7 Sekuritas dan Broker Saham Terbaik di Indonesia Tahun 2020

Kondisi perekonomian yang masih tidak menentu memang membuat siapapun lebih waspada dalam membicarakan perkara finansial. Bahkan sekalipun memiliki dana berlebih, pemikiran untuk membuka sebuah bisnis baru masih berupa rencana, karena memilih untuk waspada dalam kondisi saat ini.

Yap, pandemi Covid-19 yang sudah tiga bulan lebih melanda Indonesia, tentu cukup mempengaruhi finansial semua orang. Namun kalau Anda termasuk yang masih ingin mendulang untung di jalur aman, mempertimbangkan untuk melakukan investasi adalah hal yang tepat.

Seperti yang sudah diketahui, sekalipun saat ini zaman makin modern, investasi adalah salah satu usaha memperbanyak keuntungan finansial yang sudah ada sejak dulu. Yang cukup dikenal adalah emas karena sejak dulu hingga kini, tetap dianggap sebagai simbol kekayaan. Banyak orang-orang mampu membeli dan menyimpan emas sebagai sarana menjaga aset finansial.

Dalam perkembangannya, emas tidaklah menjadi instrumen investasi utama. Karena kemudian banyak orang yang juga memilih properti seperti rumah atau tanah hingga tabungan, sebagai produk investasi unggulan. Merasa tidak memperoleh cuan yang dimau dari instrumen-instrumen investasi konvensional? Maka mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk investasi sekuritas.

Apa Sih Sekuritas itu?

Secara mudahnya, sekuritas alias efek merupakan dokumen-dokumen atau surat berharga yang bernilai dan dapat diperdagangkan. Sekuritas ini bisa berupa surat pengakuan hutang, surat berharga komersial, saham, obligasi hingga unit penyertaan kontrak investasi kolektif. Untuk sekuritas kolektif ini, biasanya berbentuk reksadana dan kontrak berjangka.

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, sekuritas tidak bisa dipungkiri lagi menjadi salah satu investasi yang sangat menjanjikan. Bahkan jika dibandingkan dengan emas, properti atau tabungan, keuntungan dari investasi sekuritas jauh lebih besar, terutama saham. Nah, untuk bisa melakukan investasi saham, Anda tentu harus memilih perusahaan sekuritas yang tepat.

Dalam kegiatan investasi efek, perusahaan sekuritas memegang peranan penting yakni menjadi perantara antara investor dan pasar modal. Namun dalam perkembangannya, perusahaan sekuritas tidak cuma menjadi broker saham saja, tapi juga agen reksadana dan pemberi konten edukasi soal investasi. Asalkan memilih perusahaan sekuritas yang tepat, Anda pasti bisa untung besar.

Tips Pilih Perusahaan Sekuritas Terpercaya

Sebagai negara berkembang, kegiatan investasi di Indonesia rupanya mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Hal ini rupanya memicu jumlah perusahaan investasi yang semakin lama semakin banyak. Hanya saja tidak semua perusahaan investasi itu bisa dipercaya dan terjamin kinerja usahanya. Nah, supaya tidak salah pilih, berikut tips menentukan perusahaan sekuritas terpercaya:

  1. Agar seluruh transaksi jual-beli efek benar-benar terjamin, pastikan Anda memilih perusahaan sekuritas yang sudah mengantongi izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sebagai perantara pedagang efek dan pastinya anggota Bursa Efek
  2. Bukan hanya mengantongi izin dari OJK, bukti perusahaan sekuritas itu memang bisa diandalkan adalah memiliki rekam jejak usaha yang baik. Ada banyak sekali perusahaan sekuritas yang meski terkenal, pernah mendapat teguran dari BEI (Bursa Efek Indonesia). Supaya bisa tahu rekam jejaknya, Anda bisa bertanya ke investor senior atau mencari informasi di media
  3. Setiap perusahaan sekuritas mempunyai besaran deposit awal untuk modal investasi yang berbeda, bahkan tergantung akun rekening efek. Agar bisa memilih yang tepat, pastikan Anda memilih perusahaan sekuritas dengan deposit setoran awal yang terjangkau sesuai kemampuan finansial
  4. Seperti layaknya transaksi perbankan, seluruh transaksi efek juga dikenai biaya. Setiap perusahaan sekuritas mengatur besaran biaya transaksi jual-beli ini secara berbeda-beda. Ada baiknya Anda memilih perusahaan sekuritas dengan biaya transaksi terjangkau supaya cuan makin besar
  5. Kemajuan teknologi membuat kegiatan investasi efek bisa dilakukan lewat internet, termasuk proses pendaftarannya. Hal inilah yang membuat perusahaan sekuritas terpercaya pasti menyediakan platform trading online berkualitas. Dengan adanya platform trading, Anda tentu bisa memperoleh informasi emiten atau status transaksi secara realtime
  6. Untuk bisa melakukan perdagangan di pasar modal, Anda harus membuka rekening efek dulu. Perusahaan sekuritas yang banyak dipilih investor tentunya melakukan proses pembukaan rekening efek secara cepat dan mudah
  7. Selain investasi, kegiatan di pasar modal biasanya juga seputar trading. Perusahaan sekuritas yang terbaik jelas memberikan fitur trading yang diperkuat oleh data realtime. Dengan data realtime, maka Anda bisa lebih mudah melakukan aktivitas sekuritas secara efektif dan efisien

Jika Anda memahami tips-tips di atas dan menerapkannya, maka tentu akan bisa memilih perusahaan sekuritas terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Masih belum bisa menentukan dan bingung memilih? Kami akan membahas perusahaan-perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia.

7 Perusahaan Sekuritas Terbaik di Indonesia yang Wajib Dipilih

Mungkin tidak banyak yang sadar bahwa cikal bakal pasar modal sudah muncul sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya sekitar tahun 1912 di Batavia. Didirikan oleh VOC, pasar modal mengalami pasang surut terutama saat serangan Jepang hingga kemerdekaan Indonesia. Barulah di tahun 1977, pemerintah Indonesia melakukan sejumlah aturan untuk mendirikan pasar modal lagi.

