Langkah-Langkah dan Cara Daftar Grabfood Online, Pasti Diterima!

Kuliner sepertinya masih jadi bisnis menjanjikan di 2021. Apalagi kalau Anda mempelajari cara daftar Grabfood online dengan tepat, tentu keuntungan alias cuan bakal makin meroket.

Grabfood sendiri merupakan salah satu jasa unggulan dari platform layanan on demand milik Grab. Berdiri pada tahun 2012, perusahaan asal Singapura ini memang melakukan ekspansi bisnis dengan masif terutama di Indonesia.

Berawal dari layanan transportasi, jasa pesan-antar makanan lewat Grabfood kini menjadi salah satu ujung tombak bisnis Grab.

Tingginya jumlah pengguna Grab tentu menjadi peluang bisnis menjanjikan bagi pekerja kuliner. Apalagi di tahun 2021 ini yang diprediksi Indonesia masih harus berjibaku dengan pandemi Covid-19, Grabfood jelas mempermudah konsumen dan penjual memperoleh makanan pesanannya tanpa perlu cemas tertular wabah corona.

Untuk itulah bagi Anda yang kini memiliki atau baru saja membuka bisnis kuliner, ada baiknya mempelajari seperti apa sih cara daftar Grabfood online secara benar.

Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Daftar Grabfood Online

ilustrasi penjual dan driver Grab
© Gizmologi

Sebelum mengetahui bagaimana sih tata cara daftar Grabfood online, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dulu. Bahkan bisa dibilang hal-hal berikut ini akan mempengaruhi kelancaran pendaftaran Grabfood. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya!

Biaya Bagi Hasil

Kalau Anda perhatikan, harga produk yang tertera di aplikasi Grabfood selalu jauh lebih mahal daripada harga saat membeli langsung di restoran.

Kenapa begitu? Karena adanya sistem bagi hasil yang dibebankan Grab ke merchant terdaftar Grabfood. Grab biasanya menetapkan perhitungan bagi hasil 20%-30% yang sudah termasuk pajak.

Demi menutupi biaya bagi hasil ini, merchant biasanya menaikkan harga produk di kisaran Rp3.000-5.000 tiap porsi.

Perihal Koordinat Restoran

Lantaran aplikasi Grabfood berjalan secara online, Anda harus tahu alamat restoran di internet. Bagaimana caranya agar tahu? Gunakan browser/peramban di komputer atau aplikasi Google Maps di ponsel.

Jika lewat browser, Anda tinggal buka tautan Google Maps lalu masukkan alamat restoran. Klik titik terkait berupa pin merah pada browser dan itulah koordinat restoran di peta online.

Sementara itu kalau lewat aplikasi Google Maps di ponsel, tinggal masukkan alamat restoran saja. Pastikan lokasi sudah sesuai dan pilih INFO SELENGKAPNYA. Anda akan memperoleh titik koordinat restoran online untuk diisikan ke formulir pendaftaran Grabfood.

Syarat-Syarat Daftar Grabfood Online

ilustrasi pembeli dan driver Grab
© ID Techinasia

Nah, hal terakhir yang harus diperhatikan adalah menyiapkan sejumlah syarat yang diminta Grab. Dalam daftar Grabfood, biasanya dibutuhkan beberapa hal berikut ini:

  • Foto makanan atau minuman yang dijual di restoran (wajib foto sendiri)
  • Foto logo restoran, daftar menu hingga foto suasana restoran baik di dalam dan di luar dengan ukuran yang sudah ditentukan oleh Grab. Pastikan foto dalam tampilan jelas dan tidak buram
  • KTP dan NPWP milik pemilik restoran serta penanggung jawab
  • Nomor rekening bank restoran atau pemilik, sebagai tujuan transaksi penjualan di restoran
  • Nomor HP dan email aktif untuk login aplikasi Grabfood. Email juga bisa digunakan sebagai wadah laporan penjualan harian

Baca juga: 15 Cara Membuat Kartu Kredit Online (Syarat Cepat Diterima)

Kalau Anda sudah memahami betul hal-hal di atas, maka langkah selanjutnya adalah tinggal belajar bagaimana sih cara daftar Grabfood online secara tepat.

Seperti Inilah Cara Daftar Grabfood Online!

Dengan bergabung dalam layanan Grabfood, Anda memang berpeluang meningkatkan omzet bisnis. Tak perlu repot mencari kurir untuk mengirim pesanan konsumen, sudah pasti keuntungan restoran makin besar.

Untuk itulah jangan tunggu lama-lama, segera pelajari tata cara daftar Grabfood online berikut ini:

1. Buka Situs Resmi Grab

website resmi Grab untuk daftar Grabfood

Karena ini adalah proses daftar layanan Grabfood secara online, maka Anda bisa melakukannya dengan datang ke website resmi Grab.

Untuk Indonesia, siapapun yang ingin menjadi merchant di platform Grabfood bisa mendaftarkan diri ke alamat https://www.grab.com/id/merchant/food/.

2. Isi Formulir Pendaftaran Online

tahapan pertama daftar Grabfood online

Di website resmi Grab untuk layanan Grabfood itu, Anda diminta untuk mengisi formulir online yang tertera di bagian kanan.

Isi seluruh informasi yang dibutuhkan mulai dari nama dan alamat restoran, nama pemilik, nomor ponsel hingga alamat email secara tepat.

