Cara Kredit Shopee, Cicilan Belanja Online Tanpa Kartu Kredit

Cara Kredit Shopee

Dikenalkan untuk kali pertama di Singapura pada tahun 2015, Shopee memang menjadi salah satu raksasa e-commerce dengan capaian transaksi yang sangat fantastis. Bahkan konsumen tak hanya bisa membeli secara tunai, juga ada banyak sekali cara kredit Shopee yang makin menguntungkan para pembeli.

Tentunya apa yang dilakukan Shopee ini membuktikan jika mereka adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia, dan juga Asia Tenggara. Menggaet pasangan pesinetron paling populer saat ini, Arya Saloka dan Amanda Manopo, Shopee sepertinya memang tak main-main dalam menggenjot penjualan mereka di tahun 2021 ini

Iklan

Kendati sempat diterpa isu pembayaran upah yang tidak manusiawi untuk para kurir dan monopoli perdagangan, Shopee tak dipungkiri tetap jadi marketplace online pilihan terbanyak masyarakat Indonesia. Similarweb melaporkan pada akhir Februari 2021 lalu, traffic share Shopee tercatat di angka 29,78% dengan pengunjung bulanan sebesar 120 juta orang.

Bahkan selama pandemi Covid-19, Shopee justru cukup gemilang mencatat total 260 juta transaksi pada kuartal-II tahun 2020 kemarin. Dengan adanya pilihan cara kredit Shopee tanpa kartu kredit, tentu siapapun bisa memperoleh barang yang diinginkan. Di saat perekonomian muram seperti ini, transaksi kredit alias mencicil memang lebih banyak dipilih karena dianggap menguntungkan.

Baca juga: Info Lengkap Bank Syariah Indonesia (Layanan, Migrasi Rekening dll)

Keuntungan Beli Barang Secara Kredit

Sebelum membahas seperti apa sih cara kredit Shopee, mungkin ada baiknya Anda tahu kenapa sih banyak orang memilih melakukan transaksi dengan skema kredit. Memang ada yang bilang kalau membeli barang secara tunai itu lebih untung dan tidak ribet. Begitu pula yang menilai kalau transaksi kredit justru bakal merugikan. Apakah memang demikian?

Pada dasarnya kalau pengaturan keuangan setiap orang berjalan dengan baik, disiplin dan penuh tanggung jawab, transaksi kredit tidaklah memberatkan atau merugikan. Bahkan ada sejumlah keuntungan yang bisa Anda peroleh saat membeli barang dengan cara diangsur alias kredit. Seperti apa? Berikut ulasannya:

1. Pengajuan Makin Cepat

Berterima kasihlah pada perkembangan teknologi, saat ini semua orang bisa memperoleh produk yang diinginkan dengan cara mencicil, tanpa perlu memiliki kartu kredit. Yap, ada banyak sekali Fintech (Financial Technology) yang menawarkan layanan transaksi kredit tanpa kartu kredit. Dengan syarat yang ringan, siapapun bisa mengajukan untuk memperoleh limit.

Bahkan ketika syarat sudah dipenuhi dan limit dimiliki, Anda bisa langsung melakukan pembelian produk di marketplace seperti Shopee. Asalkan produk yang dimau tidak lebih dari limit yang dimiliki, Anda bisa langsung melakukan transaksi dalam hitungan detik tanpa perlu survei lagi.

Pengajuan yang sangat cepat ini memang jadi keunggulan tersendiri untuk pembayaran kredit. Anda tak perlu repot-repot menyiapkan uang tunai dalam jumlah besar untuk membayar produk yang dibeli. Apalagi masa pandemi Covid-19 yang menganjurkan siapapun untuk di rumah saja, tentunya pembayaran kredit dipandang lebih aman dan nyaman.

2. Banyak Potongan Harga

Selain proses pengajuan dan transaksi yang makin cepat, saat ini pembelian secara kredit bahkan memiliki banyak sekali promosi dan potongan harga. Bahkan meskipun nilai yang harus dibayar lebih mahal daripada harga saat pembelian tunai, aneka benefit yang ditawarkan merchant termasuk potongan harga, membuat pembelian secara kredit menguntungkan.

