10 Broker Crypto Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Dalam beberapa bulan terakhir, cryptocurrency alias mata uang kripto (mata uang digital) memang sangatlah populer. Ada banyak investor memburu broker crypto terbaik, demi melakukan investasi. Tentu saja kondisi seperti ini memberikan gairah positif kepada pasar investasi, karena sempat begitu terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Namun tetap saja banyak yang bertanya-tanya, kenapa sih harus investasi kripto?

Kenapa tidak investasi emas, properti, saham atau bahkan tabungan berjangka yang jelas-jelas memberikan jaminan keamanan?

Atas tren baru ini, Wahyu Laksono selaku analis Capital Futures kepada Kompas pun angkat bicara. Menurut Wahyu, penyebab utama kenapa cryptocurrency dianggap seksi sebagai aset investasi adalah semakin pudarnya kepercayaan masyarakat, terutama investor, terhadap mata uang resmi (uang fiat) seperti Rupiah, Dolar AS, Yen Jepang, Poundsterling Inggris dan lainnya.

“Kripto sekarang jadi alternatif baru dalam investasi. Karena kan uang fiat itu tergerus inflasi sehingga nilainya semakin lama seperti semakin tidak berharga. Karena itulah masyarakat lebih memilih menginvestasikan uang yang dimiliki pada aset-aset ekonomi non uang, supaya nilainya tak berkurang,” ungkap Wahyu panjang lebar.

Baca juga: 6 Investasi Cuan Besar Saat Ramadhan Untuk Milenial dan Gen Z

Lantas kalau begitu, kenapa tidak investasi emas saja?

Yap, emas memang sangat primadona sepanjang pandemi Covid-19 lalu, dimana nilainya sampai menembus Rp1 juta per gram. Hanya saja, jika dibandingkan dengan cryptocurrency, logam mulia ini jelas kalah. Mata uang kripto dianggap investor lebih efisien dan tak butuh ruang penyimpanan seperti emas.

Karena berbagai hal itulah, popularitas mata uang kripto pun terus melambung. Setidaknya ada tiga mata uang kripto yang kini diburu investor seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH) dan Ripple (XRP). Tertarik melantai di bursa cryptocurrency? Mungkin ada baiknya Anda mengetahui beberapa broker crypto terbaik berikut ini.

10 Broker Crypto Terbaik yang Layak Dipilih

Sebelum membahas mengenai 10 broker crypto terbaik, tak ada salahnya kalau Anda mengamati pergerakan nilai tukar BTC terhadap Rupiah dalam sebulan terakhir yang sangat fantastis. Mata uang elektronik yang dibuat Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 itu dilaporkan ada di level Rp925,7 juta pada hari Jumat (16/4) pagi.

Sebuah nilai yang sangat besar padahal BTC sempat ada di titik terendahnya yakni Rp741,9 juta (25 Maret) yang kemudian terus meningkat hingga mencapai puncaknya, Rp934,6 juta (13 April). Tentunya supaya bisa memaksimalkan cuan dari cryptocurrency sebagai instrumen investasi, Anda tentu harus memilih broker crypto terbaik yang bakal berperan penting.

Sama seperti broker dalam investasi saham atau forex, broker kripto adalah pihak yang bertugas sebagai perantara pasar kripto dengan investor.

Kenapa kok butuh keberadaan broker sebagai perantara? Apakah investor tak bisa melakukan perdagangan aset kripto secara langsung?

Jawabannya adalah tidak bisa. Karena memang perdagangan kripto hanya dapat dilakukan oelh anggota dari bursa kripto itu sendiri. Dimana para broker ini merupakan anggora dari bursa, sehingga bisa membantu para investor atau trader. Nah, bagi Anda yang hendak terjun ke investasi kripto, sederet broker crypto terbaik berikut ini bisa dipertimbangkan:

1. TokoCrypto

TokoCrypto

Sebelum membahas mengenai broker crypto terbaik, ada satu hal yang harus Anda pahami bahwa broker kripto di Indonesia lebih sering dikenal sebagai exchange.

Kenapa begitu?

