10 Tips Terbaik Memilih Bisnis yang Cocok untuk Anak Sekolah

Berbisnis bukan saja milik orang dewasa. Bisnis boleh dilakukan siapa saja tidak terhalang oleh usia. Banyak para pengusaha sukses yang memang sejak kecil sudah terbiasa berjualan, sebelum benar-benar terjun mengelola bisnis yang sesungguhnya.

Berbisnis di usia sekolah bukan saja soal mendapatkan keuntungan belaka, melainkan bisa mendapatkan pengalaman yang berharga seperti membangun mental berbisnis yang sesungguhnya dan jaringan untuk membangun bisnis itu sendiri.

Mungkin, di benak Anda terlintas bisnis apa yang cocok untuk mereka yang masih bersekolah. Mengingat mereka pun harus tetap menjalankan kewajibannya sebagai pelajar.

Nah, untuk menjawab rasa penasaran Anda tersebut berikut akan kami paparkan tentang tips memilih bisnis yang cocok bagi Anda yang masih bersekolah. Ini Dia Ulasannya!

Mengenal Beragam Bisnis yang Cocok untuk yang Masih Bersekolah

1. Bisnis Online

bisnis online yang cocok untuk anak sekolah

Bisnis online saat ini sedang naik daun seiring dengan kemajuan teknologi di era saat ini. Bisnis online ini banyak peminatnya dikarenakan bisa dilakukan kapanpun. Modal yang harus dimiliki jika tidak ada PC atau laptop, bisa mengunakan handphone yang bisa terkoneksi dengan internet.

Produk yang ditawarkan beragam, diantaranya adalah bisnis baju, makanan kering, aksesoris, dan lain sebagainya. Media penjualannya yang digunakan pun beragam bisa menggunakan social media ataupun market place yang saat ini semakin marak bermunculan.

Jelas saja bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang masih bersekolah karena bisa dikerjakan sebelum atau setelah bersekolah dan menyelesaikan tugas-tugas utama yang memang harus diselesaikan.

Bisnis online pun bisa dilakukan secara perseroangan atau kelompok. Jika belum memiliki produk sendiri, bisa pula menjadi seorang reseller atau dropshiper dari sebuah produk tertentu.

Bila sistem tersebut diterapkan, maka jangan memikirkan produksi barang yang akan dijual. Tugas Anda adalah menjual produk-produk tersebut lewat social media atau aplikasi lainnya.

2. Bisnis PPOB

bisnis pulsa untuk anak sekolah

Payment Point online Bank atau yang lebih dikenal dengan PPOB ini juga merupakan bisnis yang menjanjika di era ini bagi Anda yang masih sekolah.

Sudah banyak aplikasi yang menyediakan fasilitas PPOB ini sehingga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun oleh siapapun tidak terbatas umur.

PPOB sendiri paling populer digunakan untuk pembayaran atau pembelian pulsa, listirk, cicilan motor, dan lain sebagainya.

Tentunya bagi Anda yang masih bersekolah bisa pula mengoptimalkan pembayaran atau pembelian pulsa. Dimana pulsa saat ini sudah menjadi kebutuhan utama setiap orang. Baik yang sudah bekerja maupun belum.

Bayangkan bila dalam satu kelas hanya Anda saja menjual pulsa, kemudian teman-teman satu kelas membeli pulsa tersebut dengan harga Rp 5,000- Rp 50,000 dalam waktu satu minggu atau per bulan. Berapa kira-kira pendapatan yang akan dihasilkan?

Tentunya Luar Biasa Bukan?

Setidaknya bisa menambah uang saku atau bisa membayarkan keperluan lain yang tidak harus membebankan orang tua.

Berbisnis PPOB ini pun bisa dengan modal yang relatif terjangkau bahkan bisa dijalankan tanpa modal.

3. Menjadi Youtuber

youtuber sebagai profesi cocok untuk anak sekolah

Youtuber saat ini sudahh menjadi profesi sekaligus bisnis yang menjanjikan, terutama untuk para kalangan millennial yang biasanya masih bersekolah.

Youtube saat ini sudah menjadi media informasi yang menyajikan berbagai macam hal gaya hidup, ataupun untuk menyalurkan hobi sebagai seorang entertain.

Tentunya sangat sayang bila bakat Anda yang bisa menghibur atau senang mengeksplor berbagai macam hal, tidak terdokumentasikan baik lewat media yang ada saat ini.