Khusus untuk pembayaran dengan kartu kredit, pihak bank penerbit biasanya memberikan reward berupa poin yang bisa ditukarkan dengan berbagai hal. Mulai dari voucher tempat wisata atau restoran, hingga hadiah langsung yang tentunya sangat menggiurkan dan tidak bisa didapatkan saat melakukan transaksi tunai.

3. Tak Cemas Anggaran Bocor

Salah satu pertimbangan utama seseorang membeli barang secara kredit adalah agar memiliki uang tunai untuk ’pegangan’. Misalkan saja Anda memiliki uang Rp5 juta lalu hendak membeli laptop atau smartphone seharga Rp4 juta, maka uang yang tersisa langsung tinggal menjadi Rp1 juta.

Namun ketika Anda memilih skema angsuran, Anda mungkin hanya membayar DP dan angsuran pertama sebesar maksimal Rp2 juta, sehingga anggaran yang tersisa sebesar Rp3 juta. Tentu saja ilustrasi seperti ini sangat membantu Anda yang hidup sebagai karyawan di kota besar, serta wajib memiliki uang tunai untuk keadaan mendesak.

4. Bisa Disesuaikan Kemampuan

Dan inilah keuntungan terakhir yang ditawarkan oleh pembelian barang secara kredit, termasuk di Shopee. Meskipun memang membeli dengan mencicil dibebankan sejumlah bunga, besaran angsuran bulanan bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Contohnya Anda berbelanja total Rp1 juta, ada pilihan angsuran selama 6 bulan sebesar Rp170 ribu per bulan atau Rp85 ribu per bulan selama setahun. Tentu semakin panjang masa angsuran artinya besaran cicilan makin rendah, dengan begitu Anda bisa mengatur finansial bulanan lebih baik. Namun ingat, pastikan punya penghasilan tetap.

Bagaimana? Sungguh menarik bukan keuntungan yang ditawarkan transaksi secara angsuran? Hal inilah yang akhirnya membuat cara kredit Shopee tanpa kartu kredit termasuk salah satu yang begitu diburu oleh calon konsumen. Terutama di masa-masa jelang Idul Fitri dan masih dalam suasana pandemi Covid-19, pembelian secara mencicil dianggap lebih baik dan tenang.

Baca juga: 6 Aplikasi Mencatat Keuangan Pribadi Andorid Gratis di Google Play Store

Inilah 4 Cara Kredit Shopee yang Bisa Dipilih

Semakin banyaknya pilihan cara kredit Shopee yang bisa dipilih konsumen, sebetulnya didorong dengan terus meningkatnya jumlah transaksi dengan cara dicicil. Bahkan selama pandemi Covid-19, RISED (Research Institute of Socio-Economic Development) merilis laporan survei bahwa adanya peningkatan transaksi ’bayar nanti’ sebesar 22,52%.

Dilansir Lokadata, Rumayya Batubara selaku Ketua Tim Peneliti RISED memaparkan jika layanan transaksi ’bayar nanti’ ini memang terbukti bisa membantu konsumen mengatur finansialnya lebih baik. Apalagi selama wabah corona ada banyak kebutuhan mendadak, sehingga membuat konsumen menunda pembelian tunai sekaligus.

Apalagi dengan semakin banyaknya penyedia layanan paylater yang sudah terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan), konsumen tentu makin percaya kalau transaksi kredit tetap menjamin keamanan data pribadi. Nah, supaya bisa memilih mana yang tepat, berikut beberapa cara kredit Shopee yang ada:

1. Gunakan Kartu Kredit

© Business Today

Meskipun dalam postingan kali ini kami akan membahas mengenai cara kredit Shopee tanpa kartu kredit, tak lengkap rasanya jika tidak mengetahui bagaimana sih skema pembayaran kartu kredit alias credit card (cc).