Berbeda dengan transaksi saham yang mana investor atau trader memakai jasa broker sebagai perantara di bursa saham, dalam aset kripto, investor atau trader bisa langsung berdagang di platform yang disediakan oleh exchange. Dan yang pertama bisa dipertimbangkan sebagai platform perdagangan cryptocurrency terbaik di Indonesia adalah TokoCrypto.

Berdiri pada Juni 2017, TokoCrypto dipilih Binance, salah satu exchange kripto terbesar di dunia, untuk memperoleh investasi pada Mei 2020. Membuktikan kalau kualitasnya memang layak dipilih para investor dan trader kripto. Apalagi proses pendaftarannya juga sangat mudah dan cepat, tinggal mengisi nama, email, alamat, persetujuan ketentuan kebijakan dan verifikasi KYC memakai KTP.

Keunggulan yang Ditawarkan TokoCrypto:

  • Terdaftar di Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai Pengumuman 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019
  • Deposit minimal sebesar Rp50 ribu dan bisa dilakukan lewat transfer bank atau OVO, tanpa biaya tambahan
  • Terdapat 34 aset kripto yang bisa dipilih
  • Adanya fitur-fitur yang menguntungkan seperti analisa chart, Stop Loss untuk mengelola risiko kerugian, Short-Selling untuk penjualan cepat saat harga pasar anjlok. Serta OCO (One Cancels the Other) jika Anda memiliki dua orderan di waktu sama sehingga mampu meminimalkan kerugian dan mendapat untung
  • Besaran biaya penjualan dan pembelian aset digital sebesar 0.01% (taker) dalam Rupiah
  • Biaya untuk penarikan dana sebesar Rp5.500 (flat)

Yuk Daftar TokoCrypto DISINI, dapatkan ada komisi menarik lho untuk kamu.

Baca juga: Cara Berinvestasi di Usia 20, 30, 40 dan 50-an Serta Portofolionya!

2. Indodax

Indodax

Membicarakan investasi atau trading cryptocurrency di Indonesia jelas tak akan lengkap tanpa membahas Indodax. Bursa aset digital yang didirikan oleh Oscar Darmawan pada tahun 2014 ini bisa dibilang sebagai platform marketplace aset kripto pertama di Tanah Air. Tak main-main, hingga kini ada sekitar 2,1 juta member terdaftar di Indodax.

Untuk WNI yang ingin bergabung di Indodax sangatlah mudah yakni tinggal mengisi nama, email, nomor HP, menentukan username dan password lalu verifikasi dengan KTP. Beberapa negara yang tidak bisa menjadi member Indodax adalah Amerika Serikat, Korea Utara, Kuba, Myanmar, Sudan, Iran, Cote D’Ivore, Zimbabwe, Kongo, Liberia, Sudan dan Suriah.

Keunggulan yang Ditawarkan Indodax:

  • Terdaftar resmi di Bappebti Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai NOMOR 331/BAPPEBTI.4/PENG/04/202
  • Setoran minimal di Indodax adalah Rp500 ribu yang bisa dibayarkan lewat transfer bank, e-wallet (OVO, GoPay, ShopeePay), penyetoran tunai dan bayar di kasir Alfamart
  • Tidak ada biaya deposit kecuali Anda lewat penyetoran tunai sebesar 1% dari jumlah deposit
  • Terdapat ratusan mata uang kripto yang bisa diperdagangkan di Indodax termasuk Bitcoin dan Ethereum
  • Indodax menawarkan analisa chart agar Anda bisa memperoleh perhitungan harga tepat secara teknikal
  • Untuk pengelolaan risiko fluktuasi harga cryptocurrency, terdapat fitur Stop Loss dan Cut Loss
  • Biaya untuk penjualan dan pembelian aset kripto (dalam Rupiah) sebesar 0,3% (taker)
  • Untuk penarikan dana, ada biaya sebesar 0,5% dengan besaran minimal Rp50 ribu

Daftar Indodax DISINI

3. Pintu

Pintu

Mengenalkan diri sebagai perusahaan teknologi blockchain, Pintu adalah salah satu broker crypto terbaik di Indonesia. Meskipun masih cukup ’muda’, Pintu berhasil membuktikan diri sebagai platform exchange yang layak diperhitungkan. Apalagi dengan berbasis aplikasi smartphone, Pintu semakin membuat siapapun lebih mudah dalam berdagang mata uang kripto.

