Ingin Capai Sukses? Berikut 5 Bisnis yang Bisa Membuat Anda Cepat Kaya!

Ada yang bilang bahwa uang bukanlah segalanya. Namun fakta justru menyebutkan jika hampir seluruh hal yang ada di dunia ini, membutuhkan uang. Tempat tinggal, makanan dan busana yang merupakan tiga kebutuhan pokok manusia, hanya bisa diperoleh dengan uang. Untuk memenuhi seluruh kebutuhan itu, manusia memang harus bekerja.

bisnis cepat kaya
bisnis cepat kaya

Dengan perkembangan zaman yang makin maju ini, bidang pekerjaan pun terbuka lebar. Sektor-sektor ekonomi terus menggeliat sehingga membuat kesejahteraan masyarakat meningkat. Bicara soal hidup sejahtera, tentu tolak ukurnya adalah kemampuan finansial. Memiliki rumah yang aman, kendaraan pribadi, pekerjaan menjanjikan dan penghasilan stabil setiap bulan adalah harapan siapapun. Tak heran kalau kekayaan finansial masih jadi hal yang diburu oleh siapapun.

Baca juga: Renungan Ramadan, Inilah 6 Pengusaha Muslim Sukses Asal Indonesia yang Layak Diteladani

Agar mampu disebut kaya, tentu harus bekerja keras. Namun jika harus memilih, pintu rezeki memang jauh lebih terbuka lebar untuk mereka yang mendirikan sebuah usaha alias wirausaha dibandingkan para karyawan. Tak heran jika banyak pegawai yang memutuskan resign dari perusahaannya demi mengejar mimpi jadi pebisnis sukses dan kaya raya. Nah, bagi Anda yang kini tengah ada di posisi tersebut? Berikut ini ulasan dari kami mengenai bisnis-bisnis yang bikin cepat kaya!

Inilah 5 Bisnis yang Bikin Cepat Kaya dan Penghasilan Melimpah!

1. Bisnis Berbasis Internet

bisnis cepat kaya - berbasis internet
bisnis cepat kaya – berbasis internet

Kemajuan teknologi membuat apapun saat ini serba canggih dan internet. Jika dulunya hanya untuk mencari informasi, internet kini menjelma menjadi sebuah pasar penjualan yang menjanjikan, bagi mereka para pebisnis yang bisa membaca peluang.Fakta bahwa saat ini hampir semua orang pasti mengakses internet setiap jamnya adalah bukti jika internet begitu mempengaruhi sendi kehidupan masyarakat entah di negara maju atau negara berkembang seperti Indonesia.

Baca juga : 10+ Cara mendapatkan uang dari Internet paling mudah

Setidaknya ada tiga jenis bisnis berbasis internet yang kini tengah naik daun yakni portal jual beli, portal video dan media sosial. Portal jual beli misalnya seperti Alibaba, Tokopedia, atau Amazon, meskipun mungkin keuntungan seorang pemilik e-commerce kecil, tapi jika jumlah mitra dan konsumennya mencapai jutaan, tentu bakal bergelimang kekayaan.

Hal inilah yang dirasakan oleh Jack Ma sang pendiri marketplace Alibaba sekaligus salah satu orang tertajir di dunia asal China yang memiliki kekayaan lebih dari USD 35,6 miliar. Atau mungkin orang Indonesia seperti William Tanuwijaya, pencipta Tokopedia yang memiliki harta lebih dari USD 130 juta. Dan tentunya Anda tak bisa melupakan Jeff Bezos, sang pendiri Amazon yang kini berstatus sebagai orang terkaya di Bumi dengan total harta di atas USD 131 miliar! Benar-benar tajir melintir, bukan?

Bukan hanya portal jual beli, Grab dan GO-JEK adalah bukti bahwa bisnis transportasi berbasis internet mampu mengubah gaya hidup masyarakat. Kedua penyedia transportasi online ini berstatus sebagai perusahaan Decacorn dengan total valuasi di atas USD 10 miliar. Tertarik untuk menggeluti bisnis berbasis internet? Anda harus menjadi pribadi yang inovatif, paham IT dan tentunya semangat pantang menyerah.

2. Bisnis Ritel

bisnis cepat kaya - bisnis ritel
bisnis cepat kaya – bisnis ritel

Demi memenuhi kebutuhan harian, setiap orang tentu harus membeli sesuatu entah di warung, toko, pasar atau supermarket. Para penyedia tempat-tempat berjualan ini bisa dibilang sebagai pelaku bisnis ritel dan ternyata termasuk salah satu yang menggerakkan perekonomian dunia. Pada tahun 2015, disebutkan jika penjualan ritel global menyentuh angka di atas USD 24 triliun!

Dari daftar orang-orang terkaya di Bumi, setidaknya posisi 10 besar pasti selalu dipegang oleh pebisnis ritel. Salah satu yang paling dikenal adalah Amancio Ortega, masuk dalam daftar orang tertajir di Eropa sekaligus peritel terkaya di dunia dengan total harta menembus USD 62,7 miliar! Pendiri grup busana Inditex yang menguasai jaringan ZARA ini membuktikan bahwa bisnis ritel mampu meraup pundi-pundi kekayaan yang sangat fantastis.

