Cara Membuat Akun Payoneer Gratis Untuk Transaksi Internasional

Selain PayPal, ada lagi layanan sistem pembayaran online yang banyak digunakan oleh mereka yang sering melakukan transaksi internasional. Namanya Payoneer.

Dulu, Payoneer menjadi alternatif pilihan lain di banding PayPal karena pendaftaran PayPal membutuhkan VCC (Virtual Credit Card) yang mana tidak semua orang punya VCC.

Ditambah lagi akun Payoneer banyak di pilih karena alasan biaya yang lebih rendah dari PayPal. Hmm… cukup menarik!

Bukan hanya bisa merasakan mudahnya bertransaksi secara global, tapi kita juga bisa sekaligus mendapatkan potongan biaya yang lebih rendah lagi. Siapa juga yang tidak mau?

Nah Payoneer cocok bagi Anda yang sedang ingin mengembangkan bisnis secara global dan membangun karir freelance dengan mendapatkan klien luar negeri.

Sebelum membuat akun Payoneer, ada baiknya jika Anda mengenal fitur-fitur Payoneer lebih jelas lagi. Dengan begitu Anda bisa membandingkan mana rekening online untuk bertransaksi secara global yang terbaik.

Oh iya, pada artikel sebelumnya kami membahas terkait Tips Transaksi Online yang Aman!.

Apa Itu Payoneer dan Apa Saja Fiturnya

Apa Itu Payoneer dan Apa Saja Fiturnya

Sekilas sudah di sebutkan bahwa Payoneer merupakan rekening digital yang bisa digunakan untuk bertransaksi secara global. Payoneer di dirikan sejak tahun 2005 dan berkantor pusat di New York, Amerika.

Payoneer memang bisa di bilang lebih muda dari pada PayPal yang sudah lebih dulu ada. Namun fitur dan juga layanan yang di tawarkannya tidak kalah menarik.

Namun, bagi Anda yang ingin mendaftar paypal, bisa membaca cara membuat akun paypal di sini.

Bahkan pada awal kemunculannya, bisa di bilang Payoneer berhasil menjawab beberapa “kekurangan” dari PayPal terutama dalam hal metode pendaftaran yang lebih mudah dan juga potongan biaya yang lebih murah.

Secara garis besar Payoneer menawarkan fitur-fitur transaksi online seperti :

1. Pendaftaran Mudah dan Cepat

Untuk kategori rekening online internasional, proses pendaftaran akun Payoneer tergolong mudah dan cepat. Anda tidak perlu punya VCC saat mendaftar akun Payoneer.

Untuk kebutuhan dokumen, cukup siapkan saja KTP. Selain itu, berdasarkan pengalaman pribadi, pendaftaran hingga verifikasi akun Payoneer juga relatif cepat, kurang lebih 1 harian saja (jika data valid).

2. Bisa Menerima Pembayaran dengan Mudah

Saat ini sudah ada jutaan orang pengguna Payoneer di dunia. Ini bisa Anda manfaatkan untuk menarik lebih banyak customer dan klien di berbagai negara.

Karena mereka merasa lebih mudah melakukan pembayaran dengan mata uang USD, EUR, GBP, CNH, JPY, AUD, CAD dan juga MXN melalui bank lokal masing-masing.

Jika Anda berjualan lewat marketplace online, Anda bisa menerima langsung pembaaaran lewat Payoneer di berbagai marketplace seperti Amazon, Wish, Lazada, Cdiscount dan lainnya.

Atau jika Anda seorang freelancer Anda juga bisa langsung mendapatkan pembayran melalui situs-situs frelancer terkemuka seperti Upwork, Fiverr, 99Designs dll.

Sebagai penerima pembayaran, Anda juga bisa mentransfer pembayaran ke rekening lokal Anda sendiri dan menariknya lewat ATM.

3. Bisa Melakukan Penagihan dengan Berbagai Metode

Melalui Payoneer, Anda bisa melakukan penagihan transaksi kepada customer online ataupun klien melalui transfer bank lokal, kartu kredit atau debit dari menu “Minta Pembayaran”.

Para pelanggan ataupun klien bisa memilih metodenya sendiri dan Anda bisa menerima pembayaan dengan aman. Namun, sebelumnya Anda harus melengkapi beberapa kuesioner terkait bisnis yang Anda jalankan.