Keunggulan yang Ditawarkan Pintu:

  • Sudah mengantongi izin Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto dari Bappebti lewat Pengumuman 006/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 30 Maret 2020
  • Pintu menetapkan deposit minimal sebesar Rp50 ribu
  • Setoran deposit dalam setiap transaksi di Pintu bisa dilakukan lewat transfer bank lewat ke Virtual Account (VA) BNI, Mandiri atau BRI, seluruh e-wallet kecuali LinkAja dan PPOB seperti Indomart
  • Terdapat 10 aset kripto yang bisa dipilih oleh investor atau trader
  • Tak ada biaya layanan transaksi baik pembelian atau penjualan
  • Khusus penarikan dana, ditetapkan biaya Rp4.500 (flat) saja

Yuk Daftar PINTU DISINI Jangan lupa gunakan kode kupon TOHIR256 yah, siapa tahu beruntung dapat bonus sampai 1.000.000 Rupiah.

4. Rekeningku

Rekeningku

Resmi beroperasi secara komersial pada tahun 2017, Rekeningku adalah salah satu marketplace cryptocurrency yang juga layak dipercaya. Ada tiga hal utama yang membuat exchange ini layak dipertimbangkan yakni penawaran withdrawn yang singkat, lalu pusat bantuan pelanggan selama 24 jam dalam waktu tujuh hari, termasuk di hari libur nasional.

Terakhir adalah penggunaan teknologi Cold Storage yang membuat seluruh dana member tersimpan aman di masing-masing e-wallet. Dengan lebih dari 10 juta total transaksi, setidaknya pelanggan Rekeningku menembur 500 ribu orang.

Baca juga: 8 Kesalahan Investasi Mata Uang Kripto yang Sering Dilakukan Pemula

Keunggulan yang Ditawarkan Rekeningku:

  • Dimiliki oleh PT Rekeningku Dotcom Indonesia, platform ini sudah resmi terdaftar Bappebti sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai Pengumuman 006/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 30 Maret 2020
  • Pendaftaran member Rekeningku terbuka untuk siapapun yang sudah berusia minimal 18 tahun, memiliki identitas sesuai dengan kTP/SIM/paspor yang berlaku
  • Deposit minimal di Rekeningku sebesar Rp50 ribu dan menerima pembayaran lewat transfer bank, virtual account (Mandiri dan Permata), dan e-wallet (DANA, LinkAja dan OVO). Khusus deposit lewat virtual account dan e-wallet dikenai biaya Rp1.000 (flat) dan 1.65% dari total deposit
  • Terdapat 44 aset kripto yang bisa dipilih dengan berbagai pilihan fitur trading mulai dari analisa chart, Stop Loss dan Short-Selling
  • Biaya untuk perdagangan aset digital sebesar 0.1% (taker) dan dalam Rupiah
  • Terdapat biaya penarikan sebesar 0,75% dari jumlah penarikan dana atau minimal Rp15 ribu

5. Luno

Luno

Berbeda dengan exchange lokal lain yang memang asli dari Indonesia, Luno sebetulnya merupakan platform marketplace cryptocurrency asal Inggris. Baru masuk ke Tanah Air sejak 2014, dilaporkan ada lebih dari enam juta pelanggan Luno di seluruh dunia. Dengan total volume transaksi mencapai US$17 miliar di 40 negara.

Untuk bisa bergabung di Luno sangatlah mudah karena Anda tinggal melakukan konfirmasi nomor ponsel dan data pribadi secara umum. Baru kemudian pihal Luno akan meminta foto atau scan kartu identitas resmi dan juga selfie. Setelah itu, Anda tinggal menulis informasi alamat tinggal, status dan jenis pekerjaan hingga sumber dana saja.

