11 Cara Bayar Indihome Lewat ATM, Indomaret dan Alfamart

Cara bayar Indihome menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan banyak orang di masa pandemi saat ini. Kenapa begitu? Karena pengguna Indihome saat ini semakin meningkat seiring dengan anjuran #DiRumahAja demi memutus rantai penyebaran virus corona.

Seperti yang diketahui, sejak penyakit yang tersebar dari Wuhan, China itu masuk ke Indonesia pada Maret 2020 lalu, tujuh bulan sudah masyarakat harus mengubah gaya hidup mereka jadi serba online. Mulai dari pekerjaan, kuliah, sekolah bahkan hingga belanja dilakukan tanpa harus keluar rumah dengan perantara internet.

Kondisi inilah yang membuat kebutuhan akan internet makin tinggi. Telkom Indonesia sebagai penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi pun banyak dipilih masyarakat sebagai penyedia layanan data internet lewat produk Indihome.

Baca juga: Tips Menabung Bagi yang Hobi Travelling Meski Gaji Kecil

Nama besar Telkom Indonesia sebagai BUMN yang mempunyai keunggulan jaringan tersebar di seluruh pelosok Indonesia, menjadikan Indihome sebagai pilihan utama atas kebutuhan jaringan internet.

Mereka yang berlangganan Indihome, akan memperoleh jaringan internet selama 24 jam dan wajib membayarkan tagihan setiap bulan.

Bisa dibilang Telkom Indonesia cukup disiplin dalam perihal pembayaran tagihan Indihome. Dimana paling lambat tagihan harus dibayarkan sebelum tanggal 20 setiap bulannya, atau jaringan internet akan diblokir sementara jika belum dibayarkan.

Tentu Anda tidak ingin bukan jaringan internet terputus di saat sangat membutuhkan? Karena itulah mempelajari tata cara bayar Indihome yang tepat adalah keharusan.

Beruntung, Telkom Indonesia menyediakan beragam pilihan cara bayar Indihome untuk para pelanggan. Tidak harus datang ke Plasa Telkom terdekat, Anda bisa membayarkan melalui ATM bahkan jaringan mini market Indomaret dan Alfamart di dekat rumah! Seperti apa? Simak ulasan lengkapnya dari kami:

1. Cara Bayar Indihome di ATM

Memahami betul bahwa ATM saat ini bukan hanya sekadar mesin untuk mengambil uang atau mengirim uang, Telkom Indonesia menyediakan pilihan cara bayar Indihome dengan ATM.

Fakta bahwa hampir semua orang saat ini mempunyai kartu ATM, menjadikan metode pembayaran Indihome satu ini sangat efektif.

Melalui pilihan bayar di ATM, Anda tak perlu jauh-jauh mengantri ke Plasa Telkom, karena tinggal mengunjungi ATM terdekat.

Pilihan ATM yang menjadi tempat pembayaran Indihome pun cukup beragam mulai dari empat bank BUMN dan bank swasta terbesar di Indonesia, serta bank-bank lainnya. Berikut beberapa pilihan ATM yang bisa Anda sesuaikan dengan rekening bank masing-masing:

Baca juga: 10 KTA Kilat Online Izin OJK (Produk dari Bank vs Fintech)

a. Cara Bayar Indihome di ATM BCA

Hingga akhir Maret 2019, ada lebih dari 17.800 mesin ATM milik BCA yang beroperasi di seluruh Indonesia. Jumlah yang banyak ini memang sangat memudahkan nasabah BCA untuk bertransaksi termasuk dalam pembayaran tagihan Indihome.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara bayar Indihome di mesin ATM BCA:

cara bayar Indihome di ATM BCA (1)

1. Datang ke mesin ATM BCA terdekat lalu masukkan kartu ATM, sekaligus nomor PIN dengan benar

cara bayar Indihome di ATM BCA (2)

2. Jika sudah masuk ke tampilan utama ATM, pilih menu TRANSAKSI LAINNYA

cara bayar Indihome di ATM BCA (3)

3. Akan ada beberapa menu yang tampil pada layar, Anda tinggal memilih menu PEMBAYARAN

cara bayar Indihome di ATM BCA (4)

4. Dalam menu PEMBAYARAN, langsung saja pilih menu TELEPON/HANDPHONE

cara bayar Indihome di ATM BCA (5)

5. Anda akan diarahkan untuk memilih jenis operator telepon, karena mau bayar Indihome yang merupakan produk Telkom Indonesia, pilih menu TELKOM

cara bayar Indihome di ATM BCA (6)

6. Tampilan pada layar akan berubah menjadi anjuran untuk memasukkan nomor telepon Indihome atau nomor pelanggan. Masukkan nomor dengan tepat, jika sudah yakin langsung pilih BENAR

cara bayar Indihome di ATM BCA (7)

7. Kalau memang informasi nomor telepon Indihome atau nomor pelanggan yang Anda masukkan tepat, maka layar akan menampilkan informasi pembayaran tagihan Indihome lengkap dengan jumlah tagihan sekaligus periode pembayaran

8. Langsung lakukan pembayaran tagihan dengan memilih menu YA dan kemudian transaksi akan diproses. Jika transaksi sudah selesai, mesin ATM akan mengeluarkan struk sebagai bukti bayar tagihan Indihome di mesin ATM BCA yang bisa Anda simpan

b. Cara Bayar Indihome di ATM Mandiri

Jika BCA adalah bank swasta terbesar di Indonesia, maka Mandiri adalah bank milik pemerintah yang memegang status terbesar dalam hal aset, pinjaman dan deposit.

Meskipun jumlah mesin ATM Mandiri tidak sebanyak BCA, tetap saja Mandiri menjadi salah satu bank favorit. Telkom Indonesia juga menyediakan pilihan pembayaran lewat mesin ATM Mandiri dengan tata cara berikut ini:

Baca juga: Cara Melaporkan Aplikasi Pinjaman Online Ilegal ke OJK

  1. Datangi mesin ATM Mandiri terdekat
  2. Masukkan kartu ATM bank Mandiri sekaligus nomor PIN yang benar, lalu pilih LANJUTKAN
  3. Dalam menu utama pada layar, pilih TELEPON/HP
  4. Anda akan diminta untuk memilih provider jasa telekomunikasi. Untuk pembayaran Indihome, pilih menu TELKOM/INTERNET/VISION
  5. Agar proses pembayaran bisa dilakukan, Anda harus memasukkan 12 digit nomor ID pelanggan Indihome
  6. Jika nomor ID pelanggan Indihome yang Anda masukkan tepat, layar ATM akan menampilkan konfirmasi pembayaran yang berisikan informasi nama pelanggan, periode tagihan sekaligus total tagihan yang wajib dilunasi
  7. Kalau data yang ditampilkan sudah tepat, langsung lakukan pembayaran dengan memilih tombol BENAR/YA
  8. Tidak butuh waktu lama, proses pembayaran tagihan Indihome akan diproses. Jika sudah selesai, mesin ATM Mandiri akan mengeluarkan struk bukti pembayaran tagihan

c. Cara Bayar Indihome di ATM BRI

Dengan jumlah 23 ribu unit mesin ATM, tak salah lagi kalau BRI dijuluki sebagai bank terbesar di Indonesia. Tak heran karena BRI adalah bank milik pemerintah yang pertama, sehingga membuat nasabahnya sangat banyak.

Sama-sama BUMN, Telkom Indonesia bekerjasama dengan BRI dalam hal pembayaran tagihan Indihome. Berikut tata caranya:

cara bayar Indihome di ATM BRI (1)

1. Cari mesin ATM BRI terdekat lalu masukkan kartu ATM BRI sekaligus enam digit nomor PIN ATM BRI, serta pilihan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris

cara bayar Indihome di ATM BRI (2)

2. Pada tampilan layar utama, langsung pilih MENU LAINNYA

cara bayar Indihome di ATM BRI (3)

3. Akan ada banyak menu yang bisa dipilih. Untuk tujuan pembayaran tagihan Indihome, Anda tinggal pilihan menu PEMBAYARAN/PEMBELIAN yang berada di bawah menu TRANSFER serta sebelah INFORMASI/SALDO

cara bayar Indihome di ATM BRI (4)

4. Lanjutkan dengan memilih menu TV/INTERNET BERLANGGANAN

cara bayar Indihome di ATM BRI (5)

5. Akan ada empat pilihan provider dalam layar. Karena Indihome merupakan produk dari Telkom Indonesia, maka Anda harus memilih menu TELKOM INTERNET

cara bayar Indihome di ATM BRI (6)

6. Layar akan langsung berganti dan meminta Anda memasukkan nomor pelanggan Indihome, kemudian TEKAN JIKA BENAR kalau nomor pelanggan yang Anda masukkan sudah benar

7. Mesin ATM akan menyuguhkan informasi pembayaran tagihan sekaligus nama dan nomor pelanggan, serta besaran tagihan yang harus dibayarkan. Proses transaksi itu dengan menekan pilihan YA/BENAR. Mesin akan memproses transaksi pembayaran tagihan rekening Indihome dengan singkat. Jika benar, maka kemudian struk sebagai bukti pembayaran Indihome akan keluar dan harus Anda simpan

d. Cara Bayar Indihome di ATM BNI

Sama seperti Mandiri dan BRI, BNI adalah salah satu bank milik pemerintah yang juga mempunyai mesin ATM cukup banyak. Setidaknya hingga tahun 2019, ada lebih dari 18.600 mesin ATM BNI di seluruh Indonesia.