Baca juga: Inilah 7 Pedagang yang Raup Untung Segunung Saat Lebaran, Melonjak Hingga 300%!

Di Indonesia sendiri, bisnis ritel yang mungkin paling dikenal adalah Hero Supermarket, Ramayana, ACE Hardware, Carrefour, Alfamart, Indomart dan Matahari. Salah satu orang terkaya di Indonesia adalah Chairul Tanjung yang merupakan pemilik Carrefour dengan total harta lebih dari USD 3,9 miliar. Untuk bisa menjadi pebisnis ritel yang sukses, Anda memang harus memiliki modal besar. Modal itu bisa untuk keperluan gudang, pelayanan dan tentunya lokasi bangunan.

3. Bisnis Sumber Daya Alam (SDA)

bisnis cepat kaya - bisnis SDA
bisnis cepat kaya – bisnis SDA

Sebagai negara yang dikenal gemah ripah loh jinawi, Indonesia memang memiliki potensi SDA yang benar-benar luar biasa. Hal inilah yang membuat bisnis SDA selalu mampu meraih hasil fantastis. Mau dari pertambangan, pertanian produksi (kelapa sawit, sayur/buah ekspor impor), industri kayu hingga peternakan yang dikelola dengan sangat baik, bakal bisa memberikan kekayaan melimpah.

Salah satu perusahaan yang masuk dalam daftar peraih laba bersih terbesar di Indonesia tahun 2019 ini adalah PT Adaro Energy Tbk, produsen batu bara terbesar keempat di dunia. Untuk tahun ini saja, perusahaan tambang milik Garibaldi Thohir ini mampu meraup laba Rp 5,8 triliun dan menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di Tanah Air.

Tertarik menggeluti bisnis SDA? Pemikiran yang bagus! Namun untuk memulainya, Anda harus benar-benar memiliki ilmu yang memadai soal pengelolaan, pengembangan, eksplorasi dan pemeliharaan SDA sembari memastikan mampu memberikan hasil menjanjikan.

4. Bisnis Infrastruktur

bisnis cepat kaya - bisnis infrastruktur
bisnis cepat kaya – bisnis infrastruktur

Dikenal sebagai negara berkembang, sebetulnya bisnis yang cukup menjanjikan adalah perihal infrastruktur. Hanya saja banyak orang enggan melirik bisnis ini karena memang membutuhkan modal luar biasa besar. Namun jika diperhitungkan, modal besar yang diberikan bakal memberikan keuntungan melimpah kendati memang hasilnya tidak bisa diperoleh dalam waktu singkat.

Baca juga: Masih Ada THR Tersisa? Lakukan 5 Investasi ini Supaya Untung Berlipat Ganda!

Bisnis dalam sektor ini pula yang dilirik oleh calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno. Tak banyak yang tahu kalau pebisnis sekaligus investor dengan total kekayaan sekitar Rp 5,9 triliun ini, menanam modal lebih dari dua triliun rupiah untuk jalur tol megaproyek Cipali. Sangat besar bukan? Namun diperkirakan keuntungan yang diperoleh menyentuh Rp 12 miliar per bulan dengan masa konsesi 35 tahun. Benar-benar menggiurkan sekali bukan?

5. Bisnis Perbankan

bisnis cepat kaya - bisnis perbankan
bisnis cepat kaya – bisnis perbankan

Dari daftar 20 perusahaan terbesar di Indonesia yeng mampu mencatatkan laba bersih tertinggi, tujuh di antaranya adalah perusahaan yang bergerak di bisnis Perbankan. Tiga bank raksasa BRI, BCA dan Mandiri mampu meraup total lebih dari Rp 80 triliun. Angka yang begitu mengerikan bukan?

Tak heran kalau akhirnya kakak-beradik Bambang dan Rudi Hartono yang menguasai saham BCA itu, masih ada di posisi puncak orang terkaya di Indonesia dengan total harta mereka menembus Rp 508 triliun! Untuk mengikuti jejak mereka, diperlukan kejelian membaca peluang. Bisnis perbankan sama halnya seperti investasi. Di mana kepercayaan, kekuatan modal, kesabaran dan inovasi bisnis lah yang akhirnya mampu menambah pundi-pundi keuangan Anda.

Wah, bicara mengenai sektor-sektor bisnis yang bisa bikin kaya, mayoritas memang membutuhkan modal yang cukup besar. Hal ini memang sesuai dengan prinsip ekonomi di mana jika ingin hasil besar, harus rela berkorban. Jangan pernah takut dengan yang namanya kegagalan, karena pebisnis sukses bukanlah mereka yang tidak pernah jatuh. Namun pebisnis sukses adalah mereka yang selalu berhasil bangkit kembali, setiap kali terjatuh. Ikuti kemauan dan kemampuanmu, bekerja keraslah dan biarkan Tuhan yang melakukan sisanya.

Loading...