Keunggulan yang Ditawarkan Luno:

  • Untuk operasional di Indonesia, Luno dimiliki oleh PT Luno Indonesia Ltd yang sudah resmi terdaftar Bappebti sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai Pengumuman 007/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 31 Maret 2020
  • Ada lima aset kripto yang bisa dipilih di Luno yakni Bitcoin, Ethereum, Bitcoin Cash, XRP dan Litecoin
  • Setoran deposit minimal di Luno sebesar Rp50 ribu dan bisa dilakukan lewat metode transfer rekening bank atau VA BNI. Biaya deposit sebesar Rp4.000 (flat)
  • Dua fitur unggulan untuk perdagangan kripto yang ditawarkan Luno adalah analisa chart dan Stop Loss
  • Terdapat biaya untuk transaksi penjualan atau pembelian aset digital sebesar 0.08% – 0.1% (dalam Rupiah) dan tergantung jumlah transaksi
  • Untuk biaya penarikan dana, Luno menetapkan Rp6.500 (flat)
  • Saat ini Luno menawarkan promo cashback hingga 7.6% per tahun bernama Savings Luno. Promo Savings Luno ini diberikan dalam bentuk cryptocurrency yang tentunya akan sangat menguntungkan investor dan trader
  • Luno menawarkan wadah penyimpanan aset kripto di Dompet Luno yang mempunyai sistem keamanan terbaik yakni deep freeze yang merupakan dompet multi-signature dan dilindungi banyak sekali lapisan enkripsi
  • Mempunyai layanan transfer aset kripto antar pengguna yang gratis biaya

6. RoboForex

RoboForex

Setelah membahas broker crypto terbaik dari Indonesia, maka kini kita akan berpindah ke broker-broker global. Yang pertama wajib Anda ketahui adalah RoboForex. Berdiri pada tahun 2009, broker internasional ini berpusat di Belize dan sudah mengantongi lisensi broker khusus IFSC Belize untuk perdagangan instrumen derivatif keuangan dan sekuritas.

Selain IFSC di Belize, RoboForex juga diatur oleh Financial Commission kategori A dengan cakup hingga €20.000 dan perlindungan saldo negatif. RoboForex disebutkan menawarkan lebih dari 26 cryptocurrency yang berbeda untuk perdagangan, termasuk dana cryptocurrency pula.

Keunggulan yang Ditawarkan RoboForex:

  • Memiliki penawarana akun demo gratis
  • Deposit minimal hanya $10
  • Menerima deposit dan melayanan penarikan dana lewat mata uang kripto, termasuk adanya akun cryptocurrency tersendiri
  • Maksimal leverage adalah 1:50 dengan spread cukup rendah
  • Ada lima jenis platform yang ditawarkan RoboForex yakni MetaTrader4 dan 5 untuk valas dan CFD, cTrader yang merupakan Direct STP untuk trading forex, R Trader untuk perdagangan saham dan Terminal RoboForex untuk seluruh perdagangan mobile online
  • RoboForex memiliki platform CopyFX yang merupakan social trading. Dengan investasi minimal $100, Anda bisa menyalin keputusan perdagangan dari investor atau trader lain
  • Menerima berbagai metode pembayaran mulai dari kartu kredit (VISA dan Master Card), e-wallet (Skrill, Neteller, ePayments), WebMoney, perbankan online dan BankWire
  • Menawarkan bonus deposit hingga 120%. Sehingga misalnya Anda menyetorkan dana sebesar $5.000 bisa memperoleh bonus sebagai modal tambahan saat berdagang kripto seperti $5.000

7. eToro

eToro

Kalau bicara broker crypto terbaik tingkat global, eToro sudah pasti akan masuk dalam daftar. Bahkan bisa dibilang, eToro termasuk salah satu broker perdagangan aset kripto paling populer. eToro sendiri adalah broker social trading milik startup fintech asal Israel yang berdiri pada tahun 2007.

Tak perlu cemas untuk melakukan trading crypto di eToro karena broker ini sudah memperoleh lisensi dari berbagai entitas. Misalkan saja FCA (Financial Conduct Authority) untuk klien Inggris, ASIC (Australian Securities and Investment Commision) untuk klien Australia dan CySEC (Cyprus Securities and Exchange Commision) bagi klien dari negara-negara lain.

Baca juga: 5 Start-Up Investasi Pertanian Terbaik Indonesia

Sehingga meskipun eToro tak terdaftar dalam bursa manapun, broker crypto ini bisa dijamin keamanannya karena sudah mengantongi regulasi berbagai negara. Khusus untuk aset kripto, eToro menawarkan Bitcoin, Bitcoin Cash, Ethereum, Ethereum Classic, Ripple, Litecoin, Cordano, IOTA, TRON, ZCASH, Binance coin, Dash, Stellar, EOS, NEO dan Tezos.