Bisa dibilang menggunakan cc adalah cara termudah belanja secara mengangsur di Shopee. Jika Anda sudah memiliki cc keluaran perbankan resmi, tentu tak perlu ribet lagi dan bisa langsung melakukan transaksi. Shopee sendiri menawarkan lima pilihan angsuran untuk transaksi kartu kredit yakni 3, 6, 12, 18 dan 24 bulan.

Sementara untuk nilai transaksi maksimal yang diperbolehkan oleh Shopee sebesar Rp30 juta, tapi pengajuan yang disetujui disesuaikan dengan limit kartu kredit konsumen. Semua jenis kartu kredit bisa digunakan untuk transaksi angsuran di Shopee, asalkan masih aktif dan memiliki limit. Hanya saja untuk pembayaran dengan kartu kredit, ada jeda waktu.

Dimana perubahan status dari pembayaran tunai ke cicilan membutuhkan waktu 7-14 kerja, serta biaya verifikasi sebesar Rp1.000. Tertarik? Berikut tata cara kredit Shopee dengan cc:

  • Buka website atau aplikasi resmi Shopee
  • Lakukan LOGIN terlebih dulu dengan akun Shopee terdaftar yang Anda miliki
  • Pilih produk yang hendak dibeli lalu klik BELI SEKARANG. Produk akan masuk ke keranjang belanja dan pilih CHECKOUT
  • Lengkapi data pada halaman CHECKOUT seperti informasi alamat pengiriman, opsi jasa pengiriman hingga voucher jika Anda memilikinya
  • Cari menu METODE PEMBAYARAN lalu pilih KARTU KREDIT atau CICILAN KARTU KREDIT
  • Tentukan jenis kartu kredit yang Anda miliki serta jangka waktu pembayaran. Masukan data kartu kredit seperti nama yang tertera, nomor dan tipe kartu, masa berlaku kartu hingga kode CVV
  • Tunggu proses verifikasi dan kemudian baru pilih KONFIRMASI supaya transaksi bisa dilakukan. Tutup dengan klik BUAT PESANAN maka Anda tinggal menanti produk tiba di rumah

Untuk cara kredit Shopee dengan cc ini, besaran bunga angsuran yang diterapkan biasanya menyesuaikan dengan kebijakan bank penerbit kartu kredit. Supaya makin untung, usahakan untuk berbelanja dengan merchant yang sudah bekerjasama dengan bank penerbit kartu kredit Anda.

2. Gunakan Shopee PayLater

Nah, inilah cara kredit Shopee tanpa kartu kredit yang pertama sekaligus paling populer, yakni Shopee PayLater. Seperti namanya, Shopee PayLater merupakan metode transaksi bayar nanti yang dikeluarkan langsung oleh Shopee. Keunggulan utama dari Shopee PayLater ini adalah konsumen bisa beli barang dengan cara dicicil, tanpa perlu harus punya kartu kredit.

Memiliki sistem yang mirip seperti kartu kredit, pemilik akun Shopee aktif akan memperoleh penawaran Shopee PayLater dan mendapat besaran limit yang ditentukan oleh Shopee. Limit inilah yang dapat dipakai untuk melakukan pembelian barang.

Cara Daftar dan Aktivasi Shopee PayLater

Apakah semua orang dapat menggunakan Shopee PayLater? Tentu. Hanya saja ada syarat utama yang wajib dipenuhi yakni Anda merupakan pengguna aktif Shopee dengan akun yang sudah terdaftar, sekaligus terverifikasi. Kemudian usia akun Shopee haruslah minimal tiga bulan, update untuk aplikasi Shopee dan memperoleh undangan langsung dari Shopee.