Saat ini banyak youtuber-youtuber yang bisa menghasilkan penghasilan melebihi orang-orang dewasa yang bekerja di kantor atau melakukan bisnis lain.

Memang untk menjadi youtuber diperlukan proses yang Panjang, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Apalagi bila Anda memiliki minat dan bakat dalam bidang tersebut.

Jika ditekuni dengan serius, bersiaplah untuk mendapatkan penghasilan yang tidak terduga. Tentunya harus melakukan langkah-langkah yang sesuai dengan aturan youtube.

4. Menjadi Blogger

menjadi blogger untuk menambah uang saku

Sama halnya dengan youtuber, menjadi seorang blogger pun saat ini sangat diperhitungkan.

Menjadi blogger ini sangat cocok untuk Anda yang suka dunia tulis menulis. Karena bila dilakukan dengan konsisten dan cara yang benar, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari blog tersebut.

Cara menjalankan blog tersebut cukup mudah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun gmail di google, kemudian Sign Up di blogspot.com. setelah itu buat tulisan sebanyak 30-60 artikel.

Akan lebih baik bila tulisan yang dibuat sesuai tema yang anak senangi. Setelah itu, daftarkan blog Anda ke google adsense.

Tujuannya bila blogspot Anda disetujui pihak google untuk dipasang iklan, maka akan sangat mudah mendapatkan penghasilan dari blog tersebut.

Menarik Bukan?

Dan tentu saja tak akan menganggu tugas-tugas sekolah Anda, karena mengerjakan blog bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

5. Endorser di Instagram

profesi sebagai seleb gram instagram

Mendengar kata endorser pasti yang terbayang adalah selebgram atau artis-artis papan atas yang sudah memiliki nama besar.

Awalnya memang seperti itu, tetapi tidak untuk sekarang. Saat ini banyak perusahaan yang menerapkan strategi micro-influencer yang menggaet akun-akun dengan follower relatif rendah 1.500-15.000 followers.

Untuk bisa membuka bisnis endorsement syaratnya tentu harus aktif di Instagram. Tarif endorsement sendiri memang tidak terlalu besar, tetapi semakin sering Anda menerima bisnis tersebut, maka semakin lama akan banyak pula yang menggunakan jasa Anda.

Setidaknya, bisa menambah uang jajan dan juga bisa membangun networking dari sekarang.

6. Bisnis Cemilan atau Sarapan pagi

bisnis cemilan cocok untuk anak sekolah

Bisnis lain yang cocok dijalankan saat masih sekolah adalah bisnis makanan cemilan atau sarapan pagi.

Boleh jadi terlihat aneh, tetapi memang sangat berpeluang dijadikan bisnis saat teman-teman Anda belum sempat sarapan atau memerlukan cemilan untuk dikelas.

Makanan sarapan pagi yang bisa Anda jual misalnya nasi kuning, nasi uduk, arem-arem, gorengan dan lain sebagainya.

Tentu tidak harus Anda yang membuatnya, bisa bekerja sama dengan penjual makanan tersebut dan hasil keuntungannya pun bisa dibagi dua.

Bila diseriusi dengan baik, boleh jadi akan berkembang yang tadinya berjualan untuk satu kelas bisa untuk sekolah.

Boleh jadi pula Anda merekrut teman di sekolah lain untuk menjalankan bisnis sarapan pagi atau cemilan ini.

Tak perlu gengsi, karena untuk memulai sesuatu yang besar harus diawali dengan hal-hal yang kecil.

7. Guru Privat

profesi menjadi guru privat

Tidak adak salahnya, ilmu yang Anda miliki ditularkan pada adik kelas atau adik tigkat agar lebih bermanfaat.

Caranya dengan menjadi guru privat, dimana saat ini bisnis tersebut pun sangat menjanjikan.

Menjadi guru privat ini tidak harus tentang pelajaran saja, Bila Anda menguasai bidang lain seperti musik, menggambar, bahasa dan olahraga tidak ada salahnya untuk mengamalkan ilmu tersebut.

Dengan menjalankan bisnis tersebut, selain bisa menambah uang saku, Anda pun telah beramal dengan menularkan ilmu tersebut pada orang lain.

Ada banyak cara pula agar orang lain bisa memakai jasa Anda, yaitu promosi lewat sosial media atau bisa mempromosikannya lewat teman-teman terdekat.

8. Membuka Jasa Design Gambar

Jasa design cocok untuk anak sekolah

Adakah diantara kalian saat ini yang hobi dan pandai menggambar? Dari hobi tersebut siapa sangka, bisa pula dijadikan bisnis yang menjanjikan walaupun masih duduk di bangku sekolah.

Pasalnya, saat ini banyak perusahaan besar dan berkembang yang pasti memerlukan seorang jasa designer untuk keperluan media sosial, membuat profil, logo dan lain sebagainya.

Dan kabar baiknya, perusahaan akan membayar jasa gambar tersebut dengan harga yang cukup fantastis.

Tentunya, bila digeluti serius akan menjadi bisnis yang sangat menjanjikan untuk jangka Panjang.

Maka dari itu, bila Anda memiliki bakat dalam bidang tersebut, tekuni dengan serius, bangun networking, cari peluang untuk bisa mendapatkan klien yang cocok untuk diajak kerja sama.

9. Jasa Make Up Artist

membuka bisnis jasa make up artis

Untuk Anda yang menyukai dunia make up dan berbakat dalam hal tersebut, tidak ada salahnya untuk membuka jasa make up artist.

Saat ini banyak orang yang mencari jasa tersebut, mengingta semakin banyak orang yang sadar untuk tampil sempurna di setiap acara.

Agar lebih menyakinkan orang-orang, tentunya harus ada orang yang mau dijadikan model make up oleh Anda sendiri.

Semakin banyak model atau hasil nyat dari make up yang Anda lakukan, semakin mudah pula mempromosikannya lewat media sosial.

Jasa make up ini tidak identik dengan pernikahan, bisa pula untuk acara wisuda sekolah, prom night, dan acara resmi lainnya.

Agar bakat Anda lebih tajam, maka tak ada salahnya untuk mengikuti kursus-kursus yang bisa memantapkan bakat Anda tersebut.

Semakin sering berlatih dan mengikuti kursus, maka akan semakin mudah pula menjalankan bisnis yang Anda kelola.

Kabar baiknya, bisnis ini sangat cocok untuk Anda sebagai anak sekolah. Karena bisa dilakukan di akhir pekan.

10. Tour Leader Wisata

membuka jasa tour guide

Indonesia adalah negara yang banyak sekali tempat-tempat wisata yang menarik perhatian wisatawan luar dan dalam negeri.

Boleh jadi, saat ini Anda tinggal di daerah yang sangat dekat dengan tempat wisata terkenal tersebut.

Nah, peluang tersebut bisa dijadikan lahan bisnis yang menjanjikan walaupun And amasih sekolah.

Salah satunya adalah menjadi tour leader, agen penjual tiket, atau membuka jasa travel itu sendiri.

Akan lebih baik bila Anda memiliki kemampuan berbahasa asing, karena Anda bisa menjadi tour leader bagi wisatawan luar negeri.

Percayalah, bisnis ini merupakan bisnis yang menyenangkan, jika memang Anda memiliki minat terhadap aktivitas tersebut.

Dikatakan menyenangkan karena Anda bisa jalan-jalan dengan gratis. Tak hanya itu, Anda akan memiliki banyak teman dari dalam dan juga luar negeri.

Untuk membuka bisnis ini yang harus diperlukan tentang pelayanan yang jujur dan nyaman.

Karena bila telah percaya pada Anda, tidak dipungkiri suat saat nanti akan menghubungi Anda kembali untuk menemaninya berjalan-jalan.

Jangan khawatir tentang keuntungan yang didapat, karena yang pasti Anda kan mendapatkan penghasilan lebih dari uang jajan Anda saat ini.

Oh iya, jangan lupa tetap utamakan sekolah. Karena itu, gunakan akhir pekan atau waktu libur Anda untuk menjalankan bisnis.

Penutup

Diantara 10 bisnis di atas adakah yang sudah Anda jalankan? Atau sudahkah tercetus satu nama bisnis yang akan dijalankan dalam waktu dekat?

Apapun pilihan bisnis Anda yang jelas jangan lupakan tugas utama. Boleh berbisnis tapi ingat pula kewajiban Anda pada orang tua.

Jika sudah waktunya, pasti aka nada waktu yang banyak untuk menjalankan bisnis tersebut. Setuju?

Semoga 10 Tips Memilih Bisnis yang Cocok untuk yang Masih Sekolah bermanfaat.

Loading...