Keunggulan yang Ditawarkan eToro:

  • Mengantongi lisensi dari regulator berbagai negara, sehingga cukup aman
  • Sebagai platform social trading yang sudah populer di tingkat dunia, tentu banyak investor dan trader bergabung di eToro
  • Penawaran akun demo secara gratis, sehingga Anda yang baru pertama terjun di investasi kripto, bisa menguji kemampuan
  • Setoran awal sangat terjangkau untuk klien dari Indonesia yakni $/€200 dan tanpa biaya deposit dan bisa dilakukan dengan kartu kredit, kartu debit, PayPal, Skril, Neteller dan WebMoney
  • Biaya penarikan dana sebesar $5 dengan minimal uang yang bisa diambil adalah $50
  • Baik penyetoran dan penarikan dana akan langsung dikonversi ke dan dari Dollar AS yang dikenai biaya sangat ringan
  • Biaya (spread) cukup rendah, sehingga akan sangat bermanfaat bagi para trader jangka pendek
  • Ada banyak opsi analisis yang bisa dimanfaatkan investor atau trader
  • Keberadaan fitur copy-trading yakni menyalin keputusan perdagangan orang lain, sangat membantu para pemula karena bisa melakukan perdagangan dengan risiko lebih rendah
  • Bisa dipahami dalam berbagai bahasa baik lewat platform website atau mobile

8. Plus500

Plus500

Jika Anda ingin berdagang cryptocurrency tapi lewat CFD (kontrak untuk perbedaan), maka Plus500 bisa dipertimbangkan. Memiliki platform trading dengan tampilan user-friendly yang sangat mudah dipakai, Plus500 sudah terjamin keamanannya saat mengantongi regulasi dari FCA. Sehingga dana klien disimpan dengan standar berkualitas dan jaminan deposit.

Untuk keluhan pelanggan, Plus500 bisa diakses lewat chatting atau email langsung, tetapi dalam bahasa Inggris. Sudah aktif sejak tahun 2008, Plus500 mempunyai lebih dari 300 ribu pelanggan aktif dengan volume perdagangan lebih dari satu miliar Dollar AS. Sekadar informasi, Plus500 tercatat sebagai sponsor klub sepakbola terkenal di Eropa, Atletico Madrid.

Keunggulan yang Ditawarkan Plus500:

  • Merupakan salah satu broker online terbesar dengan banyak regulasi
  • Keberadaan akun demo secara cuma-cuma dengan rekening kredit virtual sebesar $50.000 atau €40.000, agar para pemula bisa melakukan pengecekan kemampuan di platform tanpa batas
  • Lebih dari 15 aset kripto yang diperdagangkan
  • Setoran awal cukup terjangkau yakni mulai dari $100 dan spread rendah dimana metode pembayaran pilihannya adalah PayPal, transfer bank, kartu kredit dan debit, Skrill serta lainnya
  • Adanya penawaran leverage maksimal 1:30 untuk trader Eropa dan 1:300 untuk trader internasional serta profesional
  • Lantaran perdagangan kripto sangatlah volatil, Plus600 menawarkan jaminan Stop Loss alias penghentian kerugian

9. Binance

Binance

Sebelumnya disebutkan bahwa TokoCrypto yang merupakan salah satu exchange terbaik di Tanah Air, memperoleh gelontoran dana dari Binance. Binance sendiri adalah broker kripto kelas dunia dengan jumlah aset kripto yang diperdagangkan sangat banyak. Tak main-main, dilaporkan pada Januari 2018, Binance mencatatkan diri sebagai platform exchange kripto terbesar dalam hal volume perdagangan.

Prestasi ini sangatlah fantastis mengingat Zhao Changpeng (CZ) sang CEO, baru mendirikan Binance pada Juli 2017. Sebetulnya apa sih yang membuat Binance begitu dipilih banyak investor dan trader cryptocurrency? Rupanya karena platform ini tidak menerima uang kertas konvensional seperti Dollar Amerika atau Euro.