Di masa pemerintahan Presiden Soeharto saat itu, BEJ (Bursa Efek Jakarta) dijalankan oleh BAPEPAM (Badan Pelaksana Pasar Modal). Dalam sepuluh tahun perjalanan, emiten masihlah sangat sedikit yakni kurang dari 25 perusahaan. Titik balik BEJ dimulai saat KPEI (Kliring Penjamin Efek Indonesia) berdiri tahun 1996, lalu setahun berikutnya KSEI (Kustodian Sentra Efek Indonesia) berdiri.

Hingga akhirnya pada 30 November 2007, BEJ dan BES (Bursa Efek Surabaya) digabung dan namanya resmi menjadi BEI. Delapan tahun kemudian, pemerintah menggalakkan kampanye Yuk Nabung Saham yang membuat jumlah investor dan perusahaan sekuritas langsung melambung. Dari banyaknya perusahaan-perusahaan sekuritas itu, berikut tujuh di antaranya menjadi yang terbaik dan sangat layak dipilih:

1. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Berdiri sejak tahun 1994 dengan nama Monas Buana Securities, Mirae Asset Sekuritas Indonesia memang telah memiliki perjalanan yang panjang. Mirae juga sempat berganti nama di tahun 2003 jadi eTrading Securities, lalu di tahun 2013 jadi Daewoo Securities Indonesia. Saat ini Mirae sudah mengantongi lisensi PPE (Perantara Perdagangan Efek) dan PEE (Perantara Emisi Efek).

Mirae juga terdaftar sebagai anggota bursa, meskipun tidak menjadi MI (Manajer Investasi). Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, Mirae tak dipungkiri lagi menjadi salah satu sekuritas terbaik di Indonesia. Bagi Anda yang hendak melakukan investasi di bidang saham, reksadana atau obligasi, bergabung dan membuat akun di Mirae Asset Sekuritas Indonesia adalah pilihan terbaik

Produk dan Layanan Mirae Asset Sekuritas Indonesia Sekuritas

Memahami bahwa tidak semua nasabah di Mirae memiliki kemampuan finansial yang sama, Mirae menawarkan berbagai jenis akun. Setidaknya ada empat jenis akun yang bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan kondisi keuangan serta kebutuhan. Berikut penjelasannya:

  • Akun Reguler: Minimal setoran awal Rp10 juta dengan fee jual/beli sebesar 0,15%/0,25%. Lalu akan dikenai bunga penalti sebesar 0,2% per hari jika memakai margin dan ada force sell T+4
  • Akun Margin: Minimal setoran awal Rp200 juta dengan fee jual/beli sebesar 0,15%/0,25%. Dikenai bunga penalti 0,05% per hari jika pakai margin, tanpa adanya force sell dan wajib memiliki akun Reguler terlebih dulu
  • Akun Day Trading: Minimal setoran awal Rp10 juta dengan fee jual/beli sebesar 0,08%/0,18%. Tak ada penambahan bunga penalti karena saham untuk akun Day Trading tidak bisa dipegang lebih dari sehari. Sehingga untuk force sell setiap hari pukul 15.40. Sama seperti akun Margin, Anda harus punya akun Reguler dulu jika ingin memiliki akun Day trading
  • Akun Syariah: Minimal setoran awal Rp10 juta dengan fee jual/beli sebesar 0,15%/0,25%. Tak memiliki fasilitas margin meskipun ada force sell T+4, serta hanya bisa digunakan untuk membeli saham indeks syariah di BEI (Bursa Efek Indonesia)

Dikenal sebagai perusahaan investasi dengan layanan lengkap, Mirae Asset Sekuritas Indonesia memiliki layanan unggulan seperti pialang saham (perdagangan offline dan online), MaxFund dan investasi perbankan (penjamin IPO, NCD, MTN, REPO). Demi bisa mewujudkan seluruh pelayanan yang berkualitas, Mirae menggunakan sistem online trading terbaik supaya investor bisa melakukan perdagangan di mana saja dengan internet.

Untuk platform trading alias aplikasi, Mirae Asset menggunakan MTS berbasis HOTS (pengguna komputer) dan NEO HOTS (pengguna smartphone Android dan iOS). Sistem perdagangan jarak jauh ini memungkinkan nasabah Mirae melakukan kegiatan trading lewat gawai berakses internet.

Hal-Hal yang Wajib Dipertimbangkan Saat Mau Gabung Mirae Asset Sekuritas

Setiap perusahaan sekuritas tentu memiliki aturan tersendiri mengenai besaran fee alias biaya transaksi. Hal tersebut juga diterapkan oleh Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Namun Anda tak perlu khawatir, karena besaran fee di Mirae sangat kompetitif. Berikut penjelasannya:

  • Fee untuk transaksi beli sebesar 0,15% dan transaksi jual sebesar 0,25%. Seluruh biaya transaksi ini sudah termasuk WHT (witholding tax) alias pajak transaksi efek, LEVY FEE (biaya ke bursa), brokerage fee (biaya ke perusahaan sekuritas).
  • Tak ada fee tambahan yang harus dibayar untuk market info
  • Tidak ada biaya yang harus dibayarkan untuk fasilitas MTS (Mobile Trading System) dari Mirae, asalkan sudah berlangganan paket pulsa unlimited bulanan
  • Ada biaya tambahan kliring antar bank jika ingin mencairkan dana ke rekening yang berbeda dari RDN
  • Ada biaya tambahan mulai dari Rp22 ribu per jenis saham (atau sesuai ketentuan KSEI) jika ingin memindahkan saham dari dan ke Mirae Asset Sekuritas

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa fee yang ditentukan oleh Mirae sangat terjangkau? Lantaran seluruh transaksi dilakukan oleh nasabah secara mandiri lewat sistem HOTS (Home Online Trading System). Hal ini membuat biaya broker berkurang. Tidak seperti perusahaan sekuritas lain yang menggunakan broker individu untuk membantu transaksi, sehingga fee yang ditetapkan cukup tinggi.

Cara Daftar Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Demi mempermudah seluruh calon investor, Mirae Asset Sekuritas tidak mempersulit proses pendaftarannya. Untuk bergabung, Anda bisa langsung menghubungi pihak Customer Service (CS) alias pelayanan pelanggan Mirae Asset Sekuritas di nomor resmi 021-150350 pada pukul 08.00 – 17.00, setiap hari kerja (Senin-Jumat).

Selain melalui CS, Anda juga bisa meminta formulir pendaftaran lewat sales online atau berkunjung ke puluhan galeri Mirae Asset Sekuritas yang tersebar di seluruh Indonesia. Isi formulir pendaftaran dan formulir RDI (Rekening Dana Investor) tersebut, sembari melengkapi dokumen yang diperlukan seperti fotokopi KTP/paspor, fotokopi cover buku tabungan, fotokopi NPWP dan materai 6.000.

