10 Jenis Bisnis Untuk Pemula yang Menjanjikan Mudah Dijalankan

10 jenis bisnis untuk pemula yang menjanjikan dan mudah dijalankan. Dunia bisnis bagi pemula ibarat hutan belantara, Butuh  pemandu dan strategi jika ingin mulai terjun didalamnya.

Banyak sekali bisnis yang bisa Anda jalankan, namun menentukan bisnis yang tepat bagi anda yang baru akan memulai bisnis tentu harus dengan banyak pertimbangan.

Ilmu bisnis  dibutuhkan untuk menaklukan dunia bisnis. Nah, pada kesempatan ini, folderbisnis akan mengulas 10 jenis bisnis untuk pemula yang mudah dijalankan.

1. Ikut Bisnis Franchaise

bisnis franchaise

Pertama, kita bedakan dulu maksud fanchaise di sini. Dalam poin pertama ini memiliki arti Anda mengikuti sistem fanchaise produk tertentu dengan cara mendaftar kepada kepada pemilik bisnis yang kemudian anda mendapat lisensi untuk menjual produk yang di franchaise kan tersebut.

Bagi yang sudah berpengalaman, Anda bisa mendirikan bisnis franchaise Anda sendiri dan menjual lisensi bisnis Anda kepada orang yang tertarik bekerja sama dan menjual konsep dan produk dari bisnis Anda.

Ini adalah rekomendasi bisnis pertama dari kami bagi Anda yang pemula. Kelebihan bisnis Franchise salah satunya kita tidak perlu repot memikirkan inovasi dan manajemen bisnis yang rumit.

Kita akan mendapatkan panduan dari A-Z tentang bisnis yang akan kita jalankan. Bisnis ini sangat cocok bagi pemula yang baru terjun di dunia bisnis.

Baca juga : 30 Contoh usaha waralaba dengan modal kecil

Bagi pemula, Anda bisa belajar dari sistem fanchaise ini, misalnya belajar bagaimana mengelola bisnis dan bagaimana mengembangkan bisnis.

Tips memilih bisnis franchaise ;

  1. Pilih yang sudah terpercaya
  2. Pilih yang menawarkan konsep yang jelas
  3. Pilih yang memiliki manajemen baik dari segi servis dan inovasi produk
  4. Pilihan harus disesuaikan dengan lingkungan tempat Anda akan membuka bisnis
  5. Pilih yang sesuai dengan modal bisnis yang Anda miliki

Jika Anda bertanya, Ada rekomendasi yang sudah terpercaya ? Saya memiliki list beberapa, misalnya ;

  1. Warung spesial sambal (SS)
  2. Ayam gempuk pak gembus (www.ayamgepukpakgembus.co.id)
  3. Indomart dan alfamidi (setidaknya anda harus membeli lisensi di isaran 400-600 juta)
  4. Atau Franchise KFC (jika Anda memiliki tempat, ijin dan modal yang besar)
  5. dan masih banyak lagi bisnis franchaise yang lain, silahkan anda bisa cari refrensi di google,,karena sangat banyak.

2. Julan Pulsa

bisnis jualan pulsa bagi pemula

Terus terang, pertama kali saya terjun di dunia bisnis adalah berjualan pulsa elektrik saat masih kelas 2 SMP. Bisnis yang satu ini memang tidak ada matinya.

Bahkan beberapa pemain besar dalam bisnis ini dapat meraup keuntungan yang luar biasa..hehe..tentu jangan bandingkan dengan anak SMP yang berbisnis pulsa yah.., paling banter hanya teman-teman dekat dan lingkungan rumah yang membeli.

Jika Anda memiliki modal yang lumayan, Anda bisa membuka beberapa konter pulsa sekaligus di beberapa tempat yang strategis. Misalnya di sekitar pasar atau di sekitar kampus

Bisnis jualan pulsa menurut saya sangat cocok bagi pemula. Tidak membutuhkan banyak ilmu yang harus dipelajari, menurut saya ada 3 hal yang harus di miliki jika Anda ingin terjun bisnis pulsa;

  1. Networking, misalnya mencari agen pulsa yang terpercaya.
  2. Manajemen keuangan
  3. Strategi Promosi

Itu kurang lebih 3 hal yang setidaknya Anda miliki jika ingin menjadi penjual pulsa yang sukses.

3. Makanan ringan

bisnis cemilan makanan

Bagi Anda pembisnis pemula, pasti masih bingung bisnis apa yang cocok dengan Anda. nah, salah satu bisnis yang cocok bagi pemula adalah berbisnis makanan ringan.

Bagi Anda yang mampu memproduksi makannan ringan / cemilan akan sangat diuntungkan. Namun bagi anda yang tidak produksi sendiri, Anda bisa mengambil dari produsen.