Semakin banyak transaksi yang Anda lakukan, Shopee akan memberikan penawaran limit yang makin besar pula. Untuk dapat menggunakan Shopee PayLater, Anda harus melakukan pendaftaran dan aktivasi berikut ini:

  • Pilih menu SAYA lalu lanjutkan dengan klik SHOPEE PAYLATER dan lanjutkan dengan AKTIFKAN SEKARANG
© Cermati
  • Tunggu kode OTP yang akan dikirimkan otomatis oleh Shopee ke nomor ponsel yang Anda gunakan saat daftar akun Shopee. Masukkan kode verifikasi di halaman aktivasi lalu kilih LANJUT
  • Unggah foto selfie sambil memegang KTP dan foto KTP sendiri. Pastikan foto yang Anda unggah sudah sesuai dengan ketentuan Shopee
© Cermati.Shopee
  • Tunggu hasil verifikasi dari pihak Shopee. Jika Anda lolos, maka pada akun bakal langsung memperoleh limit Shopee PayLater dan bisa digunakan untuk transaksi kredit

Baca juga: BukuKas vs BukuWarung, Mana Aplikasi Keuangan Bisnis Terbaik?

Perhitungan Bunga Shopee PayLater

Demi meningkatkan minat konsumen agar bersedia menggunakan Shopee PayLater, pihak Shopee mematok suku bunga yang cukup ringan. Dimana bunga yang ditetapkan minimal sebesar 2,95%. Untuk transaksi beli sekarang bayar nanti ini, jangka waktunya sebulan dengan bunga 0%. Sementara untuk transaksi kredit, ada tiga pilihan cicilan yakni 2, 3 dan 6 bulan.

Tak hanya bunga sebesar 2,95%, Shopee juga menetapkan biaya penanganan sebesar 1% untuk setiap kali transaksi. Telat membayar? Anda harus siap dengan denda yang diberikan Shopee yakni 5%. Untuk limit-nya sendiri, Shopee memberikan dalam kisaran Rp500 ribu – Rp15 juta, dimana limit terbesar diberikan pada konsumen setiap Shopee yang aktif bertransaksi.

Kalau Anda membayar tagihan Shopee PayLater dengan tepat, bukan tak mungkin kalau Shopee akan meningkatkan limit yang Anda miliki. Tak hanya untuk membeli produk, cara kredit Shopee dengan Shopee PayLater juga menerima transaksi produk digital seperti pembelian pulsa, bayar listrik PLN, tiket kereta api, TELKOM, PDAM, tiket pesawat hingga TV kabel dan internet.

Iklan

Beberapa transaksi yang juga tidak bisa dilakukan dengan Shopee PayLater seperti pembelian voucher, emas, pengisian uang elektronik serta tentunya zakat. Lantas apakah limit dari Shopee PayLater ini bisa dicairkan dalam uang tunai? Jawabannya adalah tidak bisa, karena cuma dapat dipakai berbelanja di Shopee saja.

Cara Menggunakan Shopee PayLater

Disebutkan bahwa cara kredit Shopee dengan PayLater ini hanya bisa digunakan oleh para pengguna aktif Shopee yang memperoleh undangan. Namun ternyata dalam prosesnya, ada dua Fintech yang terlibat dan ikut memantai scoring credit pengguna yakni PT Lentera Dana Nusantara (PayLater) dan PT Commerce Finance (cicilan/kredit).

Nah, jika Shopee PayLater (SPayLater) sudah aktif dan memperoleh limit, bagaimana cara menggunakannya untuk transaksi kredit? Berikut langkah-langkahnya:

© Cermati
  • Pilih produk yang diinginkan terlebih dulu lalu klik BELI SEKARANG dan Anda akan dialahkan ke halaman KERANJANG SAYA. Jika Anda sudah yakin membeli, lanjutkan klik CHECKOUT
  • Di halaman CHECKOUT, pastikan informasi mengenai alamat pengiriman, opsi ekspedisi pengiriman hingga harga barang, ongkos kirim sampai voucher (jika memiliki) sudah diisi
  • Pada metode pembayaran, pilih SPAYLATER dan tentukan jangka waktu pembayaran entah langsung dilunasi dalam jangka waktu sebulan atau opsi cicilan 2, 3 dan 6 bulan
  • Pastikan Anda menentukan jangka waktu dan besaran angsuran sesuai dengan kemampuan finansial. Jika sudah yakin, langsung pilih menu KONFIRMASI dan masukkan PIN SPAYLATER
  • Sekadar informasi, PIN SPAYLATER ini sama dengan PIN ShopeePay yang Anda miliki. Kalau ShopeePay belum aktif, Anda akan memperoleh kode verifikasi OTP ke nomor ponsel terdaftar