Kirim lagi formulir pendaftaran yang sudah diisi dan dilengkapi itu ke pihak Mirae Asset Sekuritas baik melalui email, kurir atau diantar langsung ke galeri terdekat. Mirae akan memproses permohonan RDN (Rekening Dana Nasabah) dan akun sekuritas calon investor di KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) dalam beberapa hari ke depan.

Jika permohonan akun sekuritas disetujui, maka Mirae akan mengubungi calon investor melalui email yang berisi username sekaligus password di aplikasi trading Mirae Asset Sekuritas. Anda akan bisa langsung mengisi deposit di akun RDN dan siap memilih efek untuk melakukan transaksi di pasar keuangan. Berikut informasi lengkap soal Mirae Asset Sekuritas Indonesia.

2. Indo Premier Sekuritas

mengenal IndoPremier sekuritas

Sejarah pendirian perusahaan penyedia jasa keuangan terintegrasi di bidang pasar modal ini bermula pada tahun 2002. 18 tahun lalu, para pendiri IndoPremier membeli perusahaan efek ini dan kemudian memilih nama PT Indo Premier Securities. Baru pada tahun 2017 kemarin, perusahaan resmi berubah menjadi PT Indo Premier Sekuritas. Indo Premier Sekuritas sudah memperoleh izin OJK lewat nomor KEP-11/PM/PPE/1996.

Dalam menjalankan bisnisnya, IndoPremier memberikan layanan sebagai bidang perantara pedagang efek, penjamin emisi efek sekaligus MI (Manajemen Investasi). Ada dua kategori nasabah yang jadi fokus IndoPremier yakni individu dan institusi. Hal ini merupakan prestasi tersendiri, karena tidak banyak perusahaan sekuritas di Indonesia yang sangat berhasil melayani dua kategori nasabah yang berbeda.

Produk dan Layanan Indo Premier Sekuritas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, IndoPremier tidak hanya ingin menjadi perusahaan sekuritas pada umumnya. Sejak pertama kali berdiri, IndoPremier membuktikan kalau mereka adalah inovator lewat berbagai produk yang ditawarkan untuk nasabah. Apa saja? Berikut penjelasannya:

  • IPOTSTOCK: Website jual-beli saham yang bisa diakses melalui perangkat komputer baik PC dan laptop. Dengan penampilan yang user-friendly, IPOTSTOCK menawarkan sistem auto-trading, fitur grafik/chart sampai kalkulator multiguna
  • IPOTGO: Platform investasi online yang terintegrasi sehingga nasabah bisa melakukan transaksi reksadana, saham dan ETF sekaligus dalam satu akun, satu bank pembayaran serta satu laporan
  • IPOTKU: Solusi menyimpan uang dengan return (imbal hasil) lebih tinggi daripada tabungan biasa, lewat produk Bung Dana
  • IPOTFUND: Supermarket alias marketplace reksadana online pertama dan terlengkap di Indonesia yang berdiri pada April 2014. Ada 40 MI serta 254 reksadana yang bergabung
  • IPOTPLAN: Website perencana keuangan yang diluncurkan pada Februari 2014
  • IPOTNEWS: Website berita ekonomi, pasar modal, perusahaan terbuka dan data transaksi di pasar modal yang bisa diakses gratis sejak tahun 2011
  • Aplikasi IPOT: Platform trading dan investasi berbasis mobile smartphone (Android dan iOS) yang pertama kali dikenalkan pada 2016. Namun di tahun 2020, dilakukan inovasi baru dengan teknologi Robo Trading, charting dengan indikator dan tools yang lebih lengkap serta kalender aksi korporasi

Hal-Hal yang Wajib Dipertimbangkan Saat Mau Gabung Indo Premier Sekuritas

Ada dua kategori nasabah yang dilayani oleh IndoPremier Sekuritas yakni nasabah institusi dan individu. Untuk nasabah institusi, ada tiga kegiatan bisnis yang ditawarkan yakni Investment Banking, Equity Sales & Trading serta Fixed Income Sales & Trading. Dalam lingkup Investment Banking, IndoPremier bisa membantu menghimpun dana untuk perusahaan. Sementara di bidang Equity dan Fixed Income Sales & Trading, ada lebih dari 400 lembaga dana pensiun, perusahaan domestik, asuransi, perusahaan multinasional hingga MI yang dilayani oleh IndoPremier.

Dibandingkan perusahaan sekuritas lain yang ada di daftar, IndoPremier bisa dibilang yang sangat memanjakan investor individu. Kenapa begitu? Karena untuk membuka rekening saham tidak ada modal minimal. Nasabah baru akan mengeluarkan dana saat hendak melakukan pembelian saham. Dana yang dikeluarkan pun sesuai dengan nilai transaksi saham.

Cara Daftar Indo Premier Sekuritas

Bukan hanya segudang prestasi dan berbagai produk yang ditawarkan, untuk membuka rekening efek saham dan reksadana di IndoPremier sangatlah mudah dan cepat, seperti bikin akun e-commerce. Yap, IndoPremier mempermudahnya lewat jalan digital, tanpa tanda tangan basah atau dokumen fisik yang wajib dikirimkan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Lakukan registrasi digital dengan mengunduh aplikasi IPOTGO atau IPOT milik IndoPremer. Pasang aplikasi di perangkat komputer atau smartphone
  2. Masukkan alamat email dan nomor HP, lalu kemudian isi kode OTP
  3. Masukkan NIK dan nomor NPWP (opsional)
  4. Isi kelengkapan data seperti informasi pekerjaan, alamat kantor, sumber penghasilan, tujuan membuka akun dan lain-lain
  5. Unggah dokumen yang diperlukan seperti KTP, foto selfie dengan KTP, NPWP (opsional) dan foto tanda tangan
  6. Bikin User ID (terdiri dari huruf besar dan angka sebanyak 6-16 karakter), password (paduan huruf besar dan kecil serta angka minimal 8 karakter) dan PIN (terdiri dari 8 angka)
  7. Lakukan verifikasi lewat email untuk konfirmasi pembukaan rekening. Kemudian verifikasi langsung secara online dengan CS (Customer Care) menggunakan video call
  8. Anda akan memperoleh rekening efek sebagai rekening transaksi, SRE (Sub Rekening Efek) sebagai rekening penyimpanan efek, nomor SID (Single Investor Identification) dan RDN (Rekening Dana Nasabah) yang otomatis di bank Permata sebagai rekening penampungan dana
  9. Lakukan deposit awal transaksi tanpa minimal setoran dana karena disesuaikan dengan minimal pembelian 1 lot saham

Supaya proses pendaftaran singkat dan tanpa masalah, pastikan mendaftar di jam bursa (hari Senin-Jumat pukul 09.00-16.00) agar otomatis memperoleh akun Reguler dalam waktu satu jam. Agar memperoleh informasi makin lengkap soal IndoPremier Sekuritas, silahkan langsung ke halaman ini.

