Inilah Cara Isi Saldo OVO Paling Mudah dan Cepat yang Bisa Dipilih

© Points Geek

Semakin banyaknya pilihan cara isi saldo OVO membuktikan kalau e-wallet alias dompet digital yang satu ini memang makin disukai. Bahkan bisa dibilang, OVO sebagai salah satu pilar transaksi online di Indonesia.

Perjalanan OVO untuk menjadi salah satu uang digital (e-money) populer ini ditempuh dalam waktu cukup panjang. Berdiri pada tahun 2006, OVO baru bertransformasi menjadi aplikasi yang menawarkan pembayaran pada tahun 2016.

Iklan

Namun OJK (Otoritas Jasa Keuangan) baru memberi izin OVO beroperasi sebagai fintech (financial technology) pada 25 September 2017. Setahun kemudian, OVO menjalin kerjasama dengan platform layanan transportasi online asal Singapura, Grab, menjadi salah satu metode pembayarannya. Setelah mengakuisisi perusahaan pinjaman online (pinjol) lokal Taralite di awal 2019, OVO juga menawarkan skema pinjol.

Baca juga: Tertarik? Ini 6 Cara Mendapatkan Voucher Gojek Tahun 2021

OVO terus memperluas bisnisnya dengan menjadi metode pembayaran di merchant-merchant lain, di luar Grab. Bahkan tak hanya secara online, kini Anda bahkan bisa membayar transaksi dengan OVO secara luring yang sudah pasti makin dipilih masyarakat.

Untuk itulah demi mempermudah penggunaannya, ada banyak sekali cara isi saldo OVO yang bisa Anda pilih tergantung kemampuan. Seperti apa? Berikut ulasannya!

Cara-Cara Isi Saldo OVO yang Bisa Dipertimbangkan:

1. Cara Isi Saldo OVO Lewat Bank

Sadar bahwa saat ini setiap orang rasa-rasanya memiliki rekening bank, tak heran kalau cara isi saldo OVO yang pertama dalah melalui bank. Setidaknya ada 27 bank yang bekerjasama dengan OVO dan bisa jadi pilihan untuk top-up. Anda bisa memilih pengisian lewat mesin ATM, internet atau mobile banking masing-masing bank.

Hanya saja wajib diketahui kalau setiap bank punya aturan tersendiri dalam penetapan biaya pengisian saldo dan nominal top-up OVO. Namun mayoritas dari 28 bank tersebut, menawarkan biaya admin Rp1.500 dengan minimal pengisian Rp20 ribu seperti BRI Syariah, Sinarmas, MayBank, Bank Mega, Danamon, Muamalat, BJB, Mayapada, OCBC NISP, BPD DIY, Bank Mas, Bank Nagari, Shinhan, Bank DKI dan Bukopin.

Namun bank-bank populer lain seperti BCA, Mandiri, BNI, CIMB Niaga, BRI dan Permata menetapkan nominal minimal isi ulang sebesar Rp20 ribu dengan biaya adminnya cuma Rp1.000. Ada juga bank yang belum menetapkan aturan minimal top-up seperti NOBU. Atau BTPN dengan minimal pengisian Rp10 ribu dan DBS serta UOB dengan minimal top-up Rp20 ribu tapi ketiganya tidak menyebut gamblang biaya admin. Bahkan ada juga BTN dan Panin yang tidak memaparkan langsung minimal nominal dan biaya pengisian saldo OVO.

Untuk itulah ada baiknya jika Anda termasuk nasabah salah satu dari 27 bank yang sudah disebutkan, pastikan aturan dari pihak bank terlebih dulu. Barulah kemudian pelajari bagaimana cara isi saldo OVO yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut pilihannya:

1. Isi Saldo Lewat Mesin ATM

Sedang ada di luar rumah dan dekat mesin ATM? Anda bisa memilihnya sebagai sarana pengisian saldo OVO. Tentunya hanya jaringan mesin ATM dari ke-27 bank yang sudah disebutkan sebelumnya. Tidak sulit kok caranya, berikut langkah-langkahnya:

  • Datangi mesin ATM bank sesuai dengan rekening yang Anda miliki dan menyediakan fasilitas pengisian saldo OVO
  • Masukkan kartu ATM ke mesin dan PIN
  • Masing-masing bank punya aturan berbeda soal tahapan ini ada yang pilih menu TRANSAKSI LAINNYA > TRANSFER KE VIRTUAL ACCOUNT atau TRANSFER BANK LAIN, ada yang menu BAYAR/BELI > E-COMMERCE, TRANSAKSI LAIN > ISI ULANG/TOP-UP, hingga menu PEMBAYARAN > LAINNYA > DOMPET ELEKTRONIK/E-WALLET
  • Beberapa bank biasanya meminta untuk memasukkan kode khusus perusahaan OVO + nomor HP tujuan pengisian nominal saldo. Agar tak keliru, Anda harus tahu terlebih dulu kode OVO ini yang berbeda-beda di setiap bank Misalkan 8099 (Panin, DBS, MayBank, BTPN, CIMB Niaga), 84 (Permata), 88099 (BRI), 874 (BNI), 60001 (Mandiri) dan 39358 (BCA)
  • Masukkan nominal top-up sesuai batas minimal masing-masing bank
  • Tunggu sampai nominal pengisian saldo masuk ke akun OVO

