, memulai pekerjaan atau bisnis sampingan adalah solusi terbaik. Dengan menggeluti bisnis sampingan, penghasilan bisa terus diperoleh jika nanti tiba-tiba pekerjaan utama mulai tak menjanjikan.

Baca juga: 10 Jenis Produk Paling Laku di Pasaran Saat Ini

Apalagi kalau Anda adalah seorang kepala keluarga, kondisi finansial stabil di masa pandemi adalah keharusan.

Beruntung, saat ini ada banyak sekali bisnis sampingan menjanjikan yang bisa dipertimbangkan sebagai sarana memperoleh penghasilan tambahan. Anda yang memiliki pekerjaan tetap, tak perlu cemas bakal terganggu rutinitasnya.

Tak kalah seperti kaum perempuan yang bisa berjualan online entah kuliner atau pakaian, kaum laki-laki bahkan mereka yang sudah berstatus sebagai bapak-bapak, juga berpeluang meraih penghasilan tambahan lewat bisnis sampingan.

Apa saja? Berikut ulasannya dari kami untuk Anda!

9 Bisnis Sampingan yang Layak Dicoba Bapak-Bapak

1. Jualan Pulsa

bisnis jualan pulsa © Cermati
bisnis jualan pulsa © Cermati

Bisnis jualan pulsa tak ada matinya. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap orang untuk online #DiRumahAia, permintaan kuota data internet dan pulsa telepon tentu meningkat.

Sehingga menggeluti bisnis jualan pulsa akan menjadi pilihan terbaik yang bisa dimulai. Tak perlu harus sewa tempat dan mencari karyawan yang menjaga kios, Anda bisa memulai bisnis ini dari diri sendiri dengan menggunakan smartphone pribadi.

Manfaatkan jaringan pertemanan di kantor untuk menawarkan pulsa dengan harga kompetitif. Agar semakin terjangkau dan melengkapi pelayanan, Anda bisa memilih distributor pulsa yang mempunyai produk lengkap mulai dari pulsa telepon, kuota data internet hingga layanan pembayaran online mencakup token listrik, tagihan asuransi, angsuran kendaraan sampai iuran TV dan pengisian e-wallet.

Kendati mungkin keuntungan setiap penjualan produk cukup kecil, tapi jika digeluti dengan finansial yang disiplin akan mampu memberikan profit menjanjikan.

2. Usaha Seafood Beku

bisnis seafood beku © loghouselife
bisnis seafood beku © loghouselife

Kebanyakan kaum pria begitu hobi memancing dengan rekan-rekannya di akhir pekan. Manfaatkan hobi memancing ini dengan menggeluti bisnis penjualan seafood atau hasil laut dalam kondisi beku.

Anda bisa menjual kakap merah, tuna, salmon bahkan sampai gurita, udang, lobster, cumi dari rumah. Yap, tak perlu harus mempunyai kios di pasar, Anda tinggal menyediakan freezer box di rumah, lalu menjual aneka hasil laut itu dalam bentuk beku secara online.

Tentu saja jika hobi memancing, bisnis ini akan sangat membantu Anda dalam mengenali jenis-jenis ikan.

Agar bisnis berjalan, lakukan transaksi setiap akhir pekan supaya tidak mengganggu rutinitas kerja harian.

Anda bisa melakukan survei harga seafood terlebih dulu ke tempat nelayan di pantai-pantai, atau menjalin kerjasama dengan pabrik/distributor seafood besar.

Baca juga: 21 Ide Bisnis Online Paling Menjanjikan Bagi Generasi Muda

3. Bisnis Sepatu

bisnis sepatu © viatrading
bisnis sepatu © viatrading

Tidak hanya perempuan, kaum pria sebetulnya juga begitu peduli pada penampilan dan memandang sepatu sebagai salah satu item penting.

Mulai dari sepatu olahraga, sepatu bekerja hingga sepatu kasual sehari-hari. Tentunya memilih sepatu yang tepat akan membuat penampilan jadi makin percaya diri.

Kegemaran pria untuk membeli sepatu ini bisa berubah dari cuma sekadar hobi menjadi bisnis sampingan menjanjikan.