3. Mandiri Sekuritas

mengenal Mandiri Sekuritas

Berstatus sebagai penyedia layanan Investment Banking terkemuka, Mandiri Sekuritas bergerak di bidang Perantara Pedagang Efek (Surat Persetujuan Bapepam dan LK nomor Kep-13/PM/1992 tanggal 23 Januari 1992) dan Penjamin Emisi Efek ( Surat Persetujuan Bapepam dan LK nomor Kep-12/PM/1992 tanggal 23 Januari 1992). Dengan izin resmi itu, Mandiri Sekuritas pun terdaftar sekaligus diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga seluruh kegiatannya terjamin.

Telah hadir sebagai mitra investasi terpercaya selama 20 tahun, Mandiri Sekuritas pun berhasil menjadi broker lokal paling aktif di pasar modal. Sebagai pemimpin di industri pasar modal, jaringan distribusi Mandiri Sekuritas sudah tersebar di lebih dari 40 kantor layanan di seluruh Indonesia.

Produk dan Layanan Mandiri Sekuritas

Sebagai mitra terbaik yang menghadirkan layanan Investment Banking dan Capital Markets baik untuk nasabah korporat, institusi dan individu, MOST memang bekerja dengan kualitas tak main-main. Bahkan MOST ini memiliki berbagai kelebihan yang hanya akan dinikmati oleh nasabah Mandiri Sekuritas. Berikut beberapa di antaranya:

  • Menggunakan metode enskripsi SSL sehingga sangat aman
  • Informasi yang diberikan cepat dan realtime
  • Ada informasi daily trading ideas dari pakar secara cuma-cuma
  • Bagi pemula dan nasabah Mandiri Sekuritas, akan memperoleh training pasar modal gratis
  • Tidak ada biaya bulanan dan administrasi

Hal-Hal yang Wajib Dipertimbangkan Saat Mau Gabung Mandiri Sekuritas

Dengan berbagai keunggulan, kemudahan pendaftaran dan pelayanan super berkualitas, pastinya Mandiri Sekuritas mematok deposit awal dan fee transaksi yang sangat besar! Bukankah istilah ada harga ada rupa? Tenang saja, hal itu tidak terjadi dalam Mandiri Sekuritas.

Di mana untuk saat ini, setoran deposit awal di Mandiri Sekuritas hanyalah sebesar Rp3 juta! Tentu saja nominal ini sangatlah terjangkau mengingat dulu harus minimal Rp10 juta untuk nasabah umum dan Rp5 juta untuk nasabah mahasiswa. Tak hanya deposit awal yang semakin terjangkau, besaran fee transaksi jual-beli saham di Mandiri Sekuritas pun tidak menekan nasabah.

Untuk biaya pembelian atau BUY, akan dikenai fee 0,18%, sementara untuk biaya penjualan atau SELL sebesar 0,28%. Satu yang harus Anda ingat, besaran biaya alias fee ini biasanya berubah-ubah tergantung dengan kebijakan Mandiri Sekuritas. Namun tetap tidak akan membebani investor.

Cara Daftar Mandiri Sekuritas

Untuk bisa melakukan perdagangan di pasar modal, yang harus Anda miliki adalah rekening efek. Kalau dulu untuk membuka rekening efek harus datang ke perusahaan sekuritas, mengirim berbagai dokumen fisik dan menunggu proses verifikasi, maka hal-hal itu tak akan terjadi saat Anda memilih Mandiri Sekuritas.

Melalui platform bernama MOST (Mandiri Online Securities Trading) yang diluncurkan pada 2011, Anda bisa langsung menginvestasikan dana ke pasar modal secara online seperti jual-beli obligasi, reksadana dan tentunya saham. Bisa diakses melalui smartphone, website dan aplikasi, MOST juga menjadi tempat Anda melakukan pendaftaran secara online. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Siapkan terlebih dulu dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan sebagai syarat pembukaan rekening efek di Mandiri Sekuritas. Dokumen-dokumen itu adalah KTP, NPWP, buku rekening tabungan, kartu nama, foto diri. Lantaran secara online, pastikan dokumen ini sudah dalam versi digital
  2. Buka website resmi MOST di www.most.co.id
  3. Cari menu PENDAFTARAN atau REGISTER di bagian sisi atas website dan klik
  4. Anda akan dialihkan ke Formulir Pembukaan Rekening Efek (FPRE) yang harus diisi dengan informasi data profil pribadi, data pekerjaan, data tambahan hingga Risk Profile Questionaire
  5. Unggah seluruh dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya
  6. Pilih media untuk melakukan proses verifikasi lewat video call lalu SUBMIT alias KIRIM

Tunggu sampai ada petugas Mandiri Sekuritas yang menghubungi Anda dan melakukan verifikasi. Biasanya calon investor juga akan diberi beberapa pertanyaan untuk pengecekan kelengkapan dokumen. Jika sudah, akan ada berkas yang dikirim melalui email. Unduh dan cetak berkas FPRE serta MTBI (Mandiri Tabungan Bisnis Investor) dalam ukuran kertas A4. Mau informasi lengkap soal Mandiri Sekuritas? Simak di sini saja, ya!

4. Stockbit-Sinarmas Sekuritas

Stockbit - Sinarmas Sekuritas

Jika pada awal perjalanannya Sinarmas Ekagraha menjalankan bidang usaha valuta asing (valas), traveller cheque dan surat-surat berharga lainnya, kini Sinarmas Sekuritas fokus menjadi perantara pedagang efek. Seperti namanya, Sinarmas Sekuritas bertugas melakukan transaksi jual beli saham di bursa. Bahkan kini Sinarmas Sekuritas juga memiliki anak usaha di bidang Manajer Investasi (MI) lewat Sinarmas Asset management.

