Cara dan Syarat Menjadi Mitra GoFood serta Tips Agar Jualan Laris Manis!

Bagaimana cara daftar menjadi mitra Gofood? Apakah ada biayanya? Apa saya syaratnya? Anda yang ingin mulai membuka usaha kuliner secara online mungkin bertanya-tanya tentang hal ini apalagi bagi para pemula. Tenang saja, karena kali ini kita akan membahasnya secara lengkap langkah demi langkah sampai dengan tips jualan di GoFood agar pelanggan berdatangan.

Sebab seperti usaha lainnya, jualan kuliner online juga memiliki tantangannya tersendiri termasuk menjadi mitra GoFood. Meskipun sudah go online tidak berarti pelanggan langsung berkerumun ke kedai atau resto Anda. Bahkan setelah orang bisa menemukan Anda di GoFood, kita juga perlu strategi mempertahankan pelanggan agar memesan kembali.

Iklan

Sehingga kali ini kita tidak hanya membahas mengenai langkah-langkah menjadi mitra GoFood saja. Jadi, untuk Anda yang belum terlalu terbiasa memanfaatkan teknologi untuk berjualan juga bisa Go Online dengan GoFood. Namun sebelum itu bagi Anda yang belum begitu paham apa itu GoFood dan bagaimana cara kerjanya, bisa menyimak penjelasan di bawah ini!

GoFood dan GoBiz (GoResto)

GoFood adalah aplikasi pesan antar kuliner secara online yang merupakan bagian dari aplikasi Gojek (ojek online). Jadi GoFood di kelola oleh Gojek sebagai media yang menghubungkan antara penjual makanan & minuman dengan para pelanggan di suatu wilayah.

Secara umum di sini ada 4 pihak yang terlibat secara langsung. pihak GoFood sebagai penyedia sistem, Penjual, mitra Gojek sebagai pengantar pesanan (ojol) dan juga pelanggan yang memesan.

Misalnya dari sisi pelanggan, jika Anda berada di kota Bandung maka semua tempat makan atau minuman yang terdaftar menjadi mitra GoFood akan bisa Anda pesan ke tempat Anda. Jika ojol berada dalam jangkauan tempat Anda maka mitra driver Gojek (ojol) aka menerima pesanan dan memesankannya kepada penjual/ resto. Setelah makanan siap di antar barulah ojol mengantarkannya ke tempat/alamat yang tertera di aplikasi.

Sebagai penjual dari mana kita bisa mendapatkan pembayaran?

Jawabannya adalah langsung melalui aplikasi. Jadi kita akan mendapatkan pembayaran sesuai dengan harga produk di potong dengan biaya bagi hasil dari GoFood. Jadi, bergabung menjadi mitra GoFood itu tidak 100% gratis. Tentang hal ini akan di bahas nanti

Namun jika GoFood adalah aplikasi yang cenderung dibuat untuk para pelanggan memesan makanan/minuman, maka sebagai penjual kita masuk melalui aplikasi Gobiz (GoResto).

Gobiz inilah yang wajib Anda instal untuk mendaftar dan membuat pengaturan pada toko/ outlet Anda di GoFood jika sudah berhasil menjadi mitra. Apa saja produk yang Anda jual dan berapa harga setiap produknya, kapan jam buka dan tutup toko Anda, hingga promo atau diskon yang Anda jalankan.

Sampai disini sudah jelas ya? Bahwa GoFood adalah aplikasi pelanggan untuk melakukan pesanan dan GoBiz merupakan aplikasi untuk pemilik bisnis (kedai/resto). Oh ya, pendaftaran mnejadi mitra GoFood tidak di pungut biaya apapun alias gratis!

Plus Minus Menjadi Mitra GoFood (Menggunakan GoBiz)

Ketika sedang berkumpul bersama teman, keluarga mungkin kita sering memilih “pesen Gofood aja” untuk makan-makan bersama, sekedar pesan kopi bahkan ketika kelaparan di kosan. Memang, GoFood kini sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia khususnya di perkotaan. Sudah ada ratusan ribu mitra usaha Gojek, lebih dari jutaan driver serta ratusan juta pengguna aplikasi Gojek yang tersebar dimana-mana.

Dari gang satu ke gang lainnya kedai/oulet yang menjadi mitra GoFood sudah banyak di temukan. Rasanya GoFood ini seperti seperti jembatan para pebisnis kuliner dengan para pelanggannya. Jadi di sisi penjual, GoFood ini seperti bala bantuan yang menghubungkan mereka dengan pelanggan dimanapun lokasi bisnis mereka bahkan kurang strategis sekalipun.

Baca juga, Fitur Terbaik di GoPay Gojek dan OVO

Tapi kita perlu ingat, bahwa segala sesuatu selalu ada positif dan negatifnya. Begitupun dengan menjadi mitra GoFood. Anda perlu menyadari ini supaya memiliki gambaran dan tidak kaget ketika hal ini terjadi. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan menjadi mitra GoFood .

Kelebihan

  • Cara daftar menjadi mitra relatif mudah
    Menjadi mitra GoFood lewat aplikasi GoBiz (GoResto) terhitung cukup mudah dan cepat. Anda bisa mendaftar secara online dengan menginstal aplikasi GoBiz, siapkan dokumen yang di perlukan seperti KTP, foto tempat usaha (kedai/resto) dan ikuti petunjuk pendaftaran. Langkah selengkapnya akan di jelaskan nanti.
  • Memperluas jangkauan promosi
    Promosi kedai/resto akan lebih luas dibanding kita hanya berjualan offline. Karena saat ini sudah ada jutaan pengguna aktif GoFood yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Apalagi saat pandemik, masyarakat Indonesia semakin terdidik untuk berbelanja online termasuk soal kuliner. Coba saja tanya sekeliling, siapa yang tidak pernah menggunakan atau tidak tahu GoFood untuk memesan makanan, pasti sangat jarang.
  • Kesempatan menerima order meningkat dengan sistem order pesanan
    GoFood sendiri kini punya sistem antar pesanan ke lebih dari satu resto dalam satu order. Fitur ini nampaknya muncul dari kebutuhan pelanggan untuk memesan beberapa jenis makanan/ minuman yang variatif dalam waktu singkat. Hal ini tentu menjadi poin plus di mata pelanggan di banding aplikais pesaingnya. Nah, pengaruhnya bagi para pemilik usaha tentunya kesempatan untuk mendapatkan order jadi lebih banyak.
  • Ada sistem promo menarik yang bisa di ikuti
    Ketika Anda bergabung menjadi mitra GoFood, nantinya sistem menyediakan program-program promosi untuk toko Anda. Seperti potongan harga, voucher dan lainnya yang bisa kita atur sendiri berapa dan kapan promo akan di berlakukan. Tentunya hal ini bisa menarik pelanggan lebih banyak ke toko Anda.
  • Memudahkan pelanggan membeli produk kuliner kita
    Pelanggan yang masih berada di sekitar toko akan sangat terbantu dengann ongkir yang lebih murah dan pengantaran yang cepat. Begitupun juga dengan pelanggan yang berada agak jauh dari lokasi kedai/ resto. Biasanya ongkir tidak jadi masalah jika pelanggan penasaran atau sudah jatuh cinta dengan rasa dan kualitas kuliner kita.
  • Mengatur jadwal operasional, daftar menu, harga, hingga stok dengan mudah
    Sebagai penjual yang membuka toko pasti kita akan berurusan dengan jadwal operasional, daftar menu, harga dan stok barang. Dengan menjadi mitra GoFood, kita bisa mengaturnya dengan mudah. Asalkan aplikasi GoBiz connect dengan internet.
  • Bisa cek jumlah pendapatan dengan mudah
    Kita tidak perlu lagi menghitung jumlah pendapatan saat closing harian atau bulanan karena semuanya sudah tercatat di dalam aplikasi. Hal ini bisa membantu kita berevaluasi apakah bisnis yang kita jalankan sudah mencapai target ataukah belum.
  • Transaksi aman karena menggunakan GoPay
    Anda tidak perlu khawatir resiko kehilangan uang cash dari semua pemasukan. Sebab semua transaksi yang masuk akan melalui GoPay dan bisa langsung di transfer ke nomor rekening yang terdaftar di aplikasi. Minimal pendapatan GoBiz untuk bisa pencairan saldo adalah Rp 25.000

Kekurangan

  • Ada biaya bagi hasil yang cukup besar
    Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya, kalau menjadi mitra GoFood tidak 100% gratis. Meskipun pendaftaran tidak di pungut biaya apapun tapi Gojek memberlakukan biaya bagi hasil yang cukup besar terutama mungkin bagi para pedagang kecil yakni sebesar 20% dari harga jual. Jadi sebelum memasukan harga produk, pertimbangkan juga dengan biaya bagi hasil ini. Kira-kira apakah dengan potongan ini, keuntungan bisnis tetap bisa stabil tanpa menaikan harga produk untuk pembelian di outlet langsung?
  • Minimal potongan mengikuti program promosi cukup besar
    Karena ketentuan minimal potongan program promosinya cukup besar yakni sekitar 15% dari harga asal sehingga terkadang menjadi dilema bagi pemilik kedai kecil. Atau malah banyak juga penjual yang harus menaikan harga awal agar ikut promosi. Jadi jangan heran jika harga barang di toko dan di GoFood biasanya jauh berbeda. Hal ini terkadang membuat pelanggan berfikir ulang untuk membeli.

Cara Daftar Menjadi Mitra GoFood Melalui Aplikasi GoBiz

Untuk menjadi mitra usaha Gojek, caranya sangat mudah. Anda bisa melakukannya secara online. Coba ikuti langkah-langkah berikut ini. Namun sebelum mendaftar, siapkan dulu beberapa dokumen dan data seperti :

  • KTP Pemilik kedai/ resto
  • Data rekening seperti nama bank, nama pemilik dan nomor rekening (dengan nama yang sama seperti KTP)
  • Data mengenai usaha (Nama usaha, data NPWP jika ada, alamat usaha, patokan outlet, dan foto outlet Anda dari luar (pastikan foto jelas, tidak blur, dan nama outlet harus terlihat)

1. Download Aplikasi GoBiz dan Registrasi

Untuk menjadi mitra GoFood, pastikan smartphone Anda support untuk menginstal aplikasi GoBiz. Saat ini aplikasi GoBiz hanya bisa di download dan di install di android saja. Jika sudah, pastikan smartphone terhubung dengan internet yang stabil dan lakukan registrasi.

Isi identitas yang di minta seperti data identitas pribadi dan data usaha yang hendak Anda daftarkan. Pastikan Anda mengisi identitas kedai/ resto sesuai dengan dokumen foto tempat yang nanti akan perlu di kirim.

Untuk memudahkan para pelanggan mengenali kedai/resto Anda, maka selain mengisi nama resto sesuai dengan nama aslinya tambahkan juga kata kunci produk dan daerah. Misalnya, “Ayam Geprek Seuhah Rancaekek”. Dalam aplikasi, terdapat panduan lengkap untuk menuliskan nama outlet, jadi Anda bisa memastikannya sendiri jika ada update.

Iklan

Setelah meningisi semua data yang di perlukan Anda perlu memilih layanan GoBiz di outlet Anda. Ada beberapa pilihan layanan yang bisa Anda pilih untuk yakni GoFood, GoPay, GoKasir atau POS (Point Of Sales/ Mesin kasir online). Jadi ternyata GoBiz tidak hanya menyediakan GoFood untuk menghubungkan pelanggan dan penjual.

  • GoFood yaitu layanan untuk pesan antar dalam aplikasi Gojek
  • GoPay adalah e-wallet atau cara pembayaran non tunai di outlet langsung ataupun online. Bisa menerima pembayaran dari GoPay, OVO, DANA, dan LinkAja dengan satu kode QR.
  • GoKasir atau POS (Poin of Sales) yaitu mesin kasir online untuk mencatat semua pesanan dengan mudah,cepat dan minim kesalahan. Semua transaksi tercatat dalam satu laporan yang terintegrasi dan bisa di hubungkan dengan printer.

Pelajari setiap fitur dan layanan ini sebelum melanjutkan proses sebab bisa jadi memiliki konskwensi tanggungan biaya yang berbeda. Centanglah mana layanan yang hendak Anda gunakan. Lalu klik “simpan”.

Sebenarnya GoBiz juga memiliki program pinjaman modal usaha untuk mitra GoFood bernama GoModal. Dengan program pendanaan ini, mitra bisa mendapatkan pinjaman dana untuk mengembangkan usaha hingga Rp150 juta. Pilihan jangka waktu cicilannya mulai dari 2, 3, 6, dan 12 bulan. Pengajuan bisa di lakukan lewat aplikasi GoBiz.

Ada juga GoFresh yakni fasilitas marketplace yang memungkinkan mitra GoFood membeli bahan baku dengan mudah melalui aplikasi. Bukan hanya mudah, dengan memesan bahan baku dari GoFresh Anda juga mendapatkan jaminan kualitas dan ketersediaan bahan baku. Bagaimana dengan ongkirnya, apakah ada minimal pembelanjaan? Hm, penasaran? Nanti kita akan bahas mengenai ini.

2. Verifikasi

Jika data sudah di submit, Anda perlu menunggu maksimal selama 2 hari kerja karena data yang Anda kirimkan akan melalui proses verifikasi tim GoBiz terlebih dahulu. Biasanya ada beberapa kemungkinan yang terjadi di tahap ini :

  • Jika permohonan pendaftaran Anda di setujui, maka Anda akan mendapatkan emal dan bisa melanjutkan pada proses lanjutnya.
  • Jika permohonan Anda belum di setujui, Anda juga akan mendapatkan email pemberitahuan untuk mengubah data. Anda bisa melakukan perubahan data dan mengirimkannya kembali sebanyak 3 kali (selama 14 hari). Bagaimana kalau kita tidak mengubah data dalam waktu 14 hari setelah menerima email? Akibatnya, data kita akan terhapus dari sistem GoBiz
  • Jika permohonan ditolak, Anda akan mendapatkan email yang biasanya di karenakan ketidak sesuaian data dengan syarat dan ketentuan pendaftaran GoBiz. Nah, apa saja penyebab permohonan pendaftaran bisa di tolak? Nanti akan di bahas pada bagian ketentuan mitra GoFood.

3. Aktivasi

Ketika Anda mendapatkan email persetujuan menjadi mitra GoFood, ini bukan berarti Anda langsung bisa berjualan di GoFood. Anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu sesuai dengan layanan yang Anda pilih sebelumnya. Biasanya jika Anda memilih layanan POS (GoKasir) akan aktif langsung, sementara GoPay maksimal bisa aktif dalam waktu 7 hari.

Nah, jika Anda memilih layanan GoFood sebelum akun mitra GoFood Anda aktif, Anda harus melengkapi detail data tentang outlet Anda terlebih dahulu lalu submit lagi. Setelah itu aktivasi akan berlangsung maksimal selama 14 hari kerja. Apa saja data yang harus di isi?

  • Profil Resto/ outlet
    Bagian ini adalah bagaimana toko Anda tampil di aplikasi GoFood. Maka dari itu, Anda harus memasukan foto dengan mengkilik “Tambah” pada bagian fto profile restoran. Lalu klik “Tambah” di bagian kategori makanan dan pilihan maksimal 3 kategori yang paling sesuai dengan produk yang di jual di resto/ outlet Anda. Untuk memasukan foto profil, harap baca ketentuannya ya agar proses aktivasi bisa di lakukan dengan lancar.
  • Jam operasional
    Untuk memastikan pelanggan memesan makanan/minuman di outlet Anda selama jam operasional maka selanjutnya Anda harus mengisi jam operasional toko/ outlet Anda. Klik “Ubah” di setiap hari untuk mengatur kapan outlet Anda buka dan tutup. Ada ketentuan minimum jam operasional yakni minimal 3 hari/ minggunya dan 3 jam per harinya.
  • Daftar menu
    Setelah mengatur jam operasinal, kini saatnya Anda membuat daftar menu yang akan di tampilkan outlet di GoFood. Pertama-tama Anda harus mengklik “tambah kategori” terlebih dahulu. Lalu pilih menu “tambah foto” untuk memasukan foto menu makanan/minuman yang dijual dan keterangan produk (minimal 3 menu di sertai gambarnya). Sebaiknya Anda membaca dulu ketentuan penambahan foto supaya proses pengaturan menu bisa di lakukan dengan lancar. Klik “lanjut” untuk meneruskan prosesnya.
  • Pengecekan outlet yang terdaftar
    Sebelum akun mitra GoFood Anda benar-benar aktif, outlet akan di kunjungi oleh driver Gojek. Anda perlu memasukan data outlet seperti foto bagian depan/papan nama outlet, daftar menu, atau kemasan produk resto. Pastikan nama outlet ANda sudah di cetak dan bukan tulisan tangan.
  • Pemeriksaan data
    Jika sudah meng-submit semua data yang di minta Anda tinggal menunggu maksimal 2 hari sementara tim Gojek sedang memeriksa data Anda. Jika semua data aktivasi dinyatakan terverifikasi maka Anda akan mendapatkan email pemberitahuan. Begitupun jika seandainya ada data yang belum lolos atau di tolak. Jika data belum lolos, maka Anda harus segera memperbaikinya.
  • Kunjungan driver ke outlet
    JIka noiofikasi sudah Anda terima dan di nyatakan lolos maka proses terakhir adalah kunjungan driver ke outlet Anda. Pada proses ini, akan ada kunjungan mitra driver sekitar ketempat Anda dengan memfoto bagian luar outlet Anda dan foto nama. Sama seperti sebelumnya, Anda hanya perlu menunggu proses aktivasi ini selesai yang akan di kirimkan lewat email.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Anda bisa menjadi mitra GoFood tanpa harus mengantri dan meninggalkan outlet Anda. Cukup terhubung dengan internet dan ikuti langkah-langkah diatas.

Meskipun perlu waktu beberapa hari untuk proses verifikasi dan aktivasi, namun semuanya bisa di selesaikan tanpa harus ribet mengurus dokumen ini itu dan berkunjung ke kantor Gojek/ pihak terkait untuk pendaftaran mitra GoFood.

Hal-hal yang Penting Di ketahui Mitra dan Calon Mitra GoFood

Selain proses pendaftaran, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebaga mitra ataupun calon GoFood. Mulai dari saat proses pendaftaran maupun program dan layanan yang di sediakan GoBiz.

1. Data dan Hal-hal yang Tidak Perlu di Berikan kepada Mitra Driver

Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, perlu Anda ketahui bahwa pihak Gojek tidak meminta Anda memberikan :

  • Data-data pribadi termasuk nomor KTP
  • 16 nomor kartu debit/kartu kredit
  • CVV
  • Kode OTP

Kepada mitra driver Gojek. Adapun data-data yang Anda masukan melalui aplikasi terjamin keamanannya dan tidak digunakan untuk kebutuhan di luar perusahaan Gojek. Proses pendaftaran juga tidak di punguut biaya apapun, sehingga Anda bisa melakukan penolakan jika ada driver nakal yang meminta biaya pendaftaran.

2. Biaya Layanan GoBiz

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, bahwa GoBiz memiliki beberapa layanan yang membantu mitra mengembangkan usahanya. Mulai dari GoFood, GoPay, GoFresh, GoKasir, Hingga GoModal (Pendanaan). Nah, masing-masing memiliki kententuannya dan wajib Anda perhatikan jika Anda memutuskan untuk menggunakan layanan-layanan tersebut.

  • GoFood : Biaya bagi hasil 20% dari harga produk
  • GoPay : Biaya per transaksi sebesar 0,7%
  • GoFresh : Gratis ongkir minimal pembelanjaan Rp 200.000
  • GoKasir : Bebas biaya (Gratis)
  • GoModal : Bunga pinjaman tergantung jumlah dan tenor yang di pilih*

3. Cari Tahu Penyebab Pengajuan di Tolak

Saya pernah berbincang secara pribadi dengan pemilik outlet/ kedai makanan yang pengajuan mitra GoFoodnya di tolak. Ketika ditanya kira-kira apa sebabnya. Pemilik kedai menjawab kemungkinan karena data KTP tidak sama dengan data rekening dan juga nama pendaftar. Apakah di antara Anda juga pernah mengalami hal yang serupa?

Jika Anda juga pengajuan pendaftaran menjadi mitra usaha Gojek di tolak, sebaiknya jangan panik. Coba vcari tahu dulu penyebab pengajuan Anda di tolak. Berbasarkan informasi dari situs resminya, penyebab pendaftaran menjadi mitra usaha Gojek di tolak bisa saja di karenakan :

  • Outlet yang di daftarkan lokasinya di luar area layanan GoFood
  • Melebihi batas maksimal perbaikan data sebanyak 5 kali (data yang di maksud seperti foto dan menu)
  • Outlet yang didaftarkan mengandung konten yang sifatnya pornografis/ berhubungan dengan narkotika/ jenis usahanya tidak sesuai dengan kriteria GoFood
  • Setelah di cek oleh Mitra Driver, foto outlet tidak sesuai dengan kondisi asli (ketika driver melakukan pengecekan)

Lalu apa yang bisa lakukan jika pengajuan di tolak?

Sayangnya jika Anda mendapatkan email penolakan seperti ini, Anda tidak akan bisa mengajukan pendaftaran ulang. Kecuali pada poin terakhir, dimana masalah terjadi dalam pengecekan oleh mitra driver Gojek. Anda bisa mengajukan pendaftaran ulang saat melalui email mitrausaha@gojek.com setelah data di perbaiki.

4. Jika Lokasi Usaha Apa yang Harus di Lakukan

Bisa saja sewaktu-waktu lokasi usaha Anda berpindah. Untuk tetap bisa tergabung menjadi mitra usaha GoFood Anda hanya perlu mengirim email pengajuan perubahan lokasi ke gofoodpartners@go-jek.com. Dalam email tersebut cantumkan beberapa data seperti :

  • Nama Outlet dan cabang yang Anda cantumkan sesuai dengan yang ada di aplikasi GoFood
  • Nomor telepon Outlet yang terdaftar
  • Alamat Outlet lama dan Alamat Outlet baru

Anda akan di hubungi oleh tim GoFood untuk verifikasi perubahan data.

Tips Supaya Bisnis Laris Manis dan Banyak Pelanggan Setia

Dalam berbisnis, tantangan bukan hanya datang saat mencari pelanggan, sebelum mengembangkan kita juga perlu memikirkan cara agar pelanggan membeli kembali. Nah, berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa Anda pertimbangkan supaya bisnsi bisa laris manis dan biasa mempertahankan lebih banyak pelanggan setia!

1. Pastikan Memilih Tipe Usaha yang Sesuai

Ada dua tipe usaha dalam proses pendaftaran mitra usaha GoFood, yakni outlet yang di miliki secara personal dan juga perusahaan seperti PT, CV, yayasan dll. Sebab terdapat perbedaan pada formulir dan langkah pendaftarannya.

Untuk usaha yang di milikioelh badan perusahaan maka harus di sertakan surat izin usaha, akta pendirian usaha, NPWP perusahaan dll. Sedangkan yang kita bahas kali ini adalah cara pendaftaran mitra GoFood untuk outlet yang dimiliki secara personal saja.

Yuk baca ulasan, Cara Top-Up Gopay dengan Mudah

2. Perhitungkan Biaya Bagi Hasil yang di Terapkan Gojek

Seperti yang sudah di jelaskan sebelum, bahwa terdapat biaya yang di tanggungkan pada penjual untuk beberapa layanan terntu di GoBiz.

Sehingga Anda harus cermat menghitung HPP (harga pokok produk) dengan semua biaya dari layanan GoBiz yang Anda pilih, apalagi jika seandainya Anda bukan hanya menggunakan layanan GoFood saja. Pastikan bahwa harga jual tidak membuat Anda rugi dan masih affordable bagai pelanggan.

3. Buatlah Foto Produk yang Menggugah Selera

Sebaiknya Anda tidak asal dalam memasang foto produk di aplikasi. Sebab foto merupakan gerbang awal untuk menarik pelanggan ke outlet Anda.

Perhatikan juga deskripsi yang Anda berikan, apakah sudah sesuai dengan produk yang ditawarkan. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan teknik copywriting untuk meningkatkan dorongan pembelian.

4. Tampilkan Nama Outlet di Gojek Pada Setiap Media Marketing

Untuk memperluas jangkauan, tampilkan nama akun GoFood Anda di setiap media marketing yang Anda pilih. Misalnya pada bungkus makanan, di media sosial, dan tentu saja pada banner toko offline Anda.

Dengan begitu, orang-orang semakin sadar bahwa mereka bisa menemukan outlet Anda dan memesan makanan/minuman yang Anda jual lewat GoFood.

5. Lakukan Soft Selling

Selain menampilkan akun outlet Anda di Gojek, sebaiknya And ajuga melakukan soft selling. Misalnya saja update harian outlet yang berhubungan dengan pemesanan lewat GoFood, menampilkan proses pembuatan makanan/minuman di outlet Anda, membuat testimoni dari para pelanggan, konten menghibur dll.

Soft selling seperti sangat berdampak loh untuk menarik pelanggan baru dan membuat pelanggan datang kembali karena merasa terhubung dengan Anda.

6. Fokus Pada Kualitas dan Kepuasan Pelanggan

Nama outlet Anda akan semakin di kenal ketika Anda mampu memberikan kepuasan pada pelanggan Anda. Banyak kasus pelanggan yang kecewa saat foto makanan/minuman di aplikasi tidak sesuai dengan realita dan rasanya dianggap tidak sesuai dengan harga (kualitasnya lebih rendah).

Maka dari itu usahakan untuk fokus pada

Iklan
kualitas dan kepuasan pelanggan dari pada hanya mengejar kuantitas selling di awal saja. Biasanya pelanggan yang puas akan menandai outlet Anda sebagai outlet favorit dengan fitur yang ada di aplikasi sehingga mereka mudah menemukan outlet Anda saat ingin memesan lagi.

7. Manfaatkan Program Promo GoBiz saat Moment Spesial

Ada berbagai program promosi yang bisa mitra GoFood ikuti dan di atur sesuai dengan kebijakan outlet. Misalnya Anda bisa menggunakan moment-moment tertentu untuk membuat promo di banding hanya dengan menaikan harga lalu menurunkannya agar terlihat sedang promosi.

Biasanya promo berupa diskon atau voucher. Anda bisa menggunakan promo voucher dengan kode menarik untuk memperingati ulang tahun outlet Anda, bulan ramadhan ataupun hari-hari besar lain.

8. Membuat Program Loyalty Untuk Pembelian Langsung

Tips terakhir supaya pelanggan berdatangan dan kembali adalah dengan membuat program loyalty untuk pembelian langsung. Seperti yang sudah di jelaskan, GoBiz ternyata juga punya layanan lainnya untuk mengembangkan usaha.

Jadi tidak hanya secara online lewat GoFood, tapi juga bisa secara offline dengan menyediakan metode pembayaran GoPay dan beragam promosi yang tersedia. Selain itu, untuk menambah kesan dan loyalitas pelanggan Anda juga bisa membuat program promo sendiri yakni dengan program loyalty seperti stiker pembelian ke 10 gratis 1, pembelian 5 gratis merchandise dll.

Info Tambahan : GoBiz Punya Fasilitas Metode Pembayaran dari Kartu

Berbicara mengenai metode pembayaran, ternyata GoBiz juga menyediakan fasilitas pembayaran melalui kartu kredit/ debit. Jadi jika Anda berencana untuk menggunakan metode pembayaran dari kartu Anda tidak perlu lagi repot daftar ke bank atau menyewa mesin EDC. Apa saja dokumen yang di butuhkan untuk bisa menggunakan faislitas ini?

  • KTP Pemilik Outlet
  • NPWP Pemilik Outlet
  • Buku Tabungan Pemilik Outlet
  • Rekening BCA (jika ada)

Biaya per transaksi yang berlaku adalah sebesar 0.15% untuk kartu BCA dan 1% untuk kartu non-BCA. Biasanya pencairan dana ke rekening BCA akan lebih cepat sehingga di anjutkan untuk memiliki rekening BCA. Walaupun begitu pencairan dana ke rekening selain BCA tetap bisa di lakukan.

Baca yuk, Cara Mendaftar Menjadi Rekan Usaha GO-PAY

Kesimpulan

Menjadi mitra GoFood ternyata bisa di lakukan dengan mudah oleh siapa saja dan dimana saja. Tapi, sebaiknya Anda pahami dulu ketentuannya sehingga Anda bisa berjualan dengan tenang. Itu dulu informasi seputar pendaftaran dan ketentuan pendaftaran menjadi mitra usaha Gojek, semoga Anda tidak bingung lagi dan bisa langsung mendaftar. Sukses selalu untuk Anda.

Yulinda Nurlisdiana: Hai, saya Yulinda Nurlisdiana, penulis di folderbisnis

This website uses cookies.