Anda tak perlu repot harus membuka toko di pinggir jalan, tapi manfaatkan media sosial dan marketplace untuk menawarkan produk sepatu.

Bisa sepatu branded untuk kerja, olahraga atau keseharian, asalkan sesuai dengan pangsa pasar yang hendak ditargetkan.

Bahkan sekalipun Anda sudah berumah tangga, bisnis sepatu ini tetap bisa digeluti di sela-sela pekerjaan kantor dan melakukan pengiriman di akhir pekan.

4. Jual Produk Kopi

bisnis kopi © luxe.digital
bisnis kopi © luxe.digital

Ada satu minuman yang begitu identik dengan kaum pria yakni kopi. Secangkir kopi hitam nan pahit bisa menjadi teman menghisap rokok di sore hari yang begitu menyenangkan.

Tak heran kalau bisnis coffee shop begitu menjamur di kota-kota besar hingga kawasan pinggiran, lantaran para pria penikmat kopi ini begitu banyak.

Bahkan secara medis, kaum laki-laki dianjurkan untuk lebih sering meminum kopi.

Yap, menurut studi yang dilakukan Harvard seperti dilansir Men’s Health, laki-laki yang doyan minum secangkir kopi setidaknya sekali sehari, berpeluang 8% lebih rendah terkena diabetes.

Memanfaatkan kecintaan kaum pria pada kopi inilah, Anda bisa mulai menggeluti bisnis jualan kopi.

Jika modal cukup besar, bisa langsung membuka coffee shop dan mencari karyawan. Namun kalau modal minimalis, mulai saja bisnis sampingan produk kopi entah biji kopi atau olahannya seperti minuman kopi siap saji dengan aneka campuran dan pilihan topping.

Agar bisa menjual produk yang berkualitas, setidaknya Anda harus cukup tahu dengan jenis-jenis biji kopi dan memilih produsen yang memang terpercaya.

5. Persewaan Kamera

bisnis rental kamera © soflostudio
bisnis rental kamera © soflostudio

Dibandingkan perempuan, kaum pria memang lebih identik atas hobi fotografi. Punya banyak peralatan fotografi seperti kamera, action-cam hingga drone, lensa, flash serta lain-lain? Maka Anda bisa menjadikan koleksi fotografi itu sebagai bisnis sampingan lewat jasa persewaan kamera.

Anggap saja Anda menyewakan peralatan fotografi dasar secara lengkap dengan tarif mulai Rp500 ribu per hari, jika disewa dalam waktu 10 hari saja, tentu modal sudah balik dan bisa membeli perangkat baru.

Baca juga: Bisnis Kecil : 23 Contoh Usaha Terbaik Tahun 2020

Namun dalam menggeluti bisnis persewaan kamera ini, Anda harus cukup waspada lantaran risiko tinggi.

Mulai dari perangkat yang bisa rusak hingga oknum penyewa tak bertanggung jawab, membawa kabur perangkat fotografi yang akhirnya membuat Anda rugi.

Untuk itulah usahakan memiliki syarat yang cukup ketat dalam persewaan kamera seperti identitas asli atau uang deposit jaminan, agar Anda lebih tenang menyewakan kamera kesayangan.

6. Rental Kendaraan Bermotor

bisnis rental kendaraan © lagos-milos
bisnis rental kendaraan © lagos-milos

Sama seperti persewaan kamera, bisnis sampingan rental yang cukup menjanjikan bagi bapak-bapak adalah rental kendaraan bermotor.

Apalagi kalau Anda mempunyai mobil atau sepeda motor yang menganggur, dapat menyewakan ke pihak lain dengan tarif beragam.

Bisnis sampingan ini sangat menjanjikan, apalagi jika di masa liburan panjang seperti akhir tahun atau saat momen Lebaran.

Hanya saja memang di masa pandemi sekarang, rental kendaraan bermotor mengalami penurunan pemasukan.

Untuk memulai bisnis ini, juga diperlukan keberanian dan kewaspadaan tinggi, mengingat risiko cukup besar.

Ada banyak kasus oknum peminjam kendaraan tidak bertanggung jawab hingga merusak dan membawa kabur armada.