Memenuhi diri sebagai salah satu perusahaan efek terbaik, Sinarmas Sekuritas pun telah memiliki izin usaha resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau yang dulu disebut Bapepam. Nomor izin usaha Sinarmas Sekuritas adalah No. Kep-82/PM/1992 tanggal 29 Februari 1992 sebagai Penjamin Emisi Efek dan No. Kep-83/PM/1992 tanggal 29 Februari 1992 sebagai Perantara Pedagang Efek.

Namun jika dibandingkan perusahaan efek lainnya, Sinarmas Sekuritas memiliki berbagai keunggulan termasuk dengan jalinan kerjasamanya bersama Stockbit. Sekadar informasi, Stockbit adalah aplikasi komunitas saham online yang akhirnya bisa menjadi wadah perdagangan saham pula. Seperti layaknya media sosial, Stockbit mempertemukan Anda dengan para investor baik pemula atau yang sudah berpengalaman.

Produk dan Layanan Stockbit-Sinarmas Sekuritas

Sebagai perusahaan efek berkualitas, Sinarmas Sekuritas memiliki cukup banyak produk dan layanan yang disediakan. Untuk produk perdagangan pasar modal, bisa diakses secara online. Di mana kedua produk perdagangan pasar modal itu adalah Simas Equity dan Simas Mobile. Berikut ulasan singkatnya:

  • Simas Equity: Merupakan layanan jual beli saham online. Nasabah bisa memantau perkembangan saham secara aktual termasuk hingga perkembangan informasi yang mempengaruhi naik-turunnya harga saham. Tenang saja, seluruh data saham di situs resmi Sinarmas Sekuritas sudah memperoleh izin dari BEI (Bursa Efek Indonesia).
  • Simas Mobile: Seperti namanya, ini adalah aplikasi transaksi jual beli saham yang bisa dipasang pada gawai Anda. Anda bisa melakukan transaksi saham di jam perdagangan dan tentunya lebih praktis dibandingkan Simas Equity. Untuk bisa menggunakan Simas Mobile, Anda haruslah terdaftar di Sinarmas Sekuritas.

Melalui dua produk tersebut, Sinarmas Sekuritas siap untuk melayani nasabah yang hendak melakukan transaksi di pasar modal. Layanan yang pertama adalah Sinarmas Sekuritas memberikan hasil riset pasar modal secara rutin setiap hari. Lewat hasil riset ini, investor tentu akan bisa mengetahui pergerakan saham serta saran-saran yang harus dilakukan. Anda tentu bisa lebih terbantu dalam menentukan apakah bakal menjual, membeli atau diam saja.

Hal-Hal yang Wajib Dipertimbangkan Saat Mau Gabung Stockbit-Sinarmas Sekuritas

Sudah memperoleh 14 penghargaan di sektor finansial dengan 30 ribu lebih klien, 600 lebih emiten dan total nilai transaksi menembus Rp67 triliun, Sinarmas Sekuritas tak bisa dipungkiri adalah salah satu perusahaan efek terbaik. Bahkan untuk deposit awal, bisa dimulai dari Rp500 ribu. Namun deposit bisa di bawah itu asalkan dana yang dimiliki nasabah bisa untuk membeli 1 lot saham.

Mematok fee transaksi beli 0,15% dan fee transaksi jual 0,25%, Sinarmas Sekuritas cukup kompetitif dan amat sangat layak dipertimbangakn investor. Sementara untuk biaya market info dan administrasi, Sinarmas Sekuritas tidak mematok apapun alias gratis selamanya. Kendati menawarkan tiga bank RDN yakni Sinarmas, BCA dan CIMB Niaga, proses top up/deposit ke RDN bisa dilakukan secara mudah.

Sementara itu khusus untuk Stockbit, Anda yang membuka rekening saham Sinarmas Sekuritas di Stockbit dan melakukan deposit Rp5 juta, akan mendapat akun Stockbit Pro seumur hidup.

Cara Daftar Stockbit-Sinarmas Sekuritas

Tentunya untuk bisa menggunakan Simas Equity dan Simas Mobile serta seluruh layanan yang sudah dijabarkan, Anda harus melakukan pendaftaran di Sinarmas Sekuritas. Tenang saja, tidak sulit kok untuk bergabung sebagai nasabah dan melakukan perdagangan di pasar modal. Berikut ini tahapan yang harus Anda lewati:

  1. Buka terlebih dulu situs resmi Sinarmas Sekuritas
  2. Pilih kolom DAFTAR lalu kemudian Anda akan dialihkan ke halaman baru. Di halaman baru itu, Anda akan diberi pertanyaan apakah sudah mempunyai rekening Sinarmas Sekuritas atau tidak. Pilih yang sesuai dengan kondisi Anda, termasuk apakah mau melakukan pendaftaran online trading atau tidak. Kemudian pilih SUBMIT
  3. Anda diminta untuk memilih kantor cabang dan sales untuk proses verifikasi nanti
  4. Siapkan KTP dan NPWP milik Anda sekaligus softcopy dari kedua dokumen tersebut
  5. Isi formulir pendaftaran sesuai dengan data dan informasi yang diminta
  6. Kirimkan hardcopy dokumen yang diminta dalam proses pendaftaran ke alamat PT Sinarmas Sekuritas di Sinarmas Land Plaza Tower 3 Lantai 7, Jl MH Thamrin No 51 Jakarta 10350

Agar semakin paham, Anda bisa memperoleh informasi lengkap soal Sinarmas Sekuritas di sini.

5. BNI Sekuritas

cara daftar - keunggulan BNI Sekuritas

Sudah berdiri sejak 12 April 1995, BNI Sekuritas yang baru saja genap berusia 25 tahun pada 2020 ini bergerak di sektor pasar modal. Bukan hanya sebagai anak perusahaan bank BNI saja yang menjadikan BNI Sekuritas sebagai salah satu perusahaan efek terpercaya, tapi karena memang BNI Sekuritas sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Berikut beberapa izin yang dimiliki oleh BNI Sekuritas:

  • Sebagai Penjamin Emisi Efek dengan Nomor: KEP-20/PM/1995 dan perubahan penggunaan izin usaha perusahaan efek sebagai penjamin emisi efek atas nama PT BNI Securities menjadi izin usaha atas nama PT BNI Sekuritas dengan Nomor: KEP-20/PM.2/2017
  • Sebagai Perantara Pedagang Efek dengan Nomor: KEP-19/PM/1995 dan perubahan penggunaan izin usaha perusahaan efek sebagai perantara pedagang efek atas nama PT BNI Securities menjadi izin usaha atas nama PT BNI Sekuritas dengan Nomor: KEP-21/PM.2/2017

Bisa dipastikan kalau melalui beragam izin tersebut, BNI Sekuritas semakin memantapkan diri sebagai salah satu perusahaan efek terbaik di Indonesia.

Produk dan Layanan BNI Sekuritas

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, tentu BNI Sekuritas sudah pasti memiliki berbagai keunggulan. Bagi Anda yang masih butuh pertimbangan lagi, berikut ini akan kami bahan beberapa produk, layanan dan keunggulan BNI Sekuritas:

  • Memiliki empat layanan utama yakni Investment Banking (layanan emisi penjaminan kepada calon emiten untuk mempersiapkan Penawaran Umum Perdana entah saham, obligasi atau efek lainnya), Equity Brokerage (perantara pedagang efek) dengan layanan hybrid dan online, Fixed Income Brokerage (layanan pengelolaan perdagangan surat hutang) dan Mutual Funds Selling Agent alias agen penjual reksadana
  • Proses penyelesaian kartu KSEI dalam waktu satu bulan
  • Tidak ada biaya bulanan dan tahunan serta update market info disediakan gratis
  • BIONS bisa digunakan dalam multi-platform
  • Nasabah bisa meminta akun trial
  • Besaran deposit awal sangat terjangkau
  • Terdapat akun syariah, cocok untuk Anda yang ingin melakukan investasi di pasar modal tapi masih berpegang teguh dengan syariat Islam

Hal-Hal yang Wajib Dipertimbangkan Saat Mau Gabung BNI Sekuritas

Memahami betul bahwa kondisi keuangan dan kebutuhan investasi setiap orang berbeda-beda, BNI Sekuritas pun menawarkan tiga jenis rekening. Ketiga jenis rekening itu adalah Regular, Syariah dan Margin. Apa bedanya? Berikut informasi lengkapnya:

REGULARSYARIAHMARGIN
Saham yang diperdagangkanSemua saham terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia)Saham-saham yang sesuai prinsip syariat Islam. Biasanya datanya dirilis di bulan Juni dan DesemberSaham yang mendapat izin BEI untuk memperoleh pembiayaan. Daftar sahamnya dirilis tiap bulan
Setoran awal (online)Rp1 jutaRp1 jutaRp200 juta
Biaya transaksi beli (online)0.17%0.17%0.17%
Biaya transaksi jual (online)0.27%0.27%0.27%
Biaya bulananTidak adaTidak adaTidak ada
Lama penyelesaianT+2T+290 hari
Biaya penyelesaian yang terlambat36%p.aTidak ada18%p.a

Cara Daftar BNI Sekuritas

Seperti layaknya perusahaan-perusahaan efek masa kini, tata cara pendaftaran di BNI Sekuritas bisa dilakukan lewat dua cara yakni secara online dan offline. Jika Anda cukup beruntung berada di kota yang terdapat cabang BNI Sekuritas, maka bisa langsung melakukan pendaftaran dengan datang ke kantor BNI Sekuritas tersebut.

Pastikan Anda memiliki modal dana untuk keperluan setoran awal minimal sesuai dengan pilihan. Jangan lupa juga untuk membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan:

  • Untuk nasabah perorangan: Fotokopi identitas (KTP/paspor) nasabah dan surat kuasa (jika diwakilkan) serta fotokopi NPWP
  • Untuk nasabah korporat: Salinan untuk dokumen Anggaran Dasar Perusahaan terbaru, Akta Pendirian Perusahan, Akta Susunan Pengurus terbaru, SIUP, NPWP, Surat Izin Tempat Usaha, laporan keuangan (neraca dan laba-rugi) perusahaan selama tiga tahun terakhir. Jangan lupa juga dengan fotokopi identitas (KTP/paspor) penanggung jawab perusahaan dan pihak yang dikuasakan (jika diwakilkan)

Jika Anda sudah membawa seluruh dokumen tersebut, maka bisa langsung melakukan proses pendaftaran dan memilih jenis rekening. Bakal ada formulir registrasi nasabah yang harus diisi yakni formulir isian dan perjanjian pembukaan rekening efek reguler, formulir spesimen tanda tangan, formulir permohonan batas transaksi rekening efek reguler dan formulir disposisi sales.

Sementara untuk pendaftaran online, Anda bisa menggunakan platform efek online dari BNI Sekuritas yang baru saja dirilis pada pertengahan 2019 lalu, bernama BIONS. Berikut tata cara daftar BNI Sekuritas secara online lewat BIONS:

  1. Siapkan terlebih dulu dokumen-dokumen penting yang menjadi syarat pembukaan rekening efek di BNI Sekuritas yakni KTP, NPWP dan buku tabungan/rekening koran. Pastikan seluruh dokumen ini sudah dalam bentuk digital supaya bisa langsung diunggah
  2. Buka situs resmi BNI Sekuritas di www.bnisekuritas.co.id
  3. Pilih REKENING dan REGISTRASI ONLINE di bagian sudut kanan atas website
  4. Isi lengkap formulir aplikasi pembukaan rekening mulai dari data calon nasabah, pekerjaan, status dan lainnya secara tepat
  5. Unggah dokumen-dokumen penting sebelumnya lalu SIMPAN
  6. Buka dan cetak Formulir Aplikasi Pembukaan Rekening yang dikirim ke email calon nasabah. Tempelkan materai Rp6.000 dan bubuhi tandatangan
  7. Kirim kembali formulir yang sudah ditandatangani sekaligus salinan dokumen KTP dan NPWP ke kantor pusat BNI Sekuritas di BNI Sekuritas (Unit Online Trading), Sudirman Plaza Indofood Tower lantai 16, Jl. Jend.Sudirman Kav. 76–78 Jakarta 12910, Telp. (021) 2554-3946

Proses pendaftaran di BNI Sekuritas ini biasanya akan selesai dalam waktu maksimal dua pekan. Jika semuanya sudah beres, nasabah akan menerima email yang berisikan informasi USER ID, password sekaligus PIN trading. Supaya makin jelas, berikut ini informasi lengkap soal BNI Sekuritas.

6. CGS-CIMB Sekuritas

CGS-CIMB Sekuritas

Mampu mencapai status sebagai bank terbesar keempat di Indonesia dari sisi aset, CIMB Niaga pun terus melakukan pengembangan bisnisnya dan terjun ke pasar modal lewat CIMB Sekuritas. Mendukung penuh visi induk perusahaan sebagai grup jasa keuangan terkemuka dan percaya di tingkat Asia, PT CIMB Sekuritas Indonesia bertransformasi menjadi PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia.

Demi memberikan pelayanan yang maksimal, CGS-CIMB sudah memperoleh perizinan pialang saham alias brokermelalui Surat Keputusan No. KEP-92/PM/1992 dan No. KEP-93/PM/1992, keduanya tanggal 29 Februari 1992. Dengan demikian, CGS-CIMB resmi melakukan seluruh kegiatan bisnis dengan aman dan profesional karena sudah terdaftar sekaligus diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Anda sebagai investor pun tidak akan merasa khawatir lagi.

Produk dan Layanan CGS-CIMB Sekuritas

Untuk platform trading online, CGS-CIMB mengusung nama iTrade yang memiliki tiga fitur utama yakni Advanced Chart, Stock Screener dan Heat Map. Ketiga fitur iTrade ini sangatlah mempermudah investor pemula dalam melakukan kegiatan investasi dan trading di pasar modal. Tak hanya itu saja, CGS-CIMB Sekuritas juga menawarkan layanan Smart Order.

Dengan layanan Smart Order, nasabah akan mendapat perlindungan Smart Loss dan Take Profit. iTrade sendiri bisa diakses lewat berbagai platform baik mobile, desktop atau web browser. Bahkan untuk pengguna mobile, iTrade bisa dipasang di Sistem Operasi Android, iOS dan Windows

Hal-Hal yang Wajib Dipertimbangkan Saat Mau Gabung CGS-CIMB Sekuritas

Melalui proses pendaftaran online, CGS-CIMB memang menawarkan keunggulan yakni waktu yang dibutuhkan sangat singkat. CGS-CIMB mengklaim kalau proses pendaftaran online bisa dilakukan dalam waktu satu hari saja. Supaya semakin mantap dan bisa langsung melakukan pendaftaran, berikut beberapa hal yang wajib Anda ketahui terlebih dulu soal CGS-CIMB Sekuritas:

  • Ada tiga pilihan RDN (Rekening Dana Nasabah) yang ditawarkan oleh CGS-CIMB. Di mana kalau mendaftar online, secara otomatis RDN-nya adalah BCA. Namun kalau daftar di jalur konvensional, Anda bisa memperoleh tambahan RDN dari bank Mandiri dan CIMB Niaga sendiri
  • Deposit awalnya mulai dari Rp1 juta
  • Ada empat rekening investasi yang ditawarkan yakni rekening saham reguler, rekening margin, rekening REPO (Repurchasing Agreement) dan rekening obligasi
  • Fee transaksi yang ditetapkan oleh CGS-CIMB Sekuritas sebesar 0,18% untuk transaksi pembelian dan 0,28% untuk transaksi penjualan
  • Untuk keperluan transfer saham ke broker lain, CGS-CIMB mematok biaya transaksi sebesar Rp22 ribu per emiten
  • Jika tidak ada portfolio atau cash di rekening efek selama tiga bulan berturut-turut, maka CGS-CIMB akan langsung menon-aktifkan (dormant account) akun milih nasabah
  • Sementara untuk akun pasif yang masih mempunyai portfolio dan cash di dalam rekening, tidak akan dibebani biaya pemeliharaan
  • Denda jatuh tempo ketika berutang ke CGS-CIMB Sekuritas ditetapkan dengan besaran 0,06% per hari, atau 21,9% p.a (per annum)

Cara Daftar CGS-CIMB Sekuritas

Demi memudahkan calon investor, CGS-CIMB Sekuritas pun menawarkan tiga pilihan proses pendaftaran seperti berikut ini:

  1. Datang ke kantor cabang CGS-CIMB terdekat. Sejauh ini kantor cabang CGS-CIMB bisa ditemukan di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang dan Medan. Sementara untuk Investment Gallery, dibuka juga di Solo dan Yogyakarta. Kantor pusat CGS-CIMB di Indonesia terletak di IDX Tower, Jakarta
  2. Menghubungi nomor telepon resmi di 021-2996 1800 atau mengirim email ke [email protected], untuk pengajuan pembukaan rekening efek. Pihak CGS-CIMB akan mengirimkan berkas-berkas formulir ke alamat nasabah dengan jasa pos
  3. Buka rekening sekuritas online di https://register.cgs-cimb.co.id/

Agar proses pendaftaran itu bisa berlangsung lancar, pastikan Anda melengkapi diri dengan berbagai dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat registrasi. Apa saja? Berikut di antaranya:

  • Fotokopi kartu identitas diri (KTP, paspor, KITAS)
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi rekening bank yang memperlihatkan nomor rekening bank dan nama pemiliknya secara jelas
  • Informasi slip gaji tiga bulan terakhir atau rekening koran
  • Fotokopi bukti setoran dana atau efek
  • Pernyataan risiko investasi

Tentunya jika Anda melakukan pendaftaran online, pastikan seluruh dokumen itu sudah dalam bentuk digital, sehingga bisa langsung diunggah saat mendaftar. Kalau proses pendaftaran sudah diterima, maka Anda tinggal menanti User ID dan password yang digunakan untuk login di iTrade. Informasi lengkap mengenai CGS-CIMB Sekuritas bisa dilihat di halaman ini.

7. Henan Putihrai (HP) Sekuritas

Henan Putihrai Sekuritas

HP Sekuritas adalah salah satu perusahaan efek paling berpengaruh dan tertua di Indonesia. Sebagai bagian dari HP Financial Group, HP Sekuritas memperoleh izin sebagai penjamin emisi efek pada tahun 2007.

Hingga sejauh ini, HP Sekuritas sudah mengantongi izin OJK (Otoritas Jasa Keuangan), IDX (Indonesia Stock Exchange)/BEI (Bursa Efek Indonesia), KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) dan KPE. HP Sekuritas juga memperoleh izin sebagai Manajer Investasi (MI) dengan No. KEP-04/BL/MI/2006 tanggal 14 Desember 2006.