Baca juga: Cara Cek Resi GoSend dari Gojek yang Mudah dan Anti Ribet

Iklan

2. Isi Saldo Lewat Mobile Banking

Salah satu fasilitas bank yang sering dimanfaatkan dalam hal pengisian saldo e-wallet adalah mobile banking. Beberapa bank yang bekerjasama dengan OVO juga menawarkan opsi isi saldo OVO di mobile banking.

Bank-bank yang punya fasilitas mobile banking adalah BCA, Mandiri, NOBU, CIMB Niaga, BRI, BRI Syariah, Permata Mobile X, Sinarmas Simobi+, MayBank2U, DBS Digibank, Mega Mobile, MobilePanin, Danamon D-Mobile, Muamalat DIN, Mayapada Mobile, OCBC NISP One Mobile, BPD Mobile, Bank DKI JakOne Mobile dan Bukopin Wokee. Berikut langkah pengisiannya:

pengisian saldo OVO di Mandiri Mobile
  • Pastikan Anda sudah memasang aplikasi mobile banking dari tiap-tiap bank di atas
  • Login ke akun mobile banking di aplikasi
  • Sama seperti cara isi saldo OVO di ATM, ada aturan tersendiri untuk menu transfer. Agar makin jelas, coba cek di sini sesuai ketentuan masing-masing bank
  • Masukkan kode perusahaan OVO (jika diminta) diikuti dengan nomer ponsel tujuan pengisian saldo OVO
  • Ikuti instruksi agar transaksi selesai dan tunggu saldo OVO masuk

3. Isi Saldo Lewat Internet Banking

Tak hanya aplikasi mobile banking, fitur internet banking juga dimiliki sejumlah bank untuk proses pengisian saldo OVO. Beberapa bank yang punya fitur ini seperti Klik BCA, Mandiri, NOBU, BNI iBank Personal, CIMB Clicks, BTPN Wow, BRI, PermataNet, i-Bank Sinarmas, DBS iBanking, Danamon, BJB Net, UOB Internet Banking, OCBC NISP, Bank Mas, Bank Nagari dan Shinhan. Tata cara pengisian saldo OVO di internet banking ini juga tak berbeda dari mobile banking berikut ini:

top-up saldo OVO di KLIK BCA (1)
top-up saldo OVO di KLIK BCA (2)
  • Login ke situs resmi bank dimana rekening Anda berasal
  • Sama seperti cara isi saldo OVO di ATM, ada aturan tersendiri untuk menu transfer. Agar makin jelas, coba cek di sini sesuai ketentuan masing-masing bank
  • Masukkan kode perusahaan OVO (jika diminta) diikuti dengan nomer ponsel tujuan pengisian saldo OVO
  • Ikuti instruksi agar transaksi selesai dan tunggu saldo OVO masuk

4. Isi Saldo Lewat SMS Banking

Di zaman serba teknologi dan smartphone makin canggih, apakah masih ada fasilitas SMS banking dalam hal pembayaran e-wallet? Tentu saja ada! Beberapa bank bahkan menawarkan pengisian saldo OVO lewat fitur SMS banking. Siapa saja:

  • BNI: Kirim SMS ke 3346 dengan format TRF(spasi)874+No HP tujuan(spasi)nominal saldo OVO
  • BRI Syariah: Kirim SMS ke 3338 dengan format BELI (spasi)OVO(spasi)No HP tujuan (spasi)nominal isi saldo OVO
  • BJB: Kirim SMS ke 3373 dengan format ISI(spasi)OVO(spasi)No HP tujuan(spasi)nominal top-up OVO
  • BPD DIY: Kirim SMS ke 14112 dengan format OVO(spasi)nomor rekening di BPD DIY(spasi)No HP tujuan(spasi)nominal pengisian saldo OVO

5. Isi Saldo Lewat Kartu Debit Bank

Tak mau ribet ke ATM, buka aplikasi mobile banking atau login ke internet banking hingga gunakan metode SMS banking? Ada cara isi saldo OVO lainnya yang lebih mudah yakni langsung menggunakan kartu debet. Hanya saja tak semua bank bisa menawarkan fitur ini, beberapa di antaranya yang bisa Anda coba seperti Mandiri, BNI, CIMB Niaga, BTPN, DBS dan BTN. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan Anda sudah mengunduh dan pasang aplikasi OVO di smartphone
  • Login ke akun OVO
  • Pilih menu TOP UP pada halaman utama alias HOME
  • Untuk metode pengisian saldo OVO, pilih TOP UP DARI KARTU DEBIT
  • Lengkapi formulir yang diminta seperti nama pemilik rekening dan nomor kartu debit. Lalu nominal pengisian saldo OVO
  • Tunggu sampai proses pengisian OVO Cash dinyatakan berhasil

