Ingin trading FOREX legal BAPPEBTI? Anda bisa mendaftar di OCTA.ID, DAFTAR YUK !

Tips Buka Bisnis Cafe dengan Modal Minim Untuk Pemula

Cafe atau coffee shop selalu menjadi tempat favorit generasi milineal untuk sekedar hang out, mengerjakan tugas kampus, meeting, ataupun hanya melepas stress. Jadi dari segi keuntungan, membuka cafe atau coffee shop sangat terbuka lebar.

Tapi pada saat pandemik, banyak coffee shop kehilangan pengunjung. Bahkan banyak pula yang harus me-rumahkan karyawannya atau gulung tikar karena cafe tidak bisa beroperasi selama beberapa bulan. Yang perlu kita sadari, pandemik tidak akan selamanya menjadi penghalang. Sama seperti virus lainnya cepat, atau lambat masyarakat akan menemukan solusi jadi Anda tidak perlu merasa down jika punya impian membuka cafe sendiri.

Seperti keputusan new normal kali ini, persiapan protokol kesehatan untuk meminimalisir dampak penyebaran covid 19 ini terus di kaji dan di evaluasi sambil menunggu adanya vaksin. Cafe dan restoran sudah mulai di buka untuk umum dengan prokol kesehatan tertentu.

Bagi sebagian orang, membuka cafe bukan hanya sekedar bisnis tapi juga sudah menjadi passion. Jika Anda salah satunya, maka Anda bisa menyiapkan rencana bisnis cafe mulai dari sekarang. Jangan merasa minder kalau modal Anda masih kecil. Nyatanya banyak juga cafe dan cofee shop yang bisa berdiri dimulai dari modal yang terbatas.

Hal ini menunjukan bahwa berkembangnya usaha bukan hanya berasal dari aspek modal saja. Tapi yang pasti membuka bisnis tentu tidak bisa tanpa persiapan jika ingin bisnis Anda berkembang. Apa saja yang perlu di perhatikan jika kita ingin membuka bisnis cafe bagi pemula? Mari kita bahas satu persatu!

Bagi anda yang malas membaca, yuk lihat versi youtubnya ;

1. Temukan Konsep Cafe yang Original

Nongkrong di semesta coffe
Pengunjung sedang asyik bercengkrama di Semesta Coffee

Banyak orang membuka cafe dan menjiplak cafe-cafe yang dipandang sudah sukses dengan branding yang sudah kuat. Hal ini tidak akan membuat cafe Anda lebih sukses dari cafe role model Anda. Bahkan banyak pakar branding tidak menyarankan jika kita meng-copy usaha yang brandnya sudah kuat. Karena yang terjadi akan sebaliknya, bukannya meningkatkan brand Anda sendiri tapi secara tidak langsung kita membantu branding usaha brand yang sudah kuat tersebut.

Jadi menemukan konsep cafe yang original adalah tugas pertama yang perlu di perhatikan sebelum Anda membuka cafe sendiri. Originial bukan berarti sama sekali berbeda dan kita tidak bisa boleh mendapatkan indpirasi dari cafe lain. Tentu saja, kita boleh bahkan di anjurkan belajar dari cafe lain yang sudah sukses.

Namun, belajar dan terinspirasi bukan sama dengan mengcopy. Dengan mendesign sendiri ide cafe, akan membuat cafe Anda tidak membosankan dan terus berkembang karena Anda tahu konsep dasarnya. Hingga pada proses branding, pelanggan akan menemukan keunikan cafe Anda yanng tidak dimiliki cafe lain. Dan inilah yang membuat sebuah cafe lebih mengena di hati para pelanggan.

2. Ciptakan Top Menu

menu terbaik di cafe

Meskipun bukan restoran, tapi sebaiknya kita juga tidak asal-asalan menyajikan menu untuk cafe yang kita dirikan. Karena kualitas rasa masih tetap menjadi daya tarik yang kuat untuk para pelanggan kembali ke cafe Anda. Jadi usahakan untuk menjadikan kualitas dan rasa makanan ataupun minuman di cafe Anda nanti sebagai prioritas.

Ciptakan pulan menu pilihan yang menjadi andalan cafe Anda untuk menarik banyak pelanggan. Tentu saja menu makanan ataupun minuman pilihan ini perlu sudah di uji kualitas rasanya oleh tim internal. Namun untuk mendapatkan top menu yang lebih akurat, Anda juga perlu memperhatikan respon pelanggan.

Baca juga : Semesta Coffee, Tempat Nongkrong Asyik di Purwokerto

Jika modal Anda terbatas, Anda tidak perlu menciptakan banyak menu di awal. Cukup beberapa menu saja, namun berkualitas. Biarkan pelanggan tahu kualitas menu cafe Anda. Seiring berkembangnya cafe Anda bisa menambahkan variasi menu baru dan pelanggan akan mudah untuk datang karena penasaran dan punya pengalaman puas dengan kualitas menu di cafe Anda sebelulmnya.

3. Perhatikan Tempat Usaha

Lokasi usaha adalah hal yang sangat penting untuk di perhatikan. Usahakan memilih lokasi yang ramai dan strategis. Tidak perlu menyewa tempat mahal di mall, namun dengan memilih lokasi di pinggir jalan yang ramai akan memungkinkan Anda bisa mendapatkan pelanggan yang banyak.

Jika lokasi yang Anda pilih terpencil dan sepi maka kemungkinan Anda akan semakin sulit mengenalkan cafe baru Anda. Cafe dengan brand yang sangat kuatpun bisa tutup usaha kalau salah memilih tempat, apalagi cafe baru. Namun perlu di ingat, kalau standart ramai juga perlu memperhatikan konteks fungsi tempat, contohnya kurang tepat rasanya kalau membuka cafe di tengah-tengah pasar tradisional.

4. Perhatikan Kebersihan

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah soal kebersihan. Kebersihan tidak hanya berhubungan tempat, tapi juga cara menyajikan makanan dan penampilan karyawan cafe. Jangan sampai, pelanggan merasa jijik ketika makan atau minum menu-menu yang ada di kafe Anda dan malas untuk kembali. Karena kenyamana adalah unsur terpenting dari sebuah cafe.

Anda bisa membuat SOP tersendiri untuk menjaga kebersihan di cafe Anda. Jika kebersihan menjadi salah satu hal yang di prioritaskan dalam cafe, maka pelanggan akan nyaman dan bahkan merekomendasikan cafe Anda kepada orang lain.

5. Pilih Grosir Untuk Membeli Bahan Baku

Pilih Grosir Untuk Membeli Bahan Baku

Jika Anda memulai cafe dengan modal yang minim, Anda bisa membeli bahan baku di grosir. Hal ini akan lebih menghembar pengeluaran dari menu yang di sajikan. Karena biasanya pedangan grosir menjual bahan baku dengan harga yang lebih murah dari pada Anda membelinya dari pengecer.

Namun untuk mendapatkan harga yang lebih murah dari grosir Anda perlu membeli bahan-bahan baku dengan jumlah yang banyak. Jika Anda sudah yin dengan usaha cafe ini maka membeli bahan baku dalam jumlah yang banyak tidak akan menjadi masalah.

6. Buat Area Lesehan di Cafe

Dekorasi Kedai Kopi kekinian

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, bahwa kenyamanan adalah unsur yang penting dalam sebuah cafe. Tapi pertanyaannya, bagaimana cara menciptakan kenyaman dari sebuah cafe dengan modal yang minim? Apakah bisa?

Tentu saja bisa. Meskipun modal Anda minim, Anda tetap bisa membuka cafe yang nyaman. Konsep cafe lesehan bisa menjadi alternatif solusinya. Dibanding membeli beberapa kursi dan meja yang mahal, membuat area lesehan juga tetap bisa membuat pelanggan nyaman dan kas usaha kita aman.

Anda bisa menaruh bantal duduk agar pelanggan bisa duduk senyaman mungkin. Dengan begitu Anda tidak perlu memikirkan lagi untuk membeli meja kursi yang biayanya cukup besar. Namun Anda juga tetap bisa mix dengan area kursi meja jika Anda mau.

7. Memilih Properti Cafe yang Murah dan Menarik

Memilih Properti Cafe yang Murah dan Menarik gelas piring unik dan murah

Hal lainnya untuk membuat cafe Anda terasa nyaman adalah dengan memilih properti cafe yang murah dan menarik.Tidak semua benda mewah bisa menarik banyak orang datang ke cafe. Namun dengan kreativitas, kita bisa menjadikan barang-barang murah menjadi properti yang unik dan mampu menjadikan sebuah cafe menarik untuk di kunjungi.

Mungkin kita sudah menyinggung sedikit tentang properti konsep cafe lesehan seperti bantal duduk. Anda bisa memilih tetap menggunakan meja lesehan atau tanpa meja sekalipun jika tempat usaha cafe Anda di rasa cocok. Contoh lainnya bisanya saja piring yang terbuat dari anyaman bambu yang beralaskan daun pisang. Pemilihan gelas yang berbahan kayu juga murah dan mampu menarik banyak pengunjung.