Ada satu hal yang menarik dalam proses pendirian Binance, dimana saat itu CZ menggalang dana lewat ICO (Initial Coin Offering) yang serupa crowfunding, demi menemukan investor untuk mengembangkan Binance. Hanya saja ICO ini cukup berbeda karena investasi dilakukan dengan mata uang kripto. Saat itu ICO yang dilakukan Binance berhasil meraup $15 juta dan memberikan token aset kripto yakni Binance Coin (BNB) kepada para investor. BNB sendiri merupakan token yang dibuat dalam jaringan Ethereum.

Keunggulan yang Ditawarkan Binance:

  • Sebagai salah satu broker crypto terbaik, Binance menunjukkan dengan banyaknya aset kripto yang mereka tawarkan. Setidaknya ada 1.889 jenis mata uang kripto yang dapat ditemukan di Binance mulai Ethereum, Litecoin hingga CyberMiles (CMT) dan ZCoin (XZC)
  • Biaya transaksi untuk perdagangan di Binance sangat terjangkau yakni hanya 0.1% setiap transaksi
  • Khusus untuk transaksi jual/beli dengan BNB, Anda akan memperoleh diskon sebesar 50%
  • Biaya setoran deposit gratis, tapi untuk penarikan dana dikenai fee yang berbeda serta berubah-ubah pada tiap mata uang kripto, sesuai pergerakan pasar. Hanya saja Anda tak bisa mengisi deposit atau menarik dana dengan uang fiat karena semua transaksi yang terjadi haruslah dalam bentuk cryptocurrency
  • Setiap kali usai melakukan kampanye ICO, Binance biasanya mengenalkan jenis mata uang kripto baru. Hanya saja cryptocurrency yang masuk daftar Binance haruslah terbukti berkualitas
  • Binance memasang sistem keamanan CCSS (CryptoCurrency Security Standard) untuk melindungi akun setiap member. Begitu pula dengan teknologi trading online mumpuni, membuat Binance dapat memproses 1,4 juta transaksi tiap detik

Yuk Daftar BINANCE DISINI siapa tahu beruntung dapat bonus dari binance.

10. Coinbase

Coinbase

Dan inilah broker crypto terbaik terakhir yang akan kami bahas, sekaligus sempat membuat gempar pergerakan nilai cryptocurrency beberapa hari lalu. Yap, dilaporkan pada 14 April 2021 kemarin, perusahaan e-wallet Bitcoin yang berdiri pada Juni 2012 ini resmi melakukan IPO (Initial Public Offering) dan mencatatkan sahamnya di Nasdaq.

Baca juga: 5 Cara Investasi Emas Agar Anda Makmur di Masa Depan

Tentu aksi korporasi yang dilakukan Coinbase ini membuat pelaku Wall Street langsung bergairah yang membuat harga Bitcoin dan Ethereum langsung melambung dan mencetak rekor tertingginya. Hal ini menjadikan Coinbase sebagai perusahaan cryptocurrency pertama yang tercatat di bursa AS dengan kode emiten COIN.

Tak main-main, kapitalisasi pasar perusahaan yang berpusat di San Fransisco, negara bagian California, Amerika Serikat ini mencapai US$70-100 miliar, terbesar untuk perusahaan AS setelah Facebook di tahun 2012. Sejauh ini ada lebih dari 56 juta total pengguna Coinbase dengan enam juta orang rutin melakukan transaksi setiap bulannya.

Keunggulan yang Ditawarkan Coinbase:

  • Ada dua produk utama yang ditawarkan Coinbase yakni pialang sebagai wadah pertukaran mata uang kripto dan platform trading profesional bernama GDAX
  • Coinbase mengantongi 40 lisensi berbeda yang membuatnya bisa beroprasi di sekitar 30 negara bagian Amerika Serikat. Tak heran kalau akhirnya perdagangan cryptocurrency di Coinbase haruslah menggunakan uang fiat global seperti Dollar AS, Poundsterling dan Euro
  • Coinbase hanya menyediakan empat mata uang kripto yakni Bitcoin, Litecoin, Ethereum dan Bitcoin Cash. Kenapa begitu? Karena Coinbase hanya menawarkan cryptocurrency yang terjamin sebagai komoditas, alih-alih menjadi ekuitas atau sekuritas
  • Ada banyak metode pembayaran yang ditawarkan Coinbase seperti transfer antar bank, kartu kredit/debit, PayPal dan transfer SEPA (Transaksi Area Pembayaran Euro Tunggal) untuk masyarakat benua Eropa
  • Ada fitur instant exchange sehingga Anda yang ingin mengirim mata uang kripto bisa melakukan transaksi dengan uang fiat karena langsung dikonversi tanpa adanya biaya tambahan
  • Coinbase menawarkan Shift Card yang merupakan kartu debit VISA agar para nasabah Amerika Serikat bisa bertransaksi mata uang kripto langsung dari wallet Coinbase