6. Isi Saldo Lewat Rekening Digital

Inilah opsi terakhir yang ditawarkan dari pengisian saldo OVO lewat bank. Hanya saja fasilitas pengisian lewat rekening bank digital ini cuma disediakan oleh BTPN dengan Jenius dan UOB dengan TMRW. Pada dasarnya caranya tidak terlalu sulit dan hampir sama seperti menggunakan aplikasi mobile atau internet banking. Agar tak bingung, berikut tahapannya:

pengisian saldo OVO di Jenius
  • Pastikan Anda sudah mengunduh dan memasang aplikasi Jenius atau TMRW di smartphone
  • Login ke rekening digital Jenius atau TMRW yang Anda miliki
  • Untuk pengguna TMRW, pilih menu BAYAR/TRANSFER > E-MONEY – OVO
  • Untuk pengguna Jenius, pilih menu E-WALLET CENTER > TOP-UP > OVO
  • Masukkan nomor HP tujuan akun OVO dan nominal top-up
  • Ikuti instruksi yang diminta agar transaksi selesai dan berhasil

2. Cara Isi Saldo OVO Lewat Grab

© ayobekasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Grab melakukan investasi cukup besar di OVO sehingga e-money ini menjadi salah satu metode pembayaran utama. Untuk itulah, Anda bisa mengisi saldo OVO melalui mitra pengemudi Grab yang tidak ada minimal top-up dan gratis biaya pengisian saldo OVO. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

Baca juga: Anti Ribet, Ini Syarat dan Tata Cara Daftar Gojek Tahun 2021

  • Pesan orderan perjalanan dengan GrabBike atau GrabCar
  • Beritahukan kepada mitra pengemudi kalau Anda hendak isi saldo OVO dengan uang tunai
  • Pada aplikasi Grab, pilih GANTI > ISI ULANG > NOMINAL TOP-UP OVO > LANJUTKAN > OKE
  • Berikan uang tunai kepada mitra pengemudi sesuai dengan nominal pengisian saldo OVO di aplikasi

3. Isi Langsung di Booth OVO

Twitter resmi OVO

Agar makin mempermudah pengguna, OVO menyediakan OVO Booth di fasilitas-fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan. Dengan begitu ketika Anda hendak butuh saldo OVO tapi tak ada mesin ATM, tak menggunakan internet/mobile/SMS banking atau aplikasi Grab, bisa mendatangi OVO Booth yang tersedia.

Caranya sangat mudah, Anda tinggal menyampaikan keinginan untuk mengisi saldo kepada petugas OVO Booth. Beritahu nominal pengisian, nomor HP tujuan dan uang tunai kepada petugas OVO Booth. Untuk pengisian saldo di OVO Booth ini dikenai biaya top-up Rp1.000 saja dan tanpa nominal minimal.

4. Top-Up Saldo OVO Melalui Tokopedia

tambah saldo OVO di Tokopedia

Sering melakukan belanja online

Iklan
dan menggunakan platform marketplace Tokopedia? Maka Anda bisa memanfaatkannya untuk mengisi ulang saldo OVO. Hanya saja untuk pengisian di Tokopedia ini ada sejumlah syarat yang wajib dipahami seperti minimal top-up sebesar Rp50 ribu, maksimal transaksi selesai adalah 24 jam, biaya top-up Rp1.000 dengan metode pembayaran instan, transfer bank, Virtual Account (VA) dan debit instan.

Baca juga: Tata Cara Daftar Grabbike Online yang Termudah!

Sementara itu biaya top up jadi 1.5% dari nominal pengisian saldo OVO kalau Anda membayar dengan kartu debit. Anda juga dapat mengisi saldo di gerai retail Tokopedia sesuai admin masing-masing. Inilah tata caranya:

  • Pastikan sudah mengunduh dan memasang aplikasi Tokopedia di ponsel
  • Login ke akun Tokopedia
  • Pilih menu TOP-UP & TAGIHAN > TOP UP OVO > masukkan nominal isi saldo > BELI > BAYAR
  • Selesaikan transaksi sesuai dengan metode pembayaran yang dikehendaki dan pastikan sudah paham biaya admin yang dibebankan
  • Tunggu sampai saldo OVO masuk

Kesimpulan

Wah, ternyata ada banyak sekali ya pilihan cara isi saldo OVO? Untuk itulah bagi Anda yang menggunakan OVO sebagai uang digital dalam berbagai transaksi, bisa memilih cara pengisian dari yang sudah kami ulas. Ingat, pastikan paham soal besaran biaya admin dan minimal nominal isi saldo agar tidak terjadi masalah. Gunakan saldo OVO dengan bijaksana dalam transaksi, ya!

Arai Amelya: Pecinta seni yang harus menikahi jurnalistik dan penulisan

This website uses cookies.