Anda bisa mengembangkan ide lainnya dalam menggunakan bahan-bahan properti yang unik dan tentunya murah untuk menjadikan cafe lebih menarik.

8. Putar Musik yang Cocok dan Tidak Terlalu Kencang

tips ampuh jalankan bisnis kedai kopi kekinian

Pernah datang ke sebuah cafe tapi merasa salah musik?

Berdasarkan pengalaman, suasana cafe yang nyaman di pengaruhi pula dengan suara-suara yang ada dalam cafe. Makanya tidak heran kalau kita masuk ke cafe-cafe yang sudah cukup terkenal atau mapan, kita biasanya melihat ada stand live music. Hal itu tidak lain supaya pengunjung merasa nyaman berada dalam cafe.

Namun jika modal Anda masih minim, Anda tetap bisa menghadirkan suasana nyaman melalui musik dengan memutar musik-musik yang cocok dengan konsep cafe Anda menggunakan speaker bass. Biaya yang dikeluarkan tentu akan lebih kecil di banding menyewa penyanyi dan alat musik serta menyediakan properti lainnya untuk live musik.

Sebaiknya Anda mempertimbangkan musik-musik seperti apa yang akan Anda putar di dalam cafe. Jangan sampai salah memutar musik dan menyetel volume terlalu kencang, yang mengakibatkan pelanggan kurang nyaman. Putarlah musik-musik yang membuat suasana menjadi relax. Misalnya musik jazz, lagu-lagu band indie dan lainnya dengan volume yang tidak terlalu kencang.

9. Memaksimalkan Tenaga Sendiri

Barista kedai kopi kekinian

Kiat lainnya untuk membangun cafe dengan modal minim adalah dengan memaksimalkan tenaga sendiri. Sebuah usaha memang membutuhkan berbagai list pekerjaan yang seringkali membutuhkan bantuan tenaga orang lain. Sehingga sering kali para pemilik bisnis merekrut beberapa tenaga kerja untuk membantu menyelesaikan beberapa pekerjaan.

Namun untuk Anda yang baru memulai buka cafe, Anda tidak perlu langsung merekrut karyawan. Anda bisa memaksimalkan tenaga sendiri untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan semampunya. Jika cafe sudah berkembang dan Anda mulai perlu konsentrasi untuk mengurus cafe secara makro sperti strategi pemasaran, barulah Anda mempertimbangkan merekrut karyawan untuk membantu Anda.

10. Gunakan Strategi Marketing Hemat Biaya

Gunakan Strategi Marketing Hemat Biaya

Jika Anda masih perlu menghemat biaya dalam membuka cafe, sebaiknya Anda mempertimbangkan strategi marketing yang hemat biaya juga. Dalam bisnis apapun, strategi marketing tetap di perlukan agar bisnis bisa dikenal banyak orang. Menjual produk yang berkualitas saja tidak cukup, jika kita ingin mengenalkan produk pada lebih banyak pelanggan.

Marketing tentu membutuhkan biaya. Biasanya biaya yang diperlukan pun tidak sedikit. Namun biaya yang besar tidak selalu menjanjikan hasil yang besar pula (mampu menarik banyak pelanggan). Banyak ppula pengusaha yang terjebak dengan mengeluarkan biaya marketing yang tinggi namun tidak sebanding dengan hasil yang di dapatkan.

Baca juga : Peluang Franchise Kedai Kopi, Bisnis Kekinian Menjanjikan

Jadi Anda tidak perlu cemas jika modal Anda masih terbatas. Marketing yang berhasil bukan hanya berdasarkan modal yang besar tapi tentang efektifitas. Anda tetap bisa mencari jalan marketing yang sesuai dengan konteks usaha Anda yang baru mulai tanpa menghabiskan terlalu banyak biaya. Misalnya dengan menggunakan social media.

Penutup

Itulah 10 tips untuk Anda yang ingin membuka bisnis cafe walaupun dengan modal yang minim. Jika Anda hendak membuka cafe dalam waktu dekat ini, Anda perlu mempertimbangkan protokol keamanan covid 19 pada era new normal supaya pengunjung cafe dan semua kru tetap aman. Selain itu, pertimbangkan juga menu take away, misalnya kopi 1 liter yang bisa dinikmati pelanggan di rumah. Semoga tips ini bermanfaat.

Bagikan ;