4. Melakukan Pembayaran Internasional Dari Rekening

Sebaliknya, jika Anda juga bisa merasakan kemudahan menjadi pelanggan jika butuh melakukan pembayaan. Misalnya sekedar belanja online ataupun membayar supplier luar negeri. Transaksi internasional jadi semudah transaksi lokal.

5. Ada Kartu Fisik yang Bisa di Pesan

Para mengguna Payoneer yang sudah terdaftar bisa memsan kartu fisik yang bisa memberikan akses dan kemudahan dalam bertransaksi (berlogo Mastercard).

Kartu ini bisa digunakan untuk berbelanja online maupun offline dan juga melakukan tarik tunai dari ATM manapun. Untuk bisa memilikinya, Anda bisa memesannya setelah akun Payoneer Anda menerima sekitar 100 USD.

Cara Mendaftar Akun Payoneer

Cara Membuat Akun Payoneer Gratis Untuk Transaksi Internasional

Jika sudah tahu beberapa fitur utama Payoneer dan ingin membuat akunnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini!

1. Masuk ke Website Resmi Payoneer

Langkah pertama untuk mendaftar akun Payoneer adalah dengan mengunjungi situs resmi Payoneer di www.payoneer.com.

Lalu klik “Register” atau “Sign up & Earn $25*”. Sebenarnya Payoneer juga sudah punya aplikasi mobile. Jadi selain mendaftar lewat website, Anda bisa bisa sign up lewat aplikasi.

2. Isi Keterangan Tipe dan Tujuan Pembukaan Akun Payoneer

Selanjutnya sistem akan mengarahkan Anda untuk melengkapi beberapa kolom pertanyaan. Ada 2-3 kolom yang harus Anda isi. Data yang di minta adalah seputar tipe dan tujuan pembukaan akun Payoneer.

Contohnya, pada kolom pertama yang mempertanyakan status yang merepresentasikan diri Anda. Isilah dengan tepat karena pertanyaan pada kolom selanjutnya akan berhubungan dengan masing-masing status yang di pilih.

Kolom pertama ini ditunjukan dengan melengkapi kolom “I am an…”. Ada beberapa pilihan kategori yang tersedia yakni apakah Anda termasuk :

  • Freelancer, digital marketing agency, or service provider
  • Online Seller
  • Wholesale/ B2B
  • Travel Agency/ Accommodation hosts

Jika semua kolom sudah di isi, untuk melanjutkan prosesnya klik “Next” dan klik “Register”.

3. Isi Data-data Pribadi yang Dibutuhkan

Sebaiknya Anda memperlakukan akun Payoneer Anda seperti halnya dengan akun bank biasanya. Karena bagaimanapun akun ini berkaitan dengan transaksi keuangan.

Apalagi dengan skala internasional. Sehingga demi kelancaran bertransaksi, lengkapi data-data dengan jelas dan valid.

Anda akan masuk ke halaman lanjutan dari Payoneer Sign Up yakni Contact details. Data-data yang di butuhkan seperti asal negara, alamat (sesuai KTP/SIM yang masih berlaku), nomor handphone yang masih aktif. Jika sudah, klik “Next”.

4. Isi Formulir Pendaftaran yang Kedua

Pengisian data masih berlanjut. Kini Anda masuk ke halaman data Security Datails. Hal ini karena data-data yang harus di sisi memang lebih spesifik lagi yakni seputar Email (Harus aktif karena menjadi e-mail ID untuk sign in ke akun Payoneer), lalu password, security question hingga nomor KTP.

Mengenai security question (pertanayaan keamanan), harap pilih salah satu yang bisa Anda ingat, untuk mempermudah verifikasi jika suatu saat di perlukan.

5. Isi Data Bank

Jika pengisian form identitas dan keamanan sudah selesai, selanjutnya Anda perlu mengisi form yang berisi tentang data bank yang Anda gunakan.

Selain untuk verifikasi, data bank ini juga nantinya bisa menjadi nomor rekening tujuan transfer saldo yang Anda terima dari Payoneer. Nah, sebelumnya pilih dulu jenis rekening “personal account” lalu isilah data-data yang di perlukan.

Pada salah satu kolom tentang data bank, terdapat kolom “Branch Kode”. Branch kode adalah kode kliring cabang bank yang tempat Anda membuka rekening. Kodenya terdiri dari 3-4 digit angka. Jika Anda tidak tahu, Anda bisa mencarinya melalui google dengan mengetikan “branch kode bank… cabang…”

Pastikan semua data di sisi dengan benar. Lalu centang 2 kotak yang ada di bawah, itu adalah pernyataan persetujuan kita atas layanan dan ketentuan Payoneer. Klik “Submit”. Nah, sampai pada tahap ini proses pendaftaran sudah selesai.