Dengan berbagai keunggulan, Coinbase justru memiliki satu kekurangan terbesar yakni biaya transaksi yang cukup tinggi. Dimana untuk transaksi di bawah $200, memakai biaya minimal sementara lebih dari $200, berdasarkan prosentase.

Yuk daftar di Coinbase DISINI

Selain itu karena Coinbase adalah perusahaan publik, maka seluruh informasi nasabah akan diakses tanpa ada yang ditutupi, termasuk kewajiban pembayaran pajak. Namun meskipun demikian, tak ada yang bisa membantahnya sebagai salah satu broker crypto terbaik di dunia.

Tips-Tips Menentukan Broker Crypto Terbaik

Tentunya dari sepuluh broker crypto terbaik yang dibahas sebelumnya, pasti sudah terbukti keamanan dan jaminan dana investor. Sehingga dengan begitu siapapun dapan melakukan perdagangan kripto jauh lebih nyaman. Namun sebetulnya bagaimana sih menentukan sebuah broker kripto itu layak dipilih atau tidak?

Beberapa tips berikut ini mungkin bisa coba Anda terapkan agar bisa memperoleh broker crypto terbaik dan tidak mengecewakan:

  1. Jangan mudah tergiur dengan promo yang ditawarkan oleh broker, terutama jika promo itu menawarkan bonus sangat besar dan cenderung tak masuk akal
  2. Untuk broker atau platform exchange lokal, pastikan sudah mendapat izin resmi dari Bappebti. Sementara broker kripto luar negeri, cek terlebih dulu mengenai legalitas dan regulasi yang mereka miliki
  3. Perbanyak membaca review dari orang lain mengenai kualitas sebuah broker termasuk fasilitas yang ditawarkan, layanan yang dimiliki, aset-aset kripto yang disediakan hingga besaran biaya yang ditetapkan
  4. Mayoritas broker kripto di luar negeri juga menawarkan perdagangan aset investasi lain seperti saham atau forex. Ada baiknya Anda melakukan pengecekan data informasi seputar kinerja broker tersebut, sebagai menambah pertimbangan kembali
  5. Usahakan memilih broker atau exchange yang menawarkan banyak aset kripto karena itu artinya mereka sudah berpengalaman dan memiliki SDM (Sumber Daya Manusia) serta teknologi mumpuni
  6. Agar tidak merepotkan, pertimbangkan pula mengenai kemudahan setoran deposit dan penarikan dana dengan cara mempertimbangkan tingkat likuiditas broker pula
  7. Ada dua jenis wallet yang biasanya dipakai exchange yakni hot wallet dan cold wallet. Untuk hot wallet terkoneksi dengan internet sementara cold wallet tidak. Demi meningkatkan kualitas keamanan, broker dan exchange menggunakan 2FA (2-Factor Authentication) supaya penjagaan dana dan data jadi berlapis

Jika broker atau platform marketplace yang Anda pilih sudah memenuhi sejumlah tips di atas, maka tentu tak perlu cemas lagi jika ingin memilihnya sebagai broker crypto terbaik.

Baca juga: 10 Cryptocurrency Terbaik Untuk Investasi Masa Depan

Kesimpulan

Bagaimana? Cukup seru bukan membahas broker-broker kripto populer baik di Indonesia dan luar negeri? Dengan begitu Anda yang ingin memulai perjalanan sebagai trader atau investor aset digital, tidak akan merasa cemas dan khawatir lagi.

Karena memang kunci kesuksesan dalam transaksi kripto adalah pada kualitas broker dan exchange. Dengan bergabung hanya di broker crypto terbaik, Anda tentu dapat memaksimalkan keputusan dalam setiap transaksi dan akhirnya meraup cuan sangat besar. Semangat!

Bagikan ;

Tinggalkan komentar