BukuKas vs BukuWarung, Mana Aplikasi Keuangan Bisnis Terbaik?

Sudah lama menjalankan usaha tapi pencatatan dan laporan keuangannya masih berantakan? Sebenarnya sekarang kita sudah tidak perlu lagi ribet menyediakan kertas atau melakukan pencatatan di excel, karena bisa Anda catat secara digital dengan mudahnya. Diantara banyaknya aplikasi keuangan bisnis UMKM, ada 2 aplikasi yang cukup menarik yakni BukuKas dan BukuWarung.

BukuKas maupun BukuWarung adalah aplikasi keuangan untuk mempermudah pencatatan keuangan bisnis khususnya bagi UMKM.

Selama ini para pelaku UMKM mungkin masih masih banyak melakukan pencatatan secara manual dengan tools konvensional seperti kertas atau microsoft excel. Masalahnya cara tersebut menjadi kurang efektif ketika di hadapkan dengan tuntutan persaingan bisnis di era digital yang serba cepat.

Padahal di sisi lain pencatatan keuangan bisnis adalah salah satu hal penting harus di lakukan secara akurat meskipun bisnis masih merintis. Inilah masalah yang ingin di jawab oleh aplikasi kedua aplikasi ini.

Tapi manakah yang terbaik? Apa saja fitur yang bisa di maksimalkan dari aplikasi keuangan BukuKas ataupun BukuWarung? Berikut adalah ulasannya!

Jumlah Pengguna dan Rating

Sebelum menginstalnya, salah aspek yang bisa di lihat untuk melihat apakah suatu aplikasi punya performa yang bagus adalah lewat jumlah pengguna dan rating. Berikut adalah ulasan jumlah pengguna dan rating pada aplikasi pembukuan keuangan BukuKas maupun BukuWarung!

Aplikasi BukuKas

Aplikasi BukuKas sudah digunakan oleh jutaan UMKM di Indonesia. Di google play store BukuKas memperoleh rating 4,8/5.0 dari 42 ribu reviewers dengan lebih dari 1 juta pengguna. Aplikasi ini tidak terlalu berat ukurannya sekitar 18 MB. Bisa di unduh oleh pengguna android maupin iOS.

Aplikasi BukuWarung

Sama seperti BukuKas, aplikasi BukuWarung juga sudah digunakan oleh lebih dari 3,5 juta UMKM. Di google play store, aplikasi BukuWarung memiliki nilai rating 4,9/5.0 dari 51 ribu reviewers dengan jumlah lebih dari 1 juta pengguna yang telah menginstal aplikasi.

Aplikasi ini lebih ringan di instal di gadget di banding aplikasi BukuKas, hanya perlu space sebesar 9,7 MB saja. Namun, aplikasi baru tersedia untuk pengguna android saja.

Tampilan Aplikasi (Interface)

Tampilan Aplikasi (Interface)

Tampilan interface (antar muka) adalah salah satu hal yang cukup di perhatikan di awal. Jika dari segi warna dan juga tampilannya user friendly, aplikasi pencatatan keuangan menjadi lebih di minati karena nyaman digunakan.

Apalagi tidak semua dari para pelaku UMKM sudah terbiasa dengan teknologi digital. Sehingga tampilan yang simple akan sangat membantu.

Dari segi warna, Aplikasi BukuKas dan BukuWarung memiliki warna dominan yang berbeda. BukuKas dengan warna kuning-putihnya dan BukuWarung memiliki warna dominan biru-putih. Namun keduanya sama-sama memiliki tampilan yang menu yang mudah di pahami dan nyaman digunakan.

Perbedaannya pada BukuKas Anda bisa langsung melihat arus kas transaksi saat membuka aplikasinya. Sedangkan pada Buku Warung, Anda harus menekan menu “Transaksi” untuk melihat arus kas harian maupun tanggal yang Anda inginkan.

Pada tampilan menu utama, Anda langsung bisa melihat beberapa menu yang penting untuk pembukuan UMKM seperti pencatatan transaksi dan hutang serta menu “lainnya” yang dimiliki oleh masing-masing aplikasi ini.

Selain itu, pada setiap icon menu yang sedang kita membuatnya lebih mencolok di banding menu lain. Dengan begitu para pemulapun akan mudah memahami alur penggunaan aplikasi.

Baca juga, Software ERP Terbaik di Indonesia dengan Harga Terjangkau

Registrasi yang Simple

Untuk bisa menikmati berbagai fitur pembukuan keuangan bisnis di aplikasi BukuKas maupun BukuWarung, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu menggunakan nomor hp.

Seperti aplikasi pada umumnya, nanti kode OTP akan di kirim melalui sms atau whatsapp, jadi pastikan nomor yang Anda gunakan masih aktif.

Lalu Anda harus memasukan identitas nama usaha yang Anda miliki beserta bidangnya. Apakah bisa menggunakan satu aplikasi untuk berbagai bisnis?

Jawabannya, bisa! Jika sudah melakukan registrasi Anda tinggal menambahkan outlet lain atau nama bisnis lainnya yang pembukuan keuangan bisnisnya ingin Anda catat di aplikasi. Lebih jelasnya lagi, akan kita detailkan setelah ini.

Fitur Aplikasi Keuangan BukuKas dan BukuWarung

BukuKas vs BukuWarung, Mana Aplikasi Keuangan Bisnis Terbaik

Fitur pada aplikasi BukuKas dan BukuWarung sangat menarik dan bermanfaat sekali bagi para pelaku UMKM agar pencatatan keuangannya lebih bisa lebih sehat lagi. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai fitur-fitur yang ada di BukuKas dan BukuWarung. Selamat menyimak!

1. Multiple Finance Recording

Baik aplikasi BukuKas dan BukuWarung memiliki fitur multiple finance recording. Jadi jika Anda memiliki lebih dari 1 outlet atau lebih dari satu bisnis Anda tidak perlu repot mencatatnya di banyak tempat. Cukup 1 aplikasi pencatatan keuangan saja.

Pada aplikasi BukuKas, menu pembuatan akun pencatatan bisnis baru berada di pojok kiri atas. Anda bisa meng-klik tanda panah yang ada di sisi nama bisnis Anda, lalu tekan “Tambahkan bisnis baru” dan isi identitas nama bisnis Anda yang baru. Anda bisa menambahkan akun pencatatan keuangan untuk bisnis lain atau bahkan untuk pencatatan keuangan pribadi.

Nah jika Anda ingin menambahkan akun pencatatan baru di BukuWarung Anda bisa menekan icon strip 3 yang ada di pojok kiri atas. Setelah itu isilah nama dan tipe usaha. Jika jenis usaha Anda belum ada dalam pilihan, Anda bisa menambahkan tipe bisnis baru dengan mengklik tombol “”Tambah Tipe Bisnis Baru”.

2. Pencatatan Transaksi

Pencatatan transaksi menjadi fitur utama yang pasti ada dalam setiap aplikasi pembukuan. Begitupun dengan aplikasi BukuKas dan BukuWarung. Untuk menu ini Anda bisa menemukannya dengan mudah di kedua aplikasi ini.

Anda bisa dengan mudah melihat berapa jumlah penjualan dan pengeluaran bisnis Anda setiap harinya karena akan terlihat di kolom bagian paling atas menu “Transaksi”.

Namun, salah satu keunggulan dari BukuWarung pada menu ini adalah kemudahan melihat transaksi setiap periodenya dengan satu kali klik.

Karena disana ada pilihan menu transaksi per hari, per minggu, bulan ini, dan juga bulan lalu yang mana biasanya menjadi data yang sering kita cek. Sedangkan pada BukuWarung, kita perlu masuk ke menu “Transaksi” > “Laporan Keuangan” > pilih periode.

3. Pencatatan, Penagihan dan Pembayaran Utang Piutang Gratis!

Selain pencatatan transaksi, fitur utang piutang juga sangat penting bagi para pelaku UMKM. Tenang saja, kedua aplikasi ini juga sudah menyediakannya. Bahkan Anda bisa melakukan penagihan serta pembayaran utang piutang secara digital.

Pada aplikasi BukuKas, Anda bisa menekan menu “Hutang” >”Tambah hutang piutang baru” > pilih tombol “memberi” atau “menerima” dan isi berbagai keterangan lalu tekan tombol “Simpan Transaksi”. Begitupun dengan aplikasi BukuWarung, kurang lebih caranya sama. Oh ya, Anda bisa menyimpan kontak nama pelanggan di aplikasi sehingga jika ada transaksi utang piutang dengan pihak yang sama di kemudian hari Anda bisa langsung memilih kontaknya.

Menariknya, saat ini Anda bisa melakukan penerimaan uang atau pembayaran digital melalui apikasi BukuKas ataupun BukuWarung secara gratis.

Tapi kerennya lagi di aplikasi BukuKas Anda bisa membuat link pembayaran sendiri. Jadi pelanggan Anda bisa langsung melakukan pembayaran sesuai jumlah tagihan melalui link tersebut dan langsung masuk ke akun Bank Anda. Keren sekali bukan?

4. Stok Barang

Fitur pencatatan stok juga seringkali di butuhkan oleh para pebisnis untuk melihat apakah stok masih tersedia ataukah sudah menipis. Apalagi jika barang yang di jual atau digunakan cukup banyak. Dengan begitu, Anda bisa melakukan restock sebelum bahan-bahan/ barang habis.

Ada yang unik dari menu stok di kedua aplikasi ini. Pada menu stok di BukuKas kita bisa memasukan jumlah stok minimum. Sehingga jika stok barang kurang dari jumlah tersebut, secara otomatis akan masuk ke daftar stok menipis.

Sedangkan pada aplikasi BukuWarung tidak ada minimum stok, barang akan masuk ke list barang stok menipis jika jumlahnya tinggal satu. Namun aplikasi ini memiliki satuan barang, misalnya lembar, botol, pcs, liter dll.

Kira-kira mana yang lebih Anda butuhkan?

5. Membuat Kartu Nama dan Bisa Connect dengan Printer Bluetooth

Seringkali kita perlu meninggalkan identitas bisnis kepada pelanggan maupun calon pelanggan. Itulah mengapa kartu nama juga di butuhkan bukan?

Aplikasi BukuKas maupun BukuWarung bisa membuatkan kartu nama bisnis Anda secara cepat, mudah dan gratis. Butuh 1 menit saja, dan voila! Kartu nama dari bisnis Anda sudah siap. Anda tinggal masuk ke menu “Lainnya” > pilih “Kartu nama” > “Buat kartu nama gratis” > masukan identitas bisnis Anda.Anda juga bisa memilihw warna latar kartu nama Anda dengan beberapa pilihan warna.

6. Fitur Target Penjualan

Salah satu hal yang bisa membuat bsinis kita tetap berjalan dan konsisten adalah karena adanya target penjualan. Nah, di aplikasi BukuKas, Anda bisa men-setting berapa jumlah target penjualan Anda setiap bulannya. Dengan fitur ini Anda jadi lebih mudah memantau performa bisnis. Sayangnya fitur ini belum ada di aplikasi BukuWarung.

7. Invoice dan Download Laporan Keuangan

Fitur yang tak kalah penting yang wajib ada dalam sebuah aplikasi keuangan bisnis adalah invoice dan laporan keuangan. Keduanya bisa Anda dapatkan di aplikasi BukuKas maupun BukuWarung.

Anda bisa mencetak invoice langsung dengan menghubungkan aplikasi dengan printer bluetooth ataupun mengirimkannya secara digital kepada pelanggan. Begitupun dengan laporan keuangan.

8. Sticker Whatsapp

Fitur yang satu ini adalah satu fitur pembeda yang ada di kedua aplikasi ini. Karena fitur “Sticker Whatsapp” hanya dimiliki oleh BukuWarung.

Fitur unik ini mungkin terdengar tidak terlalu penting, namun saat ini kirim mengirim sticker bisa menjadi salah satu cara untuk lebih dekat dengan pelanggan saat bertransaksi lewat whatsapp. Nah jika Anda tertarik, Anda bisa mendapatkan sticker-sticker lucu yang berhubungan dengan komunikasi transaksi di aplikasi BukuWarung.

Kesimpulan

Kedua aplikasi ini cukup menarik ya? Pembukuan lebih lancar, mudah, dan semuanya bisa di dapatkan secara gratis!

Jika di simpulkan, baik aplikasi BukuKas maupun BukuWarung sama-sama memiliki fitur fundamental pembukuan keuangan bisnis seperti pencatatan transaksi dan utang piutang yang juga cukup canggih. Sebenarnya ada satu fitur menarik selain yang di sebutkan dan di miliki oleh kedua aplikasi pembukuan UMKM ini yatuf fitur “Pembuatan Toko Online”.

Baca juga, 10 Software Akuntansi Terbaik Gratis dan Berbayar

Namun terdapat beberapa perbedaan pada beberapa fitur seperti pencatatan stok, target penjualan hingga fitur sticker whatsapp. Nah setelah Anda membaca ulasan diatas kira-kira manakah aplikasi terbaik yang lebih Anda butuhkan?

Bagikan ;

Tinggalkan komentar