6. Verifikasi Pendaftaran Melalui Email Anda

Anda akan menerima email verifikasi akun Payoneer. Bukalah kotak masuk dari email yang Anda daftarkan sebelumnya.

Email tersebut isinya adalah keterangan kalau data-data yang telah Anda isi dan submit sedang dalam proses pemeriksaan oleh pihak Payoneer. Anda tinggal menunggu email pemberitahuan selanjutnya.

7. Akun Payoneer Siap Di gunakan

E-mail penerimaan permohonan pembuatan akun

Jika data-data yang Anda kirimkan sudah terverifikasi, Payoneer akan mengirimkan email pemberitahuan bahwa permohonan pendaftaran akun Payoneer sudah diterima seperti pada gambar diatas.

Anda akan di berikan user name untuk log in ke akun Payoneer Anda dan juga customer ID. Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, bahwa Payoneer sudah memiliki aplikasi sendiri.

Sehingga Anda bisa log in melalui aplikasi dan mensetting log in menggunakan fingerprint agar lebih praktis.

Info-info Penting Tentang Payoneer

Info-info Penting

Sebelum menutup artikel kali ini, ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa info penting yang belum tersampaikan sebelumnya terkait Payoneer berikut ini.

Biaya-Biaya

Biasanya orang-orang tertarik menggunakan Payoneer salah satunya karena biaya potongan biaya yang lebih murah. Namun tetap saja, ini bukan berarti Payoneer bebas fee 100%. Apa saja dan bagaimana sistem pemotongan biaya yang di berlakukan Payoneer?

PENERIMAAN

1. Anda bisa menerima pembayaran yang berasal dari pengguna Payoneer lainnya dengan mata uang USD, EUR, GBP, atau JPY secara gratis.

2. Anda akan di berikan rekening penerimaan lokal dengan mata uangUSD, EUR, GBP, JPY, AUD, CAD, dan MXN. Semuanya gratis kecuali dalam mata uang USD dikenakan biaya 0-1% (tergantung negara).

3. Jika Anda menggunakan layanan penagihan dari Payoneer langsung ke klien atau customer, maka akan dikenakan biaya sebesar 1% jika melalui kartu debit atau 3% jika melalui kartu kredit (untuk semua mata uang)

4. Sementara itu, jika Anda menggunakan marketplace online dan menerapkan metode pembayaran Payoneer disana biayanya bisa berbeda-beda tiap marketplace

PENARIKAN

1. Anda mungkin perlu menarik saldo dari hasil penerimaan Anda di Payoneer. Payoneer menerapkan biaya hingga 2% setiap penarikan ke rekeing lokal.

2. JIka penarikan dilakukan ke dalam mata uang yang sama (USD, EUR, atau GBP) maka akan dikenakan biaya sebesar $1.50 (USD)/ €1.50 (EUR) /£1.50 GBP

PEMBAYARAN

1. Gratis pembayaran ke sesama pengguna Payoneer.

2. JIka transfer ke rekening bank biayanya maksimal sebesar 2%

Ada Reward Program Mendapatkan $25* Bagi Pengguna Payoneer

Selain pendaftaran akun Payoneer itu gratis, pengguna baru juga berkesempatan mendapatkan saldo sebesar $25 ketika Anda sudah mencapai pendapatan $1000 melalui Payoneer. Tentunya ada ketentuan dan syarat lain yang berlaku. Anda bisa membaca ketentuan selengkapnya untuk mengikuti program di situs resminya.

Penutup

Sampai disini, apakah informasi mengenai fitur dan tata cara pendaftaran Payoneer sudah cukup jelas? Kini Anda bisa segera melakukan proses pendaftaran. Sebagai informasi tambahan, jika ada hal-hal yang ingin Anda tanyakan Anda juga bisa meanfaatkan fitur live chat dari Payoneer ketika masuk ke situs resminya di www.payoneer.com atau jika cs sedang offline Anda bisa mengunjungi https://payoneer.custhelp.com/

Demikian tutorial dan informasi seputar rekening online Payoneer. Bagi Anda yang sedang mengembangkan bisnis dan karir secara global, Payoneer bisa menjadi salah satu alternatif media transaksi yang layak dipilih. Semoga adanya sistem rekening online internasional ini bisa menjadi kemudahan yang mendorong kesuksesan Anda.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar