15 Cara Daftar Mitra Bukalapak: Syarat dan Keuntungan

Berdiri pada tahun 2010, Bukalapak kini telah menjelma menjadi salah satu raksasa e-commerce lokal asal Indonesia. Berstatus sebagai startup unicorn, tak heran jika kini makin banyak orang ingin mempelajari cara daftar Mitra Bukalapak.

Bukan tanpa alasan sebetulnya kenapa informasi cara daftar Mitra Bukalapak begitu dibutuhkan. Seperti yang diketahui, saat ini peluang berjualan online di marketplace memang cukup menjanjikan. Apalagi sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada Maret-Oktober 2020, jualan online merupakan salah satu bisnis yang justru tetap bertahan dan bahkan makin meningkat.

Baca juga: 30 Syarat dan Cara Menjadi Agen JNE: Biaya Daftar dan Modal Awal

Seperti dilansir Kontan, Kurnia Rosyada selaku VP of Merchant Bukalapak menyebutkan jika selama pandemi Covid-19, pertumbuhan Bukalapak mencapai 15-20%! Apalagi sejak Mei 2020, marketplace yang didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Muhamad Fajrin Rasyid ini membantu pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) lewat Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia.

Namun Bukalapak tidak hanya fokus dalam menjalankan bisnis di internet saja. Bukalapak membuka peluang siapapun jadi pedagang dengan menjual aneka produk virtual dari Bukalapak, sebagai Mitra Bukalapak. Nama besar Bukalapak dan pencapaian mereka di dunia maya tentu menjadi jaminan kalau Mitra Bukalapak bisa jadi bisnis yang menjanjikan, sekalipun dilakukan offline. Seperti apa? Berikut kami bahas secara lengkap mengenai informasi cara daftar Mitra Bukalapak.

Syarat dan Ketentuan Untuk Jadi Mitra Bukalapak

syarat dan ketentuan Mitra Bukalapak

Setelah resmi berstatus sebagai startup unicorn pada tahun 2017, perkembangan bisnis Bukalapak memang makin menjanjikan.

Tak cuma ingin dikenal sebagai brand yang populer secara online, Bukalapak mulai merangkul pada para pedagang kecil lewat program kemitraan. Tak main-main, Mitra Bukalapak sudah menembus 1,9 juta warung hingga tahun 2019 di seluruh Indonesia.

Saat menjadi Mitra Bukalapak, artinya Anda siap menjual aneka produk (terutama virtual) yang disediakan oleh Bukalapak seperti pulsa elektronik hingga token listrik.

Tentu saja Anda bisa memperoleh harga beli produk yang jauh lebih murah daripada distributor pulsa pada umumnya, sehingga jelas menguntungkan. Tertarik bergabung sebagai Mitra Bukalapak? Berikut beberapa syarat dan ketentuan yang wajib Anda pahami:

  1. Wajib mempunyai akun Bukalapak. Anda bisa menggunakan akun Bukalapak yang sudah digunakan sebelumnya atau membuat akun baru dengan nomor HP berbeda
  2. Barang-barang yang bisa dibeli Mitra Bukalapak adalah barang fisik, produk virtual, tiket serta barang grosir
  3. Jika Mitra membeli barang grosir, harga sudah termasuk biaya administrasi sebesar 3% sehingga tak ada tambahan harga
  4. Jika Mitra membeli barang fisik (selain e-voucher dan tiket), bakal dikenai biaya administrasi. Karena itu, saat menjual barang ke konsumen harus memperhitungkan biaya administrasi. Tenang saja, biaya administrasi akan kembali 100% dalam bentuk komisi jika konsumen selesai melakukan transaksi pembelian
  5. Mitra Bukalapak tak perlu membayar biaya administrasi saat membeli produk virtual dan fitur Bukalapak (push, paket push, promoted push dan lain-lain)
  6. Mitra Bukalapak tak bisa menjual produk virtual secara online di lapak sendiri. Namun Anda bisa mengatur sendiri besar keuntungan saat berjualan produk virtual atau lainnya di lapak offline, karena harga antar Mitra di Bukalapak sangat bersaing
  7. Mitra Bukalapak berhak akan komisi mingguan untuk produk voucher game, tiket kereta dan pesawat asalkan mencapai target minimal penjualan
  8. Komisi pembayaran tagihan seperti BPJS Kesehatan, PLN pascabayar hingga PDAM akan diberikan langsung ke mitra segera setelah transaksi sukses
  9. Mitra Bukalapak mendapatkan akses khusus pembelian pulsa dengan nominal kecil
  10. Tak perlu cemas, akun Mitra Bukalapak tidak mempunyai batasan waktu kadaluarsa

Baca juga: Apa itu Startup dan Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

Jika Anda sudah memenuhi syarat dan memahami betul ketentuan yang diminta, maka bisa langsung melakukan pendaftaran. Bukalapak menyediakan dua cara daftar Mitra Bukalapak yang bisa Anda pilih sendiri.

Inilah Tata Cara Daftar Mitra Bukalapak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Mitra Bukalapak adalah para pedagang offline yang menjual beberapa kategori produk di Bukalapak.

Beberapa produk itu bisa barang-barang fisik (pada kategori tertentu) dan produk virtual seperti e-voucher, tiket pesawat, pulsa, paket data, token listrik, voucher game, tiket kereta hingga lain-lain.

Secara mudahnya, Mitra Bukalapak juga bisa disebut sebagai dropshipper offline. Dimana para Mitra memperoleh produk secara online di Bukalapak, lalu dijual kepada konsumen secara offline. Berikut adalah dua cara daftar Mitra Bukalapak yang dapat dipilih:

Cara Daftar Mitra Bukalapak Lewat Website

Sebagai e-commerce, denyut bisnis Bukalapak memang dilakukan secara online. Tak hanya saat menjadi pedagang di platform mereka saja, untuk mendaftar sebagai Mitra Bukalapak juga bisa dilakukan online melalui website. Berikut tata caranya:

1. Buka dan akses situs mitra.bukalapak.com

cara daftar Mitra Bukalapak lewat website (1)

2. Jika sudah di halaman website, klik tombol DAFTAR MENJADI MITRA yang ada di bagian kanan atas

cara daftar Mitra Bukalapak lewat website (2)

3. Anda akan diminta untuk memasukan nomor HP, jika sudah langsung pilih LANJUT

cara daftar Mitra Bukalapak lewat website (3)

4. Kalau nomor Anda sudah terdaftar sebagai akun Bukalapak, Anda akan diarahkan untuk login langsung ke aplikasi Mitra Bukalapak

cara daftar Mitra Bukalapak lewat website (4)

5. Kalau nomor yang didaftarkan baru, maka Anda harus melakukan tahapan verifikasi. Dimana sistem Bukalapak akan mengirimkan kode khusus ke nomor HP tersebut, dan Anda harus menuliskan kode yang dikirim lewat SMS itu di kolom verifikasi pada website

cara daftar Mitra Bukalapak lewat website (5)

6. Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dengan melengkapi data yang benar pada kolom yang disediakan. Jika semua data sudah terisi, klik DAFTAR

Baca juga: Ingin Capai Sukses? Berikut 5 Bisnis yang Bisa Membuat Anda Cepat Kaya!

7. Tunggu email dari Bukalapak yang berisikan konfirmasi kalau Anda melakukan pendaftaran sebagai Mitra Bukalapak. Kalau email konfirmasi sudah diterima, selamat Anda sudah menjadi Mitra Bukalapak dan bisa melakukan penjualan

Cara Daftar Mitra Bukalapak Lewat Aplikasi

Tak hanya melalui website, tata cara pendaftaran Mitra Bukalapak juga bisa dilakukan melalui aplikasi khusus Mitra Bukalapak. Proses daftar di aplikasi ini bahkan bisa dibilang lebih mudah, efektif dan efisien dibandingkan daftar lewat website. Berikut langkah-langkahnya:

cara daftar Mitra Bukalapak lewat aplikasi (1)

1. Unduh dan pasang terlebih dulu aplikasi Mitra Bukalapak yang tersedia gratis di PlayStore (pengguna Android) atau AppStore (pengguna iOS)

cara daftar Mitra Bukalapak lewat aplikasi (2)

2. Buka aplikasi Mitra Bukalapak yang sudah terpasang di smartphone dan langsung pilih menu MULAI. Sama seperti pendaftaran di website, Anda akan diminta untuk mengisi nomor HP dan kemudian pilih LANJUT

cara daftar Mitra Bukalapak lewat aplikasi (3)

3. Kalau nomor HP tak pernah digunakan untuk mendaftar di Bukalapak, maka Anda harus mengisi formulir data diri yang disediakan. Isi semua kolom yang dibutuhkan dengan benar, lalu kemudian tekan DAFTAR

4. Anda akan memperoleh kode verifikasi lewat SMS lewat nomor HP yang didaftarkan. Masukkan kode itu pada kotak yang disediakan di halaman aplikasi Mitra Bukalapak

5. Jika sudah berhasil, maka Anda akan diminta untuk memasukkan nomor HP dan password untuk login ke aplikasi Mitra Bukalapak. Kalau Anda menggunakan nomor HP yang sudah didaftarkan sebelumnya di platform Bukalapak, maka tinggal melakukan tahapan ini untuk login di aplikasi

cara daftar Mitra Bukalapak lewat aplikasi (4)

6. Login berhasil, maka Anda bisa langsung melakukan penjualan produk asalkan sudah mengisi saldo pada BukaDompet

Berapa Biaya Pendaftaran Mitra Bukalapak?

Saat sudah melengkapi syarat yang dibutuhkan dan membaca seluruh ketentuan dari Bukalapak, maka hal berikutnya adalah memilih salah satu dari dua cara daftar Mitra Bukalapak di atas. Tentu saat melakukan tahapan pendaftaran, Anda akan dihadapkan pada pertanyaan, berapakah biaya yang harus dikeluarkan agar bisa menjadi Mitra Bukalapak?