Hal ini yang membuat Telkom Indonesia menawarkan opsi pembayaran tagihan Indihome di mesin ATM BNI. Seperti apa caranya? Berikut tahapannya:

Baca juga: 6 Pinjaman Terbaik dari BRI (KPR, KUR, KTA, KKB, Kartu Kredit dan Online Ceria)

  1. Temukan mesin ATM BNI terdekat dari tempat tinggal Anda
  2. Masukkan kartu sekaligus PIN ATM BNI yang tepat
  3. Pilih menu PEMBAYARAN dan kemudian lanjutkan dengan menu TELKOM agar bisa membayar tagihan Indihome
  4. Dalam menu TELKOM, ada beberapa pilihan yang ditawarkan, Anda tinggal mencari menu POST PAID
  5. Tampilan layar mesin ATM BNI bakal berubah, dimana Anda diminta untuk memasukkan nomor telepon atau 12 digit nomor pelanggan Indihome. JIka sudah tepat, langsung pilih YA/BENAR
  6. Akan ada informasi tagihan Indihome termasuk nama dan nomor pelanggan, sekaligus besaran tagihan yang wajib dibayar
  7. Kalau detail informasi pembayaran sudah sesuai, Anda bisa langsung memilih menu LANJUTKAN supaya bisa diproses
  8. Dalam waktu singkat, mesin ATM BNI akan mengeluarkan struk sebagai bukti pembayaran sah untuk tagihan Indihome Anda

e. Cara Bayar Indihome di ATM Bank Lain

Pada dasarnya, Telkom Indonesia juga bekerjasama dengan sejumlah bank lain untuk kebutuhan pembayaran tagihan bulanan Indihome.

Anda bisa mengecek ke mesin ATM masing-masing dengan tata cara yang tidak terlalu berbeda dari yang sudah kami bahas. Kalaupun ada perbedaan, biasanya pada pilihan nama menu saja seperti PEMBAYARAN diganti dengan PEMBELIAN.

Semua tahapannya juga sama dan yang paling harus diperhatikan adalah pada saat memasukkan nomor telepon atau nomor ID pelanggan Indihome.

Pastikan sesuai dengan detail informasi yang Anda miliki sebelum melanjutkan ke proses pembayaran, baru kemudian simpan struk sebagai bukti pembayaran tagihan resmi.

2. Cara Bayar Indihome di Indomaret

Selain melalui mesin ATM, Telkom Indonesia juga menawarkan kemudahan pembayaran tagihan Indihome di jaringan minimarket. Salah satunya adalah bekerjasama dengan Indomaret yang hingga Mei 2019, sudah memiliki lebih dari 16.900 gerai di seluruh Indonesia.

Menemukan Indomaret mungkin sama mudahnya dengan menemukan mesin ATM, karena ada di kota-kota besar hingga sudut-sudut perkampungan. Untuk cara bayar Indihome di Indomaret, ada dua pilihan yang bisa Anda pilih.

a. Cara Bayar Indihome di Mesin i-Kios Indomaret

Beberapa gerai Indomaret biasanya menyediakan mesin i-Kios, untuk mempermudah proses pembayaran tagihan Indihome.

Mesin ini merupakan sebuah monitor layar sentuh yang menyediakan aneka pilihan pembayaran dan produk. Jika Anda datang ke Indomaret yang menyediakan mesin i-Kios, kasir akan mengarahkan Anda untuk mencetak barcode tagihan Indihome, sebelum akhirnya dibayarkan. Berikut tata caranya:

cara bayar Indihome di Indomaret (1)

1. Setelah sampai di depan monitor mesin i-Kios, ada banyak menu yang ditawarkan mulai dari pembelian pulsa, pembayaran tiket transportasi umum, pembayaran aneka tagihan hingga pembelian token listrik.

Namun karena Anda mau bayar tagihan Indihome, maka pilih menu PAYMENT POINT

cara bayar Indihome di Indomaret (2)

2. Dalam tampilan menu i-Payment, langsung saja pilih TV CABLE yang menjadi pilihan menu pembayaran TV dan internet berlangganan

cara bayar Indihome di Indomaret (3)

3. Ada banyak sekali penyedia layanan TV/internet berlanggan pada layar, Anda langsung saja pilih logo INDIHOME yang ada di bagian tengah layar. Menu INDIHOME ada di atas MYREPUBLIC

cara bayar Indihome di Indomaret (4)

4. Tampilan layar i-Kios akan berganti untuk mengarahkan Anda mengisi informasi nomor HP dan kode pembayaran. Isi dengan nomor HP yang Anda miliki pada bagian NOMOR HP.