Jika limit SPAYLATER Anda masih memungkinkan untuk melakukan transaksi, maka Anda sudah berhasil membeli barang tersebut. Ingat untuk melakukan pembayaran sesuai dengan tanggal yang disepakati misalnya setiap tanggal 5, 11 atau 25 di bulan berikutnya. Jangan sampai melebihi jatuh tempo karena akan membuat Anda terjerat denda.

Keunggulan lain yang ditawarkan metode pembayaran SPAYLATER adalah Anda bisa memadukannya dengan metode lain, jika limit SPAYLATER yang tersisa kurang dari total transaksi. Sehingga dengan begitu pengalaman cara kredit Shopee dengan SPAYLATER ini bisa dibilang yang paling menguntungkan.

3. Gunakan Akulaku

© ViralOrchard

Tidak memiliki kartu kredit dan tak mendapat undangan SPAYLATER? Tenang saja. Cara kredit Shopee lain yang bisa Anda pilih adalah Akulaku. Sekadar informasi, Akulaku merupakan layanan pinjaman online yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2016. Selama lima tahun perjalanan, Akulaku bekerjasama dengan banyak marketplace termasuk Shopee.

Tidak berbeda jauh dengan kartu kredit, metode pembayaran Akulaku memungkinkan Anda berbelanja di Shopee lewat cara mencicil. Ada enam bulan jangka waktu cicilan yang ditawarkan Akulaku untuk pengguna Shopee yakni 1, 2, 3, 6, 9 dan 12 bulan. Tak berbeda jauh pula dengan kartu kredit, pastikan Anda memiliki akun dan limit credit Akulaku terlebih dulu.

Bagaimana caranya agar bisa mempunyai kedua hal tersebut? Anda harus mengunduh dan memasang aplikasi Akulaku di ponsel. Selayaknya pengajuan pinjaman online alias pinjol, Anda harus memenuhi berbagai syaratdan ketentuan yang ditetapkan oleh Akulaku. Mulai dari informasi data diri pribadi, pekerjaan, foto selfie dengan KTP dan foto KTP.

Syarat Pengajuan Kredit di Akulaku

  • Pemohon harus sudah mempunyai e-KTP
  • Berusia minimal 23 tahun dan memiliki pekerjaan tetap (baik jadi pegawai/karyawan/wirausaha)
  • Hanya menerima pemohon yang bertempat tinggal di Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur serta tentunya Jabodetabek
  • Jika Anda seorang karyawan, wajib menyertakan slip gaji asli dari perusahaan
  • Jika Anda seorang pengusaha, wajib menyertakan informasi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Lantas bagaimana kalau tidak memiliki NPWP? Bisa menyertakan rekening koran

Nantinya pihak Akulaku yang akan menentukan bagaimana credit score yang Anda miliki, kemudian mendapat limit sesuai dengan penilaian tersebut. Barulah limit itu yang bisa digunakan untuk berbelanja di berbagai e-commerce, seperti tentunya Shopee. Lantaran terikat dengan Akulaku, besaran bunga pun bukan jadi wewenang Shopee.

Tak berbeda jauh dengan cara kredit Shopee dengan cc, lewat Akulaku ini pun tahapannya sama. Anda tinggal memilih produk yang dimau, melanjutkan prosesnya ke halaman checkout dan menggunakan metode pembayaran Akulaku. Jika akun Shopee Anda sudah terintegrasi dengan akun Akulaku, maka limit akan muncul otomatis.

Kalau limit credit dari Akulaku yang Anda miliki cukup, maka transaksi di Shopee pun bakal berhasil. Anda tinggal menanti produk tiba di rumah dan melakukan pembayaran sesuai jangka waktu yang dipilih, di aplikasi Akulaku.