Produk dan Layanan HP Sekuritas

Menyandang status sebagai perusahaan sekuritas terbaik di tahun 2017 untuk kategori aset di atas Rp100-250 miliar, HP Sekuritas memang layak untuk dipercaya banyak investor Indonesia. Berikut beberapa produk dan layanan dari HP Sekuritas:

  • Transaksi saham dan obligasi untuk nasabah ritel/perorangan serta korporasi/instasi
  • Bekerjasama dengan MI HPAM, HP Sekuritas menyediakan layanan transaksi saham dan reksadana secara online dengan tawaran akun reguler serta syariah
  • Transaksi saham dengan skema pinjam meminjam alias margin
  • Kebutuhan Corporate Finance seperti merger/akuisisi hingga pencatatan saham dan obligasi di BEI
  • Kepentingan riset perusahaan serta ekonomi

Hal-Hal yang Wajib Dipertimbangkan Saat Mau Gabung HP Sekuritas

Untuk platform trading online, HP Sekuritas menawarkan aplikasi bernama HPX yang bisa diakses multi-platform mulai dari desktop, website hingga smartphone. Dalam HPX, ada berbagai macam alat analisa teknikal, fundamental hingga behaviour yang bisa digunakan nasabah. Dengan tampilan mirip MetaTrader, HPX bisa digunakan oleh investor pemula atau senior.

Berikut beberapa hal yang wajib Anda ketahui terlebih dulu jika ingin bergabung di HP Sekuritas dan menggunakan HPX untuk melakukan perdagangan saham:

  • Hanya ada dua jenis RDI (Rekening Dana Investor) yang bisa dipilih yakni BCA atau CIMB Niaga
  • Minimal setoran awal untuk pembukaan akun reguler adalah Rp10 juta. Setelah itu tidak ada minimal transfer untuk deposit selanjutnya
  • Untuk akun rekening efek syariah, besaran deposit awal minimal jika Anda mendaftar di HPX Syariah sebesar Rp500 ribu. Jika Anda langsung daftar akun syariah, tidak akan mendapat akun reguler
  • Tidak ada biaya bulanan dan tahunan untuk kebutuhan pemeliharaan akun
  • Fee real-time market info atau Running Trade sebesar Rp33 ribu per bulan
  • HP Sekuritas menetapkan fee transaksi jual sebesar 0,28% sementara untuk fee transaksi beli sebesar 0,18%
  • Nasabah bisa melakukan pre-order saham sebelum jadwal transaksi

Cara Daftar HP Sekuritas

Dengan berbagai keunggulan entah akun reguler dan akun syariah yang cukup lengkap dan deposit awal sangat terjangkau, membuat HP Sekuritas sangat cocok sebagai perusahaan efek para investor pemula. Tertarik untuk bergabung? Berikut tata cara yang bisa Anda ikuti:

  1. Siapkan dulu dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk nasabah perorangan siapkan fotokopi KTP, NPWP dan fotokopi sampul depan buku tabungan. Sediakan juga dokumen versi digital jika ingin daftar secara online
  2. Anda bisa datang ke kantor pusat atau cabang HP Sekuritas terdekat. Memang jika dibandingkan perusahaan efek lain, kantor cabang HP Sekuritas tidak banyak tersebar di luar Jakarta. Di mana hingga sejauh ini, hanya ada tiga kantor cabang HP Sekuritas yakni di Medan, Surabaya dan Bandung
  3. Untuk yang mau daftar online, bisa menuju website henanputihrai.com dan kemudian pilih opsi Registrasi Online pada salah satu banner di website. Anda akan diminta memilih untuk membuka akun rekening konvensional atau syariah
  4. Kalau tak ada kantor cabang HP Sekuritas terdekat dan sulit melakukan pendaftaran online, Anda bisa menghubungi CS (Customer Service) di nomor telepon 021-2525888 untuk meminta formulir pendaftaran
  5. Isi seluruh formulir pendaftaran secara lengkap dan benar demi kebutuhan pembukaan rekening efek serta RDN (Rekening Dana Nasabah)
  6. Calon nasabah juga harus menandatangani Perjanjian Nasabah dan Persetujuan Atas Ketentuan-Umum Transaksi Efek Online Trading
  7. Kirim seluruh berkas termasuk dokumen-dokumen penting lewat pos ke kantor pusat HP Sekuritas di Penthouse @ Tamara Center, Jl Jend Sudirman Kav 24 Jakarta 12920, Indonesia

Tunggu sampai permohonan pembukaan akun disetujui. Jika semua lancar, maka Anda akan memperoleh username dan password yang bisa digunakan untuk akses ke HPX, aplikasi trading online resmi milik HP Sekuritas. Untuk penjelasan lengkap soal HP Sekuritas, silahkan dapatkan di sini.

Kesimpulan

Dari ketujuh perusahaan sekuritas yang dibahas, tentunya masing-masing mempunyai keunggulan tersendiri. Termasuk dengan tata cara pendaftaran yang berbeda-beda hingga besaran biaya transaksi.

Agar bisa melakukan investasi efek dengan maksimal, Anda bisa memilih salah satu perusahaan sekuritas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Jika sudah menemukan perusahaan sekuritas yang cocok, silahkan kumpulkan cuan besar di pasar modal.

Tanya Jawab :

Apa Sih Sekuritas itu?

Merupakan dokumen-dokumen atau surat berharga yang bernilai dan dapat diperdagangkan.

Tips Pilih Perusahaan Sekuritas Terpercaya?

1. Mengantongi izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
2. Rekam jejak usaha yang baik
3. Deposit setoran awal yang terjangkau sesuai kemampuan finansial
4. Besaran biaya transaksi jual-beli
5. Platform trading online berkualitas
6. Proses pembukaan rekening efek secara cepat dan mudah
7. Memberikan fitur trading yang diperkuat oleh data realtime

Bagikan ;

SEKURITAS

INFO

  • 15% Instant Bonus

  • Min Deposit: $5

  • Regulasi Terjamin

5/5
  • Bonus 100% per deposit

  • $1 Deposit Awal

  • Trading Saham dan Forex

5/5
  • 50% Bonus deposit

  • $ 50 Deposit Awal

  • Trading Forex, CFD

  • Komoditas dan indeks Saham

5/5