Baca juga: Inilah 10 Bisnis Franchise dengan Modal Kurang dari 10 Juta Rupiah

Kabar gembira, Bukalapak rupanya sama sekali tidak meminta biaya untuk bergabung sebagai Mitra. Anda bisa mendaftar baik di aplikasi atau website secara gratis, tanpa perlu mengeluarkan uang sama sekali. Hanya saja jika ingin menjual produk virtual atau produk grosir dari Bukalapak, Anda harus melakukan pengisian saldo pada BukaDompet. Saldo pada BukaDompet itulah yang digunakan untuk membeli produk-produk dari Bukalapak dan kemudian dijual kembali ke calon konsumen.

Keuntungan Menjadi Mitra Bukalapak

keuntungan Mitra Bukalapak

Ketika pertama kali dikenalkan, Mitra Bukalapak memang menjadi program khusus Bukalapak agar semua orang di Indonesia bisa memperoleh tambahan penghasilan. Sebagai Mitra Bukalapak, Anda bisa berjualan produk barang dan jasa tak peduli usaha yang digeluti. Bahkan meskipun Anda adalah perseorangan, bisa menjadi Mitra Bukalapak tanpa harus membuka toko fisik.

Sementara bagi pemilik warung kelontong, toko-toko grosir, atau aneka usaha lainnya, akan mendapat penghasilan sampingan yang menjadikan dengan menjual produk Bukalapak. Supaya makin yakin, berikut adalah beberapa keuntungan yang diperoleh sebagai Mitra Bukalapak:

  1. Keuntungan yang ditawarkan sudah pasti jelas, karena komisi bisa langsung diterima oleh Mitra Bukalapak setelah transaksi berhasil (ada ketentuan khusus pada beberapa produk virtual)
  2. Transaksi dilakukan secara mudah dan aman menggunakan aplikasi. Dimana uang pada saldo BukaDompet bisa langsung diterima pihak Bukalapak setiap kali transaksi dilakukan, dan komisi pun masuk ke saldo BukaDompet Mitra Bukalapak
  3. Modal yang dibutuhkan menjadi Mitra Bukalapak sangat ringan entah Rp50 ribu, Rp100 ribu atau langsung isi saldo BukaDompet sebesar Rp1 juta
  4. Nama besar Bukalapak dan layanan yang mereka berikan adalah jaminan pengalaman yang berkualitas
  5. Jika Anda melakukan pembelian produk grosir atau produk-produk lain pada Bukalapak, proses pengirimannya bisa lebih cepat sebagai Mitra Bukalapak. Anda bahkan juga memperoleh opsi COD yang tentunya lebih meyakinkan
  6. Mitra Bukalapak memperoleh banyak sekali fitur, program khusus dan promo dari Bukalapak yang pastinya akan berimbas positif ke penjualan dan komisi yang didapat
  7. Mitra Bukalapak berpeluang memperoleh bonus poin dari setiap transaksi yang berhasil dilakukan

Tak hanya itu saja, setiap produk yang dijual oleh Mitra Bukalapak pada dasarnya memiliki keuntungan berbeda-beda. Berikut penjelasan lengkapnya sesuai yang tertera di website resmi Bukalapak:

tampilan warung Mitra Bukalapak
PRODUK YANG DIJUAL MITRA BUKALAPAKKEUNTUNGAN YANG DIDAPAT MITRA BUKALAPAK
BARANG GROSIRGratis ongkos kirim, harga ekonomis, sehari kirim langsung sampai
PULSA ELEKTRIKPotongan harga langsung
PAKET DATA INTERNETPotongan harga langsung
TOKEN LISTRIKPotongan harga langsung
TAGIHAN PLN PASCABAYARCashback langsung hingga Rp2.000
BPJS KESEHATANCashback langsung Rp1.000
PDAMCashback langsung Rp1.000
ANGSURAN KREDITCashback langsung Rp2.000
TIKET BUSCashback langsung sebesar 3% dari harga tiket bus
TIKET KERETACashback langsung Rp4.500

Baca juga: 11 Cara Bayar Indihome Lewat ATM, Indomaret dan Alfamart

Kesimpulan

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, menjadi Mitra Bukalapak adalah salah satu peluang bisnis sampingan yang menjanjikan. Bahkan bukan tak mungkin kalau dijalani secara serius, Anda bisa membuat bisnis yang awalnya kecil-kecilan dengan modal pas-pasan ini bisa menjadi bisnis besar yang memberikan keuntungan melimpah pula.

Untuk itulah supaya tata cara daftar Mitra Bukalapak bisa Anda lakukan dengan segera dan meraup keuntungan yang dijanjikan, pastikan melengkapi diri dengan berbagai syarat yang diminta. Baru setelah itu pahami seluruh ketentuan yang ditetapkan oleh Bukalapak, segera datar, isi ulang BukaDompet dan lakukan penjualan ke konsumen. Semangat untuk jadi Mitra Bukalapak!

Bagikan ;

Tinggalkan komentar