4. Gunakan Kredivo

© ViralOrchard

Bukan hanya Akulaku saja cara kredit Shopee tanpa menggunakan cc. Karena ternyata Anda juga bisa memilih Kredivo. Sama seperti Akulaku, Kredivo adalah aplikasi kredit digital yang bisa dipilih masyarakat Indonesia. Ada banyak merchant yang sudah bekerjasama dengan Kredivo termasuk tentunya Shopee.

Menyebutkan diri unggul untuk perihal metode pembayaran kredit, Kredivo menawarkan sejumlah keunggulan seperti proses pendaftaran yang cepat dan pilihan jangka waktu cicilan beragam. Setidaknya ada tiga opsi yang ditawarkan yakni cicilan 3, 6 dan 12 bulan. Bahkan kalau tidak mau mencicil lama-lama, Anda juga dapat memanfaatkan program kredit instan 30 hari.

Dengan sistem paylater tanpa bunga itu, Kredivo menetapkan maksimal transaksi sebesar Rp3 juta saja. Sehingga kalau Anda berbelanja di Shopee dan jumlah transaksinya lebih dari Rp3 juta, tidak akan bisa menggunakan metode pembayaran paylater, karena wajib dicicil. Untuk minimal pembelian dengan kredit di Shopee, Kredivo menetapkannya sebesar Rp1 juta.

Baca juga: Review Digibank: Cara Daftar, Transfer, Tarik Tunai Gratis di ATM

Lantas apakah bisa membeli secara kredit dengan Kredivo dalam jumlah besar di Shopee? Dari informasi yang ada, batas maksimal limit yang bisa ditanggung Kredivo adalah Rp30 juta dengan bunga sebesar 2.6% sampai 2.95% per bulan.

Syarat Pengajuan Kredit di Kredivo

Untuk bisa menggunakan cara kredit Shopee dengan Kredivo, Anda tentu harus mengunduh dan memasang aplikasi Kredivo di ponsel. Lakukan pendaftaran terlebih dulu dan lengkapi syarat yang diminta. Berikut syarat-syaratnya:

  • Berstatus WNI yang mempunyai e-KTP dengan usia 18-60 tahun
  • Mempunyai pekerjaan dengan penghasilan aktif minimal Rp3 juta per bulan
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Sukabumi, Cirebon, Purwakarta, Kediri, Palembang, Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Bali, Samarinda, Balikpapan dan Manado
  • Menyertakan foto selfie dengan e-KTP dan foto e-KTP sendiri
  • Melampirkan bukti penghasilan dengan cara menghubungkan akun internet banking atau rekening gaji/NPWP/BPJS Ketenagakerjaan

Pihak Kredivo sendiri yang akan melakukan penilaian terhadap aplikasi pengajuan akun Anda. Jika sesuai dan memenuhi syarat yang diminta, Anda akan bisa memperoleh besaran limit credit. Limit inilah yang dapat dipakai untuk transaksi secara kredit di Shopee.

Cara penggunaannya pun sama seperti cara kredit Shopee lainnya. Dimana Anda harus pilih produk yang dimau, lanjutkan ke halaman CHECKOUT, lengkapi informasi perihal pengiriman dan pilih METODE PEMBAYARAN Kredivo. Pastikan Anda membayar angsuran ke pihak Kredivo langsung sesuai dengan aturan yang disepakati, supaya tidak terjerat denda,

Anti Bangkrut, Tips Cerdas Cicil Produk Tanpa Kartu Kredit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, agar bisa memanfaatkan skema cara kredit Shopee tanpa kartu kredit secara maksimal, Anda harus punya kontrol finansial yang baik. Ada banyak orang yang karena mendapat limit credit besar, terlalu boros dalam belanja dan akhirnya kerepotan sendiri saat membayar tagihan bulanan sampai penghasilan habis untuk bayar cicilan.

Anda tentu tak mau dong pengalaman belanja di Shopee jadi merepotkan hanya karena tidak pintar dalam memanfaatkan transaksi cicilan ini? Tenang saja, berikut beberapa tips cerdas yang bisa Anda lakukan sebelum memilih cara kredit Shopee tanpa kartu kredit yang sesuai dengan pilihan:

1. Pastikan Kebutuhan

Agar tak terhindar dari buang-buang uang saat belanja, pastikan kalau produk yang Anda beli itu memang punya nilai produktif tinggi sehingga tidak sia-sia. Misalkan saja membeli air fryer atau AC mungkin tidak akan terlalu penting jika Anda tinggal di rumah kontrakan dengan daya listrik pas-pasan.

Daripada membeli kedua produk yang lebih menunjukkan sisi konsumtif, lebih baik Anda membeli laptop baru yang bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan jadi lebih efektif dan efisien. Untuk itulah agar tidak menyesal di kemudian hari, pastikan dulu produk yang hendak dibeli memang dibutuhkan, bukan cuma sekadar diinginkan.

2. Cek Kemampuan Finansial

Tips berikutnya agar bisa tetap untung sekalipun beli barang dengan cara kredit Shopee adalah mengecek kemampuan finansial. Memang saat mencicil artinya Anda tak harus keluar uang tunai dalam jumlah besar secara langsung, tapi lantaran diangsur, Anda harus siap membayar tagihan tiap bulan yang tentunya membebani penghasilan.

Ingin kredit cepat kelar? Pilih jangka waktu yang singkat tapi artinya Anda harus bayar tagihan lebih besar. Kalau ingin tagihan yang dibayar tiap bulan rendah, maka artinya jangka waktu pembayarannya lebih lama. Pastikan pula kalau Anda masih memiliki pekerjaan tetap dengan penghasilan yang mumpuni selama jangka waktu pembayaran berlangsung.

3. Pantau Besaran Limit

Seperti yang sudah disebutkan, agar bisa menggunakan cara kredit Shopee dengan lancar, pastikan dulu besaran limit yang Anda miliki. Anda tak mungkin bisa beli smartphone seharga Rp5 juta jika limit yang disediakan oleh kartu kredit, SPAYLATER, Akulaku atau Kredivo cuma sebesar Rp2 juta. Karena itulah sesuaikan dulu supaya tidak gagal dalam transaksi.

Selain itu, besaran limit juga bisa digunakan untuk mengecek berapa besar pembelanjaan yang sudah dilakukan. Contohnya Anda punya total limit kartu kredit sebesar Rp5 juta. Jika sudah digunakan untuk belanja di merchant lain sebesar Rp3 juta, maka artinya Anda hanya punya Rp2 juta sisa untuk bisa digunakan di Shopee.

Dengan mengetahui limit sisa, Anda akan tahu apakah kita sebagai pemilik kartu kredit sudah melakukan pemborosan atau memang membeli produk yang tepat guna. Sehingga kalau sudah terlalu boros dan terancam over limit, Anda harus menghindarinya.

4. Pertimbangkan Lama Angsuran

Hal sederhana yang seringkali dilupakan saat membeli barang secara kredit adalah perihal lama angsuran. Seperti yang sudah disebutkan, makin lama angsuran artinya beban finansial makin besar. Ambil contoh Anda beli skincare dengan total Rp1,2 juta. Jika dicicil selama tiga bulan, maka tagihannya Rp400 ribu (belum dihitung bunga).

Namun saat dicicil selama setahun, tagihannya memang cuma jadi Rp100 ribu setiap kali membayar. Jauh lebih ringan tapi artinya Anda harus rela selama setahun tetap bayar angsuran untuk produk yang mungkin akan cepat habis nilai produktifnya. Jika dipikirkan dengan bijaksana, bukankah cicilan yang cepat selesai jauh lebih menyenangkan untuk jiwa?

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi m-BCA Untuk Transaksi

5. Lakukan Perbandingan Harga

Supaya bisa menentukan cara kredit Shopee yang terbaik, tak

Iklan
ada salahnya dengan melakukan perbadingan harga. Anda sebagai konsumen berhak mengecek harga pada tiap-tiap metode pembayaran kredit. Tentunya baik dicicil lewat kartu kredit, SPAYLATER, Akulaku dan Kredivo, memiliki perhitungan bunga yang berbeda.

Bunga inilah yang akhirnya mempengaruhi betul besar angsuran yang wajib dibayarkan. Lagi-lagi sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda terlebih dulu, supaya tidak merugi dan terbebani. Ada banyak sekali cerita kerugian yang dialami konsumen karena tidak teliti dalam melakukan perbandingan harga. Sehingga mereka akhirnya merasa rugi dan menyesal sudah membeli.

Bahkan jika perlu, lakukan perbandingan harga lagi dengan pembayaran tunai, sehingga dengan begitu Anda akan memperoleh pertimbangan terbaik. Apakah worth produk itu dibeli dengan cara dicicil atau tidak, sehingga Anda akan lebih tepat dalam mengelola finansial.

6. Ketahui Biaya Tambahan

Selain bunga, hal lain yang wajib diperhatikan agar cerdas pilih cara kredit Shopee adalah dengan biaya tambahan. Hampir setiap penyedia skema kredit membebankan biaya tambahan untuk konsumen, entah untuk penanganan di bank penerbit kartu, atau penanganan di pihak ketiga penyedia layanan transaksi kredit.

Jika perlu, Anda bisa bertanya ke pihak pemberi skema kredit soal biaya tambahan ini. Kartu kredit misalnya, setiap bank penerbit kartu pasti punya ketentuan tersendiri mengenai besaran biaya yang dibebankan kepada pemilik kartu. Hal demikian juga dialami oleh pengguna SPAYLATER, Akulaku dan Kredivo, sehingga supaya tidak kecewa, cari tahu biaya tambahannya.

7. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Dan inilah hal terakhir yang sangat wajib dilakukan oleh para pengguna cara kredit Shopee. Yap, jangan karena sudah memperoleh barang dan bisa dibayar di kemudian hari, Anda akhirnya lupa dengan kewajiban bayar angsuran. Ingat, ketika Anda memilih beli barang secara dicicil, tentu siap dengan tanggung jawab angsuran.

Pastikan membayar tagihan tepat waktu seusai dengan tanggal perjanjian yang sudah disepakati di awal. Jika Anda baru bisa membayar saat jatuh tempo sudah lewat, maka harus bersedia dikenai denda. Namun ketika Anda memperoleh denda, bukan tak mungkin besaran limit yang diberikan berkurang dan kesulitan dalam pengajuan produk finansial lain.

Selain itu, ketika Anda terlambat, biasanya pihak penyedia pembayaran kredit akan melakukan penagihan terus-menerus. Tentunya tindakan ini akan menggangu keseharian Anda dan juga pekerjaan, serta dapat membuat kehidupan tidak tenang. Anda tak mau bukan mengalaminya? Untuk itulah konsisten dengan tanggung jawab yang sudah diterima.

Baca juga: Pengertian Cryptocurrency: Apa Manfaat, Jenis, Return, Risiko, Cara Beli

Kesimpulan

Bagaimana? Sangat menarik bukan membahas skema pembayaran kredit di Shopee? Dengan berbagai pilihan cara kredit Shopee ini, membuktikan kalau e-commerce yang identik dengan warna jingga terang itu memang makin banyak dipilih masyarakat Indonesia. Tak heran kalau jumlah pengguna Shopee terus meningkat dan mampu bertahan di tengah persaingan.

Inovasi berbagai cara kredit Shopee ini juga semakin memantapkan mereka sebagai leading marketplace in Indonesia. Kendati sempat diterpa berbagai isu kurang sedap, Shopee tetap memaksimal kualitas pelayanan yang mereka miliki sekaligus variasi produk agar setiap konsumen bisa mendapat barang yang diinginkan cuma lewat aplikasi smartphone saja.

Arai Amelya: Pecinta seni yang harus menikahi jurnalistik dan penulisan

This website uses cookies.