Karena itu beberapa pemilik bisnis rental kendaraan bermotor bisanya memasang alat pelacak GPS pada sepeda motor atau mobil mereka, demi kenyamanan dan keamanan.

7. Jasa Desain

jasa desain © jfitzgeraldgroup
jasa desain © jfitzgeraldgroup

Anda adalah lulusan sekolah desain? Maka bisa memanfaatkan kemampuan ini dengan menawarkan jasa desain untuk menjadi bisnis sampingan menjanjikan.

Entah desain ilustrasi, desain grafis hingga desain interior atau eksterior. Manfaatkan betul media sosial sebagai halaman portofolio, supaya calon konsumen tertarik dan akhirnya bersedia menyewa jasa desain yang Anda tawarkan.

Jangan diremehkan, saat ini bisnis jasa desain memiliki cukup banyak peminat. Mulai dari desain grafis untuk kebutuhan website, logo perusahaan hingga ilustrasi novel dan interior rumah.

Hanya saja jika Anda ingin menggeluti jasa desain ini sebagai bisnis sampingan, komitmen dan kedisiplinan adalah hal utama.

Jangan sampai karena deadline orderan yang diterima melebihi batas kemampuan, akhirnya pekerjaan utama Anda terbengkalai.

8. Bisnis Hewan Peliharaan

bisnis hewan peliharaan © deevapetshop
bisnis hewan peliharaan © deevapetshop

Suka memelihara hewan entah anjing, kucing, burung atau bahkan reptil dan ikan? Jadikan hobi memelihara ikan itu sebagai sarana bisnis sampingan yang menjanjikan.

Jangan diremehkan, kini ada banyak sekali komunitas-komunitas hewan peliharaan yang bersedia mengeluarkan anggaran tersendiri untuk hewan kesayangan.

Mereka tidak peduli harus membeli kandang atau pakan yang berkualitas, asalkan hewan kesayangan dapat sehat selalu.

Peluang pasar inilah yang membuat bisnis berkaitan dengan hewan peliharaan entah petshop atau klinik dokter hewan begitu laris-manis.

Apalagi kalau item yang Anda sediakan cukup banyak dan lengkap, tentu konsumen akan datang semakin banyak.

Anda bisa membuka bisnis sampingan ini di halaman depan rumah terlebih dulu dan mencoba melakukan pemasaran online, sebelum akhirnya serius menggeluti dan menjadikannya sebagai bisnis utama.

9. Persewaan Alat-Alat Naik Gunung

bisnis peralatan gunung © hikers.shop
bisnis peralatan gunung © hikers.shop

Hobi terakhir yang bisa menjadi bisnis sampingan saat sudah jadi bapak-bapak adalah persewaan alat naik gunung. Ya, kaum laki-laki cenderung menyukai hiking di masa muda.

Ketika sudah menikan, berkeluarga dan mempunyai anak, kadang hobi itu tak bisa dilakukan lagi. Mempunyai carrier, sepatu gunung hingga tenda tak terpakai?

Maka Anda dapat mempertimbangkannya untuk disewakan.

Baca juga: 8 Peluang Usaha untuk Anda Lulusan SMA/ SMK, Anda Bisa Sukses!

Anda pun bisa menawarkan beberapa produk alat gunung, yang bisa memulai penjualan secara online baik di media sosial atau marketplace.

Meskipun harga peralatan gunung ini tidak murah, pasarnya sudah jelas terbuka lebar dan tidak akan kehilangan konsumen.

Apalagi kalau Anda juga memberikan konten yang menarik dalam hal promo di media sosial, tentu bisnis alat gunung akan lebih banyak peminatnya.

Bagaimana? Terbukti kan kalau ternyata ada banyak sekali bisnis sampingan yang dapat digeluti bapak-bapak. Anda dapat menawarkan bisnis itu setelah menjalani pekerjaan utama, sementara proses transaksi atau pengiriman barang bisa dilakukan di akhir pekan. Asalkan komitmen dan disiplin sejak awal, bisnis sampingan modal kecil yang dimulai secara sederhana bisa menjadi bisnis menjanjikan dengan omzet luar biasa.

Bagikan ;