Kemudian isi dengan nomor ID pelanggan Indihome pada bagian KODE PEMBAYARAN. Jika sudah benar, pilih menu LANJUT dan transaksi akan diproses.

cara bayar Indihome di Indomaret (5)

5. Lakukan konfirmasi pada informasi yang ditampilkan, jika sudah benar langsung pilih LANJUT. Mesin i-KIOS akan mengeluarkan struk berisi barcode tagihan sekaligus tenggat waktu pembayaran.

Anda bisa langsung membayar tagihan di kasir dengan menyertakan struk barcode tagihan dan melakukan pembayaran. Kasir akan memproses pembayaran dan menyerahkan struk bukti pelunasan tagihan Indihome kepada Anda.

Baca juga: Mengenal Ceria, Produk Pinjaman Online Resmi dari BRI

b. Cara Bayar Indihome di Kasir Indomaret

Untuk Indomaret yang tidak mempunyai mesin i-Kios, Anda bisa langsung melakukan pembayaran di kasir. Langsung saja datangi kasir dan kemudian berikan informasi nomor telepon atau nomor ID pelanggan Indihome.

Kasir akan melakukan pengecekan data dan konfirmasi kepada pelanggan. Jika informasinya sudah tepat, Anda tinggal menyetorkan sejumlah uang sesuai besaran tagihan dan kemudian struk dicetak sebagai bukti pelunasan tagihan Indihome

3. Cara Bayar Indihome di Alfamart

Dengan jumlah gerai di seluruh Indonesia mencapai lebih dari 13.726 per tiga bulan pertama tahun 2019, Alfamart memang sedikit di bawah Indomaret.

Namun kedua jaringan minimarket ini sudah sangat terkenal dan tersedia hampir di pelosok Tanah Air. Tak heran kalau Alfamart juga menyediakan layanan pembayaran tagihan Indihome. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Datang ke gerai Alfamart terdekat dari rumah
  2. Langsung datangi petugas kasir dan utaran tujuan Anda untuk melakukan pembayaran tagihan Indihome
  3. Petugas kasir akan meminta informasi nomor telepon atau nomor ID pelanggan Indihome yang Anda miliki untuk pengecekan data
  4. Anda akan memperoleh informasi data untuk proses konfirmasi
  5. Jika data yang disebutkan sesuai termasuk besar tagihan yang wajib dibayarkan dan nomor ID pelanggan Indihome, maka Anda bisa langsung melakukan pembayaran dengan menyetorkan uang tunai sesuai jumlah tagihan
  6. Seluruh proses ini akan diakhiri dengan kasir memberikan struk sebagai bukti pembayaran tagihan Indihome kepada Anda. Jangan lupa kembali cek informasi pada struk itu sebelum meninggalkan Alfamart

4. Cara Bayar Indihome yang Lain

Dengan jumlah pelanggan Indihome per tahun 2019 menembus tujuh juta orang, tak heran kalau layanan data internet ini menjadi salah satu produk unggulan Telkom Indonesia.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, semakin banyak saja pengajuan pemasangan Indihome di seluruh penjuru Tanah Air. Memahami itu pula, Indihome selalu melakukan inovasi termasuk dalam hal pembayaran.

Tidak hanya menyediakan pilihan pembayaran di Plasa Telkom, mesin ATM dan jaringan minimarket (Alfamart/Indomaret), kini semakin banyak sekali tata cara bayar Indihome lainnya. Berikut beberapa di antaranya yang bisa Anda pilih:

  1. Melalui kantor POS Indonesia
  2. Menggunakan internet banking atau mobile banking yang bisa diakses melalu smartphone atau gawai lain, sehingga tak perlu keluar dari rumah atau kantor
  3. Memanfaatkan layanan marketplace atau e-commerce
  4. Memakai aplikasi dompet digital alias e-wallet
  5. Dibayarkan langsung setiap bulan lewat kartu kredit, dengan cara menyambungkan metode kartu kredit pada aplikasi My Indihome
  6. Langsung bayar tagihan Indihome di loket-loket PPOB (Payment Point Online Bank) yang saat ini mudah ditemukan di mana saja

Baca juga: 7 Kartu Kredit Terbaik dari BRI (Bunga, Fitur, Syarat Pengajuan)

Bagaimana? Ada banyak sekali kan pilihan cara bayar Indihome? Meskipun memang fokus artikel kami saat ini pada cara pembayaran tagihan Indihome di mesin ATM serta jaringan Indomaret dan Alfamart, tak ada salahnya kalau Anda mengetahui metode pembayaran Indihome yang lain.

Dengan begitu jika Anda kesulitan keluar dari rumah, tetap bisa melakukan cara bayar Indihome dengan perantara gawai. Sehingga kalau tagihan Indihome selalu lunas dengan tepat, Anda akan terhindar dari pemutusan akses internet serta tumpukan denda.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar