8 Cara Isi Saldo Gopay yang Anti Ribet, Sangat Mudah Lho

Makin populernya Gojek, menjadikan metode pembayaran dengan uang digital mereka yakni GoPay pun disukai banyak orang. Karena sering dipakai, saldo GoPay pun berkurang. Lantas bagaimana sih cara isi saldo Gopay yang anti ribet?

Beruntung, platform transportasi online yang didirikan Mendikbud Nadiem Makarim pada tahun 2010 ini menawarkan banyak sekali pilihan. Yap, Gojek tampaknya tahu betul bahwa GoPay akan mengubah gaya hidup masyarakat dalam hal transaksi.

Sebagai uang digital, GoPay memang mempermudah proses transaksi. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan siapapun membatasi interaksi sosial, pembayaran dengan GoPay akan sangat menguntungkan karena tak perlu proses tatap muka langsung atau interaksi bersentuhan alat pembayaran.

Baca juga: Tertarik? Ini 6 Cara Mendapatkan Voucher Gojek

Bahkan dalam perkembangannya, Gojek mengenalkan GoPay Plus yang memiliki banyak kelebihan. Seperti perlindungan saldo lebih baik, batas pengisian saldo lebih besar, bisa transfer ke pengguna GoPay lain atau rekening bank, hingga peluang menggunakan fasilitas PayLater.

Tentu supaya bisa melakukan upgrade akun ke GoPay Plus, Anda harus tahu terlebih dulu bagaimana cara isi saldo Gopay terlebih dulu.

Inilah 8 Cara Isi Saldo Gopay Dengan Mudah

1. Lewat Driver Gojek

ilustrasi driver Gojek dan penumpang
© nusantaratv

Cara pertama yang dapat dipilih untuk mengisi saldo GoPay adalah melalui driver. Yap, mitra pengemudi Gojek ini rupanya juga melayanan pengisian alias top-up saldo GoPay. Yang menarik, isi saldo GoPay di driver ini bisa dimulai dari nominal seratus perak dan tanpa biaya admin! Berikut langkah-langkahnya:

  • Anda harus melakukan orderan GoRide, GoCar, GoFood, GoShop atau GoMart terlebih dulu
  • Beritahukan kepada driver yang mengambil orderan bahwa Anda henda mengisi ulang saldo GoPay
  • Lantaran bebas biaya admin, maka uang tunai yang Anda berikan ke driver sesuai dengan nominal GoPay yang dimau. Misalkan Anda ingin isi saldo GoPay sebesar Rp200 ribu, maka uang tunainya juga sebesar Rp200 ribu pula
  • Cek apakah saldo GoPay sudah masuk atau tidak di halaman utama aplikasi Gojek

2. Lewat Minimarket & Pegadaian

Seperti yang sudah disebutkan di atas, GoPay bisa menjadi alat pembayaran sah untuk transaksi di minimarket. Karena itulah, Anda bisa melakukan pengisian saldo GoPay di sejumlah minimarket yang bekerjasama dengan Gojek seperti Alfamart, Alfamidi, Lawson, Dan+Dan. Tak hanya di minimarket, Pegadaian pun juga digaet Gojek sebagai lokasi pengisian GoPay.

Berbeda dengan pengisian saldo di driver Gojek, pengisian saldo GoPay di minimarket dikenai biaya admin sebesar Rp2.000. Sementara itu untuk pengisian minimal adalah Rp10.000 (kecuali Alfamart, pengisian minimal Rp10.000). Lantas bagaimana cara mengisi saldo akun GoPay di minimarket dan Pegadaian? Berikut tata caranya:

  • Minta bantuan kasir minimarket atau petugas Pegadaian untuk layanan pengisian saldo GoPay
  • Beritahukan nomor HP yang Anda pakai di aplikasi GoPay sebagai nomor tujuan saldo
  • Pilih nominal isi saldo GoPay yang dimau mulai Rp20 ribu, Rp50 ribu, Rp100 ribu, Rp200 ribu, Rp300 ribu, Rp400ribu dan Rp500 ribu
  • Bayar dengan uang tunai sesuai nominal yang dimau ditambah biaya admin
  • Tunggu proses saldo GoPay terisi dengan mengeceknya secara langsung di aplikasi Gojek
  • Jika perlu, simpan nota transaksi dari kasir minimarket atau Pegadaian sebagai bukti pembayaran sah

Baca juga: Cara Cek Resi GoSend dari Gojek yang Mudah dan Anti Ribet

3. Lewat BCA OneKlik

Pernah tidak Anda ingin mengisi saldo e-wallet atau dompet digital tapi ribet ke ATM dulu atau membuka internet/mobile banking? Demi mempermudah proses itu, BCA menawarkan fitur OneKlik.

OneKlik sendiri merupakan fasilitas pembayaran dari BCA untuk transaksi online secara langsung di marketplace atau aplikasi merchant yang lebih mudah. Lewat OneKlik, Anda bisa melakukan transaksi dan top-up saldo e-wallet secara mudah lewat akun yang disediakan dan terhubung ke rekening BCA.

Agar mempermudah, OneKlik ini hampi seperti metode transaksi dengan kartu debet BCA, tapi secara online. Karena sangat mudah itulah, Gojek pun menawarkan pilihan top-up GoPay dengan BCA OneKlik. Seperti apa caranya? Berikut ulasannya:

tahapan isi saldo GoPay di OneKlik
tahapan isi saldo GoPay di OneKlik
  • Buka terlebih dulu aplikasi Gojek dan masuk ke menu ISI SALDO jika ingin top-up saldo GoPay. Kemudian pilih tab INSTAN
  • Anda diminta untuk mengisi nominal GoPay yang dimau sesuai dengan kehendak mulai dari nominal Rp100
  • Pilih kartu BCA yang hendak dipakai (jika rekening BCA sudah terhubung dengan fitur OneKlik di Gojek), jika belum langsung pilih TAMBAH KARTU BARU dan ikuti langkah-langkahnya
  • Jika sudah, pilih menu LANJUT dan pilih KONFIRMASI & BAYAR agar transaksi pengisian saldo GoPay bisa diproses oleh sistem Gojek dan BCA
  • Masukkan PIN GoPay dan tunggu nominal masuk ke dalam saldo

4. Cara Isi Saldo Gopay Lewat Mobile Banking

Pemilik rekening bank dewasa ini memilih aplikasi mobile banking untuk mempermudah transaksi melalui smartphone. Beruntung, Gojek juga menyediakan metode pengisian saldo GoPay yang bisa dilakukan lewat mobile banking dari perbankan-perbankan populer di Tanah Air. Hanya saja besaran admin dan nominal pengisian minimal pada aplikasi mobile banking itu berbeda-beda.

Misalkan saja minimal isi Rp10 ribu dan biaya admin Rp1.000 (BCA, BRI, BNI, Permata, CIMB Niaga, BTN, ), minimal isi Rp15 ribu dan biaya admin Rp1.000 (Mandiri), minimal isi Rp10 ribu dan biaya admin Rp2.000 (Panin, BRI Syariah, Digibank, Muamalat, Maybank Indonesia, Mega, Bank DKI, Bank BJB, Bank Sulselbar) dan minimal isi Rp20 ribu dan biaya admin berkisar Rp5.000 – Rp7.500 untuk pengisian lewat mobile banking ATM Bersama. Berikut tahapannya:

pengisian GoPay di Mandiri Mobile APP
pengisian GoPay di Mandiri Mobile APP
  • Buka dan login ke mobile banking yang Anda miliki
  • Pilih menu transaksi sesuai ketentuan bank misalkan saja Transfer ke Virtual Account untuk pengguna mobile banking BCA atau yang perbankan lain pilih menu Pembayaran, Pembelian, Isi Ulang atau transfer ke rekening CIMB Niaga/Permata hingga e-money langsung
  • Lanjutkan dengan memilih menu GoPay Customer atau memasukkan kode perusahaan Gojek. Setiap bank punya kode perusahaan Gojek yang berbeda-beda.
  • Masukkan nomor HP yang digunakan sebagai tujuan nominal GoPay
  • Tulis jumlah nominal top-up yang diinginkan. Pastikan rekening bank Anda mempunyai saldo
  • Ikuti instruksi dari masing-masing mobile banking dan tunggu beberapa saat sebelum akhirnya transaksi selesai diproses

5. Cara Isi Saldo Gopay Lewat Internet Banking

Sama seperti mobile banking, fasilitas internet banking juga bisa dipakai dalam keperluan pengisian saldo. Hanya saja besaran admin dan nominal minimal masing-masing bank tidak sama.

Mulai dari minimal isi Rp10 ribu dan biaya admin Rp1.000 (BCA, BNI, Permata, CIMB Niaga, BTN-Web), minimal isi Rp15 ribu dan biaya admin Rp1.000 (Mandiri), minimal isi Rp10 ribu dan biaya admin Rp2.000 (Sinarmas, BTN-Mobile App, BRI Syariah, BJB, Danamon, Maybank Indonesia, Panin, Shinhan, OCBC NISP).

Yang terbesar adalah minimal isi Rp20 ribu dan biaya admin berkisar Rp5.000 – Rp7.500 (ATM Bersama, ATM Prima, ALTO). Sementara itu khusus aplikasi internet banking dari PIB (Personal Internet Banking) UOB tidak ditetapkan minimal pengisian dan juga admin. Lantas bagaimana cara isi GoPay lewat internet banking? Ini langkah-langkahnya:

  • Buka dan login ke internet banking yang Anda miliki
  • Pilih menu transaksi sesuai ketentuan bank misalkan saja Transfer ke Virtual Account untuk pengguna internet banking BCA, atau yang perbankan lain pilih menu Pembayaran, Pembelian, Isi Ulang atau transfer ke rekening CIMB Niaga/Permata hingga e-money langsung
  • Lanjutkan dengan memilih menu GoPay Customer atau memasukkan kode perusahaan Gojek. Setiap bank punya kode perusahaan Gojek yang berbeda-beda.
  • Masukkan nomor HP yang digunakan sebagai tujuan nominal GoPay
  • Tulis jumlah nominal top-up yang diinginkan. Pastikan rekening bank Anda mempunyai saldo
  • Ikuti instruksi dari masing-masing mobile banking dan tunggu beberapa saat sebelum akhirnya transaksi selesai diproses

Baca juga: Anti Ribet, Ini Syarat dan Tata Cara Daftar Gojek Tahun 2021

6. Lewat SMS Banking

Tidak seperti mobile atau internet banking yang disediakan oleh banyak bank-bank besar, opsi pengisian saldo GoPay lewat sms banking sejauh ini cuma bisa dilakukan lima instansi perbankan. Yakni BRI, BNI, CIMB Niaga, BRI Syariah dan BJB.

Admin dan nominal minimal top-up juga tak sama seperti minimal isi Rp10 ribu dan biaya admin Rp1.000 (BRI, BNI, CIMB Niaga) dan minimal isi Rp10 ribu dan biaya admin Rp2.000 (Maybank Indonesia, BRI Syariah, BJB). Berikut cara pengisiannya:

  • Cari tahu terlebih dulu nomor tujuan SMS tiap-tiap bank karena berbeda. seperti 3300 (BRI), 3346 (BNI), 1418 (CIMB Niaga), 3388 (BRI Syariah) dan 3373 (BJB)
  • Kirim SMS sesuai format yang ditentukan oleh pihak bank seperti BELI GOPAY/ISI GOPAY/TOP GOPAY yang kemudian diikuti dengan nomor HP tujuan yang digunakan di aplikasi Gojek dan jumlah nominal pengisian GoPay. Contohnya BELI GOPAY 08123242526 100000 kirim ke 3388.
  • Jika nomor tujuan SMS dan format pengiriman sudah sesuai, maka Anda tinggal menunggu top-up masuk ke akun GoPay

7. Lewat Mesin ATM

Lagi-lagi tidak berbeda jauh dengan pengisian saldo GoPay via mobile, internet, atau SMS banking. Dimana biaya admin dan nominal minimal berbeda-beda.

Mulai dari minimal isi Rp10 ribu dan biaya admin Rp1.000 (BCA, BRI, BNI, Permata, CIMB Niaga, BTN), minimal isi Rp15 ribu dan biaya admin Rp1.000 (Mandiri), minimal isi Rp10 ribu dan biaya admin Rp2.000 (Sinarmas, Panin, Maybank Indonesia, Danamon, Mega, Muamalat, Mayapada, OCBC NISP, BPD DIY) dan minimal isi Rp20 ribu dan biaya admin berkisar Rp5.000 – Rp7.500 (ATM Bersama, ALTO).

Berikut tata cara pengisiannya:

  • Datang ke mesin ATM bank yang Anda miliki
  • Pilih menu transaksi sesuai ketentuan bank misalkan saja Transfer ke Virtual Account untuk pengguna mobile banking BCA atau yang perbankan lain pilih menu Pembayaran, Pembelian, Isi Ulang atau transfer ke rekening CIMB Niaga/Permata hingga e-money langsung
  • Lanjutkan dengan memilih menu GoPay Customer atau memasukkan kode perusahaan Gojek. Setiap bank punya kode perusahaan Gojek yang berbeda-beda.
  • Masukkan nomor HP yang digunakan sebagai tujuan nominal GoPay
  • Tulis jumlah nominal top-up yang diinginkan. Pastikan rekening bank Anda mempunyai saldo
  • Ikuti instruksi dari masing-masing mesin ATM dan tunggu beberapa saat sebelum akhirnya transaksi selesai diproses

8. Pakai Metode Lainnya

Meskipun top-up saldo GoPay ada banyak pilihannya, Gojek masih memberikan opsi lain. Misalkan saja melalui loket PPOB (Payment Point Online Bank) seperti Bukopin, OCBC NISP dan Sinarmas, lewat BCA-SIM Toolkit, penyetoran langsung ke teller bank dalam jaringan ATM Bersama hingga isi saldo di rekening digital semisal Jenius milik BTPN dan TMRW milik UOB.

Baca juga: Cara Transfer Saldo GoPay ke OVO

Sama seperti opsi pengisian lain, ada aturan biaya admin dan minimal nominal pengisian juga. Seperti biaya admin Rp1.000 dan minimal isi Rp10 ribu untuk BCA-SIM Toolkit serta biaya admin Rp2.000 dan minimal isi Rp10 ribu di loket-loket PPOB. Sementara untuk pengisian lewat aplikasi rekening bank digital, tidak dibebankan biaya sama sekali.

isi saldo GoPay di Jenius
isi saldo GoPay di Jenius

Khusus untuk pengisian lewat aplikasi rekening bank digital, Anda harus tahu kode perusahaan Gojek terlebih dulu. Misalkan untuk pengguna Jenius bisa pakai kode 2849 untuk bank CIMB Niaga atau 898 untuk kode bank Permata yang keduanya sama-sama ke akun GoPay Anda langsung, setelah menambahkan nomor HP tujuan. Sementara pengguna TMRW, langsung saja pilih menu TOP UP dan TAGIHAN dengan tujuan GOPAY.

Kesimpulan

Dengan banyaknya pilihan cara isi saldo Gopay, tentu menjadi bukti komitmen Gojek terhadap

Bagikan ;

Tinggalkan komentar