Jangan lupa untuk mengisi kisaran jumlah pembeli harian dan jenis restoran. Jika semua sudah dipastikan lengkap, centang kolom CAPTCHA dan pilih DAFTAR.

3. Lakukan Verifikasi Via Email

Kalau informasi yang dibutuhkan dalam formulir daftar online itu benar dan sesuai, maka pihak Grab akan segera mengirim email kepada Anda untuk kebutuhan verifikasi.

Untuk itulah pastikan email yang ditulis dalam tahapan sebelumnya adalah milik Anda pribadi. Ingat, selalu pantau email karena aturan verifikasi yang ditetapkan Grab untuk merchant Grabfood hanyalah maksimal 72 jam setelah pendaftaran.

Nanti di dalam email, Anda diarahkan untuk klik REGISTRASI RESTORAN DI GRABFOOD.

4. Lengkapi Formulir Registrasi Restoran

formulir registrasi restoran Grabfood

Tautan REGISTRASI RESTORAN di tahapan sebelumnya akan membawa Anda ke halaman help.grab.com. Namun karena sudah melakukan pendaftaran online tahapan pertama, Anda akan langsung diarahkan ke pengisian formulir restoran.

Dalam formulir ini, pastikan Anda mengisi semua secara benar karena berkaitan dengan tampilan restoran di aplikasi Grabfood.

Ada tiga kategori yang wajib diisi yakni DATA UMUM, JADWAL dan MENU. Untuk DATA UMUM, Anda akan diminta mengisi nama lengkap penanggung jawab restoran termasuk nomor HP dan alamat email restoran yang digunakan di aplikasi.

Jangan lupa isi nama restoran sekaligus jenis produk yang dijual. Calon merchant juga disuruh memilih besaran PPn dan service fee untuk restoran alias besaran bagi hasil.

Baca juga: Syarat-Syarat Pinjaman Online Cepat Cair Tanpa Jaminan

Kemudian jangan lupa tulis alamat restoran secara lengkap termasuk area lokasi hingga koordinat resto. Jika Anda memiliki website untuk restoran, juga bisa disertakan.

Unggah foto makanan, logo restoran, daftar menu hingga restoran yang paling berkualitas. Sebelum ada formulir online ini, seluruh tahapan dilakukan lewat pengisian formulir manual di email.

5. Tentukan Jadwal Operasional Restoran

Pengisian Jadwal Restoran

Tahapan berikutnya adalah isi JADWAL yang mengacu pada jadwal operasional restoran di formulir online. Ada pilihan hari dan waktu buka serta waktu tutup.

Anda pun bebas menambahkan centang pada kolom di samping tulisan TUTUP pada pilihan hari, untuk menandakan restoran tidak buka. Ingat, isi jadwal operasional ini dengan tepat karena ini yang menentukan restoran Anda buka atau tidak di aplikasi Grabfood.

6. Lengkapi Menu Restoran

Pengisian Menu Restoran

Tahapan terakhir dalam cara daftar Grabfood online adalah dengan mengisi MENU. Menu tentunya adalah produk yang Anda jual di restoran.

Anda akan diminta menulis nama menu beserta harga. Karena ini adalah harga yang tertera di aplikasi, Anda harus ingat kalau ada perhitungan pajak dan biaya bagi hasil.

Sehingga pastikan bisnis tidak merugi meskipun memang harus menaikkan harga jual di aplikasi grabfood. Jika sudah terisi semua secara benar dan tepat, pilih KIRIM.

7. Lakukan Kontrak kerjasama

Email berisi kontrak perjanjian Grabfood-Merchant

Setelah mengisi seluruh formulir yang diminta, tentu pihak Grab akan melakukan pemeriksaan data dan penilaian calon merchant terlebih dulu.

Jika pengajuan Grabfood diterima, Anda akan memperoleh telepon atau notifikasi lewat email secara resmi oleh pihak Grab.

Ingat, jangan berikan informasi apapun selain dari narahubung legal milik Grab. Tahapan berikutnya adalah melakukan tanda tangan kontrak dengan Grab untuk bergabung sebagai merchant Grabfood.

Baca juga: Inilah Cara Mengetahui ATM BRI Terdekat Dari Lokasi Saya

8. Proses Registrasi OVO

Setelah restoran Anda aktif di platform Grabfood, biasanya sebelum melakukan penjualan, merchant harus mendaftarkan dan melakukan validasi nomor restoran di OVO.

OVO sendiri merupakan dompet digital milik Grab, yang mana akan menjadi wadah seluruh transaksi penjualan Grabfood. Barulah nanti oleh OVO, uang akan ditransfer secara otomatis ke rekening restoran, setelah dikurangi pajak dan perhitungan bagi hasil.

Baca juga : Bagaimana Cara Transfer Saldo OVO ke DANA dan ke GoPay

Kesimpulan

Bagaimana? Sebetulnya tidak sulit bukan dalam mempelajari tata cara daftar Grabfood online? Kemudahan ini sendiri memang menjadi komitmen Grab agar semua pedagang kuliner bisa bergabung secara mudah. Dengan adanya Grabfood, pemilik bisnis kuliner kecil bisa bersaing secara sehat dengan pengelola restoran besar. Asalkan produk makanan yang dijual memang benar-benar berkulitas, Anda bisa meraih omzet dan cuan besar. Semangat terus berbisnis di 2021 ini, ya!

Bagikan ;

Tinggalkan komentar

XM Trading Forex dan Saham, Bonus 15 sampai 500$
Daftar sekarang