Makanan ringan adalah makanan yang diminati sebagain orang. Bisnis ini pasti laku, dan sangat rekomendasi untuk pemula. Anda bisa mulai berjualan makanan ringan sebagai aktivitas sambilan. Atau anda langsung melakukan produksi dalam skala kecil sampai menengah.

Baca juga : 42 jenis usaha rumahan modal kecil

Buat tampilan makanan yang menggoda, packaging yang menarik, serta tentukan harga yang kompetitif, dan tentunya rasa yang lezat.

Jika anda tidak memproduksi sendiri, stoklah makanan ringan di rumah dan anda bisa mulai melakukan penjualan secara online dan offline kepada teman-teman Anda.

Sebagai refrensi, Anda bisa mencoba beberapa bisnis makanan ringan berikut;

  1. Jualan kerupuk udang
  2. Kripik singkong
  3. Lidi pedas
  4. Saleh (bahan dasar pisang)
  5. dan lainnya

Silahkan Anda mencari ide yang kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk makanan ringan.

4. Dropshiper

Bisnis model dropship

Apa itu dropship, Dropship adalah sistem menjual barang milik orang lain (produsen) kepada pembeli, tanpa anda tahu kondisi barang, barang dikirim dari produsen langsung kepada pembeli atas nama Anda, Anda berperan sebagai penghubung.

Anda bisa mencari suplaiyer yang membuka sistem dropship, atau Anda bisa memanfaatkan market place besar seperti tokopedia dan bukalapak dalam mencari supliyer.

Sistem dropship sangat menguntungkan, karena modal yang dikeluarkan hampir tidak ada. Anda hanya membutuhkan sebuah smartphone, akun media sosial untuk promosi/ website.

Baca juga : 17 Ide bisnis online menjanjikan

Berjualan dengan sistem dropship membutuhkan ketelatenan dalam menghadapi pertanyaan dari calon pembeli.Anda perlu belajar produk knowladge agar sukses dalam jual beli sistem dropship.

Anda tidak membutuhkan stok barang, sehingga anda tidak membutuhkan toko atau gudang penyimpanan. Bagi anda yang masih pemula dalam jual beli dan masih minim modal, menjadi dropshiper adalah pilihan yang tepat.

5. Fotocopy

Usaha fotocopy tidak membutuhkan keahlian khusus. Masalah teknis bisa dipelajari dengan cepat. Jika Anda ingin benar-benar fokus bisnis ini, Anda bisa memulai membuka gerai fotocopy di daerah sekitar kampus.

Misalnya; Untuk awal Anda bisa membuka fotocopyan di sekitar kampus atau dilingkungan sekolahan. Ana juga bisa membuka jasa fotocopyan di lingkungan perkantoran, seperti kantor pemerintahan atau kantor perusahaan.

Lakukan inovasi-inovasi agar jasa fotocopy yang Anda miliki berbeda dan diminati. Misalnya dengan memberikan jasa copy gratis dalam masa pembukaan pertanma.

Jika Anda sukses membangun usaha fotocopy di satu tempat, Anda bisa membuka juga dibeberapa tempat lain yang potensial.

Loading...

6. Aksesoris smartphone

Anda memiliki smartphone?, smartphone pasti memiliki beberapa perlengkapan pendukung, misalnya; casing, antigores, anti air, hearphone dan lain sebagainya.

Hampir semua orang memiliki smartphone, sehingga bisnis berjualan aksesoris smartphone adalah peluang usaha yang potensial. Karena mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus, bisnis smartphone cocok bagi anda yang baru memulai bisnis.

Nah, saya memiliki sedikit bocoran nih,,Anda bisa memasok barang aksesoris smartphone dengan harga murah dengan mengimpor dari China. Saya menyarankan untuk mencoba aliexspress dalam mencari suplaiyer aksesoris smartphone.

Baca juga : 13 bisnis yang cocok untuk mahasiswa

Di aliexspress, Anda akan mendapatkan harga yang sangat murah. Untuk permulaan Anda bisa membeli barang dengan nilai dibawah 500 dolar, sehingga Anda tidak terkena pajak impor.

Namun jika ternyata toko aksesoris Anda maju dengan pesat, Anda bisa membeli di alibaba dengan harga grosiran. Harganya lebih murah lagi lho…

Misalnya; Cashing smartphone di aliexspress bisa Anda beli dengn harga 0,1 dolar. Anda bisa menjual di sini Rp10.000 saja sudah untung lebih dari 50%.

7. Usaha loket pembayaran PPOB

Dalam loket PPOB anda bisa melakukan berbagai macam pembayaran, misalnya membeli pulsa listrik baik prabayar atau paska bayar, pulsa telepon, membayar pajak, sampai membayar kredit kendaraan bermotor.

Untuk mendaftar PPOB, anda bisa bekerja sama dengan perbankan seperti BRI dan Mandiri, atau bank lain yang membuka jasa pembayaran PPOB.

Jika Anda masih bingung dengan sistem dan teknisnya, biasanya pihak PPOB akan memberikan panduan lengkapnya.  Anda tinggal pelajari panduan dan teknisnya.

Loket PPOB cocok dibuka di lingkungan sekitar perumahan, lingkungan kampus atau lingkungan pasar. Karena kebutuhan pembayaran dengan loket PPOB sangat membantu masyarakat dan mempermudah pembayaran.

8. Jualan baju wanita/ Anak kecil online

Bisnis yang paling mudah adalah bisnis yang menyasar target market wanita dan anak-anak. Pertama karena wanita suka belanja, kedua karena anak kecil biasanya masih bergantung pada ibunya.

Jualan fashion wanita dan perlengkapan anak-anak menjadi bisnis yang mudah dijalankan oleh pemula.

Anda bisa mencari suplaiyer di pusat-pusat tekstil, misalnya di pasar tekstil tanah abang Jakarta, pasar tekstil tegal gubug Cirebon atau mencari di marketplace-market place besar seperti tokopedia dan bukalapak.

Bagaimana dengan cara promosi?

Anda bisa membuka toko offlinenya, atau bisa juga menjadikan rumah pribadi Anda sebagai gudang penyimpanan. Anda bisa jual dengan cara online seperti menggunakan Instagram dan facebook.

Ambil keuntungan minimal 30% dari harga pembelian. Misalnya Anda membeli seharga 10 ribu rupiah, Anda bisa menjualnya seharga 14 ribu rupiah.

9. Bisnis kuliner hits

bisnis makanan hits es kepal milo

Jika anda memiliki produk makanan yang enak dan menarik bagi generasi muda, Anda bisa menghitskan produk makanan Anda.

Misalnya yang lagi hits sekarang adalah ;

Makanan es kepal milo,

tahu bulat,

takoyaki dan banyak sekali yang lain. (ini hanya contoh saja)

Rtata-rata bisnis hits macam ini tidak berlangsung lama. Untuk mempertahankan kehitsannya, Anda harus terus melakukan inovasi dan menciptakan produk-produk kulioner baru yang menarik dan digemari oelh generasi masa kini.

Baca juga : 12 kiat sukses usaha kuliner dengan modal kecil

Anda juga bisa menggabungkan 2 strategi skaligus dalam konsep makanan kuliner hits ini. Anda bisa meniru konsep dan branding yang dilakukan oleh beberapa tempat makan hits kemudian Ana padukan dengan produk kuliner hits.

Misalnya; Ana tahu warung ora umum, konsep bisnis tempat makan ini sekarang lagi hits di kalangan anak muda. Makanan yang dijual tidak neko-neko, seperti mirebus, migoreng nasi goreng dan makanan standar lain.

Ana bisa mengikuti konsep tersebut, lalu memadukan antara konsep rumah makan hits dan produk kuliner hits.

Tempat makan yang hits biasanya memiliki desian tempat yang Instagramable, makanan hits biasanya memiliki rasa dan tampilan yang lain darui pada yang lain. Anda bisa menggabungkan kedua konsep tersebut dalam bisnis Anda.

Bisnis ini menurut saya cocok bagi pemula, apalagi yang masih berjiwa muda dan selalu update akan hal-hal yang sedang hits saat ini.

10.Toko perlengkapan bayi

toko perlengkapan bayi

Jika pada, pin ke 8 saya menyebutkan bisnis fashin wanita dan anak-anak, maka pada poin ke sepuluh ini akan di bahas seputar bisnis perlengkapan bayi. Bisnis perlengkapan bayi memiliki prospek yang jelas.

Kebutuhan perlengkapan bayi ibarat kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Ini adalah peluang usaha bagi Anda yang ingin berbisnis perlengakapan bayi.

Bisnis ini tidak sulit bagi Anda yang baru terjun dalam dunia bisnis. Tidak membutuhkan skill yang khusus, Anda bisa mulai mencari suplaiyer dan mencari lokasi yang strategis. Jika Anda belum memiliki lokasi strategis, Anda bisa mulai berjualan online dan menyetok barang di rumah.

Penutup

Apapun jenis bisnisnya, Jika Anda masih pemula dan belum perpengalaman kunci suksesnya adalah ketekunan dan terus belajar. Lambat laun Anda akan terbiasa dan menemukan pola yang tepat untuk Anda.

Demikian 10 jenis bisnis untuk pemula yang menjanjikan dan mudah dijalankan, semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait :

Loading...